Jan 112017
 

NEW DELHI – Tidak terpengaruh oleh kebocoran data yang terjadi tahun lalu, India tampaknya telah memutuskan untuk meluncurkan kapal selam kedua kelas Scorpene yang diberi nama Kandheri tanpa melakukan modifikasi parameternya.

Sebagai bagian dari Proyek 75 dari Angkatan Laut India di mana 6 kapal selam sedang dibangun, Khanderi akan diluncurkan pada 12 Januari di Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL) di Mumbai.

Pengumuman peluncuran ini terdengar aneh, sebab Panglima Angkatan Laut India Laksamana Sunil Lanba menyatakan bahwa India dan Perancis akan membentuk komite bersama untuk mempertimbangkan perubahan jika salah satu konfigurasi telah terungkap dalam kebocoran data Agustus lalu.

“Enam kapal selam sedang dibangun bekerjasama dengan DCNS Perancis. Kapal selam pertama (Kalvari) sedang menyelesaikan ujicoba laut dan akan ditugaskan segera bersama Angkatan Laut India”, kata konferensi pers Angkatan Laut India.

Kapal selam adalah bagian dari kontrak transfer teknologi senilai US $ 3,46 milyar yang ditandatangani pada tahun 2005. Proyek ini telah tertunda selama 4 tahun karena masalah transfer teknologi.

Namun pemerintah India tidak senang dengan kanndungan lokal. “Hal ini tidak sesuai dengan harapan. Lokalisasi kandungan teknologi Scorpene sekitar 30-40 persen, dan ini terlalu sedikit”, kata Manohar Parrikar pada bulan November tahun lalu.

“Antara sekarang [November 2016] dan Desember 2017, kapal selam kedua akan menjalani ujicoba yang ketat, baik di pelabuhan dan di laut, baik saat di permukaan maupun saat menyelam. Setelah itu dia akan ditugaskan bersama Angkatan Laut India sebagai INS Khanderi. Empat kapal selam lain akan mengikuti dengan interval 9 bulan”, menurut keterangan pers Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL).

Terlepas dari pernyataan Panglima Angkatan Laut tentang komite bersama, pemerintah India masih belum menerima laporan penyelidikan akhir. Perhatian Angkatan Laut tampaknya agar tidak terjadi delay yang akan mengurangi tingkat kekuatan armadanya.

Artikel Terkait :

  9 Responses to “India Luncurkan Scorpene Kedua Pada 12 Januari 2017”

  1. wah wah

  2. India makin sangar aja nih

    Hello indonesia, gimana?
    semua ributin politik, agama mulu, sedih bah

  3. Drpd scorpene lbh baik kilo klass punya RUSIA dgn kemampuan stealth dan kemampuan mengintai yg tinggi mampu dgn mudah menyusup ke daerah musuh tanpa terdeteksi!

  4. bung diego tolong diangkat berita jepang ngeluarin kendaraan tempur 8×8 terbaru