Jan 122017
 

MUMBAI – Khanderi, kapal selam kedua kelas Scorpene yang memiliki kemampuan siluman yang unggul dan meluncurkan serangan torpedo serta rudal anti-kapal melalui tabung peluncur sambil menyelam atau melalui permukaan, hari ini diluncurkan di Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL).

Menteri Pertahanan Subhash Bhamre memimpin acara peluncuran Khanderi. Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Sunil Lanba juga hadir pada kesempatan itu saat kapal selam itu dipisahkan dari ponton di mana ia dirakit.

Fitur tercanggih kapal selam kelas Scorpene ini mencakup keunggulan siluman dan kemampuan untuk meluncurkan serangan menggunakan senjata presisi dipandu.

Kapal selam ini dirancang untuk beroperasi di semua teater, termasuk daerah tropis. Semua sarana dan komunikasi yang disediakan untuk memastikan interoperabilitas dengan komponen lain dari gugus tugas Angkatan Laut.

Kapal selam ini dapat melakukan aneka jenis misi yang umum dilakukan oleh kapal selam modern, seperti perang anti-permukaan, perang anti-kapal selam, pengumpulan data intelijen, meletakkan ranjau, pengawasan wilayah, dll.

Khanderi adalah kapal selam kedua dari enam kapal yang sedang dibangun di MDL bekerjasama dengan DCNS Perancis, sebagai bagian dari Proyek 75 Angkatan Laut India. Kapal selam pertama, Kalvari, sedang menyelesaikan ujicoba laut dan akan segera ditugaskan dengan Angkatan Laut India, kata seorang pejabat pertahanan.

Armada kapal selam dari Angkatan Laut India akan genap berusia 50 tahun pada tanggal 8 Desember 2017.

Hari Kapal Selam dirayakan setiap tahun untuk memperingati kelahiran armada bawah laut dengan induksi kapal selam pertama, INS Kalvari, ke dalam Angkatan Laut India pada tanggal 8 Desember 1967, katanya.

India bergabung dengan kelompok eksklusif negara pembangun kapal selam pada tanggal 7 Februari 1992, dengan commissioning kapal selam pertama, INS Shalki.

MDL membangun kapal selam ini dan berlanjut ke commissioning kapal selam lain, INS Shankul, pada tanggal 28 Mei 1994. Kapal selam ini masih dalam pelayanan hingga hari ini.

Khanderi dinamai dari nama benteng pulau pasukan Maratha, yang memainkan peran penting dalam memastikan supremasi mereka di laut pada akhir abad ke-17. Khanderi juga merupakan nama untuk Tiger Shark, seorang pejabat Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL).

Sumber: India Defense News

Artikel Terkait :

  2 Responses to “India Luncurkan Scorpene Kedua Hari Ini”

  1. Indonesia kapan ya?

  2. India,, Indiaaaa banyak sekali jatah untuk alutsistanya..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)