Feb 192017
 

Angkatan Udara India mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan pesawat latih Advanced Hawk, yang dirancang dan diproduksi oleh BAE Systems yang berbasis di Inggris.

Pesawat latih tersebut sebagai contoh utama dari komitmen produsen pertahanan Inggris pada konsep “Make in India” Perdana Menteri Narenda Modi, kata Alan Garwood dari BAE Systems.

“Advanced Hawk adalah contoh yang bagus dari Make in India, untuk India dan di ekspor dari India”, kata Garwood dalam sebuah siaran pers.

BAE Systems telah bekerjasama dengan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) yang memungkinkan membuat demonstrasi. “Inggris dan India memiliki begitu banyak tawaran satu sama lain dalam bidang pertahanan,” kata Perdana Menteri Inggris, Harriet Baldwin dalam acara tersebut.

Advanced Hawk, mampu dilengkapi dengan senjata sungguhan, memungkinkan pilot untuk dengan mudah melakukan transisi dari pesawat latih kepada F-35 atau pesawat mutakhir lainnya, menurut pernyataan BAE Systems.

“Fitur-fitur baru dari Advanced Hawk mengaktifkan mode pelatihan seperti yang dilakukan pada pesawat tempur garis depan yang akan dan sedang diperbarui”, kata perusahaan itu.

Persenjataan seperti dilaporkan oleh IHS Jane termasuk rudal udara-ke-udara canggih jarak pendek, rudal udara-ke-permukaan Brimstone, bom dipandu laser Paveway dan pod penargetan Rafael buatan Israel.

India adalah operator pesawat latih Hawk nomor satu, saat ini memiliki sekitar 123 unit pesawat Hawk. Pesawat Advanced Hawk dibangun di Bengaluru dan “memenuhi persyaratan Angkatan Udara India untuk tim aerobatic bergengsi”, menurut pernyataan BAE Systems.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  10 Responses to “India Pamerkan Pesawat “Advanced Hawk” Baru”

  1. kalau indo pesawat hawk tuanya cukup di oprek dg produk arwk suroyo

  2. Acha,acha…tumpyar he

    • Seharusnya Indonesia yang dapat kesempatan jadi pembuat HAWK di setelah Inggris. Kontrak pembelian HAWK100/200 Indonesia dengan Inggris dulu adalah pembelian pesawat/ dan jig untuk membuat/merawat di Indonesia. Makanya kita beli paket mahal .Karena akan di produksi di Indonesia suku cadangnya .Tapi malang tak dapat di tolak kita kemudian kena embargo militer sehingga program itu gagal .Malah Inggris mengalihkan tawaran itu ke India . Yah inilah hasilnya INDIA jadi pengembang agar pesawat itu tetap bisa terbang karena pabrik di Inggris sudah tutup .
      Karena kita punya banyak HAWK maka adalah kesempatan baik kerjasama dengan India untuk meng upgrade atau mempertahankan keberadaaan Hawk di Indonesia minimal 20 tahun lagi.

  3. Berarti beneran nih Su-35 diganti Tejas dan Hawk bakalan di Upgrade ya? Hihihi…

    Hawk gak ada matinya 😀

  4. Keren…. tapi lebih keren Yak-130 untuk AT dan Yak-131 untuk menemani tucano….

  5. Tuh India aja pake hawk, ini dikita menurut berita malah tertarik Tejas.

  6. Wow india kalau beli pesawat latih ratusan mknya gak kekurangan pilot. Mantaap

  7. mengapa india bisa semajuh itu ? dulu jaman bung karno bangsa kita lebih digdaya dr segi alutsista, ternyata bangsa india bisa menfaatkan akal sehat,
    terbalik dgn kita yg bisanya cuma,cari2 masalah,kalah pilpres bukan legowo mala membuat kubu .

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)