Jan 082017
 

Sebanyak 2.500 tank T-72 milik Angkatan Darat India akan segera dilengkapi dengan pelindung yang dikembangkan di dalam negeri untuk menjamin keselamatan dari tembakan tank musuh.

Pejabat Organisasi Riset Pertahanan dan Pengembangan (DRDO) mengatakan pada hari Jumat (06/01/2017) bahwa tank akan dilengkapi dengan versi canggih dari Explosive Reactive Armour (ERA) Mk-II untuk perlindungan yang efektif. “Selain itu, juga akan menghasilkan penghematan devisa dalam jumlah besar”, kata mereka.

Saat ini, tank T-72 milik Angkatan Darat India dilengkapi dengan ERA Mk-I. Untuk mendapatkan perlindungan yang lebih baik bagi tank-tank tersebut, Angkatan Darat India telah mengajukan pesanan untuk versi canggih dari ERA pada tahun 2010 kepada DRDO.

Pengembangan ERA Mk-II yang dilakukan oleh DRDO pada 2011 di Laboratorium Riset Material Energi Tinggi yang ada di India, sebagai jembatan dengan Penelitian Kendaraan Tempur dan Pengembangan Usaha serta Laboratorium Penelitian Metalurgi Pertahanan.

Para pejabat DRDO mengatakan bahwa ujicoba penggunaan dari ERA Mk-II dilakukan dalam 4 tahap sejak November 2015 hingga Januari 2016. “Selama ujicoba ini, ERA Mk-II dievaluasi terhadap tembakan amunisi 84 mm, 125 mm, hulu ledak Milan dan AMK-339”, tambah mereka.

“Dengan sifat eksplosif yang ditingkatkan dan bahan lapis baja, kinerja ERA Mk-II melawan muatan hulu ledak dan energi kinetik proyektil yang sangat baik dan lebih baik daripada ERA Mk-I”, menurut pejabat DRDO.

“Perwira Angkatan Darat juga telah mengevaluasi berbagai parameter kinerja, seperti mobilitas, melintasi turert, stabilisasi senjata yang sesuai dengan tujuan ujicoba. Semua persyaratan telah tercapai selama evaluasi oleh pengguna”, tambah pejabat DRDO lagi.

Seorang pejabat tinggi DRDO yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa “Adaptasi dari ERA Mk-II secara signifikan akan meningkatkan kemampuan perlindungan tank. Dengan demikian, Angkatan Darat menginginkan versi canggih ini untuk Tank T-72 dan selanjutnya akan sistem ini akan melengkapi tank T-90 dan Arjun MK-II dalam waktu dekat”.

Pejabat itu mengatakan bahwa berat panel reaktif itu mirip dengan ERA MK-I. Yang artinya, tidak akan menyebabkan beban tambahan pada tank.

Mengomentari peran ERA, seorang perwira senior mengatakan, “Tugas utama dari ERA adalah untuk mengurangi penetrasi muatan hulu ledak dan proyektil KE, sehingga, menjamin non-perforasi pada kendaraan lapis baja serta memberi perlindungan kepada kru yang ada didalam. Secara positif, ERA baru yang dikembangkan telah mencapai semua persyaratan yang diperlukan selama ujicoba”.

DRDO akan memulai produksi massal dari ERA setelah Transfer Teknologi (ToT) bagi produsen pertahanan swasta. “Kami akan menyelesaikan proses tersebut setelah kami menyelesaikan produksi dalam beberapa bulan ke depan”, kata sumber dari DRDO.

Artikel Terkait :

  4 Responses to “India Kembangkan Pelindung Tank T-72 Untuk Angkatan Bersenjatanya”

  1. Joss kapan milik leo di kasih jubah besi

  2. Lebih hebat lg jika d lapisi peredam suara macam tahu n roti tawar

  3. tank angkutan batu bata

  4. masih diugrade dan upgrade, harusnya tank tank indonesia juga memiliki sistem perlindungan seperti itu.
    untuk arsenal tua yang masih aktif
    scorpion
    amx 13
    amx 10
    bmp 3f
    pt 76
    btr 50