Mar 092017
 

Su-27 TNI AU (credit : Australian Defence)


Empat penerbang TNI Angkatan Udara dinyatakan lulus terbang solo usai mengikuti pendidikan Konversi pesawat Sukhoi SU-30 MK2 angkatan ke-16. Para penerbang tersebut adalah Mayor Pnb Reza Muryaji, Mayor Pnb M.Yunus, Mayor Pnb I Kadek Suta A. dan Mayor Pnb Apri Arfianto

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bowo Budiarto, telah resmi menutup pendidikan Konversi pesawat Sukhoi SU-30 MK2 angkatan ke-16, di Shelter Skadron Udara 11, pada Senin (27/2).

Dalam kesempatan tersebut, Marsma Bowo Budiarto menyampaikan bahwa dengan berakhirnya pendidikan konversi dan keberhasilan terbang solo merupakan langkah awal dalam pengembangan karier dan profesi seorang penerbang sebelum menuju tahap berikutnya.

“Indonesia akan membeli pesawat tempur Sukhoi SU-35 guna memperkuat pertahanan wilayah udara NKRI, dimana kalian yang akan mengawaki pesawat tempur tersebut sehingga ilmu yang kalian peroleh dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri agar dapat menjalankan misi yang diemban”, ujar Danlanud Sultan Hasanuddin.

Marsma Bowo Budiarto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Skadron Udara 11 beserta jajarannya sehingga empat penerbang ini dapat mencapai keberhasilan terbang solo. Pelaksanaan upacara dilanjutkan acara tradisi pemecahan telur di atas kepala dan penyiraman air bunga.

Sumber: TNI.mil.id

Artikel Terkait :

  97 Responses to “Indonesia Akan Beli Su-35, TNI Angkatan Udara Terus Tambah Penerbang Sukhoi”

  1. 1

    • Yang jadi pertimbangan saya saat ini adalah sungguh kasihan para pilot pespur yang telah lulus menerbangkan Sukhoi, apabila status “AKAN” masih terus berlanjut. Pilot-pilot tersebut pasti bilang “sakitnya tuh disini…”

      • Kayanya itu kode, kalu su35 pasti datang. Soalnya pilot udah dikonversi. Kan rugi kalau dikonversi tapi ga ada pespurnya

      • dan yg jd p’rtanyaan pula,apkh pmbelian trsbt sudah satu paket dgn sistim persenjatannya….?
        ataukah pembelian trsbt kosöngan…..?
        alangkah sedhnya para warjag nanti klo melihat su35 tni au terrbang tanpa gotong rudal r-series/kh 31 krypton….
        alias patokan si cobra tanpa bisa beracun

      • Ini barang kagak moncer. Buang ke laut aja.
        F-35 akan mendominasi pertempuran udara.
        Sir yes sir…….!!!
        Muehehehehehehe

      • Pendidikan pilot kan g murah…. masak hanya akan….???

      • Pikiran anda terlalu pendek bung@Lingkar..
        Yg harus dikasihani itu mungkin anda…karna pikirannya terlalu negatif.
        Tidak ada di dunia ini negara manapun yg akan membeli suatu alutsista dari negara lain,harus beli barangnya dulu,setelah tiba barangnya baru minta dikursus cara pengoperasiannya dari negara produsen.

        Mungkin anda kurang minum aqua bung..atau anda lapar??
        Hahaha….

    • Lha kalo pilot SU 35 yg dilersiapkan pabgkatnya udah mayor, umur pilotnya juga udah l40 tahunan padahal sukoi nya baru datang 4 thn lagi. . berarti pangkat dan umur pilotnya 4 thn lg udah mendekati 50 thnan dan pangjatnya udah letkol . . . apa efektifkah langkah persiapan para petinggi AU untuk menangani lesawat baru nantinya. . ?
      Sama2 dipersiapkan apa tidak kebih baik bagi para perwira muda yg baru lukus AAU dan pesawat latih dasar dikirim lgs ke rusia biar lgs berlatih dgn pesawat YAK 130 dan SU35 langsung. . biar 4 thn kg unur penerbangnya masih relatif muda2. .
      Cobalah tinggalkan ego dan senioritas utk menangani pesawat SU35 ini. . pikirkan hal gg terbaik bagi bangsa. .

  2. Mantabbbn

  3. mantab

    • Kagak moncer ini Su-35. Buang ke laut aja.
      Minta satu skadron F-35 sama tuan Amerika dan yang datang pasti dua skadron F-35.
      Sir yes sir……..!!!
      Muehehehehehehe

  4. siiiippp lah

  5. Akan lagi, kpn datangnya

  6. Pelatihannya terus berkelanjutan

  7. Akan….akan…akan…akan ..dan…..akan………

  8. statement dan lanud udah jelas dan fixed

  9. kalimat ” AKAN ” ….. sudah menjadi phobia tersendiri di warjager (warung jakarta greater)

  10. Sudah cukup, ga usah di angkat lagi beritanya kalau masih “AKAN”, kita maunya berita SU 35 indonesia sudah dikirim dari rusia atau SU 35 indonesia sudah datang sebanyak 32 unit he..he..

  11. .
    Semua Org disini Akan BEPERR klo ada Kata kata ” AKAN ”
    Tolong hentikan kata kata itu ,
    Heeheehehhee 🙂

  12. AKAN….

    • Mungkin berencana beli Sukhoi 27/30/35 …bergantian …bertahap sampai genap minimal 3 squadron Sukhoi 27/30/35 … 3 macam Sukhoi..

  13. Yang ke sekian kali nya berita AKAN

  14. Seandainya negara pertiwi ini tidak terkepung dogma ketakutan luarrr biasa dalam aliansi pakta pertahanan asia tenggara khususnya sonotan atas kekuatan TNI sejak tahun 1946 pastilah negara ini tidak pernah mengunakan istilah “AKAN” membeli produk blok timur atau setelah blok timur bubar kini dikendalikan RUSIA

    Mari berkata jujur dan seadanya knapa selalu menggunakan istilah AKAN dan rahasia Alustita GHOIB TNI yang disamar tidak untuk di publish,… jelas bukan untuk apa diperdebatkan yang jika dipublis nanti akan ada sebuah skema berbahaya komplotan bandit FPDA yang saat ini semakin menguat disisi timur indonesia raya.

    cukuplah kata AKAN sebagai pemuas hati warga NKRI itu membuat kita yakin akan kerja TNI dan pemerintah dimasa depan penuh dengan ancaman dan tantangan. ingat FBI dan CIA / FPDA itu takan nyaman jika indonesia membangkitkan kekuatan.

    • Aduh… Batukkkk……

    • kemenyannya dipadamin aj bung udah pagi….yg ghaib lagi tidur

      bberapa kekuatan asing yg sangat signifikan kayaknya gak dimasukin analisanya

      • Makasih bung ANU zaman kini gak pakai menyan bung cukup ketik sobet 363 pasti om si jin ping akan buka abis tuh prediksi xixixixi

        khusus untuk kekuatan asing tak perlu dibahas diforum ini cukup mengetahui kekuatan TNI saja lebih menarik anda tahu bukan jika harus menjadi kekuatan poros maritim indonesia harus memiliki banyak alustita dan menyadari kekuatan nasional kita bukan hanya bertumpu pada satu poros beijing moskow saja saat ini kita terpojok sikap aliansi sonotan perlu melebar arah ke filipina dan india dan dua korea, FPDA menyadari itu.

        maka kata AKAN mungkin kata yang bijaksana.

    • Pengeboman di damaskus yah? Mana S400? Mandul? Pantsir dan s300 berhasil dihancurkan? Beneran tuh? F35 cukup serem juga yah?

      • baca sampai selesai bung analisa menariknya si jurnalis terhadap berita tersebut

        • hehehehe
          Sorry, saya gk kuat kalo harus baca semuanya, kepala pusing kalo barus baca tulisan englis 😆

      • Menurut ane itu 50:50, bisa ya atau tidak. Israel punya pengalaman taktik mengecoh semua radar udara negara2 timur tengah ketika nyerang reaktor nuklir irak dan suriah. Bisa aja F35 israel pake cara khusus buat nipu S400. Tapi. seperti analisis artikel diatas. Itu terlihat seperti berita bombastis yg dibuat2, karena jumlah F35 yg diterima Israel baru dua. Dan lagi sulit untuk mengkonfirmasi kebenaran berita. Kalo ngetes S400 bisa, hanya saja kalo nyerang masih gak mungkin. F35 punya kemampuan siluman lebih tinggi hanya kalo terbang 180 derajat dari target alias tegak lurus. Meleng atau belok dikit bakal ketahuan dari samping dan itu pernah dibahas. So, yg jelas bisa aja F35 IAF cuma ngetes seberapa silumankan pespur itu dihadapan S300/400.

    • @Bung ANU. itu F35 tidak bawa gotongan berani bener seliweran disuriah,… rusia dan iran malah tak memikirkan peringatan udara penempatan S300 tak masuk radar tembak atau tak punya nyali, F.35 isrohel memang di ancung jempol dah Busyett

      • gotongan f-35 dimasukin di dalam jadi maaf gak keliatan…oleh radar

        saya cuma nganterin artikel aj
        tanggapanya saya srahkan warjagers

      • Tdk bawa gotongan gimana? Wong misi penyerangan/pengeboman, targetnya adalah Pantsir dan S300, dan “katanya” sih f35 berhasil menghancurkan s300

        • wah jadi saya yg gagal paham maklum bhs inglis ane rapot merah melulu xixixiiii

          thanks iponya

        • itu serius bung beritanya, kok saya ndak yakin ya
          sisi lemah pesawat stealth adalah saat membuka t4 penyimpanan rudal untuk menembak, pada saat itu RCSnya akan terlihat walau sesaat
          sepeti kasus tertembaknya F-117 USA di bosnia

    • “According to Malbrunot, the F-35s targeted warehouses containing Russian-made Pantsir-S1 mobile surface-to-air missile (SAM) systems that Israel feared could be delivered from Syria to Hezbollah forces operating in Lebanon”
      *Menurut ‘ceritanya’ yang diserang warehouses alias gudangnya…. hmmm

      “At this point, the story doesn’t hold much credibility”
      *Laporannya tdk cukup kredibel bro :p

      • sepertinya itu laporan yang juga tidak diakui rusia, itu adalah gudang persenjataan iran untuk kelopok jihad hisbullah akan dikirim kelebanon diperkirakan ada S.300 dan sistem rudal SAM / laporan sepihak dari media barat, gak jelas

        • bujur buset ….
          kaya banget ya sampe ngirim pansir ma s-300 bwt hizbullah
          biasanya mah manpads ma atgm yg dikirim, ne sampe ngirim alutsita yg sangat kompleks dalam pengoperasiannya

    • “According to Malbrunot, the F-35s targeted warehouses containing Russian-made Pantsir-S1 mobile surface-to-air missile (SAM) systems that Israel feared could be delivered from Syria to Hezbollah forces operating in Lebanon”
      *Menurut ‘ceritanya’ yang diserang warehouses alias gudangnya…. hmmm

      “At this point, the story doesn’t hold much credibility”
      *Laporannya tdk cukup kredibel bro :p

      Baca artikel harus tau artinya dan jangan setengah-setengah …

      • “During the same attack, the Israeli Air Force (IAF) also reportedly destroyed an S-300 SAM battery deployed near the Syrian presidential palace, on Mount Qassioun.”

        • nah lho ….
          udah berani ngebom dkt presidential palace, ndak lama bakal ada berita pespur israel d tembak jatuh dkt syria

    • woi -woi baca sampai habis termasuk analisa jurnalisnya
      malah fenggal-fenggal ayat…eh artikel

    • ini cuplikan yang paling masuk akal dari seluruh artikel:

      “But still, Syria does not have any S-300 batteries as the report claims—the only “triple digit” SAM systems deployed to Syria are owned and operated by Russia. In particular, these include an S-400 battery at Russia’s air base south of Latakia and a S-300 battery deployed near Russia’s expanded warm-water naval facility in Tartus, Syria. With this in mind, unless Israel has taken upon itself to destroy Russian SAM systems and Russia had no issue with it, this claimed attack did not happen. ”

      1. S-300 hingga saat ini hanya dikuasai pasukan Russia dan ditempatkan di dekat Lantanal Tartus.
      2. S-400 juga hanya dikuasai Russia ditempatkan di selatan Latakia.
      3. Suriah belum menerima dan mengoperasikan, jadi darimana ada S-300 yang katanya ada di dekat istana presiden di damaskus?
      4. Russia juga tidak melaporkan adanya kejadian apapun pasca laporan serangan..

      So, yang namanya TV OON ataupun lawannya Metromini gak cuma ada di Indonesia he…he…

  15. kata AKAN sdh kadaluarsa, gak pas untk su35., lbh cocok untuk topik pembelian T50 PAKFA, dan KFX/IFX. daripada ngurusi AKAN, mending goreng terus aktivitas dan produk produk inhan nasional terupdate. apa yg sudah dan apa yg belum dan dibabar dimari buat forum diskusi yg sehat.

  16. Yaelah cuma AKAN lagi

  17. walah dalah…lah itu gambatnya hoak kah..atau editan….setau saya mah itu SU35…lha kok bisa…

    ah tau ah…lagi lamur matanya kayaknya…

  18. sudah terang. hilang semua yg pada galow.mensem2 sendiri ceritanya…

  19. Yakinlah bahwa su 35 bakal beraksi di defile hut tni ke 71, sangat amat yakin su 35 akan menemani apache, black hawk, changbogo, pandur II, badak, anoa 2, kri re martadinata dan kri i gusti ngurah rai, iver, gorskov dan nasams II……defile th ini bakal diisii oleh alutsista anyar, modern dan gahar tentunya, tp sayang s300 dan s400 blm kebeli…smoga buk dan pantsyr jd dibeli..

  20. Nantikan saja kehadiran su35 di defile hut tni ke 71, bakal ada ratusan alutsista baru akan beraksi…….s o t o y!!,,

  21. lo klau da datang trus yg joki g da gmna mas. masak di buat pajangan,ia kalou beli becak. barang datang baru belajar… nyungsep ndasmu piye

  22. Nantikan saja su35 di defile hut tni ke 71, pasti ada…xixixiix sotoy,,,

  23. Indonesia AKAN Beli Su-35, TNI Angkatan Udara Terus Tambah Penerbang Sukhoi. Ah masih AKAN AKAN belum beli betulan.

  24. sudah dua hari kog belum muncul…..?

  25. Taunya yg dateng tejas…. wakwaw..!!

  26. Salah satu kendala membeli SU-35 bukannya krn Russia sedang di embargo lalu kita kesulitan mencari bank guarantee? benar ga?

  27. nikmati progresnya, susun teka-tekinya , pasti sudah tau jwabanya. soal alutsista bukan soal putih/hitam tapi tetap biarlah menjadi abu-abu?

  28. Itu nggak salah, pendidikan konversi pesawat Shukoi angkatan ke 16…………
    berarti pilot shukoinya sdh banyak dong…………

  29. Hadeuh borong **akan**nya kelamaan! Keburu FPDA memiliki F35, kita baru kelabakan!

  30. Yang penting niat dulu..Niat AKAN..

  31. Ini termasuk yg lagi digalakkkan pemerintah….
    Turn Back HOAX…….

  32. Akan ?

  33. ijin gabung bung

  34. berarti kedatangan pertama sebanyak 4 biji…

  35. Menurut saya pembelian SU35 itu tdk AKAN lg soalnya pemerintah sudah habiskan dana milyaran rupiah untuk mencetak pilot2 sukhoi baru sebanyak2nya…emangnya pemerintah bodoh mau mengeluarkan duit sampe milyaran rupiah untuk mencetak pilot sukhoi tanpa membeli Su35

  36. ijin nyimak

  37. Tadi ada berita di tv pesawat F35 jatuh di daerah bagian amerik,Penyebab F35 jatuh akibat serangan beruntun telek burung merpati wkwkwkwk,

  38. wajar saja sebagian rakyat Indonesia menyangsikan kalau ada kata “AKAN” dalam hal pembelian pesawat SU-35, itu bentuk ungkapan rasa khawatir akan keselamatan NKRI, khawatir militer kita tidak diperlengkapi dengan persenjataan yang memadai untuk bertempur, khawatir militer kita dijadikan bulan-bulanan dalam perang yang sesungguhnya

  39. Naon ieu th Teu Ngarti,,, Akan deuih…

  40. Minat, tertarik, dalam waktu dekat tanda tangan kontrak, ini malah mundur “Akan”….Indonesia Akan Beli Su-35, TNI Angkatan Udara Terus Tambah Penerbang Sukhoi….php…trus…, trus kpn…?

  41. Akan..akan…terus

  42. Dijamin “akan” datang….hihihihi

  43. Knp komen saya tidak muncul ?

  44. AKAN BLM BERATI JADI….KL SUDAH DEAL AJA BERITANYA…KL MASIH AKAN G USAH BERITAIN DULU….wkwkwkwkwkwkaaa

  45. Baru mau akan..

  46. Akan beli 8 unit ,, dikit amat

  47. Ini info terbaru dari Bapak itu pada saat kemaren berbincang2 santai tentang langkah Indonesia kedepan yg sungguh membuat hati saya sangat bahagia dan ingin membagikan kebahagian itu dg rekan2 semua Rakyat Indonesia.

    Saya mendengar dari beliaunya bahwa Indonesia memang sudah jadi beli Sukhoi 35 dg jumlah 10 biji. Sekarang dalam proses pembangunan disana. Satu sudah jadi dan sudah ada di tanah air langsung dikirim dari Rusia negaranya sana dibawa pilot Rusia. Di indonesia pun sudah di coba keliling Indonesia dari sabang sampe merauke ga sampe satu jam dah sampe. Bener2 luar biasa. Pesawat Sukhoi 35 itu belom mampu di awaki oleh pilot Indonesia karena sangat canggih dan super manuver pengoperasian pesawat tersebut. Namun jangan kuatir menurut informasi dari Bapak itu.. pilot Indonesia skrg sedang berlatih di Rusia dididik oleh instruktur Rusia menerbangkan Sukhoi 35. Menurut info yg saya terima pembelian Sukhoi 35 kali ini dilengkapi dg persenjataan full. selain pilot yg belajar menerbangkan SU-35 berangkat juga teknisi pesawat serta para ahli yg nantinya ada transfer teknologi yg akan diterima Indonesia.

    Selain Sukhoi 35 yg menggembirakan lagi adalah Indonesia juga membeli 1 buah pesawat pembom kelas berat tipenya apa saya juga belom dikasih tau tapi setau saya pembom kelas berat strategis kalo dari Rusia ya Tupolev 160 blackjack . Wah .. mantab bener ini ya. Penempatannya pun nantinya di wilayah timur atau makassar sana. Mungkin utk menghadapi australia kali kalo mau macem2. Ini saya jadi teringat jaman dulu saat Indonesia punya beberapa pembom Rusia hingga Belanda mau akuisisi Irian Jaya gak jadi karena ketakutan mau dihajar balik. Hmmm…

    Berita gembira belom selesai. Menurut beliau Indonesia juga membeli kapal Induk sedang dengan 2 kapal pengawalnya produksi Rusia. Serta 2 kapal selam kelas kilo. Walah2.. saya jadi terkaget2 mendengarnya Indonesia membeli kapal induk sedang yg bisa mengangkut pesawat tempur lengkap dg kapal pengawalnyA. WOWWWW.. makin girang aja mendengarnya makin keren aja Indonesia ini. Informasi penempatan Kapal induk sedang yang punya kapasitas membawa pesawat 1 skadron ini akan ditempatkan di natuna. Mungkin utk menjaga Natuna dari gangguan Cina maupun Amerika yg mau coba2 bikin rame di sana. Pokoknya luar biasa kita semua tinggal menunggu kedatangan pesanan Top dari Rusia yg akan bergabung dg TNI.

    Demikian info yang saya terima boleh percaya boleh tidak yg jelas Bapak itu sudah memberikan bocoran langkah pasti dan tegas pemerintahan presiden Jokowi dalam menghadapi ancaman kedaulatan negara ke depan dengan pengadaan Alutsista yg tidak maen2. Semoga Allah selalu melindungi Indonesia Kita tercinta. Amin. sekian.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)