Mar 022017
 

Sebagai tanda menguatnya hubungan Israel dan India, kedua negara telah setuju pada kesepakatan besar dalam hal persenjataan untuk secara bersama-sama mengembangkan sistem pertahanan udara India.


Sebuah rudal permukaan-ke-udara (SAM) diluncurkan dalam latihan “Iron Fist” yang berlangsung di Pokhran, India. (© Ajit Solanki)

Perdana Menteri India, Narendra Modi telah setuju pada kesepakatan untuk sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah (MRSAM) yang akan diproduksi bersama oleh Israel Aerospace Industries dan DRDO India, menurut Daily Mail.

Kesepakatan tersebut telah menandai berlangsungnya hubungan diplomatik selama 25 tahun, menurut The Algemeiner.

“Izin resmi untuk proyek MRSAM telah diberikan oleh komite Kementrian Pertahanan Indoa yang dipimpin oleh perdana menteri pekan lalu”, menurut pejabat pertahanan India. Kontrak resmi akan diberikan pada bulan Maret, tambah pejabat itu.

Laporan awal menunjukkan bahwa sistem rudal akan melindungi wilayah udara India dari pesawat musuh dan pesawat terbang pada jarak 30 – 45 mil. “Angkatan Bersenjata India ingin menggunakan MRSAM untuk menyediakan pertahanan udara kedalam formasi mekanik yang beroperasi di dataran, semi-gurun dan bagian gurun yang ada di India”, kata pejabat Angkatan Darat India kepada Defense News.

Di tengah perkembangan positif yang dicapai oleh kedua negara, namun dibayangi isu mendesak mengenai hak atas kekayaan intelektual (HAKI) penuh, menurut catatan Defense News. HAKI untuk teknologi rudal milik Israel Aerospace Industries, menurut pensiunan Angkatan Darat India Mayjen. (Purn) Bhupinder Yadav, “dengan pengecualian pada subsistem yang dikembangkan oleh DRDO”.

“Platform rudal tersebut akan diproduksi di India dan akan menggunakan 80 persen kandungan lokal”, kata Yadav.

Angkatan Bersenjata India akan menambah 40 rudal MRSAM ke dalam persediaannya. Senjata tersebut dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2023, seperti dilaporkan The Algemeiner.

Israel Aerospace Industries (IAI) dan DRDO India sebelumnya telah menyelesaikan tiga tes penerbangan dari sistem senjata tersebut. “Rudal berhasil mencegat target udara bergerak di semua tes yang dilaksanakan”, kata pejabat di Kementerian Pertahanan India.

Sputnik News

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  14 Responses to “India Investasi 2,5 Milyar Dollar Pada Sistem Rudal Israel”

  1. Wew, invest disini juga dong

  2. Bung Diego .. kenapa sekarang JKGR sepi komen…. jadi ga asik klo pertamax

  3. Mau komen sulit banget bung diego

  4. India nie gmn sich.. invest ke setan zionis.. benci gua

    • RI : kenapa sih lu Invest InHan ke zionis? Padahal kan gua yg paling sering menayangkan film dan sinetron Elu di tv gua? Kenapa?
      India : Hm….. Efek dari Sinetron gua 😀

      R

  5. mmm

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)