Feb 142017
 

Dilansir dari surat kabar Rusia Rossiyskaya Gazeta, menyebutkan bahwa India akan melakukan uji tembak rudal supersonik BrahMos versi pesawat tempur dalam waktu tiga bulan ke depan.

Sudhir Kumar Mishra, Kepala Eksekutif BrahMos Aerospace, mengatakan bahwa versi hipersonik dari rudal BrahMos, mampu terbang pada kecepatan hingga 5.000 km/jam (4 mach), akan dibuat pada tahun 2020.

Rudal udara-ke-darat (AGM) supersonik Brahmos seberat 2.500 kg akan ditembakkan dari pesawat tempur Angkatan Udara India Sukhoi-30 MKI yang telah mengalami modifikasi untuk mampu mengakomodasi senjata baru.

Sebuah percobaan pendahuluan telah sukses dilakukan sebelumnya dan beberapa uji tembak rudal tanpa dilengkapi hulu ledak telah dilakukan sebelum tes yang sebenarnya berlangsung.

“Pada bulan Maret, kami akan mengadakan tiga kali uji coba, yang akan diikuti oleh penembakan sasaran di laut dan di darat. Bagaimanapun, kami sudah sangat yakin bahwa peluncuran ini akan berhasil”, kata Mishra.

Saat ini, BrahMos mampu memukul sasaran di luar cakrawala radar dan dapat diluncurkan dari sistem senjata berbasis darat laut berbasis dan.

Jika rudal BrahMos versi udara berhasil diluncurkan, Rusia dan India akan memperoleh sistem serang persenjataan konvensional yang efektif melalui platform udara, tambha Mishra.

Rudal sepanjang 9 meter itu dapat melakukan perjalanan hingga kecepatan 3 mach, menjadikannya sebagai salah satu rudal tercepat di dunia. Ia memiliki jangkauan hingga 290 km dan mampu membawa hulu ledak konvensional seberat 200-300 kg.

Sedangkan untuk versi supersonik dari rudal BrahMos, diharapkan akan dibuat sebelum akhir 2019, kata Mishra. Ia juga menambahkan bahwa proyek ini sedang dikembangkan oleh Mashinostroyeniya, NPO Rusia, Moskow Aviation Institute dan DRDO India.

Rossiyskaya Gazeta

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  13 Responses to “India Segera Luncurkan Rudal BrahMos Versi Pesawat Tempur”

  1. Pertamax..

    • Semua yg dilakukan india hanya utk menjaga diri jikalau nanti ada serangan mendadak dr china atau pakistan, krn india berbatasan lsg dgn kedua negara ygjd musun abadinya tsb…mau ga mau india hrs melakukan berbagai caea agar bisa membuat alat pertahanan yg canggih, modern dan memiliki daya gempur yg tinggi, india saat ini sdh memiliki rudal konvensional dan nuklir dgn jumlah tak trbatas, dengan kekuatan kapal induk 2 unit mau jd 3 unit india tdk bs dianggap remeh. Ssmakin hari kekuatan militer india tdk bs dibendung lagi!!, dan india sangat siap jika bentrok dgn kedua negara tsb….

  2. Bukan sembarang sukhoi bs membawa brahmos,Su30 MKI india aja yg konon paling canggih di dunia dimodifikasi dulu biar ada kemampuan menggotong brahmos yg beratnya 2,5 ton dgn panjang 9 meter…komen saya ini untuk mengcounter komen pakcik tetangga sebelah yg suka komen nyampah dan asbun yg suka banggain sukhoi negaranya yg paling canggih dunia akherat ….muehehehe

    • Benar om…hanya. sekitar 40 Sukhoi-30 mki yang sdh diperkuat strukturnya yang bisa menggotong brhamos

      • Yup betul,selain Su30 MKI India,sukhoi jenis lain yg bs menggotong brahmos adalah Su35 karna airframe (struktur rangka) Su35 telah dirancang kuat untuk menggotong rudal2 ukuran besar

  3. Ini yg menakutkan…Musuh utama kapal2 permukaan..Jet supersonik dengan rudal supersonik besar..(malah hipersonik menurut diatas)..

  4. bukan untuk tejas ya..

  5. Coba dulu Indonesia jg kerjasama Pengembangan Rudal denga Rusia pasti punya kita jg gak kalah gahar! Ini pdkt ma amrik mulu ya dibodohi terus jd konsumer produk downgradenya!

  6. brahmos buat air to air,,,,, yakhont buat anti kapal permukaan…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)