May 242016
 

Sriharikota – India adalah salah satu negara yang melejit dalam dunia teknologi tinggi. Negara ini berhasil meluncurkan model pesawat ruang angkasa tanpa awak ke orbit bumi dengan pesawat ruang angkasa reusable.

Model pesawat skala 7 meter tersebut diluncurkan dari Andhra Pradesh dan terbang sekitar 70 kilometer ke atmosfer sebelum turun di laut. India berharap dapat meluncurkan pada skala penuh pesawat ulang-alik reusable dalam dekade berikutnya. India tergerak untuk merancang pesawat ruang angkasa tanpa awak ini, setelah NASA menghentikan program Space Shuttle pada 2011.

India's Reusable Launch Vehicle (RLV-TD)

India’s Reusable Launch Vehicle (RLV-TD)

India’s Reusable Launch Vehicle (RLV-TD) lepas landas 23/5/2016 dari tempat peluncuran di Sriharikota. Penerbangan ini dirancang untuk memungkinkan Indian Space Research Organistion (ISRO) mengumpulkan data penting pada kecepatan hipersonik dan pendaratan mandiri.

pesawat ruang angkasa india

Model pesawat ini dikembangkan selama lima tahun terakhir dengan biaya 1 miliar rupee atau 14 juta dolar AS. Pesawat ruang angkasa ini nantinya diharapkan dapat digunakan kembali atau reusable sehingga memungkinkan negara untuk secara signifikan mengurangi biaya eksplorasi ruang angkasa.

Sejak AS pensiun dari program pesawat ulang-alik, perusahaan swasta seperti Space X milik miliarder Elon Musk dan pemiliki Amazon Jeff Bezos, Blue Origin, mencoba mengisi kesenjangan. Jepang, Eropa, dan Rusia, dalam tahan pengujian untuk teknologi serupa.

Sumber : Republika.co.id

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  15 Responses to “India Luncurkan Pesawat Tanpa Awak ke Ruang Angkasa”

  1. wow amajing tuan takur

    • Politik kedekatan india,pakistan dengan britania/inggris menjadi salah satu faktor penentu maju nya industri roket n antatiksa INDIA..
      Berbeda hal dengan KORE UTARA n IRAN jika negri ini melakukan uji coba rudal dan roket antariksa dunia langsung merespon bahkan tak jarang PBB memberikan sangsi..
      Padahal belum lama amerika melakukan uji coba rudal.
      Seumpama indonesia seperti INDIA apa yg terjadi dengan kawasan,.mengingat mempunyai tetangga FDA… pastilah kita seperti korea utara yg akan di isolasi bahkan bisa jadi seperti IRAQ

    • Negara sebelah meluncurkan AWAK TANPA PESAWAT di hanggar..

  2. Susah masukx cooooyyy…

  3. indonesia kapan ? masih dlm wacana, fokus perbaikan ekonomi & lunasin hutang luar negeri

  4. Perkembangan teknologi India di bidang apapun semakin pesat….semoga NKRI kita juga seperti itu Amin….

  5. Rakyatnya masih banyak yg kelaparan tapi duitnya di pake buat gaya-gayaan, miris

  6. Perkembangan teknologi India di bidang apapun semakin pesat dan canggih….semoga NKRI kita juga seperti itu Amin….

  7. amiin pak domo…semoga segera kelar roket2 lapan yg buat lemparin satelit ke luar angkasa..habis tuh baru ngejar pesawat ulang aliknya

  8. tp disana yg pinter banyak..

    apakah pembangunan pabrik tvs di cikarang sekedar buat gaya gayaan?????

  9. Ente gagal paham nyang gua maksut…

  10. Seakan duit India ga ada habis2nya utk program roket dan luar angkasa.

    Kapan yah kita bisa jorjoran kyk negeri Syahru khan ini?

    Ternyata ga mahal2 amat. Ga smp sebesar potensi laut yg hilang akibat illegal fishing, apalagi dana yg dikorupsi dari berbagai sektor.

    Andai koruptor dihukum mati sj, mak 14 juta itu kecil.

  11. Tom, numpang ngakakkkk…wekekekek..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)