Oct 102016
 

rusia-s-400-splash
India dan Rusia akan melakukan negosiasi kesepakatan pertahanan multi-miliar dolar di sela-sela BRICS Summit minggu depan sebagaimana pemerintah Narendra Modi bermaksud membangun kembali hubungan militer dan pertahanan dengan Moskow serta mencegah Kremlin bermitra dengan saingan utama mereka, Pakistan, menurut surat kabar The Financial Express India.

Negosiasi sehubungan dengan permintaan India untuk memperoleh 5 sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf, helikopter Kamov-28 dan model upgrade dari jet tempur elit Sukhoi 30-MKI dengan perkiraan senilai US $6 miliar.

Sistem rudal S-400 pada khususnya mampu menghancurkan rudal, drone, dan jet tempur yang masuk dalam jarak 250 mil (400 km), dimana para analis berspekulasi bahwa system anti-pesawat canggih mampu merender jet tempur F-35 yang berarti bahwa teknologi siluman sama sekali tidak berguna – pesawat kebanggaan bahwa AS ini telah menghabiskan anggaran US $1,5 trilyun untuk pengembangan.

Rusia dan India juga sedang bernegosiasi membicarakan sistem pertahanan Angkatan Laut dimana india berencana menyewa kapal selam kelas Akula dari Rusia senilai US $ 1,5 miliar untuk mendukung kapal selam nuklir India, INS Chakra.

Washington dalam beberapa bulan terakhir bermaksud untuk memotong kerjasama pertahanan Rusia dengan New Delhi dengan memimpin kontraktor pertahanan AS, termasuk Lockheed Martin, memberikan penawaran kepada India untuk memimpin pada pembangunan sejumlah jet tempur AS, tetapi tampaknya pemerintahan Modi lebih fokus pada diversifikasi hubungan pertahanan negara.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  76 Responses to “India Negosiasi Untuk Peroleh 5 S-400 Triumph Dari Rusia”

  1. India lg panen alutsista

    • INDONESIA CUMA BUTUH MANPADS UNTUK LAWAN CHINA, GAK PERLU S300 S400 , MANPADS UDAH CUKUP MENGHADANG DONGFENG, WKWKW

  2. Indo kapan???

  3. Kalo aku presiden ne, opo wae tak beli Leee…

  4. ngrnya aca aca semakin strooong aja kpn ya ngrku punya esteler kaya gitu
    ngareeeeeeessseeeessp baaaaaaaaaaangeeeeet

  5. negara2 kawasan dan sekitar berlomba lomba meningkatkan persenjataan mereka supaya kuat, kita tidak perlu karena negara kita sudah kuat

  6. kuat apanya tong????????????

    utangnya kuat…
    kwak kwak kwak kwak….wakwaw….

  7. INDIA LAGI….

  8. Itu negara India nyetak duit dolar sendiri apa ya.? Duitnya spt gak pernah habis buat belanja alutsista. Apa mungkin India punya usaha menggandakan uang spt Dimas Kanjeng.?

  9. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah apakah pihak Russia mau memberinya?

  10. Disaat kita main di Manpads Chiron dan QW3..India sudah negosiasi S 400..

  11. India memang kuat tetapi kuat karena mengorbankan kesejahteraan rakyatnya,angka kejahatan kriminal di india cukup tinggi,seharusnya india menggunakan kekuatan militernya untuk menekan angka kejahatan kriminal jika polisi-polisi lokal tidak sanggup

  12. liat aja di film utaran polisi india petangtang petengteng xixixixi…kumisnya aja 2 jengkal…tp yg di bawa bukan senapan atau pistol tapi cuman rotan…dasyattnya polisi india pada jaguh jaguh

  13. Buat apa beli rudal mahal kalau ada yg lebih murah. Rudal Super Canggih C-705 dan C-802 menurut aku sudah jauh lebih baik dan punya deterrent effect tinggi serta punya kelebihan dibanding rudal rusu keluarga S: S-300, S-400 dan S-500.

  14. beda fungsinya bung @Si boyo c705, dan C802 rudal anti kapal.

    lagian s300 dst itu system rudal permukaan ke udara, rudal yg di pakai co/ 9m83me.

  15. boroooooooooooooooooooong

  16. wow…tambah dasyat india…indonesia cukup s300 tetangga sebelah pasti ga bisa tidur…

    • S300 sudah uzur bro…

      • Kata siapa uzur? S300V4 / S300VM a.k.a Antey 2500 ente bilang uzur?

        • Antey 2500 alias S300VMU sejatinya retrofit S300 yang sudah tidak diproduksi lagi sejak 2014 dengan mengganti seeker, warhead, search & tracking radar serta propelan yang sudah dianggap kadaluarsa.

    • @Sigma Lover : SILAHKAN BACA KOMENTAR KETERANGAN DARI GUE…!!!!
      LAIN KALI KALAU SUDAH GOBLOK JANGAN SOTOY…!!!!!

      MASIH LEBIH PINTAR PELIHARAAN GUE DARI PADA YANG MEMILIKI NICK NAME “SIGMA LOVER”

      @SIGMA LOVER : ANJING TETANGGA GUE SAJA LEBIH PINTAR MENGGONGGONG DARI PADA LOE…!!!!!

      • Hufft santai aja bro, gak usah sok pintar dan bilang orang lain tidak pintar. Belajar etika dan tata krama dulu sana

  17. wow…tambah dasyat aja ni india…indonesia cukup s300 tetangga sebelah pasti ga bsa tidur.

  18. sedikit komen di luar artikel ,
    india yg sy artikan ,tangan dan kakinya di rusia tapi kepalanya di inggris+USA, untuk keadaan yg spt ini, posisi india sangat di untungkan karena di manjakan oleh 2 kuasa dunia. mungkin ada sebagian orang tdk tahu , bagi sy india adalah sekutunya amerika inggris, buktinya kes bom atom, seandainya klu bukan sekutu usa sdh pasti india di jatuhi sekatan ekonomi dunia, membuat dgn alasan perang dgn pakistan padahal bukan itu tujuan di sebaliknya usa+inggris memberi izin ke india+pakistan, tujuannya untuk menghadapi china,korut dan negara sekitar sini yg coba2 mengugat negara2 teritorialnya

  19. Indonesia negara kepulauan yang pasti membutuhkan alutsista yg modern dan canggih ,tidak perlu kapal induk,jadikan pulau” terdepan sebagai kapal induk dan yg terpenting tempatkan rudal S- 400 dimasing” kepulauan dan dukungan alutsista dalam negeri sendiri

  20. Jika payung udara jarak pendek Negara Indonesia banyak variasinya dan untuk payung udara jarak menengah kita kemungkinan besar menggunakan NASAMS, maka semoga saja untuk payung udara jarak jauhnya menggunakan S400.

  21. VI TAIII……BERAPIIIII………………….!!!!

  22. sdh lama negarah kita terpisah dgn rusia semenjak orba mulai berkuasa, yg perlu kita ingat dan sejarah membuktikan rusia adalah sahabat sejati bangsa kita

  23. Hanya 5 ? kok dikit banget untuk negara sebesar india, yah minimal 15 lah

  24. INDONESIA UDAH PUNYA LIMBAD MAS BRO CUKUP UNTUK MEMBENDUNG SERANGAN UDARA DARI MANAPUN 360 DERAJAT TEPAT SASARAN CUKUP TARUH DI ATAS MONAS AMAN SELURUH KAWASAN NKRI.. HHAAAAA…. LANJUT SEDUH KOPI.

    • @satria, jika ada rudal datang ke negara kita dan nampak giginya limbad yg ada siungnya itu, pasti rudal putar balik ketakutan lo.

  25. papua nak gabung malaysia …. ????
    woi bangun …. !!!
    mimpi jgn ketinggian gt lon, jgn2 mlh sabah dan sarawak ikut Indonesia

  26. Kuat korupsinya, seperti kasus suap reklamasi, bahkan oknumnya tidak tersentuh, tenang2 saja tuh, malah bacotnya makin ngawur, …….. !!!

    • itu org 2 si by,
      dan
      kuda bocor prajurit gagal move on.

      sanusi… santun2 korupsi.
      mulai lah riset anda dari siapa owner agung podomoro…
      dulu anda pernah ingat sdsb?
      nah… temukan kaitanya dgn 9 naga dan suport mereka thd jendral2 orba termasuk SikeBoY dan prabodoh subian tolol.

  27. malaySIANJING, kongkek maniac, sehingga mengalami kerusakan otak dan, ngomongnya asal mangap, ekornya sahaja yang makin panjang, ……… tahniah lon, ……… Aaak kak kak !!!

  28. Kematian karena kelaparan dan kriminal di india sangat tinggi…rakyat dikorbankan demi perlombaan senjata. Rakyat miskin makan rumput…demi kebohongan senjata.
    Kasihan ratusan juta rakyat india terancam mati lumpuh…makan tanah dan aspat Gatot brajamusti..

  29. Mungkin menhan pengen banyakin PSU jarak dekat dlu kalau sudah memenuhi MEF baru jarak menengah dan selanjutnya yg lbih mobile entah s 400 dll,kalau PSU jarak dekat kita minim,bagai mana kita tangkis serangan udara yg lolos dari kejaran SAM otomatis PSU jarak dekat sangat berarti kan,pihak militer itu lbih tau mas tentang kebutuhan alutsista tni

  30. Kematian karena kelaparan dan kriminal di india sangat tinggi…rakyat dikorbankan demi perlombaan senjata. Rakyat miskin makan rumput…demi kebohongan senjata.
    Kasihan ratusan juta rakyat india terancam mati lumpuh…makan tanah dan aspat Gatot brajamusti..

  31. Darurat…Indonesia hanya butuh satu rudal setan RS28 SARMAT. Pasti Cina bahkan Amarikapun pasti lari terbirit2…
    Apalagi malingsial jatuh tersungkur minta ampun…

    • Tinggal di tangkis sama THAAD bro. Mubazir ICBM raksasa tapi 1 biji

      • @Sigma Lover : KALAU NGEBACOT DI SINI JANGAN SOK PINTAR…!!!
        LOE TAU APA TIDAK HARGA THAAD BERAPA…???
        BANDINGKAN DENGAN RASIO HARGA DAN KEMAMPUAN THAAD DENGAN YANG LAIN…!!!
        ASAL LOE TAU SAJA, 7 TURUNAN KELUARGA LOE GA BAKAL BISA BAYAR BUAT NGELUNASIN THAAD…!!!

        DASAR ANJING AMERIKA….!!!!

        • Biasakan beretika dalam berkomentar bro walau hanya di dunia maya. Ini forum untuk saling sharing, bukan untuk mencacimaki. Apa hubunganya sama harga mahalnya THAAD? Saya ambil contoh THAAD karena komentar agan setan langit menyebut amerika yg notabene punya THAAD. Masa saya harus bilang pake Aster 30? Ya gak nyambung.

          • Hanya ingin sedikit mengkoreksi jika mengenai etika.

            Ada baiknya saudara flash back postingan komentar sudara merespon komentar saya.
            Mohondi perhatikan kronologi waktu postingan saudara dan balasan dari saya.
            Anyway yang sudah biarlah berlalu dan lebih baik saya memohon maaf kepadasaudara tanpa harus mencari siapa yang memulai.
            Btw maafingue bro…
            Trims JKGR

        • ni bung @Wangsa Kencana asli bukan?? koq bahasa kebun binatang sampe kluar gitu, comen bung @Sigma jg nyantai,,,salam

          • Maaf..
            Maaf..
            Maaf..

            Saya kurang kontrolemosi…
            Maaf bung Sigma Lover and trims sudah mengingatkan saya bung asbun…

            Sekali lagi maaf dan terima kasih, wassalamualaikum…

        • ni orang kok belaga kek paling pinter aja, kaya nya ni masih keturunan hewan ni orang…

          • @israhell : Yang anda maksud siapa?
            Di tulis dong di tujukankepadasiapa.
            Kan jadi enak.
            Nanti yang sok pintar siapa.
            Yang sok jadi bensin siapa.
            Kan enak…

          • @israhell : Knp diam???

            Sariawan ya???

            Atauagi malas nulis???

          • wk,@ buat yg ngerasa sja, klu ente ngerasa ya silahkan…

          • Saya merasa dan saya susah memohon maaf kpd yg bersangkutan dan juga saya sudah jelaskan asalmu asalnya, dengan penjelasan kronologi isi postingan dan catatan waktunya kpd yang bersangkutan.
            Bahkan saya juga mengatakan / menuliskan saya tidak ingin memperdebatkan siapa yang memulai dalam hal ini “etika” dalam berkomentar.
            Lain kali jangan memperkeruh suasana, jika ingin turut andil, setidaknya mengetahui apa duduk persoalannya dari ke dua belah pihak berikut dengan lampiran bukti berdasarkan waktu / siapa yang memulai pertama kali yang tidak menjaga etika.
            Btw saya siap menanggung resikonya apapun itu demi hukuk yang berlaku di Negara Indonesia jika saya yang terbukti memulai dengan membalas komentar yang tidak beretika.

            Soo…

            Masih butuh penjelasan apa lagi dari saya.
            Selagi saya masih sadar, tidak ada halangan dan masih hidup tentunya…

  32. http://jakartagreater.com/kohanudnas-sebuah-opini/latihan2/….Dr sini kita akan tahu kita butuh berapa S300/S400…dan yang pasti akan beli pas semua MEF 3..terpenuhi…kita butuh gak banyak kog cukup minim 15 sistem aja cukup…maka mari kita kawal sampai MEF 3…minim ditahun 2022-24…baca dong berita2 terdahulu..sangat berbobot menurut saya…

    • Menurut saya dengan luas negara kita dari Sabang – Marauke, bukan hanya jumlah batrai S400, akan tetapi Rudal dengan rang yang jauh untuk pesawat TNI AU harus juga di pikirkan.
      Karena tidak akan mungkin suatu negara jika menditeksi pesawat luar masuk ke wilayah yang memiliki payung udara tefcanggihpun akan memberikan izin tembak, terkecuali untuk rudal, contoh : Israel, Iran, dan negara lainnya.
      Btw untuk S300 sudah uzur, karena terakhir kali di produksi tahun 20!4

    • Antey 2500 alias S300VMU sejatinya retrofit S300 yang sudah tidak diproduksi lagi sejak 2014 dengan mengganti seeker, warhead, search & tracking radar serta propelan yang sudah dianggap kadaluarsa.

      • Menurut saya jika mampunya beli S300 juga gak papa..yg kita butuhkan sistem dan peluncurannya..nanti propelannya buat baru,sukur2 bisa buat sendiri..kalo pesawat kombinasi rudal yg anda maksud seperti punya India dengan Brahmos?..menurut saya rudal sekelas C705 sudah cukup bagus,makanya saya sangat mendukung program ini supaya Indonesia bisa buat rudal sekelas C705 sendiri,soalnya apa…kalo kita bisa bikin sendiri,pasti bisa maintenence sendiri,kita pasti lebih merawat lagi dan tidak percayakan lagi ke pihak 1,nah dari rudal C705 kita pasti mampu memodifikasinya untuk tipe yg kita butuhkan..contoh untuk yg dibawa jet tersebut..saya yakin banyak yg tidak suka jika kita bisa bikin rudal sekelas ini…soalnya melompatnya terlalu jauh jadi rudal Menengah…ini benar2 rudal yang sangat multirole dan strategis untuk sistem pertahanan.(150-180km+turbo,utk udara,laut,darat)…jadi tahu kenapa sekarang kita butuh banyak PSU dan MANPADS setelah baca di atas…harus terintegrasi dan utk melindungi yg besar…ini pendapat saya..

  33. Sistem pertahanan udara S400, ada yang salah dengan pemangku kebijakan di negeri ini khususnya kementrian pertahanan, rakyat sudah mendukung pembelian sistem pertahanan udara S400… pengambil kebijakan terlalu banyak berpikir???

  34. kalo kita beli tu sistem, apa mamarika kagak mencak mencak ya???

    • Yang kita beli itu sistemnya ada yang dengan sistem hutang dan cash…
      Tergantung budgednya…

      wkwkwkwkwk… 😀

  35. Kalo menurut saya,pembelian alutsista dari rusia bagi indonesia (kecuali cina,india,korsel dll) akan mendapat tekanan dan hadangan dari pihak barat dan sekutunya. Mereka sekuat tenaga dengan berbagai cara termasuk antek2nya dr dalam negeri utk menggagalkan. Karena spt kejadian tempoe doeloe rusia (sovyet dulunya) berhasil membangun kekuatan tni yg sangat hebat . Bagaimana caranya macam sukhoi gagal,kilo gagal,SAxxx gagal,,kecuali pemangku kebijakan bisa membeli alutsista super gahar dan gak perlu dipublikasikan utk umum. Dan senyap pembeliannya dari intel2 barat.
    Kalo saya membaca komen2 dari sobat2 warjagers yg begitu antusias saat ada artikel alutsista made in rusia sangat besar sekali. Itu saya lihat betapa besarnya keinginan sobat2 warjager ingin melihat TENTARA NASIONAL INDONESIA nya benar2 gahar persenjataan yg selama ini sering dikibulin atau dilemahkan/downgrade biar tetap bisa dikendalikan oleh asing baik dari segi politik dan militernya.
    Monggo dikritik kalo ada yg keliru.
    Salam damai….peace

    • Sejarah membuktikan jatuh bangunnya alutista militer Indonesia.
      Di mulai dari zaman penjajahan, kemerdekaan, pembangunan, reformasi hingga zaman sekarang.
      Sedikit atau banyak nuansa non blok negara Indonesia tetap di pertahankan dan di perjuangkan.
      Dibuktikannya dengan berbagai macam alutista kita dari jaman tempoe dulue hingga sekarang dari berbagai macam negara ataupun benua.
      Tidak di pungkiri ada negar luar yang mencoba mencari infoemasi dengan berbagai macam cara untuk mengetahui dan menjegal rencana pembelian alutista untuk negara kita.
      Masih ingat kaaus telp di sadap?
      Meskipun sudah ada keterangan dan penjelasan resmi dari perwakilan yang berwenang untuk menentukan pilihan pembelian alutista negara kita akan jatuh kepada PT / negara … , akan tetapi tetap saja ada loby-loby politik dan tekanan dari negara tertentu.
      Disinilah peranan negarawan dan bangsawan sejati dalam ketegasannya untuk memberikan kebijakan dalam berpolirik di dunia militer dunia.

      Sejujurnya saya tidak akan terlalu bermasalah peoduct dari PT / negara mana yang akan di beli, asalkan harga, mutu, ToT dan batle proveen.

      Jika militer kita sudah merasa kalah langkah dengan negara yang kira-kira sejajar / selevel dengan negara kita, ada baiknya kita mungkin memahami pepatah di bidang olah raga catur.
      “Jika kita bermain catur dan kita memegang bidak hitam, semoga saja lawan bermain catur kita yang memegang bidak putih lebih pandai dari kita dalam bermain catur tersebut.”

      Maksud permainan catur di sini adalah, jika kita belajar / berguru kepada negara / seseorang yang sudah lebih pandai dan melangkah terlebih dahulu (bidak putih) pastilah kita akan mendapatkan ilmu dalam permainan ini.

      Btw ini hanya pemahaman saya seorang diri yang berstatus rakyat jelata.

      Wasaalamualaikum…

  36. Bisa jadi melemahnya ekonomi indonesia nih permainan asing dimana jg berimbas pada pemotongan anggaran pertahanan. Kalo ekonominya dilemahkan secara otomatis MEF 2 N 3 akan tersendat. Mengingat ekonomi indonesia tumbuh pesat pastinya juga akan bisa menaikkan kemampuan militernya. Tuh mungkin yg ditakuti asing kalo sampe indonesia kuat. Kuat ekonominya,militernya,sda nya,sdm nya.

    • Pertumbuhan ekonomi mungkin dapat menghambat rencana militer negara kita.
      Mohon maaf…
      Faktor ekonomi tidak sepenuhnya menjadi modal untuk yang namanya “ALUTISTA.”
      Hal tersebut telah di buktikan oleh negara Korea Utara dan Iran.
      Dalam tekanan embargo dunia, mereka mampu mengembangkan alutista untuk pertahanan dan keamanan negara mereka.

      Mohon maaf…
      Di Indonesia terkadang kita terlalu sibuk mencari alasan ataupun mencari kambing hitam dari pada mencari solusi.
      Tidak semua pemangku kebijakan dapat berlaku bijak untuk kepentingan bangsa dan negara.
      Hampir dari kesemua pengmban amanah rakyat, lupa akan sumpah dan amanahnya.

      Mohon maaf jika komentar saya kurang sopan.
      Dan mohon maaf jika ada di antara anda yang tersinggung dengan komentar saya ini.

      Wassalamualaikum…

      • @ bung wangsa kencana kok bisa marah juga ya, tapi ya namanya manusia mood bisa berubah setiap saat, gue pun kemarin sempat emosi sama bank ruskye,karena gue di tuduh provokator, tapi sdh gue maafkan dan sdh gue lupakan,gue sempat nyesal juga kenapa harus gue marah ke dia, padahal banyak jawaban yg bisa buat jalan keluarnya, buat pengalaman

        • Yoi bro…
          Terkadang saya terbawa emosi, mungkin karena kurang piknik kali ya…

          hehehehehe… 😀

          Anyway trims atas koreksinya untuk mengaji diri…

  37. wkwkwkwk

    negaramu tuh sudah terbelah 2 oleh nantuna yg dijadikan TNI sebagai pangkalan militer.
    masih ga sadar malon sebiji ini huahahaha

  38. duitnya strong.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)