Jan 112017
 

Sebuah tim peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Nasional Moskow (MISiS) telah menemukan metamaterial unik yang dapat membuat kendaraan tempur tak terlihat, menurut tulisan jurnal ilmiah Physical Review.

Metamaterial adalah zat yang direkayasa untuk memiliki properti yang tidak ditemukan di alam. Zat ini mampu memanipulasi gelombang elektromagnetik dengan memblokir, menyerap, meningkatkan, atau melipatnya untuk membuat suatu benda menjadi tak terlihat.

Metamaterial tersebut dapat digunakan secara luas dalam pengembangan jenis senjata baru dan desain superkomputer dimana sinyal listrik konvensional akan membuat jalan bagi sinyal fotonik.

Tim peneliti MISiS bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Crete Yunani. Pada tahun 2016 Rusia dan Yunani menandatangani nota kerjasama dalam penelitian teknologi kuantum dan pembiayaan bersama atas karya ini, termasuk studi metamaterial.

“Bagian eksperimental dari penelitian kami adalah penciptaan suatu bentuk metamaterial yang terdiri dari grid datar kecil yang disebut meta-molekul yang dipotong dari bagian padat bahan baja asli”, seperti dikatakan oleh Direktur Proyek, Alexei Basharindalam konferensi pers MISiS.

Direktur Proyek Alexei Basharin

Metamaterial, dapat membuat kendaraan tempur tak terlihat

Basharin mengatakan bahwa berkat bentuk khusus dan konfigurasi sel-sel ini para ilmuwan berhasil memperoleh metamaterial dengan sifat yang benar-benar unik. Metamaterial ini dapat digunakan untuk membuat sensor yang peka untuk mendeteksi bahan peledak maupun senjata kimia.

“Tambahan dari semikonduktor nonlinear akan merubah metamaterial menjadi layar yang dapat disesuaikan untuk teknologi siluman, yang membuat kendaraan tempur menjadi tidak terlihat melalui radio, inframerah dan pita gelombang lainnya”, kata juru bicara MISiS.

Metamaterial yang baru diperoleh juga dapat menjadi elemen penting dari jenis laser terbaru dan bisa digunakan sebagai dasar untuk komputer kuantum.

“Russian Satellite Communications Company (RSCC) dan organisasi yang berhubungan dengan ruang angkasa lainnya telah menunjukkan minat pada materi baru tersebut”, menurut pernyataan MISiS.

Sumber: Sputnik News

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  10 Responses to “Ilmuwan Rusia Temukan Material Unik Agar Kendaraan Tempur Tak Terlihat”

  1. Kog sek ketok ngono

  2. ngopi ah seger

  3. boronggg….

  4. Indonesia belum memasuki tahap pengembangan lanjutan seperti ini, masih tahap dasar…

  5. cukup mandi air kembang 100 macem
    trus bakar kemenyan di bawah tank
    terakhir semprot pake parfum buatan Paris

    dijamin bakal jadi tank sakti … bisa ngilang, bisa nyelem, bisa nyembur pelor

  6. TNI hrs beli material tsb dgn basis ToT agar kita bs lapisi semua LEOPARD 2R1 dan LEOPARD 2A4 kita serta aplikasikan jg ke seluruh armada lapis baja TNI TRI MATRA dgn begitu kita mengisi celah kekurangan dr PROGRAM MEF tahap 2 ini…JAYALAH TNI!

    • jangan terlalu banya mimpi….lebih baik anda bangun daerah anda menjadi lebih baik jangan banyak mimpi pikirkan ya realistis aja

  7. Indonesia sudah mengembangkan material anti radar bernama chitosan, sayangnya blm ada keseriusan pemerintah dalam memproduksi massal bahan anti radar ini

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)