Indonesia Akan Beli Su-35, TNI AU Tambah Penerbang Sukhoi

95
9
Su-27 TNI AU (credit : Australian Defence)

Empat penerbang TNI Angkatan Udara dinyatakan lulus terbang solo usai mengikuti pendidikan Konversi pesawat Sukhoi SU-30 MK2 angkatan ke-16. Para penerbang tersebut adalah Mayor Pnb Reza Muryaji, Mayor Pnb M.Yunus, Mayor Pnb I Kadek Suta A. dan Mayor Pnb Apri Arfianto

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bowo Budiarto, telah resmi menutup pendidikan Konversi pesawat Sukhoi SU-30 MK2 angkatan ke-16, di Shelter Skadron Udara 11, pada Senin (27/2).

Dalam kesempatan tersebut, Marsma Bowo Budiarto menyampaikan bahwa dengan berakhirnya pendidikan konversi dan keberhasilan terbang solo merupakan langkah awal dalam pengembangan karier dan profesi seorang penerbang sebelum menuju tahap berikutnya.

“Indonesia akan membeli pesawat tempur Sukhoi SU-35 guna memperkuat pertahanan wilayah udara NKRI, dimana kalian yang akan mengawaki pesawat tempur tersebut sehingga ilmu yang kalian peroleh dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri agar dapat menjalankan misi yang diemban”, ujar Danlanud Sultan Hasanuddin.

Marsma Bowo Budiarto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Skadron Udara 11 beserta jajarannya sehingga empat penerbang ini dapat mencapai keberhasilan terbang solo. Pelaksanaan upacara dilanjutkan acara tradisi pemecahan telur di atas kepala dan penyiraman air bunga.

Sumber: TNI.mil.id

95 COMMENTS

  1. Seandainya negara pertiwi ini tidak terkepung dogma ketakutan luarrr biasa dalam aliansi pakta pertahanan asia tenggara khususnya sonotan atas kekuatan TNI sejak tahun 1946 pastilah negara ini tidak pernah mengunakan istilah “AKAN” membeli produk blok timur atau setelah blok timur bubar kini dikendalikan RUSIA

    Mari berkata jujur dan seadanya knapa selalu menggunakan istilah AKAN dan rahasia Alustita GHOIB TNI yang disamar tidak untuk di publish,… jelas bukan untuk apa diperdebatkan yang jika dipublis nanti akan ada sebuah skema berbahaya komplotan bandit FPDA yang saat ini semakin menguat disisi timur indonesia raya.

    cukuplah kata AKAN sebagai pemuas hati warga NKRI itu membuat kita yakin akan kerja TNI dan pemerintah dimasa depan penuh dengan ancaman dan tantangan. ingat FBI dan CIA / FPDA itu takan nyaman jika indonesia membangkitkan kekuatan.

      • Menurut ane itu 50:50, bisa ya atau tidak. Israel punya pengalaman taktik mengecoh semua radar udara negara2 timur tengah ketika nyerang reaktor nuklir irak dan suriah. Bisa aja F35 israel pake cara khusus buat nipu S400. Tapi. seperti analisis artikel diatas. Itu terlihat seperti berita bombastis yg dibuat2, karena jumlah F35 yg diterima Israel baru dua. Dan lagi sulit untuk mengkonfirmasi kebenaran berita. Kalo ngetes S400 bisa, hanya saja kalo nyerang masih gak mungkin. F35 punya kemampuan siluman lebih tinggi hanya kalo terbang 180 derajat dari target alias tegak lurus. Meleng atau belok dikit bakal ketahuan dari samping dan itu pernah dibahas. So, yg jelas bisa aja F35 IAF cuma ngetes seberapa silumankan pespur itu dihadapan S300/400.

    • @Bung ANU. itu F35 tidak bawa gotongan berani bener seliweran disuriah,… rusia dan iran malah tak memikirkan peringatan udara penempatan S300 tak masuk radar tembak atau tak punya nyali, F.35 isrohel memang di ancung jempol dah Busyett

    • “According to Malbrunot, the F-35s targeted warehouses containing Russian-made Pantsir-S1 mobile surface-to-air missile (SAM) systems that Israel feared could be delivered from Syria to Hezbollah forces operating in Lebanon”
      *Menurut ‘ceritanya’ yang diserang warehouses alias gudangnya…. hmmm

      “At this point, the story doesn’t hold much credibility”
      *Laporannya tdk cukup kredibel bro :p

      • sepertinya itu laporan yang juga tidak diakui rusia, itu adalah gudang persenjataan iran untuk kelopok jihad hisbullah akan dikirim kelebanon diperkirakan ada S.300 dan sistem rudal SAM / laporan sepihak dari media barat, gak jelas

    • “According to Malbrunot, the F-35s targeted warehouses containing Russian-made Pantsir-S1 mobile surface-to-air missile (SAM) systems that Israel feared could be delivered from Syria to Hezbollah forces operating in Lebanon”
      *Menurut ‘ceritanya’ yang diserang warehouses alias gudangnya…. hmmm

      “At this point, the story doesn’t hold much credibility”
      *Laporannya tdk cukup kredibel bro :p

      Baca artikel harus tau artinya dan jangan setengah-setengah …

    • ini cuplikan yang paling masuk akal dari seluruh artikel:

      “But still, Syria does not have any S-300 batteries as the report claims—the only “triple digit” SAM systems deployed to Syria are owned and operated by Russia. In particular, these include an S-400 battery at Russia’s air base south of Latakia and a S-300 battery deployed near Russia’s expanded warm-water naval facility in Tartus, Syria. With this in mind, unless Israel has taken upon itself to destroy Russian SAM systems and Russia had no issue with it, this claimed attack did not happen. ”

      1. S-300 hingga saat ini hanya dikuasai pasukan Russia dan ditempatkan di dekat Lantanal Tartus.
      2. S-400 juga hanya dikuasai Russia ditempatkan di selatan Latakia.
      3. Suriah belum menerima dan mengoperasikan, jadi darimana ada S-300 yang katanya ada di dekat istana presiden di damaskus?
      4. Russia juga tidak melaporkan adanya kejadian apapun pasca laporan serangan..

      So, yang namanya TV OON ataupun lawannya Metromini gak cuma ada di Indonesia he…he…

  2. kata AKAN sdh kadaluarsa, gak pas untk su35., lbh cocok untuk topik pembelian T50 PAKFA, dan KFX/IFX. daripada ngurusi AKAN, mending goreng terus aktivitas dan produk produk inhan nasional terupdate. apa yg sudah dan apa yg belum dan dibabar dimari buat forum diskusi yg sehat.

  3. Yakinlah bahwa su 35 bakal beraksi di defile hut tni ke 71, sangat amat yakin su 35 akan menemani apache, black hawk, changbogo, pandur II, badak, anoa 2, kri re martadinata dan kri i gusti ngurah rai, iver, gorskov dan nasams II……defile th ini bakal diisii oleh alutsista anyar, modern dan gahar tentunya, tp sayang s300 dan s400 blm kebeli…smoga buk dan pantsyr jd dibeli..

  4. wajar saja sebagian rakyat Indonesia menyangsikan kalau ada kata “AKAN” dalam hal pembelian pesawat SU-35, itu bentuk ungkapan rasa khawatir akan keselamatan NKRI, khawatir militer kita tidak diperlengkapi dengan persenjataan yang memadai untuk bertempur, khawatir militer kita dijadikan bulan-bulanan dalam perang yang sesungguhnya

  5. Minat, tertarik, dalam waktu dekat tanda tangan kontrak, ini malah mundur “Akan”….Indonesia Akan Beli Su-35, TNI Angkatan Udara Terus Tambah Penerbang Sukhoi….php…trus…, trus kpn…?

  6. Ini info terbaru dari Bapak itu pada saat kemaren berbincang2 santai tentang langkah Indonesia kedepan yg sungguh membuat hati saya sangat bahagia dan ingin membagikan kebahagian itu dg rekan2 semua Rakyat Indonesia.

    Saya mendengar dari beliaunya bahwa Indonesia memang sudah jadi beli Sukhoi 35 dg jumlah 10 biji. Sekarang dalam proses pembangunan disana. Satu sudah jadi dan sudah ada di tanah air langsung dikirim dari Rusia negaranya sana dibawa pilot Rusia. Di indonesia pun sudah di coba keliling Indonesia dari sabang sampe merauke ga sampe satu jam dah sampe. Bener2 luar biasa. Pesawat Sukhoi 35 itu belom mampu di awaki oleh pilot Indonesia karena sangat canggih dan super manuver pengoperasian pesawat tersebut. Namun jangan kuatir menurut informasi dari Bapak itu.. pilot Indonesia skrg sedang berlatih di Rusia dididik oleh instruktur Rusia menerbangkan Sukhoi 35. Menurut info yg saya terima pembelian Sukhoi 35 kali ini dilengkapi dg persenjataan full. selain pilot yg belajar menerbangkan SU-35 berangkat juga teknisi pesawat serta para ahli yg nantinya ada transfer teknologi yg akan diterima Indonesia.

    Selain Sukhoi 35 yg menggembirakan lagi adalah Indonesia juga membeli 1 buah pesawat pembom kelas berat tipenya apa saya juga belom dikasih tau tapi setau saya pembom kelas berat strategis kalo dari Rusia ya Tupolev 160 blackjack . Wah .. mantab bener ini ya. Penempatannya pun nantinya di wilayah timur atau makassar sana. Mungkin utk menghadapi australia kali kalo mau macem2. Ini saya jadi teringat jaman dulu saat Indonesia punya beberapa pembom Rusia hingga Belanda mau akuisisi Irian Jaya gak jadi karena ketakutan mau dihajar balik. Hmmm…

    Berita gembira belom selesai. Menurut beliau Indonesia juga membeli kapal Induk sedang dengan 2 kapal pengawalnya produksi Rusia. Serta 2 kapal selam kelas kilo. Walah2.. saya jadi terkaget2 mendengarnya Indonesia membeli kapal induk sedang yg bisa mengangkut pesawat tempur lengkap dg kapal pengawalnyA. WOWWWW.. makin girang aja mendengarnya makin keren aja Indonesia ini. Informasi penempatan Kapal induk sedang yang punya kapasitas membawa pesawat 1 skadron ini akan ditempatkan di natuna. Mungkin utk menjaga Natuna dari gangguan Cina maupun Amerika yg mau coba2 bikin rame di sana. Pokoknya luar biasa kita semua tinggal menunggu kedatangan pesanan Top dari Rusia yg akan bergabung dg TNI.

    Demikian info yang saya terima boleh percaya boleh tidak yg jelas Bapak itu sudah memberikan bocoran langkah pasti dan tegas pemerintahan presiden Jokowi dalam menghadapi ancaman kedaulatan negara ke depan dengan pengadaan Alutsista yg tidak maen2. Semoga Allah selalu melindungi Indonesia Kita tercinta. Amin. sekian.

LEAVE A REPLY