Mar 272016
 

Jakarta – Deportasi yang dilakukan Imigrasi Indonesia terhadap lima wartawan asing yang ingin meliput di Poso, Sulawesi Tengah, dinilai sebagai keputusan sepihak negara oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

“Di luar negeri ada prosedur uji deportasi, di Indonesia tidak ada. Keputusan itu menjadi sepihak yang dilakukan oleh negara,” ujar Staf Divisi Hak Sipil dan Politik KontraS Satrio Wirataro, Sabtu (26/3).

Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Sompie sebelumnya mengatakan lima jurnalis asing Amerika Serikat, Kanada, dan Malaysia datang ke Poso untuk melihat operasi intelijen di wilayah yang menjadi markas persembunyian kelompok teroris Santoso.

Para wartawan asing itu akhirnya tidak diperkenankan meliput dengan alasan izin yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Indoensia atas mereka adalah untuk peliputan di Aceh, bukan Sulawesi Tengah. Kelimanya lalu dideportasi ke negara masing-masing.

Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Arfi Bambani mengatakan kejadian itu menjadi cermin tidak profesionalnya pemerintah Indonesia, dan menunjukkan ketidakpastian hukum di Indonesia.

“Mereka telah memiliki visa kerja. Pemerintah seperti mempraktikkan sistem Orde Baru dengan menutup-nutupi informasi,” ujar Arfi.

Arfi juga menganggap keputusan Imigrasi tidak mendukung jalannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), karena salah satu wartawan asing yang dideportasi merupakan warga negara Malaysia.

“Apalagi ada MEA, keterbukaan arus pekerja harusnya bukan sebatas visa kerja lagi,” ungkap Arfi Bambani.

Di Indonesia saat ini terdapat tiga daerah yang memerlukan izin peliputan: Aceh, Poso, dan Papua. Ketiga wilayah itu dinilai rawan karena kerap dilanda konflik. Di Papua bahkan peliputan harus mendapatkan izin dari 12 lembaga lebih dahulu. “Prosedur tersebut tidak transparan. Kami (AJI) telah protes, tapi belum ada jawaban,” kata Arfi.

Anggota Dewan Pers Nezar Patria meminta pemerintah mengumumkan status situasi dan kondisi di Poso, Sulawesi Tengah agar dapat memberikan kejelasan bagi publik.

Pendeportasian jurnalis asing dari Poso dipandang membatasi hak publik untuk mendapatkan informasi yang beragam dan objektif.

Perburuan oleh TNI-Polri di Poso, Sulawesi Tengah menjadi sorotan internasional, setelah baru baru ini pemerintah Amerika Serikat memasukkan Santoso ke dalam daftar hitam jaringan teroris internasional.

Sumber : CNNIndonesia.com

Artikel Terkait :

  88 Responses to “Indonesia Deportasi 5 Wartawan Asing yang Ingin ke Poso”

  1. lah yang banyak protes kok orang kita. giliran kemarin yang diundang ke malaysia dipulangkan kok diam saja.

    • LSM koplak bung Alugoro… keliatan banget dapet sokongan dana dari asing, buat ngacak2 Indonesia…

      Ane lebih hormat sama musuh yg secara jantan ngajak duel sama Indonesia daripada pengkhianat yg ngakunya nasionalis …. karungin aja tu lsm, buang kesumur biar modar !!!…

      • demi keterbukaan informasi “keutuhan negara dikorbankan” apalagi yg melakukan orang kita sendiri dgn mengatas namakan LSM peduli orang hilang mirisssss………..

        sebaiknya OPM jangan dicap “separatis” karena menurut orang barat separatis itu orang tertindas yg menuntut kebebasan dan harus dibantu tapi diganti dgn sebutan “teroris papua” karena menurut barat teroris ada kelompok yg menebar ancaman dan harus dimusnahkan, contohnya jaman kemerdekaan TNI sering disebut oleh belanda sebagai teroris agar medapat dukungan amerika. imo

        • Om GAM itu termasuk teroris jg gk

        • Yup betul sekali bung @TP sebaiknya KONTRAS dibubarkan saja INDONESIA tidak perlu lembaga semacam ini. KONTRAS hanya jadi kaki kanan pihak Asing dan mengkhianati bangsa sendiri. Orang kontras contoh orang2 yang malas bekerja. Mereka lebih senang menerima aliran dana Asing untuk mengobok obok bangsa sendiri.

        • KONTRAS nasioanlismenya dipertanyakan. Lebih membela kepentingan Asing drpd Negara sendiri. Klo begini namanya meperbanyak persoalan/masalah kpd negara sendiri. Ini lah yg menyebabkan kemunduran krn banyak mengurusi masalah yg tdk perlu.

      • jangan buang kesumur gan..tapi ke septictank….hehe

      • Sabar ya bang LSM kita memang gitu,
        Mau cari muka biar dapet dana dana,
        Lembaga Setan Masyarakat. Lol

      • hahaha serem bung ,
        satu lagi , semua sudah menjalani prosessi apa yang namanya disebut ” reformasi ”
        hanya satu yang belum , yaitu Pers / News

        bebas dalam arti bertanggung jawab , bebas meliput namun ada koridor ranah-2 rahasia dapur yang akan diliput untuk tidak dipublikasikan , kalao msalnya disuruh tidak dipublikasikan tapi tetep aja , namanya ngawur juga
        masa mau meliput sekelas prost****I kelas tinggi juga diwawancarai si pelaku , berapa ukurannya atas dan bawah , lingkar perutnya juga berapa … udah gitu kapan tdurnya dll

        So kalau dideportasi , saya setuju 1000% , namanya operasi rahasia dan senyam apalagi urusan militer tentu gegabah di ikuti pers dalam operasinya
        jangan hiraukan LSM , LGBT maupun protes …

        TNi dan pemerintah , sudah betul langkah anda asal tidak disertai dengan kekerasan fisik ,
        take a care ya dalam menangani ….

    • Betul bung,jadi heran ketika kita menginginkan negara kita bebas dari proxy melalui tangan santoso cs,malah orang kita sendiri yang menentangnya

    • Biasa…LSM itu bisa hidup dan makan dari luar negeri. Makanya sgl permintaan asing merupakan proyek yg harus dikerjakan tanpa memandang lagi kepentingan negara sendiri. Mereka itu nanti matipun maunya dikubur di luarnegeri. Gak tahu juga pemikiran orang2 begituan yg dengan seenak perutnya membela kepentingan asing tanpa pedulikan negara sendiri. Hannya karena alasan ham, demokrasi dan era keterbukaan mereka tak segan lagi bela kepentingan bangsa. Apapun keinginan asing selalu dibela mati matian. Pdhl selama ini mereka makan,,tidur, sekolah dinegara ini. Mungkin pd jaman perjjuangan dulu mereka ini berkhianat yg tak segan jual informasi pd musuh negara ini demi keuntungannya. Menghaddapi pengkhianat macam ini sangat menyulitkan drpd melawan musuh yg sebenarnya.

    • LSM HAM taiii….bubarin saja lah , dibayarin asing lu yaa ??

    • LSM.. kog gak jelas ya. bukanya bela bangsa sendiri mlah membela orang asing…. LSM–> KOPLAK. efek kebanyakan makan duit haram nih.

    • demi keterbukaan informasi “keutuhan negara dikorbankan” apalagi yg melakukan orang kita sendiri dgn mengatas namakan LSM peduli orang hilang mirisssss…….

      sebaiknya OPM jangan dicap “separatis” karena menurut orang barat separatis itu orang tertindas yg menuntut kebebasan dan harus dibantu tapi diganti dgn sebutan “teroris papua” karena menurut barat teroris ada kelompok yg menebar ancaman dan harus dimusnahkan, contohnya jaman kemerdekaan TNI sering disebut oleh belanda sebagai teroris agar medapat dukungan amerika. imo

    • Kontras guoblok ……….. sebaiknya si Satriyo itu di deportasi saja ke alam lain

    • http://www.huntnews.id/p/detail/1096594835017316?uc_param_str=dnfrpfbivesscpgimibtbmntnisieijblauputoggdnw&dn=8882403770-c00e5434&fr=android&pf=151&bi=355&ve=10.8.0.718&ss=360×640&cp=isp:telkomsel;prov:;city:;na:%E5%8D%B0%E5%BA%A6%E5%B0%BC%E8%A5%BF%E4%BA%9A;cc:ID;ac:&gi=&mi=ASUS_T00J&bt=GJ&bm=APP&nt=1&ni=bTkwBMdh%2BRS8%2FlVImtRSBYdRofMMlkNquJuNY4xjTWCGpA%3D%3D&si=bTkwBDhYl4HL8zPXGNQ7mKJr9aIsu5yvaw%3D%3D&ei=bTkwBOo6zdmDkQsM6f0ONMMlAH60YSLJJQ%3D%3D&jb=0&la=id&og=GJ&gd=bTkwBCNLpOSow0YAdqdhRD1btBOUBaW3hY7nH5BAMK8fLPnp8MVc1LyCW5PKDYsPDigy2Ao%2B&nw=2.75G&ch=card&webapps=0&ch1=list_auto
      dia klu kyak gini coba mau ngomong apa ,dasar lsm orang2 pekok

    • Ini lo twiter kontraS https://mobile.twitter.com/kontras?lang=id , kalo mau menghujat kontraS…

    • iya bung alasan publik publik .. gemez bener sama mereka pengkhianat bangsa lsm antek2 asing

    • LSM Katrok, cari uang dengan menjual negara sendiri..tidak ada rasa nasionalis dgn bangsa indonesia, makan dan bawa pulang uang asing itu, tapi sumpah serapah kami buat anda yang menjual negara ini..

  2. Ada maunya

    • LSM ini salah satu pengkhianat dan penjual bangsa dan negara kepada pihak asing …
      Mereka tidak peduli kepada korban rakyat sipil atau TNI polri …karena ulah OPM ..GAM ..atau terorist poso….
      Mereka hanya peduli kepada yang bayar ….
      Bohong kalau mereka peduli kepada rakyat….dan TNI yg jadi korban …

    • Maunya ini wartawan asing disunat pakai martil…

      Macam-macam di Indonesia raya tercinta, apa sudah bosan buang air kecil lurus? Mau dibikin zigzag?

      Grrr…

  3. Sudah seharusnya

  4. Ijinnya di Aceh ko mo nyolong ke Poso….. ntar kalo ada yg nge-dor di jalan, siapa yg tanggung jawab ??… salah lagii…. lsm koplak !!!…

  5. Kontras lg kontras lg,,, muak…

    • Hati hati dgn LSM kontras ini…
      Tidak bisa dipercaya …
      Awas mereka suatu hari nanti kena .akibat ulah mereka sendiri…

  6. lsm antek asing,, patut waspada tu

  7. lha wong setiap nulis berita isinya psti menyudutkan pemerintah indonesia, ga pernah ada sejarahnya media asing menyoroti yg baik2 pasti selalu kebobrokan bhkan kadang dilebih2kan,..timles merdeka dan papua masih bergolak krna apa?? Krna tulisan2 dr media asing pastinya,..mending disuruh balik aja kenegaranya biar copas beritanya dr media dlm negri kita aja..hehehe

  8. Si ontohod…rek naon eta wartawan asing kadie..nupasti2 weh k palestina atuh siah borokokok

  9. Di mata contras negara itu kayanya tidak ada benarnya sedikitpun,… jngankan ada kesalahan oknum aparta/pemerintah gk ada kesalahan pun mrreka cari” dan berusaha mengangkat isu ke publik bahkan dunialuar, ketika anak bangsa ada yg jadi korban gerakan pengacau keamanan mereka seolah olah tutup mata tutup telinga mereka gk pernah perduli, tpi sebaliknya ketika GPK ada yg jadi korban jangankan mati,… baru di tangkap aja mereka sudah rame menyuarakan atas nama HAM….,sungguh terlallu……….!,kalian lahir di indonesia , kalian jga hidup di indonesia.., kalian makan di indonesaia…,kalian sekolahkan anak” kalian di indonesia dgn harapn anak” kalian menjadi pintar…., ketika sakit kalian berobat di indonesia bhkn kadang kalian menuntut hak kalian atas kesehatan gratis dari pemerintah.., tapi knpa.., kalian seolah olah lebih suka menggadaikan harga diri bangsa yg telah melindungi kalian …..knp…????????……..sungguh tiada malu apkah mungking kalian sudh tidak punyara rasa malu…., hanya binatang lh yg gk pernah punya rasa malu……..just opinion…

  10. Siapa yang butuh Jurnalis antek asing, siapa yang butuh AJI, saya dukung pemerintah basmi LSM dan Wartawan antek Asing

  11. dasar LSM peyaak,..negara itu punya kepentingan yang sangat rahasia makanya wartawan asing itu dilarang ke Poso apalagi izinnyakan untuk aceh bukan sulawesi,..kalau Lsm sudah tidak punya rasa nasionalis ya seperti ini lebih mementingkan dana asing ketimbang kedaulatan bangsa…

  12. sudah jelas …

    Para wartawan asing itu akhirnya tidak diperkenankan meliput dengan alasan izin yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Indoensia atas mereka adalah untuk peliputan di Aceh, bukan Sulawesi Tengah. Kelimanya lalu dideportasi ke negara masing-masing

    ijin liput aceh, larinya ke poso, siapa yang maling ?
    bubarkan saja KONTRAS, merugikan NKRI

  13. Wartawan. Diantara idealisme dan fakta. sudah menjadi rahasia umum bahwa ada oknum wartawan kita yang menggunakan mata kaca kuda saat mengekspos sebuah berita, atau melandasi pengembangan beritanya.
    Kekuatan modal, prakondisi dan ideologis ” sang penitip kepentingan” sangat berperan besar untuk menghadirkan berita ke pembacanya. Dan kehadiran pembawa berita yang jujur tentu sangat diharapkan.
    Tetapi hal itu tentu sangat tergantung pada sumber daya sang wartawan sendiri. Apalagi Si Penitip Pesan menyertakan Perlindungan, kekuasaan dan keuangan serta peluang yang lebih besar.
    Imho kemampuan kita untuk menyaring apa yang masuk menjadi sangat sangat penting.
    Salam SATU INDONESIA

  14. Yaa kalo punya niat & ada indikasi yg culas & jahat, Indonesia Kita punya Hak & tdk perlu sungkan” lg utk Ber’sikap & Ber’tindak Tegas tnp kecuali dgn negara” lain & siapa’pun…!!!!

  15. Kenapa yah, kok gak ada LSM yang berani transparan sumber dana buat operasionalnya…………..

  16. Kontras … ini bukan operasi latihan, bukan lg operasi observasi, bukan show of force … tapi ini operasi penegakkan hukum yg berlaku di NKRI … soal boleh tidaknya wartawan bisa meliput … mutlak keputusan ditangan pemerentah …
    masuknya sipil (wartawan) ke medan tempur menambah beban personal TNI/Polri di lapangan, malah jagain keselamatan wartawan … mikirrr donk !!!

  17. Hahahaha, LSM”…asing, dengerin z besok jg diem, biasa nyari simpati ma duit doang, kerjanya cuma koar” doang…sekali – kali coba tuh LSM d grebek aparat periksa documentnya, biar diem trus hapus jadi LSM…Bravo TNI, jalan trus jgn dengerin LSM.

  18. KONTRAS dah abal abal . mana kerjamu masalah kerusuhan 12-13 Mei kenapa gak berani tunjuk hidung sang jendral . artinya LSM ini sudah kompromistis sama LSM bule di eropa . jangan jadi agent kapitalis . ini negaramu bung

  19. HAH AJI (aliansi jurnalis indonesia)!Dasar antek2 asing.Itu Wartawan asing Brengsek mau menghancurkan Indonesia,dngn berita yang tidak benar,nanti di bilang Indonesia melanggar HAM.Mikir dong bunk,jgn protes2 aja,dan itu jurnalis bukan pengusaha ngak ad hub. Sama MEA.

  20. namanya jg kontras..gk jelas ya kontras naikin.. or brightnes nya naikin… masih gk keliatan?? yaa full koar2 biar makin kontras.. 😀

  21. Dasar koplak.memalukan

  22. uang lagii… uanglagii…..
    kapan sih semua bukan karena uang.

    Lsm… Lsm…
    Ham anda batasan nya ham saya, hamnya temen anda si (extremis) batesan nya ham nya temen saya yang nasionalis.
    mau-mau nya anda jadi budak zion, bukan malah berusaha keluar dari cengkraman zion, nah lu malah nyungsep in rakyat & negri lu ke mereka.

    • Bung theyownitall, sepertinya memang LSM ini cenderung menjalankan kepentingan asing di Indonesia….namun sebaiknya Indonesia juga harus memberikan kejelasan status ketiga wilayah tersebut untuk aktivitas wartawan, misalnya jurnalis asing sama sekali dilarang masuk wilayah tsb sesuai uu/peraturan keamanan yg ada.

      Saat ini, ketiga wilayah tersebut tidak dibuka maupun tidak ditutup bagi wartawan asing, dan ini menyulitkan Pemerintah memberikan argumentasi yg kuat secara hukum.

      Sebaiknya dibuat peraturan yg sederhana dan jelas, misalnya wartawan asing untuk sementara waktu tidak diperbolehkan meliput apapun jenisnya di wilayah rawan keamanan, untuk keamanan diri mereka sendiri sekaligus menjaga proses yg kondusif bagi pemulihan keamanan. kondisi ini yg dilakukan oleh negara2 lain, termasuk as, eropa dan sekutunya, rusia, china dan lainnya.

      Intinya jelas, A or B ~ not in between…

  23. sebenarnya yg membuat negara kita jadi kliatan tdk aman dan selalu ada masalah adalah LSM itu sendiri,yg didalamnya ada orang indonesia dan dibelakangnya adalah orang yg mau menghancurkan Indonesia (Asing) dgn dalih pelanggaran HAM atau apalah dsb,lbh baik bubarkan saja LSM yg masih koar2 soal ham,atau orangnya kirim ke palestina/syiria biar tahu pelanggaran HAM yg sesungguhnya

  24. Lsm seperti ini perlu di basmi penghianat bangsa perlu di gantung di alun2.perlu di ketahui TKI di malaysia jg dapat visa kerja atau surat sah aja gak boleh seenaya kesana kemari padhal surat perijinanya untuk semenanjung tapi faktanya tidak contohnya wilayah persekutuan /Kuala lumpur pindah kerja ke wilayaah johor tidak di perbolehkan

  25. LSM..koplak misi inteljen kok mau diliput ngarang ngawor….kontras…..kontras….!dasar jongos asing!!!!

  26. LSM ini yang ada di otaknya tu apa sih…. ? najis!

  27. Kontras kontras orang tinggal ngomong di atas kursi rokokan anak SD bisa, apa yg bisa kau berikan kepada negara koar2 kesana kemari aja bisanya gk bermutu banget

  28. inilah lsm lsm indonesia kita pasti jika uang berbicara kepentingan negara di no 2 ..usut aja asal usul dana nya

  29. Lsm cukup ngurusin “nakalnya” tni atau kasus ecek² tindak kekerasan kriminal saja, atau dibalik ajalah, LSM ngurusin prajurit TNI kita yg terkena korban kekerasan OPM, TERORIS, ATAU AGEN ASING!!! GIMANA?

  30. Lembaga Swadaya Maling (LSM)

  31. Ngapain juga pemerintah piara LSM Model begini, bubarkan ..!!! Cuman jadi duri dalam daging, bisul kecil saja rasanya mengganggu, ini LSM koplak bukan bisul lagi tapi borok ..hahaahaha…

  32. JANGAN DI IZIN MASUK,
    NANTI KALO DI BEDIL ORANG, INDONESIA DI HUJAT LG KAYA TRAGEDI BALIBO, TIMOR TIMUR…

  33. BUBARKAN LSM ANTEK ASING,LSM KAYAK GINI YG BERPOTENSI MENJADI PENGHIANAT SAAT TERJADI PERANG DNG PIHAK LUAR.

  34. Yang membela teroris adalah teroris juga.
    Yang membela pemberontak adalah pemberontak juga.

    Jadi Kontras = teroris

    Mestinya lembaga Kontras dibekukan.

    jika orang2nya bandel – tangkap saja.

    • Yup ane setuju bung @Tukang ngitung. Itung2an Anda Jarang meleset hehe….sebaiknya LSM seperti KONTRAS ini dibubarkan saja. INDONESIA tidak butuh LSM macam ini. Orang2 kontras adalah contoh orang2 yang malas bekerja . Mereka dengan nyaman menerima aliran dana segar pihak Asing. Tindak tanduk mereka hanya untuk kepentingan Asing untuk mengobok obok RI sehingga sangat merugikan INDONESIA. mereka jelas pengkhianat bangsa memang sebaiknya dibubarkan saja. Dukung TNI..dukung INDONESIA.

  35. ini aneh bgt orang. dia sendiri yg bilang wartawan asing ga boleh meliput karena izin’a tidak sesuai. dia malah bilang ‘ketidak pastian hukum’. padahal itu jelas” merupakan ‘ketegasan hukum’ kita….kita berbuat tegas terhadap orang asing yg meremehkan aturan kita….dy malah protes….kebangetan,,,ngaku doank orang indonesia

  36. asik’a mah kita buat petisi nich…biar organisasi yg pro/antek asing di bubarin. gua yakin bukan cma warga forum nich doank, siapapun yg punya jiwa nasionalis mo tni atau warga sipil pasti setuju ma petisi nich

  37. nanti kalau si bule dibrondong santoso/terjebak ditengah pertempuran dan ko-it , dibilang TNI yang nembak….TNI melanggar HAM…inget 5 wartawan ostrali yang mampus di timles…..TNI yg dituduh….sampe boss-nya BIN disamperin polis ostrali mau ditangkep…………!!!!!!!!

  38. Lsm…wartawan…kontras….memang kontras semua antara omongannya dg kerjaannya…katanya demi keadilan…demi aspirasi masyarakat…tapi nyatanya demi kantong pribadi kepentingan nasionalpun inhin dikebiri….bubarkan saja lembaga2 smacam itu…lbh banyak efwk negatifnya dr pada positifnya…

  39. ki wartawan asying nek malah ketembak berabe … mending g usyah liput2an

  40. ternyata di negeri ini mulai banyak penghianat bangsa berkedok hak ini, hak itu tanpa memikirkan kepentingan nasional secara makro, ya Alloh,,, lenyapkanlah para penghianat dari bumi pertiwi dan jadikan untuk kami pemimpin2 yg adil amin,,,,,

  41. Jangan pada marah dengan kontras ya ? dia kan cuman cari makan dengan menjual diri

  42. LSM bangsat. penghianat.

    kadang2 saya merasa kasihan sama mereka2 yang mencari makan hanya dengan menjual harga diri mereka atas nama kebebasan dan HAM.

    pakai bawa2 MEA lagi. bodoh bener nih LSM

    • Hari gini masih bawa2 HAM, rakyat udah melek informasi, bisa bedakan mana HAM mana Teroris, lagian ngapain wartawan malon ikut-ikutan dimari?

  43. mulai aneh-aneh nih wartawan asing, palingan mau cari borok Indonesia…buat dilempar di forum internasional…bikin curiga aja..

    ada beberapa opini menarik Bung di web ini
    https://www.facebook.com/Yang-Belum-Kamu-Tahu-Tentang-Indonesia-1590432497904685/

  44. Paling ini kalo ada orang/simpatisan kontras yang baca, cuma ketawa dab berkata EGP penting perut kenyang.
    Edisi jengkel krna sering ketemu lsm.

  45. lsm = LAMBE SUKUR MANGAP . Lihat komen semua ngga ada yg suka lsm . Biar fi baca kontras . Bubarkan lsm antek asing !! .

  46. Santoso…teruskan perjuangan suci kamu…

  47. kontras itu kacungnya asu cs yg mau memecah belah nkri,, isinya orng2 yg gak jelas kayak beruk malon… kah..kah..kah…

  48. LSM itu komprador asing ,antek antek asing ,penghianat negara
    Atas nama HAM mereka menyerang dan melemahkan negara
    HAM adalah propaganda asing
    Di barat dan eropah serta israel yang namanya HAM tak laku
    Ni barang yg namanya HAM hanya laku untuk asia
    Untuk LSM jika jelas sumber dana mereka dan mau diaudit serta ada kejelasan,transparansi untuk publik…tak masalah keberadaan LSM ini
    Bisa dipakai sebagaii presur untuk pemerintah dalam menjalankan rule of law dalam negara

  49. Bagus JENDRAL usir para wartawan itu kami mendukung
    Dimana kehadiran mereka membawa misi ganda
    Hanya dapat menyusahkan negara ini
    kalau para LSM itu komentar gak usah dibawa pusing JENDRAL
    Kami tahu kok mana yg benar dan salah
    Kami rakyat sudah berpendidikan bisa memilah suatu masalah
    Kami rakyat selalu dukung TNI

  50. Langkah yang tepat

  51. Yg begini kasarannya boleh kita sebut penghianat ya bung, cuman kita masih belum punya bukti konkrit,..

  52. ya wartawannya jg koplak, ijin udah beda kok mo nekat
    ntar klo disana ditawan Santoso siapa yg repot, TNI-Polri khan
    lagian kedatangan wartawan di daerah operasi bisa menggagalkan operasi tsb
    tu sekjen AJI aja suruh datang sendiri ke POSO wawancara ma santoso biar puas

  53. Kontras… Mata2 asing… Enyah kau kaum munir… Sok mbela negara

  54. Di negara manapun yg namanya pegawai negara harusnya membela negaranya ko malah ini menyusutkan negara sendiri gimana to…….apabelum di susui sama maknya.

  55. Aku aga’ bingung dengan LSM yg satu ini, sama LSM yg bela masalah HAM, selama yg saya tau apapun yg di lakukan pemerintah untuk menjaga keutuhan wilayah negara dan memakan korban, selalu di bilang melanggar HAM, trus dia itu mau belain siapa? Saya merasa ada yg ga’ beres dg LSM ini, negara kita pernah menderita gara2 LSM ini, kaya’nya tidak bosen2nya dia menyerang apapun yg yg dilakukjan pemeruintah yg berhubungan dg kedaulatan negara. Jangan sampe terulang lagi. Seharusnya kan ikut bela kepentingan negara bukanya malah ngrecokin.

  56. bangke hidup tuh lsm kontras dkk, paketkan keneraka aja.

  57. Lain x dibiarin aja, ntar klo dah dipedalaman bolongin kepalanya pake timah panas, tp pake peluru yg biasa dipake santoso cs, sekali-kali kita manfaatkan senjata (media) mereka buat gamparin muka mereka sendiri

  58. saya sebagai rakyat kecil sangat cinta indonesia makanya kalau dengar KONTRAS nek hati ini rasa ingin muntah

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)