Nov 022015
 

Perangkat yang diincar oleh Jakarta antara lain empat kapal selam kelas Kilo Rusia dan dua kapal selam kelas Lada yang sedikit lebih kecil.

lada-class

Kekuatan Raksasa Jakarta
AL Indonesia akan mendapatkan keuntungan terbesar dari membaiknya hubungan Rusia-Indonesia. Indonesia memiliki pasukan laut terbesar di Asia Tenggara, dengan 75 ribu marinir aktif dan lebih dari 150 kapal laut. Selain itu, AL Indonesia juga merupakan salah satu pasukan di wilayah tersebut yang disokong oleh industri pertahanan domestik, korps marinir, serta memiliki misil supersonik serta kapal selam penyerang.

Namun, AL Indonesia sudah mulai “berkarat”. Menurut laporan yang ditulis oleh Iis Gindarsah dari Pusat Studi Internasional dan Strategis yang berbasis di Jakarta, 59 persen aset AL Indonesia telah berusia lebih dari tiga puluh tahun.

Pendanaan merupakan masalah terbesar yang dihadapi Indonesia. Rusia kemudian menawarkan pinjaman lunak untuk memperbaharui armada Indonesia. “Rusia siap menyediakan pinjaman lunak dengan suku bunga rendah untuk membeli perangkat pertahanan,” kata Tubagus Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR Indonesia pada 1 Sepetember 2015.

Hasanuddin berbicara tentang diskusi bilateral pinjaman senilai lebih dari tiga miliar dolar AS bagi Indonesia guna mengakusisi perangkat militer Rusia. Meski detil mengenai perangkat militer tersebut tak dibocorkan, Hasanuddin menyebutkan bahwa pinjaman tersebut diberikan dengan suku bunga yang preferensial.

Perangkat yang diincar oleh Jakarta antara lain empat kapal selam kelas Kilo Rusia dan dua kapal selam kelas Lada yang sedikit lebih kecil. Kapal selam Kilo yang bertenaga disel-elektrik adalah salah satu kapal selam bertenaga konvensional yang dilengkapi dengan persenjataan canggih, termasuk misil antikapal misil jelajah darat. Kapal selam tersebut merupakan salah satu kapal selam konvensional tercanggih di Asia Tenggara.

Meski ada pemotongan anggaran pertahanan tahun depan sebesar 490 juta dolar AS, AL Indonesia mengumumkan pada September 2015 bahwa mereka akan mendapatkan kapal selam kelas Kilo dari Rusia sebagai bagian dari rencana strategis 2015-2019. “Terdapat banyak jenis kapal selam kelas Kilo. Kami belum memutuskan tipe mana yang akan kami beli,” kata juru bicara AL Indonesia Muhammad Zainuddin.

AL Indonesia dilaporkan hendak membeli 12 kapal hingga 2024, dengan demikian potensi Rusia cukup besar di sini. “Sejauh ini, kami memiliki dua kapal selam dan tiga kapal selam kelas Chang Bogo yang masih dibangun di Korea Selatan. Jadi, kami butuh setidaknya tujuh kapal selam tambahan,” tuturnya, menyebutkan bahwa tujuh kapal tersebut kemungkinan kapal selam kelas Kilo.

Kapal selam kelas Kilo Rusia merupakan pembelian terbaru. Pada November 2010, marinir Indonesia membeli 17 tank amfibi BMP-3F dari Russia.

aat ini, kapal fregat Indonesia Ahmad Yani telah dipasang misil Yakhont supersonik asal Rusia yang mampu menghancrkan kapal dari jarak 300 kilometer. Yakhont, yang merupakan versi ekspor misil P800 Oniks, dapat berlayar dengan kecepatan Mach 2,5 (dua kali lipat kecepatan suara), membuatnya sulit dideteksi.

Pada 2011, kapal fregat AL Indonesia KRI Oswald Siahaan melakukan uji penembakan misil Yakhont dalam latihan di Samudera Hindia. Misil tersebut hanya butuh waktu enam menit untuk melaju sejauh 250 kilometer dan menembak target. Kala itu, mayoritas negara Asia Tenggara, kecuali Vietnam, hanya memiliki kapal selam misil subsonik, dan peluncuran Yakhont menandai terobosan terbaru di wilayah tersebut.

Di Papan Gambar

Meski hubungan Rusia dan Indonesia sedikit tertahan, rencana yang lebih besar telah menanti. Moskow menawarkan diri untuk memperluas kolaborasi industri pertahanan. Menurut laporan Janes, rencana tersebut terpusat pada ‘pembangunan skema ofset pertahanan’ yang fokus pada transfer teknologi, produksi gabungan komponen dan struktur Indonesia, serta pembangunan layanan perawatan, perbaikan, dan pembongkaran perangkat di negara tersebut.

Menurut Kementerian Pertahanan Indonesia, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin telah menyampaikan tawaran tersebut pada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada 15 Januari 2015. Ini menyusul proposal sejenis yang disampaikan Putin pada Jokowi dalam Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Tiongkok pada akhir 2014.

Teka-teki strategis Indonesia adalah apakah Pemerintah Indonesia akan terus melihat keamanan internal lebih penting dari manuver yang terjadi di wilayahnya. Anggaran pertahanan Indonesia saat ini hanya 0,8 persen dari PDB, yang merupakan angka terendah di wilayah tersebut. Moskow berhasil menjejakkan kesepakatan pertahanan dalam konteks ini sebagai tiga kunci indikator perkembangan.

Pertama, hal itu mengukur pengaruh diplomasi Rusia di wilayah tersebut. Kedua, Indonesia yakin bahwa senjata Rusia dapat melakukan tugasnya dengan baik. Seperti yang telah dibuktikan di Suriah, senjata Rusia bekerja dengan sangat baik. Dan terakhir, tak seperti AS yang memberi sanksi militer terhadap Indonesia saat krisis Timur Tengah, Rusia dapat diandalkan untuk memasok suku cadang jika perang pecah di sana.

Jelas, pendekatan Rusia melalui kesepakatan keamanan nasional merupakan hal yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai kontrak pembelian senjata baru, hal ini juga meniupkan nafas bagi sector pertahanan Rusia dan membantu Rusia menjejakan langkah mantap di wilayah yang paling berkembang di dunia secara ekonomi, dan mereka berkontribusi terhadap keamanan nasional Indonesia jangka panjang.

Indonesia.rbth.com

Artikel Terkait :

  80 Responses to “Indonesia Incar 4 KS Kilo dan 2 Lada Class”

  1. H

  2. wot???

  3. macam banyak kali lah uang nya si kampret. Utang bayar woe, akhir tahun.

    • HEI MALON..CEMBURU YAH LIAT INDONESIA MAU BELI KAPAL SELAM YANG TERBAIK,TDK KY MALON YG MW NYELAM AJ HRUS PKE PELAMPUNG.ITU BRU DR RUSIA,YG DR JERMAN SM PRANCIS BLUM D BUKA..WKWKWKWKW
      MALON BELI KAPAL SELAM GAK AD UANG..MAKAN PISANG AJE LON

  4. wow

  5. namanya dah kapalang,, yah,, selambil kiloak di ladang

  6. Lama2 jadi beneran bosen denger beritanya…….

    Dah ,ah mo beli kapal selem ,abanees…..terserahlah….

    Pokoke iyahin aja lah…

  7. Udeh g” aneh klw pembelian senjata stratgis dari rusia pasti jatohy hanya baru berminat, tertarik,sedang penjajakan endingy g” lama tenggelam dech twh beritay semisal killo,lada,su 45 ,s300, nanti beritay nongol lagi udah kaya maenan nich barang wkwkwk

  8. Good

    • masih jaguh kapalselam malay… kapal selam yg dilengkapi dgn mode tdk bisa menyelam..sungguh aneh dan misterius…kahkahkah

  9. mantaaaapp..
    Harus ituu

  10. Percoyo….

  11. dari dulu cm baru sebuah wacana saja,,,lama”bikin stress jg memang,,,,
    ibarat sudah tinggal nelen dimuntahin lagi,,lama”bikin hilang nafsu makan

  12. Terlalu banyak koar ga jelas……baru mau akan……

  13. Tak punya duit lbh baek diem dari pada koar” bikin malu ama tetangga dari dulu akan” minat mau akirnya nol!…

  14. Kan sudah diumumkan oleh usernya yaitu Al , bulan september akan 4 ks kilo baru. .artinya brg sudah disini He he. .jenis kilo msh rahasia

  15. kelamaan mikir….., bisa berubah jadi peragu, ndan.

  16. Goreng terus beritanya … He he he
    SEPTEMBER ya dah datang ??
    Wah bareng ama vietnam yang kemarin ya …
    SR ah …

  17. dey milayu yitu TLDM punya kapal sulam KD TAR Altntuya tarak boleh selam ye

  18. kebanyakan mikir ni pemerintah……… sya heran apa sebenernya yg difikirin sama pemerintah ini…….. kita lagi butuh itu sekarang juga !!!! kenapa musti mikir terlalu banyak……. dan terlebih lagi sudah dikasi keringanan sama RUSSIA,,,, liat apa kurangnya russia sama kita…. baik sekali mereka……..

  19. berkoar aja lebay..kilo amur lada semuanya janji palsu

  20. Bosen, kebanyakan berita,, akan ini, akan itu, incar ini, incar itu, tapi eksekusi lama

  21. Maaf nie,… anak TK mau nanya lagi,… Kapal selam bertenaga konvensional itu maksudnya apa yah,… mohon bantuan info dari para master

  22. 1. Ingat 3 bahasa yg di pakai dalam pengoperasian kapal selam Indonesia meskipun menggunakan teknologi Jerman toh bahasa Rusia dan bahasa Inggris digunakan loh kog bisa ya teknologi jerman pasti bahasa jerman atau bahasa Inggris kenapa bahasa Rusia diajarkan
    (Ah karena kita pernah memakai produk Rusia) lalu kenapa sampai sekarang diajarkan? Bukankah terakhir kali kita pakai produk Rusia jaman pertengahan Orba?? Harusnya sudah di stop penggunaan bahasa Rusia dlm pelatihan kasel
    2. Kenapa dalam perencanaan pembelian kasel kilo dan lada cepat sekali ambil keputusan?? tp bandingkan waktu kita memutuskan kontrak TOT changbogo??lama sekali ini artinya sejak lama sudah dibahas pembelian ks KILO dan LADA, ada artinya lagi nih mungkin ada udang dibalik rempeyek ” ketika kita memutuskan akan mengakuisisi KILO CLASS itu berarti sedang dibahas kapal selam yg jauh lebih berbahaya dibanding kilo class” wleh weleh kira-kira apa yak?? hihihi
    Ingat RUMUS
    berminat= sign contrak
    Akan beli= sebagian sudah datang
    dalam perjalanan= semua barang sudah datang
    Kapal selam adalah alutsista paling Rahasia memang yg dibuat pemerintah untuk kandangnya masih 2(resmi) lha anak cucunya?? Sumba aja ada,sorong ada, ah kalau disebutkan satu-persatu kandangnya bisa kriting nih tangan
    Hayo duite sopo?? Duite mbahmu
    Ingat 841.1T/5thn+dana Base line+off buget+ dana sisa MEF 1 njiiirrrrr kabur ah

    • mengapa rusia begitu ambisius ingin membantu perkuatan pertahanan RI? jawabannya yang jelas jika RI tidak dalam keadaan tertekan atau ter intervensi maka memutuskan sesuatunya pasti objektif, berbeda jika sebaliknya maka keputusan yang diambil dirasa tidak masuk akal.

      hehehe…

    • @RW : “lalu kenapa sampai sekarang diajarkan? Bukankah terakhir kali kita pakai produk Rusia jaman pertengahan Orba?? Harusnya sudah di stop penggunaan bahasa Rusia dlm pelatihan kasel”

      ga kepikirian yang beginian, tar ane cari info yang ini deh.

    • Salam bung RW, numpang nyungsep…hehe
      Saya cuma minta pertanggung jawaban dari pihak-pihak yang mengumandangkan bahwa kilo dan lada sudah disini?????? dimanakah beliau-beliau tersebut?????? mohon diberi pencerahan kepada saya yang baru lahir kemaren sore…maaf, salam

    • Setau ane kandang yg di sumba udah da isinya 3ekor dr thn 2014 kmrn y bung RW.. klo nggak salah dulu ada slh satu komrad yg berani taruhan klo isinya dr kelas wiski ……

  23. Saat semua suka cita tentang kebangkitan tni, beli ini itu dsb, di penghujung ada lagi wacana ga jadi beli. Pikir pikir dulu. Sebagai warga negara saya bosan. karna apa, semua hal berhubungan dengan militer dirahasiakan. Apa lagi yg membuat kita nyaman bernegara. kenyataannya adalah kita tidak tau yg melindungi negara ini seperti apa. Otomatis rasa nasionalisme memudar, patriot atau bela negaralah, semuanya jadi membosankan. ga ada yg perlu di bangakan lagi. Yg punya anak mikir dah buat masukin anak ke militer. Kecewa berat.

    • Yes…sy setuju dgn argumen anda

    • Rasa Nasionalis itu tak akan luntur selagi merah putih berkibar. untuk tetap terus berkibar maka merah putih itu harus dijaga. salah satunya adalah persenjataan. alangkah anehnya kalau semua persenjataan itu harus di koar koarkan agar tetangga menjadi takut. itu namanya Sombong, angkuh dan Sok Jago. NKRI bukan Bangsa yang Sombong, Angkuh dan Sok Jaguh. apalah artinya Sok Jago tapi tidak Jago. sok Kuat tapi tidak Kuat. sok pintar tapi bodoh. NKRI adalah negara lemah menurut warganya tapi di takuti dan diperhitungkan tetangganya. Hidup NKRIku………….

  24. Sudah bertahun tahun, sampai sekarang, statusnya masih ” incar, tertarik, akan, mau ” dll, !!!
    malu maluin saja lah !!!

  25. …jgn senang dulu…malay dah punya astute dan virginia class tp di goibkan…

  26. sebagai warga negara yang baik harus cari sendiri didekat pangkalan kapal selam.
    jangan kayak anak bayi yang biasa menangis minta disuapi.
    #menunggu kemunculan dipantai selatan

  27. Udah koar koar udah pede banget eh pas pulang dari amrik malah ada kabar “mikir dlu ah” mungkin yg mendarat bsok bukan su35 tapi viper …ah kilo lada d pikirin lagi aja #sambil_ngopi

  28. …..Muantabbbsnya kopi hitam di warung jager…hangat gedhang goreng + telo….

    ….Pikiran nakal bin usil:
    ‘Setiap ada release info kasel dgn kata minat/incar/tertarik, itu sejatinya telah proses per periode tahung anggaran’

    …..Jangan terlalu serius…omongan sopir truck di warung kopi sambil sarapan sego pecel sambel tumpang….alhamdulillah

    Salam NKRI!!!

    Konsensus warung jager:
    A. Kapal selam kelas kilo
    A.1 : benar yg dimiliki adl kasel Kilo
    A.2 : benar yg dimiliki adl kasel sekelas Kilo spt: Soryu,Scorpene,U218,dll
    A.3 : benar yg dimiliki adl kasel buatan Russia dgn tidak peduli kelas/bobotnya yg penting kasel buatan Rusia adl kelas Kilo.
    B. Kapal selam kelas kilo buatan Jerman
    B.1 : benar yg dimiliki adl kasel buatan Jerman sekelas Kilo
    B.2 : benar yg dimiliki adl kasel se-kelas Kilo (minimal) buatan negara Nato
    B.3 : indigenous kasel
    C. Kapal selam kelas Chang Bo Go
    C.1 : benar adl yg dimiliki kelas CBG
    C.2 : benar adl yg dimiliki kelas midget dibawah kelas CBG(bobotnya) namun kapasitasnya setara CBG

    Ini hanya pikiran nakal bin ngawur bin usil bin asal jeplak….jangan dipercaya…jangan diseriusin nanti bisa otal soak bin kopler….

    Edisi: mumet…mbulet…memet…multitafsir syndrome (mode : ON)

  29. masih diincer atau udah sign contract nih ?
    Masa sih udah berbulan-bulan gk deal” juga 🙂
    Pola TNI masih sama…. Udah dibabar bung RW tuh gimana prosesnya….

    nih ada berita lama, tpi klo dibaca lgi lumayan memabukkan 😀

    http://www.defenseindustrydaily.com/indonesia-signs-1b-defense-credit-agreement-with-russia-03760/

  30. Beli abaness aja….

    Bisa nyilem,terbang ke luar angkasa lagi…,dijamin moncer….buatan alien.

  31. Mending beli abaness aja….
    Bisa nyilem,terbang..bahkan terbang ke luar angkasa lagi…

    Dijamin monceer..! Buatan alien…

  32. ketinggalan ama vietnam

  33. itulah negara kita mudah ditekan negara lain apalagi USA hehehehe, akuin aja secara realistis bahwa mmg negara dan TNI kita lemah, masa plg dr USA berubah pikiran. alutsista ghoib dan sebagainya lah puyeng mikirnya, tunjukin lah sekali2 kilo class di acara 1 unit aja supaya kami masyarakat tenang dan bangga, lama2 jdi kuatir byk dana utk alutsista yg di ghoibkan alias di korup gak kebayang tapi semoga saja tidak terjadi, terlalu byk statement ingin TOT tuh ASU gak pernah beri TOT tetap aja dijilat karena apa karena byk yg dpt komisi dan janji ini itu, semoga negara ini segera memiliki posisi tawar yang tingi ketika kita bilang tidak negara2 lain menghormatinya, amin….

  34. sebagai negara non block memang ada enak dan tidak nya..
    harus pandai2 memainkan peran.. jgn sampai ketahuan terlalu berat sebelah.. jgn sampai kayak marques yg keliatan bgt bantu lorenzo.. ahirnya marques di tendang jg oleh rossi.. jatuh bangun dan sakit semua badanya marques.. blm lg di serang oleh pendukung fanatiknya rossi.. dlm kasus militer suatu negara pun tdk jauh beda kasusnya.. meski kita punya kedekatan lebih tp di lapangan hrs profesional mana yg lebih baik dia yg memenangkan kontrak jual beli alutsista.. maka kita akan lebih di hormati musuh2 di lintasan balap.. maaf kalau salah..

  35. Wih…KRI Ahmad Yani Mau/sudah dibelikan Yakhont ,KRI OWA ada temennya dunk!,setelah AHY diapa lagi nih yang ngantri yakhont??

  36. baca berita indonesia mo beli ks kilo sama sukhoi f 35 sama aja dengan dengerin tokek beli…tidak…beli…tidak…beli…tidak… beli … tidak… beli… be…dak.. payah

  37. kmaren sya pernah ngobrol dgn mr.xxxx klo untuk urusan laut pokoknya kita bisa tdur nyenyak lah. xixixi

  38. Pikirin dl rakyat jgn dijadiin sapi perah… ga ada guna alutsista baru tp rakyat melarat!!!

    • sudah ada jatahnya sendiri2 bung… pendidikan kesehatan pekerjaan umum dll sudah di bagi2 kok.. anda masuk di bloknya dinas pertanian apa perikanan apa kehutanan di situ juga di babar kok bung.. di sini memang tempatnya dinas pertahanan bung.. jadi kurang membahas masalah kesejahteraan rakyat.. bung sastro..

    • emang anda siapa yang suruh jadi RAKYAT MELARAT……?
      he he he

      • ehh salah…..emang siapa yang menyuruh anda jadi RAKYAT MELARAT…?…di sekitar aku happy 2 aja ngak ada yang melarat..?
        manja amat sih anda….
        lebay..ah

  39. semoga Russia benar-benar jadi sahabat terbaik Indonesia… seperti pada zaman Bung Karno dulu..

    • Era Soekarno, baik Russia maupun US sama-sama punya kepentingan di NKRI. Russia : PKI dan SDA, US : SDA dan Hegemoni. Rentetan kelam kejadian 50-70an semua ada keterkaitan.

  40. Paling-paling cuma….Ingin, mau, akan, tertarik, pikir-pikir, dan akhirnya wes…ewes ewes….bablas kabare….
    just NATO….No Action Talk Only….
    Tepok jidat…cape’ deh….PHP

  41. karena harus adanya sarat tot maka agak susah deal nya.. kalau asal beli aja mungkin gak serumit ini.. harus sabar dan menunggu momen yg tepat.. tp saya salut para pengambil kebijakan.. karena ke uletanya membuat yg tdk mungkin jd mungkin.. memang tdk masuk akal beli sedikit hrs minta tot dan lain2.. semoga berhasil..

  42. @bung UO wolees aja kali bung, mending bung sastro dikasih pencerahan, barangkali bung sastro belum memahami tentang kebijakan pertahanan, yg jelas tdk ada yg mau jd orang melarat. salam NKRI piss

  43. Kata mr.xxx dri TNI,smua bru kliatan di akhir MEF ll ,maaf org baru slm knal para sesepuh 😀

  44. Kelemahan indonesia terlalu lama mengambil keputusan jika terdesak baru bertindak dengan segala cara.. Ne yang diliat oleh si mamarika dengan bujukan dan rayuan agar indo ttp memakai produk asu dgn totototot

  45. Rampas uang koruptor dan miskinkan, Juga rampas uang bandar narkoba untuk beli alusista. bila diperlukan rakyat bisa patungan u beli alusiata. Ini salah satu wujud bela negara

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)