Sep 142016
 

NEW DELHI – Setelah beberapa bulan disibukkan perundingan pada rincian teknis, India dan Rusia siap dengan rincian perjanjian pembagian kerja untuk produksi bersama pesawat tempur generasi kelima (FGFA). Rusia kini akan berbagi teknologi inti pesawat generasi baru sebagai bagian dari kesepakatan yang akan mencakup produksi lebih dari 100 jet tempur generasi kelima di India.

Kedua negara juga diharapkan untuk memasukkan perusahaan baru pada bulan Oktober untuk produksi helikopter ringan Kamov KA 226, yang akan melibatkan partisipasi sektor swasta secara signifikan.

Kedua proyek telah dipercepat menjelang perundingan KTT Indo-Rusia di Goa bulan depan yang akan dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pejabat yang telah memberitahu tentang pembicaraan yang sedang berlangsung mengatakan bahwa program FGFA khususnya akan menghasilkan dividen kaya bagi India karena kuantum teknologi yang ditawarkan.

“Dari dokumen pendahuluan, kita telah menyepakati sebuah rencana rinci sebanyak 650 halaman akan menentukan apa saja teknologi yang akan dibagikan”, kata pejabat itu.

Tidak seperti di masa lalu ketika kesepakatan luas akan ditandatangani pada penawaran jet tempur seperti kontrak Su-30MKI, kali ini negosiator India telah melangkah jauh pada rincian rencana produksi bersama.

Proyek ini mendapat dukungan dari Menteri Pertahanan Manohar Parrikar tahun lalu, setelah berada di ambang kehancuran.

Penandatanganan perjanjian pembagian kerja diharapkan segera dilaksanakan, dengan India berkomitmen untuk berinvestasi US $4 miliar selama tahun-tahun mendatang untuk mengembangkan pesawat tempur versi India. Salah satu perhatian utama dari sisi India adalah pengembangan mesin jet tempur baru dan paket senjata.

India telah menghabiskan US $300 juta di kontrak desain pendahuluan proyek tersebut dengan Rusia yang selesai pada Juni 2013.

Sumber: Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  24 Responses to “India dan Rusia Sepakat Produksi Bersama Pesawat Tempur PAK FA”

  1. Ajak Indonesia donggg

  2. source code pakfa untuk india tidak di berikan oleh rusu…..
    kasihan india…sudah kepalang basah duit sdh keluar…
    ha ha ha..tarikk manggg….santai aja..
    http://lysa.qwqw.hu/tarhely/lysa/kepek/25_tanc.gif

  3. india ema jago lobi

  4. Goyangan carin benar-benar MANTAB, bikin mbah bowo melek merem walapun lewat bekang

    Xixixixi….

  5. Goyangan carin benar-benar MANTAB, bikin mbah bowo melek merem walapun lewat bekang

    Xixixixi…. ..

  6. terkadang pengen membaca “Indonesia-Rusia sepakat produksi bla bla bla…” tapi yah… apa boleh buat deh….

  7. Nkri gak rugi kalo beli pesawat tempur ke Rusia pasti dikasih tat tet tot asal belinya yg banyak.. Kalo cuman beli 8 mah ya gk bakalan dikasih…

  8. Indonesia siap borong pak fa 5 skuadron dan rudal brahmos 2000 unit bayar cash!!! Yg byr mbo mega

  9. Judul-judulnya gahar2 bgt ya, kecuali berita di indonesia, berita ringan melulu, latihan terus ga ada ujungnya,,perang modern latihan tempur prajurit nomor 10, yyg penting banyakin rudal, destroyer, sam jarak sesang dan jauh…jgn latihan tok kerjaannya tanpa ada alutsista yg memneri efek gentar, liat dong judul2 laim, beritanya seru, gahar dan bikin ngeri bacanya.!!,

    • Ya udah… ntar ane kirim artikel ke admin tentang latihan perang TNI, terus ane kasih judul “PEREMPUAN DISARANG PENYAMUN”……. udah keliatan serem apa belum bung ??…..

      wiuu..wiuu…wiu…wiu…

  10. india dari dahuli memang terkenal dengan jago lobi nya….
    bnyak keuntungan yg india dapat…
    sekarang pun india mulai muncul sebagai negara yg sangat berpotensi untuk menjadi adidaya…

    kalo indonesia gimana yah….kwkwkwkw???

  11. PAK FA jelas pasti india dapatkan bung, soalnya dari dulu india sudah menjalin kerjasama tentang pengembangan dan penelitian SU family dengan russia dan juga india sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pengembangan ini.

    sedikit banyak russia juga pasti memberikan semua yang dimiliki mereka tentang PAK FA ini.

    jika tidak salah korea selatan dan iran juga minat dengan PAK FA ini bung, pernah bava tapi lupa sumbernya ane..

  12. Carin ntu kalo ngemeng asal ngejeblak aja….
    Tuh dapt infonya dari kuntilanak kale yee…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)