Dec 132016
 


India dikabarkan akan membuat versi keempat dari peluncur roket Carl-Gustaf setelah adanya kesepakatan dengan Saab dibawah inisiatif dibuat di India.

Carl-Gustaf ini adalah peluncur roket sama yang mendatangkan malapetaka di kamp-kamp militan yang didukung Pakistan selama operasi blitzkrieg pasukan khusus India pada 28 September lalu.

Industri pertahanan dan keamanan utama Swedia, Saab adalah pembuat asli dari senjata multi-fungsi mematikan, versi terbarunya diluncurkan pada tahun 2014 silam.

“Versi sebelumnya dari senjata ini telah terbukti kepada pasukan India pada kesempatan yang tak terhitung banyaknya. Untuk setiap tim penyerang taktis, versi canggih baru akan menjadi penambah kekuatan yang berlipat ganda”, kata seorang pejabat pertahanan dengan pengetahuan operasional yang memadai tentang senjata. “Versi terbaru ini akan lebih bersahabat. Telah dilakukan peningkatan pada sistem pengamatan dan meningkatkan jangkauan”, tambah pejabat itu.

Sementara jumlah atau rincian lain tidak tersedia – senjata dengan berat kurang dari 7 kg, jauh lebih ringan dari versi sebelumnya karena penggunaan bahan titanium – versi terbaru ini dilengkapi dengan fitur cerdas seperti “kompatibilitas dengan inovasi masa depan seperti sistem amunisi dan pengamatan-intelijen”.

Sebuah rilis oleh Saab, tanpa mengidentifikasi pelanggan, mengatakan “Saab telah menandatangani kontrak untuk pengiriman sistem senjata multi-peran Carl-Gustaf M4 baru. Mereka adalah pelanggan keempat perusahaan untuk sistem ini sejak diluncurkan pada akhir 2014. Pengiriman akan berlangsung selama 2017”.

Carl-Gustaf memiliki kehadiran selama 40 tahun di India, dan mereka terkumpul di gudang-gudang persenjataan India. Sedangkan sistem senjata Carl-Gustaf M2 dibuat di India setelah kesepakatan dengan Saab pada tahun 1976, kesepakatan untuk versi M3 telah ditandatangani pada tahun 2005 silam.

Keuntungan besarnya adalah bahwa India sudah membuat versi M2 dan M3 dipabrik-pabrik persenjataan, dan untuk membuat versi terbaru hanya akan membutuhkan upgrade fasilitas tersebut.

Sumber: Defence News India

Bagikan Artikel:

  10 Responses to “India Akan Produksi Carl-Gustaf M4 Di Dalam Negeri”

  1. Saab terbukti gmpang TOT, sayang indonesia lbh suka yg garang dn gahar

  2. aca aca… nehi nehi..

  3. India ini ga ada matinya, untuk produksi dalam negeri benar2 dilakukan sepenuh hati

  4. Ini dia… baru toto.. eh, tot 100%. Made in India. Pandai melihat peluang, negosiasi, dan komitmen memajukan industri dalam negeri. Beda yah dgn indonesia. Beli, beli, beli, beli…. kebagian assembly doankkkk….

  5. kok gak di semprot pelanggaran HAM???krn menggunakan produk blok barat..

  6. Indihe strong

 Leave a Reply