Dec 302016
 

ilustrasi

Kediri – Kantor Imigrasi Kelas III Kediri, Jawa Timur, memeriksa lima warna negara asing asal Tiongkok, yang diduga menyalahgunaan dokumen.

“Kami mendapatkan informasi dari warga, dan kami sudah mendatangi rumah di Perum Persada Asri dan menemukan ada lima warga negara asal Tiongkok,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kediri Muhammad Tito Andrianto di Kediri, Kamis, 29/12/2016.

Muhammad Tito mengatakan, rumah yang didatangi itu di Perum Persada Asri Blok C 9-10. Di tempat itu, petugas menemukan empat warga Tiongkok, yaitu WBN (38), ZYB, HZZ, serta TJS.

Dari keempat warga Tiongkok itu, hanya satu yang bisa menunjukkan paspor, yaitu WBN. Mereka dibawa petugas, sebab diduga kuat melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin tinggal yang diberikan, yaitu bekerja di distributor telepon seluler.

Selain di tempat itu, petugas juga mendatangi satu lokasi lainnya di Perum Persada Asri B I, yang merupakan distributor telepon pintar. Dari pemeriksaan petugas, terdapat satu WNA asal Tiongkok atas nama WX. Ia memiliki paspor serta izin tinggal terbatas (Itas) yang berlaku hingga 15 Mei 2017 dengan sponsor PT OEI.

Pihaknya memang masih mendalami berkas dari lima WNI tersebut. Untuk sementara, mereka akan ditahan dulu di ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas III Kediri, hingga proses pemeriksaan selesai.

Ia mengaku, juga masih belum ada keputusan. Namun, jika melanggar UU, mereka dideportasi ke negaranya, sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami akan dalami dulu izin dan melakukan berita acara. Dalam hal ini, sesuai dengan UU, terdapat 30 hari untuk pendetensian, jadi di waktu itu kami periksa saksinya,” paparnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, selama 2016, jumlah warga negara asing yang ada wi wilayah Kantor Imigrasi Kelas III Kediri mencapai 113 orang. Mereka semuanya terdata dengan resmi, namun untuk WNA yang belum terdata, belum ada data pasti.

WNA yang datang itu juga dari berbagai daerah. Selain untuk bekerja, mereka juga datang untuk menempuh pendidikan di wilayah Kantor Imigrasi Kelas III Kediri ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Kediri Dewi Sartika mengaku selama ini belum pernah ada izin terkait dengan adanya tenaga kerja asing di Kediri.

“Mereka melaksanakan kegiatan usaha tapi tidak izin perekrutan tenaga kerja. Untuk usaha di perumahan juga belum ada izin. Mereka menggunakan rumah tinggal untuk usaha, makanya kami koordinasi. Selain dengan imigrasi, juga dengan BPM (badan penanaman modal),” paparnya.

Sementara itu, kelima warga Tiongkok itu hingga kini masih berada di ruang detensi Kantor Imigrasi. Berkas mereka masih diperiksa oleh tim yang bertugas.

Antara

Artikel Terkait :

  47 Responses to “Imigrasi Kediri Periksa 5 Pekerja Bermasalah Asal Tiongkok”

  1. om periksa om…
    atiiit niih…
    ๐Ÿ˜€

  2. …Ia memiliki paspor serta izin tinggal terbatas (Itas) yang berlaku hingga 15 Mei 2017 dengan sponsor PT OEI.
    Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Kediri Dewi Sartika mengaku selama ini belum pernah ada izin terkait dengan adanya tenaga kerja asing di Kediri…

    PT OEI dan pimpinannya sbg sponsor klo belum mengurus izin kerja tapi telah mempekerjakan orang asing harusnya dituntut juga, minimal didenda…

    • Gima bed…tuh eksodus liar sdh nyatakan,mana temenmu si nyinyir..

      • yang liar2 ditangkap imigrasi, terus masalahnya apa?

        • Masalhnya klo dikritik banyak tenaga kerja asing ilegal dari cina jangan ditutuptutupi…saya setuju 10jt tenaga aseng itu hoax..

          tapi trend tka ilegal dari cina jumlah trs meningkat itu fakta bed..

          saya tdk perduli pendatang dari manapun kalau akan merongrong NKRI hadapi dulu saya…dari negara manapun.!!!

    • saya protes ma ptgs imigrasinya kalo lg interograsi uda serasa berdialog sama alien. sudah seharussnya ptgs imigrasi bisa 5 bahasa inggris,mandarin,korea,jepang,arab biar nyambung klo dialog. kalo mau mudah install aplikasi google translate lah ๐Ÿ˜€

  3. cina lg cina lg bikin ulah melulu

  4. Heeeraaaaan di ERA SEKAAARAANG CHINAA MERAJALELAA dan AAAANEEEHNYAA LAAGIII PEEMEERIINTAAH SEKARANG MENUTUP – NUTUPI……..APAAALAAGIII CAAANGKUUULL IITUUU LEEEBIIIH AANEEEH?!!!!!

    • fokus jualan coto aja bung…

    • Sssttt…jangan keras”@bung pcm.
      itu majikan si ubed&si nyinyir,…..awas kena semprot si ubed nanti,..

      terima kasih dg media massa dan rakyat yg masih nasionalis yg memblowup tka ilegal cina secara besar besaran,sehingga dapat menggagalkan kedok busuk dari kolonialsme gaya baru…

      tetap waspada demi tegaknya NKRI

  5. Bentar lagi ada yang KOAR2,”RAPATKAN BARISAN DARI SERBUAN ASENG”….????….itu tanda2 didikan web sebelah….(web “kebangsaan” konon..)….???

  6. Bentar lagi ada yang KOAR2,”RAPATKAN BARISAN DARI SERBUAN ASENG”….????….itu tanda2 didikan web sebelah….(web “kebangsaan” konon..)….???

    • Gus..belajar tentang kolonialisme gaya baru..
      bahwa untuk merampas sda tdk perlu memakai senjata…..banyak cara dek

      • klo merampas ya pake senjata / kekerasan ‘on…

        cara lain dengan modal / teknologi, tanpa kekerasan tapi dapat bagian dari sda negara lain

        atau dikasih presiden negara asing, spt exxon mobil dapet durian runtuh dari bapak besar, habis kontrak di cepu malah diperpanjang, padahal dirut pertamina widya purnama menyatakan siap mengelola sendiri (spt di blok mahakam mulai 2017)

        • Ubed yg genius….saya sangat menghormati semua presiden dan mantan presiden,termasuk bp.Jokowi saya sangat suka kebijakaan pemerintahan beliau yg bersih dari kkn.

          cuma masalah tka ilegal yg menggajal,saya takut dg kedok tka,aseng menguasai RI sama seperti Singapur dulu dikuasai…

          Ubed yg genius…hormati semua orang” yg telah berjasa dinegeri ini,jasa beliau”lebih banyak dibanding taklid buta kamu.!!!

  7. Ada udang di balik ketek Pa Jo.. parah.. Indonesia akan di jadikan beijing ke 2… ini ulah siapa?? ulah orang yang suka gandengan tangan sama xien ji ping

  8. “AYO SINI DEK, DEBAT SAMA MBAH! SAMPAI PAGI PUN MBAH SIAP !”

    Dan sebelum pagi pun si mbah sudah lelap ngorok duluan…
    Ha Ha Haa…

  9. OM ILEGAL OM……..MENAKER MARAH2 AMA PEKERJA ILEGAL CINA di bogor ITU HOAX GAK SIH?????ATAU NYATA DITUTUPI DIBILANG HOAX????????

  10. rri news..” imigrasi surabaya menangkap 7 pekerja ilegal cina yg manfaatkan kunjungan wisata/turis untuk bekerja,imigrasi surabaya nyatakan 7 pekerja ilegal cina bekerja di desa keboharan kecamatan krian sidoarjo….imigrasi sekarang amati pekerja cina yg menyusup di usaha restauran,industri besi dan infrastruktur”

  11. rmedia…” 9 pekerja ilegal cina ditangkap imigrasi papua,..mereka manfaatkan visa turis untuk bekerja,9 warga cina ilegal ini bekerja di pabrik semen pt sdic papua,…imigrasi papua akui sudah deportasi lebih 80 pekerja ilegal asing”

    • good itu baru benar silakakan deportasi dan jangan tergiur suap! hati hati siber pungli..
      mungkin kalo gak ada siber pungli dan gk disorot publik media, bisa aja semua tangan dapat amplop dr pengoplos ilegal xixixiixi

  12. Pada ribut antek ASING, antek ASENG…tar lagi ARAB…

  13. tempo..” 8 warga cina ditangkap imigrasi kendari sulawesi karena menyalahi izin visa turisnya buat kerja,pekerja ilegal cina yg tertangkap ibarat gunung es,…banyak yg sudah menyusup disemua usaha secara ilegal”……om telolet……itu amoy di semua panti pijat coba gerebek….pasti punya visa turis wakakakaka

  14. tempo…”8 warga cina tertangkap imigrasi kendari sulawesi saat salah gunakan izin visa turis untuk bekerja”…..om telolet om….habis kerja terus cari ktp jakarta ya buat coblos ahok ha ha ha

  15. metropolitan live style..” banyak cewek2 cina menyusup ke indonesia gunakan visa turis untuk bekerja sebagai pelacur di karaoke,bar…dan panti pijat plus plus…serta salon”…….coba di cek semua tempat itu…..kalau ada panlok…lihat berkas identitasnya….pasti turis asing ha ha ha….alexis…mangga dua …..pijat panggilan on line……semua turis visa nya ha ha

  16. di jitak dah

  17. sebenernya saya senang dengan isu asing ilegal ini, jd petugas imigrasi gak magabut dan kerja ekstra sudah jd kewajibannya utk menindak lanjuti ketenaga kerjaan ilegal. piye enak jaman ku toh..sekarang wajib deportasi..klo gak di uber siber pungli..

    saya jd gak terbayang pusingnya ptgs imigrasi malaysia menghadapi TKI ilegal. tp di malaysia lebih suka mengerjakan yg ilegal krn mudah di intimidasi di ancam dan dibayar murah kadang gak di bayar krn ancaman akan di laporkan ke polis jika melawan. dan konon katanya ada deal deal antara penyalur tenaga ilegal dgn imigration and polis di malay ya semacam objekkan oknum gitulah.

    nah semoga tenaga asing yg ilegal di sini gak jadi korban pesakitan oleh modus modus oknum spt itu disini secara gak langsung apa yg di lakukan pemerintah sudah tepat utk menelusuri perusahan perusahan yg memperkerjakan tenaga ilegal selain utk mencegah kecurang, jg untuk mencegah human trafficking. hikmahnya banyakkan klo positive thinking

    selamat buat petugas imigrasi salam kerja kerja kerja.. ๐Ÿ˜€

  18. Isu 20 juta tka asing asal chino memang hoax, tapi tdk menutup kemungkinan jumlah TKA Ilega/legal asal chino akan terus bertambah, dan itu harus segera di hentikan.

  19. kalau di biarkan pasti akan terjadi kerusuhan antara pribumi dan cina jgn di bilang ngaa mungkin, yg kasihan dan ikut jadi mangsa cina indonesia, jadi di harap cina indonesia ngaa usah berlagak melindungi cina daratan biar ngaa menambah ribet urusanya

  20. banyak turis cina jd berfikir takut terjadi bangkitnya komunis
    banyak turis arab jd berfikir takut terjadi bangkitnya isis
    banyak turis amerika jd berfikir takut negara jd liberal dan kapitalis

    semua berasal dr fikir negative

  21. jawa pos radar malang kota..” pekerja tiongkok membanjiri kota malang”

  22. Mana bung PHD ni…
    Kasihan UBeD sendirian tuuu..xixixixixi xi

    Minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu

  23. Sebaiknya dijadikan warga negara teladan karena berhasil transfer teknologi bagaimana membersihkan got dengan baik…. Mencangkul dengan efektif dan dibuat monumen serta dicetak dalam mata uang rupiah pecahan 1 miliar

  24. wni tinggal jalan kaki doang udah sampe ke malaysia

    ini cinak jauh amat nyebrang melintasi benua segala kemari

  25. ubed tuh nama aslinya Tek Kho Seng, dia agen cyber nya PLA.

  26. Sikattt..siapa yg bela juga sikatt..fan kui cokkk..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)