Dec 162016
 


India telah lama berusaha meningkatkan kerjasama militer dan teknis dengan Vietnam dalam upaya untuk memainkan peran lebih besar di Asia Tenggara.

“Pada 2013 India mulai melatih awak kapal selam Proyek 6361 Vietnam yang telah dibeli dari Rusia dan New Delhi kabarnya akan segera menjual rudal anti-kapal BrahMos ke Hanoi”, menurut pakar militer Vasily Kashin.

Jet tempur SU30-MKI yang digunakan oleh Angkatan Udara India berbeda dari SU-MK2 yang diterbangkan oleh pilot Vietnam dimana bahwa pesawat tempur India memiliki sirip horizontal dibagian depan dan daya dorong mesin variabel.

Pilot Angkatan Udara India sudah mulai menerbangkan jet tempur kelas berat SU-30 MKI bahkan sebelum Rusia dan sekarang telah menduduki peringkat atas dunia.

“Selama latihan bersama dengan AS pada tahun 2005, pilot Su-30MKI India dengan mudah menghadapi penerbang Angkatan Udara AS yang menggunakan jet tempur F-15. Dalam latihan yang sama dengan pilot Angkatan Udara Inggris pada tahun 2016, Ace India menang atas Eurofighter Typhoon, yang membuktikan sekali lagi bahwa para pejuang Sukhoi benar-benar sulit untuk dikalahkan”, kata Vasily Kashin.

“Ini juga berarti bahwa ada banyak pelajaran berguna yang bisa dipelajari pilot Vietnam dari rekan-rekan India”, tambahnya.

Pengalaman Vietnam di bidang ini bisa ditiru oleh tetangganya di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia, yang memiliki racikan sendiri dari jet tempur SU-27 dan SU-30 buatan Rusia.

“Penggunaan senjata Rusia sejenis yang dipasok bisa membuat India menjadi mitra utama bagi sejumlah negara ASEAN yang mana menawarkan untuk pelatihan pilot , pemeliharaan dan upgrade pesawat canggih”, lanjut Kashin.

Tidak mau kalah, Cina juga gencar memasok persenjataan canggih ke negara-negara ASEAN, diantaranya ke Malaysia dan Thailand, dan sedang berusaha untuk meningkatkan kontak militer dengan kekuatan regional.

AS juga berusaha untuk membangun kembali kehadirannya di Asia Tenggara, sama seperti Rusia dan negara-negara Uni Eropa, yang memperluas kerjasama militer-teknis dengan wilayah dan secara teratur melakukan pengiriman kapal angkatan laut mereka di sana.

“Semacam persaingan antara kekuatan-kekuatan besar bisa bermanfaat bagi negara-negara ASEAN dan membantu mereka untuk menjadi lebih mandiri baik secara politik dan militer”, kata Vasily Kashin dalam kesimpulannya.

Sumber: Sputniknews

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  14 Responses to “India dan China Bersaing Dalam Kerjasama Militer Di Asia Tenggara”

  1. PERTAMAX LAGI AH….

  2. Bung Admin,
    Mohon diangkat artikel tentang pengujian rudal jelajah baru buatan Pakistan. Jarak jangkaunya >700 KM

  3. SEMENTARA NKRI WALAUPUN KATANYA NEGARA KAYA RAYA SDA yg BERNILAI MILYARAN TRILIUN DOLLAR DAN WILAYAHNYA SANGAT LUAS SEKALI..TAPI SANGAT PUAS DENGAN HANYA MODAL F16 ODONG ODONG DAN 1 SKADRON SUKHOI YG DICICIL SELAMA10 TAHUN TAPI HANYA PUNYA 16 BIJI…NKRI MNJADI TERKUAT SRKOLONG JAGAT DAN PEMERINTAH NKRI SNGT HEBAT MELINDUNGI NEGARA DAN RAKYATNYA..

    • yah yang menikmati kekayaan itu hasil korup dibawa kabur ke negara seperti UPIL dan MALON juga SI SIPIT maka kekayaan negera yang menikmatinya yah masyarakat negara-negara itu. tapi hebatlah negara kita masih ada sahabat seperti RUSIA dan INDIA yang mau membantu.

      • tdak ada yg gratis bung… yg ada juga bagi2 jatah… ini semua cuma taktik dagang antara para pemasok senjata… kalo untuk head to head antar negara spertinya tidak mungkin terjadi karena para pemasok senjata itu ingin cari pasar buat senjata yg mereka buat ada yg membeli (supply & demand)… yg perang head to head saat ini cuma hanya ke terrorist saja…

  4. beli su 35 2 skadron
    dari India instal rudal brahmos pada su 35 kita nanti..
    mmm… joss

  5. Test

  6. tes

  7. Ga jauh” dari dagang senjata ..

  8. kalo udah baca artikelnya terus tidur lagi kali aja mimpi basah

  9. india sudah maju pesat dan mulai melebarkan sayap pengaruh mereka ke luar negri. bagamana dgn nkri..??!

  10. NKRI ….. Negara Kuat Republik Indonesia …..

  11. JANGAN MENGORBANKAN RAKYAT HANYA KARENA PERCAYA SESUATU YANG DIANGGAP TIDAK MUNGKIN….KARENA KALAU SUDAH RUDAL SILUMAN BERBICARA…MAKA ANDALAH YANG SEHARUSNYA MENJADI TAMENGNYA…JANGAN KORBANKAN PRAJURIT TNI YANG DENGAN TULUS SETIA MENJAGA NKRI…MESKI KEKUATANNYA SELALU DIKEBIRI OLEH TUKANG SUNAT BERDASI…YANG GAK SUKA KOMEN SAYA BERARTI TUKANG SUNAT

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)