Oct 082016
 

papua

Pemerintah Indonesia kembali ‘diusik’ dengan isu pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Kali ini Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menuding Indonesia dengan sengaja menghambat negara-negara pasifik untuk menuntut keadilan atas pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Indonesia terhadap warga Papua.

“Indonesia, sekarang menggunakan senjata untuk membunuh pemuda Papua, tetapi Anda tidak akan pernah membunuh hukum internasional dan Piagam PBB tentang penentuan nasib sendiri, kebebasan dan kemerdekaan,” ungkap Duta ULMWP untuk wilayah Kepulauan Pasifik, Amatus Douw, Sabtu (8/10/2016).

Dia menambahkan, masalah pelangaran HAM di Papua menjadi salah satu materi dalam KTT Forum Kepulauan Pasifik di Negara Federasi Mikronesia tahun 2015 silam. Dia menilai Indonesia tidak mau terbuka terkait dugaan pelanggaran HAM di Papua. “Indonesia secara konsisten mencoba untuk melarikan diri dari tuduhan melakukan kolonialisme dan kekejaman HAM,” tambahnya.

Douw mengancam akan membawa masalah ini ke PBB, dia juga mendesak agar Selandia Baru dan Australia juga memiliki sikap yang sama keputusan KTT Forum Kepulauan Pasifik terkait dugaan pelanggaran HAM di Papua.

Artikel Terkait :

  179 Responses to “Indonesia Kembali Diserang Isu Pelanggaran HAM Papua”

  1. saru… hehehee

    • Separatis ko nuntut HAM, aneh…… ??…

      Sini tak bedil cangkemu !!..

      • Anehh ni kenapa dinatuna aja dibikin pangkalan sedangkan dipapua diserang sparatais mau memisahkaan diri dari NKRI. Mestinya pemerintah cepet ambil tindakan tegas sunyi senyap bantai sparatis.. bila perlu FPI hancurkan

      • Cara nya mengatasi Masalah separatisme cuma dengan kampanye militer ..
        Bukan dengan dialogue…
        USA Dan khulafaurrasyidin juga begitu semua nya. .
        Tidak ada dialogue dengan separatist ..terrorist atau aggressor…

      • Betul om, yang lucu minta lagi austr ngomong untuk protes, padahal bangsa aborigin yang notabene suku asli benua austri sdh mulai punah disonooo.. mereka tidak tuntut pelanggaran HAM bahkan tidak peduli … ha.ha.ha ..ini namanya pinbol (pintar2 bodo bin tolol). Tolong tu sodara loh di sana sdh hampir habis

    • HAM satu2nya senjata ampuh para teroris politik ini untuk menyerang kita. Cara pengecut sekali.

      • AWAS Bung Kurikulumnya Beberapa uda di rubah OPM
        banyak juga blog blog berita OPM yg ga bertangung jawab
        banyak jiga Tv lokal dan Raadio lokal Pencucian otak oleh OPM
        Mana neh bada cybernya ???

        • Iya benar.turunkan digital forensic polri dan juga cyber war tni.ayo para hacker indonesia.tunjukkan pula jiwa militan anda… bila perlu serang en bikin macet webnya papua yg tuntut merdeka tentunya web aussie donk yg mendukung.tunjukkan masalah irian jaya bukan masalah kecil dan internal.buat rakyat papua yang ingin merdeka ,jangan mimpi ingin pisah.pbb sudah meratifikasi perpera tahun 1963.sorry susah anda lepas dari nkri.lebih baik anda bekerja dangan tekun serta membangun drpada turun ke jalan menuntut yang tidak jelas. Anda sama dengan kita sama sama pintar dan pandai… jangan mudah dibohongi oleh negara barat

    • Nuklir otak biang kerok Australia, vanuatu, solomon, dan pendukung iblis opm

    • gaya mu gk laku. knp gk minta bantuan tiongkok sekalian biar panjang claim wilayah nya.
      Orang tuh negara2 besar mau meluaskan wilayah nya. Ente minta merdeka.
      Liat Timur Leste di ketiakin Australia

    • Kembali ke hukum normal saja ya ..?
      Yang berani melakukan tindakan separatist….Siapa saja . .arti nya dia sudah siap Dan tidak keberatan kalau ditindak secara militer & tegas …
      Orang seperti itu tidak Perlu diajak berunding …
      Dulu waktu USA memisahkan diri….utara Dan selatan …tidak ada perundingan damai atau dialogue…
      Begitu juga waktu Kholifah Any bakar Dan Umar Bin Khottob …memerangi orang yang murtad .dan munafik ….

    • Berita tidak cinta NKRI kok..dimuat… dasar laman aneh

    • Paling tu kerjaan pengacau yg lagi butuh dana..

  2. tes

    • Yang SOK-SOKan bacot, sudah pernah ke Papua? Sudah riset? Kalau memang bangsa kita sebaik itu mengenai HAM, Munir masih hidup

      “Apakah Papua Barat yang tertinggal seperti sekarang akan mampu berdiri sendiri jika mereka merdeka?”, tanyakan balik, “Lha sebenarnya gara-gara siapa juga Papua Barat bisa tertinggal?”

      Wilayah Papua Barat memang diblokade dari dunia luar. Wartawan atau peneliti tidak diberi kesempatan untuk masuk ke daerah sana. Sepasang wartawan asal Perancis, Marie Valentine Louise Bourrat dan Thomas Charles Dandois misalnya, dijebloskan ke penjara selama dua bulan 15 hari disertai denda 2 juta rupiah oleh majelis hakim di Pengadilan Jayapura, Papua, pada 24 Oktober 2014 silam dengan dalih penyalahgunaan visa.

      • bukan hanya pernah ke Papua bung malah kami hadir cukup lama di Papua dan Kepulauan Solomon, masalah kehidupan Malenesian etnic, apa kemauan mereka dan siapa di belakang mereka kami sedikit tau, cuma untuk campur urusan ini itu bukan hak kami biar kan pemerintah dan TNI yg lebih tau apa yg harus di laku kan. …kalau memang negara2 itu ingin menegak kan HAM dgn baik mengapa dulu malah bertempiaran lari ketika Hutu dan Tutsi baku terjang di Ruanda. ..?

      • lihat skrng,jgn kemasa lampau! mari bersama2 membagun papua
        anda tujuanya keinginan untuk membangun papua.
        ayoh bahu membahu untuk membangun papua jgn di bodohi dengan OPM yg berada di luar negeri..dia tidak mau Papua maju,hanya ambisi untuk kepentingan klompoknya saja! bukan untuk memajuhkan kepentingan masyarakat papua.
        masyarakat papua yg berada skrng di pulau Bumi cendrawasih sudah sadar bawah pemerintah sekarng mulai bertahap untuk membangun papua.

      • Yang lebih para lagi, pekerja project lagi ngaspal jalan di papua ditembakin dari bukit, apakah ini disebut separatis atau sudah teroris bung Martil?

        Sebaiknya anda mendemo putra daerah anda yang menjadi pemangku kebijakan di papua sana agar jgn korupsi dan mabuk2an aja. Suruh bikin program yang baku tentang apa yang anda butuhkan dan ajukan ke pusat kalau gak langsung ke Presiden. Daripada anda teriak2 teraniaya tapi mine set anda belum bergeser. Dan satu lagi kepala daerahnya jangan suruh tinggalnya di Jakarta.

      • Aku s7dah pernah dan lahir disana .. terus mau apa?
        Munir gak ada urusan sm papua tauk..

  3. ilang lagi…

  4. Dasar Amerika, sukanya fitnah. Merasa dirinya polisi Dunia. Media informasi boneka yang mereka bikin buat nebar fitnah.

    • Udah ini yang minta merdeka suruh merdeka, dengan catatan tanahnya tetap masuk Indonesia

      ORANGNYA YANG DI PINDAH KE PAPUA NUGINI, TANAH PAPUA TETAP INDONESIA

      Fair bukan?

      Trololololol….

  5. Anjing menggonggong kafilah berlalu..

    Mereka menuduh kita membunuh..
    Siapa yg menggenosida suku indian,suku aborigin..

  6. Bila ada negara lain yang mau coba coba mengusik NKRI,ajakin ribut aja sekalian.terutama yg di selatan.#edisi jengkel & emosi#

  7. KOAR2 AJA TERUS PELANGGARAN HAM,JANGAN SAMPAI BENDERA RUSIA DN CHINA BERKIBAR BERSAMA BENDERA MERAH PUTIH DI PAPUA,BISA2 ADA SURIAH KE 2 DI PAPUA.KEJANG2 US DN AUSTRAL

  8. Makin lama arti sebenarnya H.A.M adalah HAK ANJING MENGONGONG

    #emosi mulai segunung

  9. ULMWP waktumu sudah habis ULMWP

    Demi TUUUUUUUHHHHHHAAAAAAANNNNN

  10. Hahaha kasian gak di gubris yaa….

  11. KALAU SAMPAI AUSTRAL IKUT2 MAKA HABIS LAH KAU AUSTRAL,INDONESIA AKAN WALK OUT DARI PBB DN MENARIK DIRI SEBAGAI NEGOSIATOR LCS,DAN MENDUKUNG PENUH REKLAMASI LCS DAPAT H-9 DN DONFENG LAGI

    • Betul bung, kartu kita ternyata masih banyak yg belum dikeluarkan….

      Ada indikasi Amirikiya + Kanguru bodoh cs memainkan kartu OPM buat nekan Indonesia untuk merubah sikap terhadap masalah LCS….

      Indonesia harus kuat dan selalu bermain cantik menyikapi masalah ini..

  12. kalau berbicara masalah HAM perutku jadi laper….
    ngebayangin irisan daging CAPI dibakar trus dikasih bumbu enyak…haaaaeeemmmmmmmm….

    #instingku kemungkinan bagi yg menyuarakan HAM itu pastilah orang2 yg lagi cari makan#
    *kalau dilestoran udah lazim menyuarakan HAM karna pesan buat perut laper,tapi kalau dijalanan menyuarakan HAM untuk perut yg lapar itu sangatlah memalukan….

    🙂

  13. Kalo tni punya nuklir macam korut,cukup beritakan saja bahwa target2 baru negara2 semut di pasifik selatan masuk dalam jangkauan tembak icbm.
    Kalo tni sekuat rusia atau cina biarpun 50% saja,cukup latihan perang di perairan internasional di pasifik selatan mendekati 6 negara semut2 itu (sama kaya pla navy latihan perang di samudra indonesia). Sdh kasih isyarat kuat kpd mereka….”LOE JUAL GUE BELI”
    MAU DUEL HEAD TO HEAD OK…
    MAU DUEL KEROYOKAN MONGGO TAK LADENI…!!!!

  14. ULMWP ini kumpulan manusia apa hewan kok dungu banget,sebenarnya mereka itu juga tdk tau apa itu hamhimhum taek, apa matanya nggk lihat tuh ngr timles selain itu apakah tdk pernah mmbaca sejarah seharusnya kumpulan ini dimusnahkn saja.

  15. Muehehehehheeee negara terbelakang ngomongin HAM PIM PAH…. Bisa ngaca gak tu yang ngusik usik HAM? Indonesia meratifikasi 8 dari 9 aturan tentang HAM di PBB… Sedangkan kalian maksimal paling cuma 4 atau 5…. Urus aj negara kalian yang miskin,dasar sampah kaki tangan ASU

  16. Ini permainan USA,ingat kontrak freeport berakhir 2022,tahun 2019 akan dibahas pemerintah indonesia akan diperpanjang apa tdk kontrak freeport

  17. Contohlah Duterte

  18. APAKAH MEMBUNUH POLISI/TENTARA BUKA PELANGGARAN HAM?? ITU KAH NAMANYA ADIL??

  19. Kasian juga orang stress bicara soal HAM,jadi ingin muntah….

  20. Duta ulmwp…lagi mabuk….
    Mimi kopi sianida dulu gih….hahahahaha

  21. mana berani pem ausit terang2an nentuin sikap,,,tutup aja jalur perdagangan ausit, bilang aja mau buat latpur, tutup alki yg biasa dilewati ausit,biar nyahok tuh negara tengil

  22. Jiiaahh para penyakit(OPM) mulai ngoceh lagi….!!!!

  23. Opo neh le? Hemmm

  24. itu hanya orang2 tertentu saja di papua,tapi tidak semua orang papu jg mau merdeka,
    sudah terbagi kelompok ada istilah orang gunung sama orang pantai orang yg paling keras kepala dan gak mau di atur trus gampang terprovokasi itu kebanyakan dari gunung
    saya lah
    or dan besar di jayapura jadi sda tau selak beluk mereka

  25. Berita seperti ini kalau menurut saya tidak perlu ditampilkan di jkgr, ini sama saja mempromosikan kelompok ini secara gratis padahal belum tentu jelas mewakili masyarakat papua.
    Justru harus membantu pemerintah mensosialisasikan bagaiman proses pembangun infrastruktur di papua saat ini agar dunia internasional mengetahui sebenarnya kondisi papua. Orang yg tidak pernah datang ke papua membaca berita seperti ini seakan2 disana gelap semua. Kita perlu bersyukur pada saat ini dalam negeri sangat kondusip untuk menjalankan ekonomi termasuk di papua.

    Maaf bung diego kalau saya sedikit usil dilapak anda, karena tiap hari buka jkgr dan saya liat bukan cuma orang indonesia saja yg banyak baca artikel2 disini.

    • Ibenk@ ga apa2 bung jd kita tau yg mna kawan yg mana lawan. Duta ulmwp cuma debu buat negara kita.

    • Iya juga bung Ibenk……gara2 ni artikel, tensi ane hampir tembus 300 nih… 😆

    • ini baru saya baca lagi koment saya lgi,..hii..hancur bener yaa… koment pake hp dalam kondisi ngantuk .

    • @Bung Khucing ghudig, sebenarnya kalau mau seperti itu artikel ini dipasang di fb aja pasti banyak muncul tuh pendukung kelompok ini. Mereka itu banyak pakai sosial media untuk propagandanya.

      @bung Colibri™, artikel ini kalau mereka baca di blog ini pasti lagi jingkrak2 kegirangan propagandanya mendapat perhatian.

      • Jika membicarakan mengenai pergolakan di tanah Papua dari zaman Nica hingga sekarang, baik itu secara face to face (War), HAM ataupun dengan cara yang lainnya sudah ada dalam sekenario negara-negara luar.
        Negara luar menilai pulau Papua sebagai mesin penghasil uang.
        Kekayaan alam di tanah Papua sangatlah luar biasa.
        Mulai dari hasil hutan, tambang hingga laut yang sangat melimpah.

        Bersambung…

      • Sambungan…

        Menurut saya banyak yang lucu dan ganjil di tanah Papua ini.
        Rakyat Papua lebih mudah di pengaruhi oleh negara luar yang semua itu di karenakan sistem budaya antar Suku disana bersifat individualis dan tatanan sistem peratutan Negara Indonesia terkadang di kesampingkan.
        Lalu dari sisi pendidikan di Papua mulai dari tingkatan SD hingga SMA sangat tertinggal dan hanya sedikit sekali masyarakat asli Papua yang mengenyam pendidikan.
        Begitupula melihat dari sisi Kesehatan.
        PT Freeport setiap tahunnya jika tidak salah selalu menginfus Pemerintah Daerah -+ 1,3 triliun, akan tetapi belum tentu dii setiap Kecamatan memiliki 1 (satu) Puskesmas.

        Intinya adalah, Papua ini kompleks…

        Sebagian warganya menuntut HAM dan ketika di tanyakan mengenai HAM, hanya segelintir orang saja yang dapat menjelaskannya.
        Jika para separatis di bumi Papua menembaki sipil / pekerja di PT Freeport tidak akan menjadi persoalan HAM, akan berbanding terbalik jika POLRI / TNI yang menembaki sparatis di tanah Papua.

        Saya yakin, dari sekian banyak kejadian di tanah Papua, para pemimpin kita tidak buta dan menutup kuping.
        Hanya saja terkadang birokrasi di bawahnya terlalu ngejimet hingga keadaan ini dapat di manfaatkan oleh pihak luar untuk bermain di air keruh di tanah Papua.

        Menurut saya pribadi Papua ini terkadang seperti benang kusut.
        Bagaimana tidak kusut, jika sudah terjadi perang antat suku, Hukum Negara Republik Indonesia tidaklah berlaku di sana.
        Intinya adalah masyarakat Papua hanya ingin lebih sejahtera dan lebih ingin di perhatikan oleh pemerintah pusat.

      • Menurut saya pribadi jika pemerintah pusat kita sensitif dan begitu juga pemda di bumi Papua dapat menjalankan otonomi daerahnya dengan lebih efektif, saya rasa semua jurang yang selama ini jadi pemisah akan sedikit demi sedikit tersambung dan terjadi komunikasi yang baik untuk keutuhan, ketenangan dan kesejahteraan Rakyat Indonesia khususnya di bumi Papua.

        Wassalam…

    • Memang ini redaksi nya pekianat ASU

  26. Separatis hanya <5% org asli papua, tp bicaranya sdh spt mewakili seluruh tanah papua, hati2 politisasi papua merdeka di neg pendukung dan pbb. Hati2 juga antek barat bertopeng jam dr dalam negeri, mereka scr konsisten mengkritisi pemerintah secara berat sebelah terutama dipimpin pengganti pemimpin yg diracun policarpus, juga elsam dan satu lembaga advokasi di jkt yg scr konsisten menyuarakan hamhemhom taek itu.
    Tegaskan determinasi kita jgn kalah dg akal busik neg/corporasi seponsor berkedok ham yg ujungnya penguasaan sda. Mestinya ppatk jg meneropong seluruh oendaan lan di indonesia shg tuan dan peliharaan jd jelas melihat aliran dana tsb.
    Scr umum psikologi org asli papua terutama org pantai msh membutuhkan pihak netral yg pimpin papua krn sesama mereka dr berbagai suku juga saling ingin dominan, bila lepas dr nkri justru akan terjadi perang saudara.
    Lihatlah cara2 australala mengontrol neg2 kecil di fasifik knp kita tdk lakukan gangguan scr kontra intelegen kpd mereka, kesempatan u itu sangat besar melihat ketimpangan kehidupan orang asli dan kontrol ug lemah thd sda bahkan kehidupan mereka sendiri.

  27. ane setuju indonesia bikin kisruh ato caplok sekalian PNG, panuatu, cs. bikin mereka jd topeng monyet

  28. Bener kata durtete persetan dgn ham.

    Mending negara kita keluar dari pbb.

  29. Banyak suku-suku pedalaman di irian di peras dan dipaksa ikut gerakan teroris papua ini bung, ini juga melanggar HAM kan..

    OPM jika membunuh warga sipil setempat dan petugas mereka cuman diem2 aja..cb giliiran petugas kita yang bunuh Teroris OP ini, langsung isu Ham muncul.

  30. cara berperang tidak jantan di ibaratkan..

  31. Wahh ada hubungan gak ya sama gunung emas yang udah hampir habis??? Hohoho….

  32. PALING YG DIBELAKANGNYA DUO ASU,ASUTRALI AMA ASU USA.

  33. Kalau mengenai HAM, POLITIK dan SARA jadi malas baca artikelnya ataupun ikutan komentar…

  34. itulah negara kita indonesia,,dri dulu selalu sja jd bahan bulan2 nan negara2 lain,cb donk skali2 kita bikin sinetron dinegara lain yg pernah resekin negara kita,itu perlu sbgai balasan bg mrka,dan itu perlu agar mrk sdikit tau diri.jgn ngalah terus,jgn dijajah terus.

  35. KERAHKAN 20juta pasukan.. Serang Australia dan kumpulan monyet2pendukung opm

  36. Mereka tengah merakit pesawat buatan Rusia yang dipesan pemerintah Indonesia di Surabaya.
    “Dalam rombongan kami ada pilot, teknisi dan mekanik,” jelasnya.

    loh kok di surabaya ??

  37. siapa yg salah negara kita kaya SDA spt Freeport, HAM & Demokrasi adlh senjata ampuh USA & sekutunya utk melakukan invasi (ngincar SDA) saat ini TNI lebih fokus pd Laut Natuna utk memberi sinyal kpd china, berharap kedepan TNI latihan di Laut AUsy biar ada efek deterenx

  38. Sebarkan intel2 nkri.. Acak2 Australia, malaya, Singapura, vanuatu, solomon dan negara2 itil yg suka recokin nkri.. Racun saja ketuanya.. Mereka para musuh bkn tetangga yg baik.. Manusianya mirip monyet kelakuan ya jg kaya kingkong..jd balas negara2 itu secara halus.. Nkri hrs berani.. Pjbt nkri jgn molor mulu jgn hura2 ajep2mulu..jgn ngurusin harta mulu tuh liat nkri dlm bahaya.. harus bersikap atas serangan2 negara usil.. Jagalah nkri.. Koit lah negara2 tetangga usil.. Go to hell forever .. leboook ku sia Setaaann!!!

  39. siapa yg salah negara kita kaya SDA spt Freeport, HAM & Demokrasi adlh senjata ampuh USA & sekutunya utk melakukan invasi (ngincar SDA) saat ini TNI lebih fokus pd Laut Natuna utk memberi sinyal kpd china, berharap kedepan TNI latihan di Laut AUsy biar ada efek deterenx

  40. Kita lagi sibuk2nya membangun tembok disebelah barat…
    eh tetangga sebelah timur mengusik ketenangan…

  41. BACAaaaaaaa
    Informasi Papua
    Blog Informasi Tentang Papua Dan Papua barat.

    Peristiwa sejarah 1 Mei 1963 di Papua, Bendera Indonesia dikibarkan berdampingan dengan Bendera UNTEA (PBB).
    Foto : Dok. Kemenlu
    Salah satu akar persoalan mengapa Papua terus bergolak adalah perdebatan tentang pelaksanaan Referendum Papua melalui Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) tahun 1969. Banyak generasi muda Papua yang belum sepenuhnya memahami mengapa PEPERA harus digelar. Peristiwa politik inilah yang membedakan sejarah integrasi Papua berbeda dengan daerah lainnya. Mengapa?

    Karena walaupun Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaanya dari Sabang sampai Merauke pada 17 Agustus 1945, namun Belanda tetap keras kepala, tak mau angkat kaki dari bumi Papua. Berikut ini sebagaian dari upaya-upaya yang telah dilakukan bangsa Indonesia untuk mengusir penjajah Belanda dari Tanah Papua :

    1. Konferensi Meja Bundar 1949

    Empat tahun setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda tetap saja belum mau hengkang dari Papua. Indonesia berusaha terus memaksa Belanda. Salah satunya adalah melalui Konferensi Meja Bundar (KMB). Konferensi ini berlangsung di Den Haag Belanda tanggal 23 Agustus 1949. Dalam perjanjian itu disepakati bahwa seluruh bekas jajahan Belanda adalah wilayah Republik Indonesia, kecuali Papua Barat akan dikembalikan Belanda ke pangkuan NKRI 2 (dua) tahun kemudian.

    KMB itu diikuti dengan Pengakuan dan Penyerahan kekuasaan atas wilayah jajahan Belanda kepada Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis dengan dua upacara. Upacara pertama berlangsung di Amsterdam, di Istana Op de Dam, dihadiri oleh Wakil Presiden Mohamad Hatta, sekaligus perdana menteri, sebagai pemimpin delegasi Indonesia dan Ratu Juliana serta segenap kabinet Belanda. Upacara kedua berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dihadiri oleh wakil tinggi mahkota Belanda di Indonesia Tony Lovink dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai wakil perdana menteri Indonesia.
    http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/upacara-ketiga-dan-sumber-kedaulatan-indonesia

    2. Trikora
    Isi kesepakatan KMB dalam kenyataannya diingkari oleh Belanda sendiri. Belanda tidak hanya sekedar bertahan di Papua, tetapi lebih dari itu, mempersiapkan langkah-langkah untuk memisahkan Tanah Papua dari NKRI. Dewan nasional Papua dibentuk oleh belanda (cikal bakal Organisasi Papua Merdeka (OPM)) dan dimerdekakan secara tergesa-gesa lalu dilanjutkan pendeklarasian negara boneka buatan Belanda ini pada tanggal 1 Desember 1961.

    Kelicikan Belanda membentuk negara bonekanya di papua itu, tentu saja membuat bangsa Indonesia berang. Maka pada tanggal 19 Desember 1961 di Alun-alun Utara Jogjakarta, Presiden Indonesia Soekarno mengumumkan Trikora ( Tri Komando Rakyat) untuk mengembalikan Irian Barat kepangkuan Negara Republik Indonesia. Konfrontasi dengan Belandapun tak terhindarkan.

    3. New York Agreement
    Melalui upaya diplomasi yang alot yang difasilitasi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), Belanda akhirnya mau menandatangani New York Agreement (NYA) bersama Indonesia pada tanggal 15 Agustus 1962. Indonesia diwakili oleh Soebandrio, dan Belanda diwakili oleh Jan Herman van Roijen dan C.W.A. Schurmann. Isi kesepakatan itu intinya memuat road map penyelesaian sengketa atas wilayah Papua/Irian Barat. Lima hari kemudian (20 September 1962) dilakukan pertukaran instrumen ratifikasi NYA antara Indonesia dengan Belanda tetapi pertukaran tersebut tidak menjadikannya otomatis berlaku,karena PBB terlibat.

    Maka PBB pun membawa Persetujuan bilateral (NYA) ini ke dalam forum PBB, yang kemudian diterima dan dikukuhkan dengan Resolusi Majelis Umum PBB Nomor 1752 yang mulai berlaku 21 September 1962.

    Agar Belanda tidak kehilangan muka, perundingan New York (NYA) mengatur penyerahan kekuasaan dari Belanda atas tanah Papua dilakukan secara tidak langsung. Belanda menyerahkannya kepada PBB, baru setelah itu PBB menyerahkanya ke pemerintah Indonesia melalaui referendum (PEPERA).

    Maka terjadilah pada 1 Oktober 1962, wakil gubernur jenderal Belanda H. Veldkamp menyerahkan kekuasaannya atas Papua Barat kepada sebuah badan PBB yang khusus dibentuk untuk mengurusi masalah Papua tersebut. Badan PBB itu bernamaUNTEA (United Nations Temporary Executive Authority). Pada acara penyerahan itu, H. Veldkamp mengatakan : “Mulai saat ini, akibat persetujuan Indonesia akibat persetujaun Internasional yang berhubungan dengan itu, maka tanah dan bangsa Nieuw Guenea Barat telah ditempatkan di bawah kepemerintahan yang baru : Penguasa sementara perserikatan bangsa-bangsa. Kedaulatan Netherlands atas tanah ini telah berakhir. Tibalah suatu jangka waktu yang baru, jangka mana berlangsung sampai pada saat pertanggunganjawab atas pemerintahan diserahkan kepada Indonesia sepenuhnya.” (Mangasi Sihombing, 2006:32).

    4. Referendum (PEPERA)
    UNTEA lalu mempersiapkan referendum. Pada tanggal 1 Mei 1963, UNTEA menyerahkan pemerintahan Papua bagian barat kepada Indonesia. Hollandia yang tadinya menjadi pusat kekuasaan kerajaan Belanda di Papua, diubah namanya menjadi Kota Baru. Momentum 1 Mei ini hingga kini diperingati sebagai Hari kembalinya Papua ke dalam NKRI.

    Tiga hari kemudian, tepatnya 4 Mei 1963 Bung Karno menjejakkan kakinya di Tanah Papua. Di hadapan ribuan orang Papua di Kota Baru, Bung Karno dengan semangat membara menyampaikan pidato :
    “Irian Barat sejak 17 Agustus 1945 sudah masuk dalam wilayah Republik Indonesia. Orang kadang-kadang berkata, memasukan Irian Barat ke dalam wilayah Ibu Pertiwi. Salah! Tidak! Irian Barat sejak daripada dulu sudah masuk ke dalam wilayah Republik Indonesia…” (cuplikan pidato Bung Karno di Kota Baru, Jayapura, tanggal 4 Mei 1963)
    Pada 5 September 1963, Papua bagian barat dinyatakan sebagai “daerah karantina”. Pemerintah Indonesia membubarkan Dewan Papua dan melarang bendera Papua dan lagu kebangsaan Papua yang di bentuk oleh belanda. Keputusan ini ditentang oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

    Proses persiapan referendum memakan waktu tujuh tahun. Baru pada tahun 1969, referendum (PEPERA) digelar dengan disaksikan oleh dua utusan PBB. Hasilnya,Papua akhirnya kembali ke pangkuan NKRI. Maka jadilah Papua menjadi provinsi ke-26 Indonesia dengan nama Irian Jaya. Namun keputusan ini lagi-lagi ditentang OPM dan sejumlah pengamat independen yang diprovokasi Belanda.

    Negara-negara Barat yang dimotori Amerika Serikat mendukung hasil PEPERA itu punya alasan karena tidak ingin Indonesia bergabung dengan pihak Uni Soviet (lawan mereka).

    Inipun belum berakhir, Hasil PEPERA harus diuji dalam Sidang Majelis Umum PBB. Dan, lagi-lagi sejarah mencatat, PBB akhirnya mengesahkan hasil PEPERA dengan sebuah Resolusi Majelis Umum PBB No. 2504 tanggal 19 Oktober 1969. 

    Bahwa kemudian PEPERA diragukan keabsahannya, itu adalah bahasa kecewa sekelompok aktivis Papua yang sengaja di bentuk dan dibiayai oleh Belanda yang lahir jauh setelah PEPERA disahkan. Mereka terus berupaya agar di Tanah Papua dilakukan referendum ulang. Padahal mereka tahu bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan.

    Maka kepada generasi muda Papua yang sadar sejarah, mari kita fokus membangun Papua untuk semakin maju dan sejahtera. 

  42. berani senggol … = perang. mungkin ini jawaban digesernya sukhoi ke el tari kupang.

  43. Woiii.. TNI dan POLRI sudah PINTAR… Ngga usah diajarin lagi…!!!

  44. Waduh ini pasti ulahnya “junjungan si carin” awas lu carin gw panggil si RAPE MANIAC

  45. Dah kasih jabatan tuh ketua ulmwp pasti diam.

  46. beli S-300,S-400 taru diperbatasan Papua. bilang ham tak rudal. klu bisa rusia,cino suruh buat pangkalan militer dipapua & ntt

  47. setuju….
    klo kya gini caranya kita harus belajar dari cara2 dn pengalaman…mereka bangsa ausyporn dan asu…
    klo smpai mereka masuk papua seperti timor leste…maka akan kita minta russia dan china hadir di pangkalan udara dan militer di papua dan mengirimkan s300 dn s400 nya untuk menjaga kedaulatan dari negara asu asu dn ausyporn bangsay

    seperti suriah di papua terlanjuran udah….

    #kesel bnget sma ulah ulah permainan iblis asu dn kroninya perusak suatu bangsa2 yg berdaulat di seanteror bumi

  48. klo aussyporn ngotot terus memprovokasi papua yg sbnarnya 100% damai..tpi krena ulah kompor meleduk nih …ausy..biang kerok

    maka bule bule australia harus minggat pergi balik kampung ke eropa….dan australia akan di ganti menjadi negara ABORIGINEUA yg MERDEKA

    klo gak mending perang head to head…tanpa bantuan asu….
    one by one
    AUSTRALIA VS INDONESIA

    tanpa mamarika klo mamarika masuk papa rusia pun akan masuk membantu indonesia ku…

  49. Tidur.. tidur..
    Kalau begadang jangan berisik, malam minggu nih bro…
    Ketahuan banget jomblonya…

  50. Dari dulu OPM itu hobbinya berpolitik adu domba RI vs Usa dkk…dan itupun sangat disengaja oleh usa dan australia NZ agar negara cabe rawit di pasifik selatan mencoba memancing dunia luar bahwa Indonesia jadi buruk dimata mereka. ini siasat busuk lama dr Opm…
    Yg jadi aneh kenapa negara monyet di pasifik selatan itu gak pernah menuntut Ham di papua nugini negara tetangga kita sebelah? Jadi mereka pasti pada bersekongkol juga dg Opm itu.
    Tapi apapun itu adalah propaganda yg disengaja oleh negara sekutu pimpinan ASU…..mereka membuat sinetron agar tontonan lbh menarik!!

  51. Ingat provokasi ini sangat diinginkan Usa dan Australia. Tapi kebanyakan kita belum sadar bahwa musuh abadi kita sebetulnya adalah Australia dan sekutunya…???

  52. Australia anjing kparat perang saja berhadapan sama tni kl berani jgn ngasut2 rayat

  53. Kalo australi + asu mau papua, jangan salahkan kalian dikeroyok china, iran, rusia, korut, indonesia..++

  54. Yang SOK-SOKan bacot, sudah pernah ke Papua? Sudah riset? Kalau memang bangsa kita sebaik itu mengenai HAM, Munir masih hidup

    “Apakah Papua Barat yang tertinggal seperti sekarang akan mampu berdiri sendiri jika mereka merdeka?”, tanyakan balik, “Lha sebenarnya gara-gara siapa juga Papua Barat bisa tertinggal?”

    Wilayah Papua Barat memang diblokade dari dunia luar. Wartawan atau peneliti tidak diberi kesempatan untuk masuk ke daerah sana. Sepasang wartawan asal Perancis, Marie Valentine Louise Bourrat dan Thomas Charles Dandois misalnya, dijebloskan ke penjara selama dua bulan 15 hari disertai denda 2 juta rupiah oleh majelis hakim di Pengadilan Jayapura, Papua, pada 24 Oktober 2014 silam dengan dalih penyalahgunaan visa.

    • Lah memang penyalahan visa apa hubungannya nyett…kamu lihat di raja ampat..bule banyak..ngomong apa kowe. .

      Papua jauh lebih maju sekarang…infrastrukrur dibangun..mau makar..gak di jawa di sumatra kalimantan..makar mampus..sama aja..papua sama aja..

    • buktinya si harry azhar masih hidup, udah fitnah petinggi polri / tni terima duit si freddy, dan tim pencari fakta (salah satu anggotanya hendardi si resek) gak bisa temukan aliran dananya, walau udah dibantu ppatk.

      istilah ‘Papua Barat’ kurang tepat , itu salah satu dari 3 propinsi di papua (ibukota manokwari) lainnya prop papua ik. jayapura dan kepulauan cenderawasih ik. serui.

      ..Wartawan atau peneliti tidak diberi kesempatan untuk masuk ke daerah sana…

      2 profesi itu sering digunakan sebagai kedok oleh agen2 asing

  55. Sorry bro ane koreksi.Gerakan makar yang terjadi di papua ga ada kaitanya dengan freeport.Sekenario besarnya adalah memecah belah NKRI.Bahkan kalo papua bisa merdeka pasti nanti akan menyusul daerah lain yang akan mereka pengaruhi.

  56. Intervensi fisik oleh asing ke papua atau ke wilayah INA lainnya akan sulit, cara yg mudah adalah propaganda. Maka perlu di perkuat korps diplomatik kita.

  57. .

  58. Pemberontak guoblok, kalo bukan indonesia, bisa” sampe sekarang papua masih di jajah si londo, kok bukan si londo yg di tuntut pelanggaran ham, kan jelas londo menjajah seluruh negeri ini,termasuk papua, andai bung karno tidak mengerahkan kekuatan pada saat itu, mungkin ampe sekarang masih di injak” mulut si pemberontak oleh belanda

  59. Saya mau sharing pengalaman.

    Perkenalkan nama **mi*, saya tinggal di Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Daerah lumayan pelosok sekitar 80 km dari Kota Banjarmasin, daerah yang menurut saya sangat kaya, daerah pertambangan, kebun karet, kelapa sawit dan lain-lain.

    Saya hobi lihat berita di TV ‘n Googling, sering sekali melihat berita korupsi dll di media dan pelakunya kebanyakan oknum orang perkotaan (jak**ta) sampai saya pernah berkhayal, kalau saya jadi pembesar / punya pengaruh di daerah saya saat ini, saya ingin memisahkan diri saja dari Indonesia dan membuat negara sendiri, Kalimantan atau apalah yang penting pisah dengan Indonesia, setidaknya itulah pemikiran saya pada saat itu.

    Bukan tanpa alasan, tapi karena daerah saya yang kaya raya ini kebanyakan diekpose sumber daya alamnya oleh orang luar (non pribumi). Di setiap desa hampir ada 3 perusahaan atau bahkan lebih di daerah saya, gak percaya? datang saja ke sini.

    Dari sekian banyak perusahaan yang berterbaran di setiap desa pemiliknya siapa? Merekalah yang tinggal di kawasan mewah daerah Jakarta, mulai dari pengusaha beneran, politisi sampai artis punya perusahaan tambang batu bara di sini.

    Sampai pada saat 2008 ada pembuatan pelabuhan di desa saya, Pelabuhan samudra (petik emas internasional) yang estimasi anggarannya menghabisan sekitar 8 triliun samapai selesai.

    Tapi nyatanya apa? sampai sekarang mangkrak dan belum jadi. Baru sekitar 5 % bahkan sudah tidak dikerjakan selama setahun ini. Saya lihat berita tahun kemaren pemda menyerah dan menghubungi pemerintah pusat agar dana yg digunakan dari APBN bukan APBD. Walaupun sampai sekarang belum selesai dan mangkrak setidaknya pembuatan sudah mulai diangkat kembali.

    Yang saya tanyakan, daerah yang sekaya ini tidak mampu menyelesaikan pelabuhan yang hanya menelan dana 8 Triliun. Saya meragukan kalau pemda tidak punya dana segitu.

    Di daerah saya Alhamdulillah pendapatan penduduk perharinya bisa dibilang tinggi, untuk kuli serabutan kalau untuk mencari Rp 100 ribu/hari Insya Allah dapat. Sampai di daerah kami kalau petani padi panen susah cari kuli untuk memanen, jarang ada yang mau. Kecuali mereka pendatang. Pemilihan bupati kemaren saja hampir setiap masyarakat mendapat uang fajar Rp 200 per calon, tinggal kali (x) saja kalau ada 4 calon. Hampir setiap desa diberi mobil LUXIO untuk sarana desa, sumbangan per desa 1 miliar dari calon bupati.

    Artinya apa? Daerah yang kaya tidak menjamin masyarakatnya sejahtera, buktinya kami. Untuk membuat pelabuhan aja sampai di bantu APBN / pemerintah pusat.

    Wahai rakyat Papua, daerah Anda sama seperti daerah saya, atau bahkan daerah saya lebih kaya dari daerah anda. Tambang emas, Intan, batubara kelihatan di daratan tidak perlu menggali, gas, minyak, perkebunan komoditas dll ada di daerah kami.

    Tapi itu bukan jaminan kalau kita memisahan diri dari Jakarta daerah kita akan menjadi sejahtera.

    Kesejahteraan adalah bagi daerah yang pemimpinnya adil dan jujur.

    Bersyukur saya masih ada pemerintah pusat, jadi pemerintah daerah yang curang masih ada pengawasan dari pusat. Banyangkan kalau tidak ada pengawasan dari pusat????? Korupsi mungkin udah gak ketulungan dilakukan putra daerah dan yang ada bukanlah kemajuan tapi kemunduran dan tertinggal dari daerah lain.

    Bagaimanpun itu saya merasa bersyukur bisa lahir dan besar di tanah Indonesia, saya merasa cukup, mengurus anak agar menjadi sholeh sholehah dan mencari rizki tanpa pertentangan. ibadah tanpa terganggu suatu apapun kecuali syaiton yang membisiki saya.

    Terim kasih Allah SWT yang memberikan Indonesia kepada saya.

  60. ganyang ausi

  61. Ga usah didengerin…
    Yg penting pembangunan jalan terus & perbatasan dipagarbetis yg rapat.
    Pemerintah, TNI, POLRI pasti udah punya langkah jitu…Semoga wakil2 kita yg terhormat juga demikian.

  62. Kumpulan manusia bodoh yg mudah dihasut. Mereka itu tdk tahu memahami sejarah serta sesuatu yg melatarbelakangi masalah yg sebenarnya. Mereka sama persis boneka yg dimainkan sesuai kemauan seseorang. Biarpun sekolahnya setinggi langit nyatanya mereka tak mampu menganalisa persoalan papua dgn baik bahkan mudah dihasut, diadu domba oleh pihak yg tak ada kaitannya dgn papua yg sebenarnya. Hanya egoistis, rasa ktdkpuasan yg mereka utamakan tanpa memahami sejarah dan keadaan papua sebenarnya. Mereka tak tahu isu ham sebenarnya ditunggangi kolonialisme penjajah. Sbg bukti mereka mudah tersulut perang diantara suku mereka hanya krn persoalan yg tak tentu kebenarannya. Andai papua lepas dari indonesia sebenarnya siasat penjajah demi menguasai papua krn mudahnya adu domba diantara mereka. Kalo memang nilai HAM sama pada manusia, kenapa lembaga HAM internasional tdk berani koar AS dan Eropa yg dilakukannya di irak, libya bahkan sejarah eropa yg kejam menjajah dunia??

  63. Hilangkan australia, singa pura2 dan malaysia dari peta dunia!!!

  64. Australia,amerika ,Rusia dan cina sekarang makin akrab dengan Indonesia.mana mungkin mereka mau angkat masalah Papua ke forum dunia.udahlah..jgn mau di bohongi ama orang orang yg mengatasnamakan Papua yg ujung ujungnya buat mereka sendiri.sekarang bangun Papua bersama sama.toh para pejabat skrg disana rata rata OAP(orang asli Papua)saatnya bangun Papua demi masyarakat.kasihan mereka hanya di gunakan buat mencari kekuasaan semata oleh segelintir orang yg sok jadi malaikat. dunia mau perang dunia kaya gini masih ributin hal kaya gitu.mikir…..mikir…….

  65. Sudah diberi keistimewaan melalui otsus tapi sampe skrg msh belum ada perubahan signifikan, ya iyalaaaaahhh kan ada indikasi dana otsusnya dipake buat ke alex*s oleh oknum2 pejabat2 lokal disana

  66. Opm harus dimusnahkan dan negara para pendukung opm hrs di nuklir 200 megaton hancur jd debu…

  67. Pastinya para pejabat Papua jg terlibat dlm opm dan membikin suasana mencekam trus biar dananya ngalir trus dr pusat..

  68. Anjing menggonggong kapilah berlaluu..????…biarin saja omp.teriak teriak…di luar. Negri. Klo kembali ke nkri tangkap saja makar mereka ada uu nya ko..negara berdaulat..?? Jangan bolehkan mereka kembali lg ke nkri…klo kembali tangkap…kita ambil cara cina soal lcs…klo usa/australi nyerang kit..kita undang rusia n china…kita hadapin sendiri juga hayooo…siapa takuut…

  69. Sdh waktu ya negara kita merubah haluan blok timur…singkirkan usa kita haluan ke rusia/china…jadikan usa n sekutunya musuh bersama (indonesia.rusia.china) 3 serangkai kuaat

  70. Biar adil jka dalam sidang ham pbb..?? Jka pulau pacifik ngangkat ham papua..pwrwakilan kita juga harus ungkit ham suku aborigin n indian…kmn dan dmn mereka…??

  71. Indonesia biar tempuur dengan australia. N kroni kroninya diasean..?? Biar cina dan rusia ngadeppin usa n sekutunya..berani gak tu autralia dibantu slandia baru.malaysia.singapur..ngadeppin indonesia ..biar si asu(usa) lawan om rus n cina

    • Hahaha…
      Hobart class udah cukup utk tenggelamkan semua kpl perang indon.
      Gak perlu Malaysia Singapura campur tangan.
      Ama ausi aja indon gak mampu lawan.
      Mau kedaratan ausi…?
      Kira kira kpk perang apa yg indon punya yg bisa sampai ke pantai ausi ya ??
      Sigma..? Nakhoda ragam..??
      Kalo perang…
      Belum sempat belayar tp di Pangkalan aja udah hancur dibom hobart class ausi…
      Gak perlu hobart class ..
      Frigate ausi aja udah jauh lebih haibat tangguh banding ama kpl indon.
      Jgn berangan Dong…
      Kamu hanya kuat didaratan karna jumlah militer kamu banyak.
      Tp dilautan..diudara udah dipastikan kamu gak mampu tandingi negara negara lain..
      Sukhoi kamu cocok utk pertahankan wilayah udara kamu aja..
      Andai bergabung ratusan pesawat tempur FPDA ..
      Sperti yg kamu cabar/jual…
      Kamu bayangkan sendiri gmana nasib kamu..
      Hehehe..

  72. Di Papua apa aja ada.. Orang dr luar negeri BS masuk dgn gampang.. BS lewat Papua nugini.. Atau dgn jalur laut.. Yahudi, cia, mosad itil, dan intelijen Barat lainnya dgn mudah msk Papua mngkn didukung sm oknum pjbt Papua juga.. Mengobok obok Papua dgn membikin huru hara, membantah aparat dan kegiatan terorisme lainnya.. Anehnya pjbt nkri molor saja tdk melakukan apapun seakan tutup mata atau takut sm Amerika jungjunannya.. Kl teroris beragama islam secepat kilat ditangani dan dibantai… Tp kl opm malah disayang2 karna tau dibelakang opm adalah bos jungjunannya pjbt nkri yaitu dewa Amerika tuhannya pjbt nkri.. . Jd yaah bgitu sj.. Nkri akan trus diobok2 Amerika cs.. Dan pjbt nkri tetap tidur nyenyak dgn damai dan tanpa beban.

  73. Jka kita heat to heat..walau australi dibantu slandia baru singapura lawan indonesia indonesia pasti menang…yakiin…pii jka australia dibantu si asu/usa…walau kita kalah tapi butuh waktu sangat lamaa sekali …perang gerilya…kecuali kita dibantu om rusia..atau cina…indonesia jka menghadapi australia n sekutunya pasti menang…saya pikir malaysia akan membantu kitakita jka kita duel dengan australi

  74. Merakit beriev200?tp kok surabaya?

  75. Saya tak faham wilayah papua benarkah layak untuk berada dalam indon? Kerna saya dapat tau etnik papua tidak sukakan negara indon… bolehkah beri penjelasan

    • Iya betul….. etnik Sabah Sabah tidak suka malingsial, karena semenanjung sedot semua hasil alam north borneo, sedangkan Sabah Sarawak tak dapat apa2…… puas ??…. 😆

  76. Kinerja BIN bgmana..?
    Kenapa isu pelanggarang bisa terulang kmbali..?
    Pemerintah harus kerja ekstra nyingkirin pihak luar yg mw merebut papua…!

  77. Sdh biasa, rasa tdk suka itu mempengaruhi semua biarpun baik sekalipun dianggap salah. Mereka seakan dibutakan dan dibodohkan oleh sesuatu yg tak jelas kebenarannya. Biarpun berpendidikan tinggipun,daya pikirnya msh mudah dikontrol, dikadali, diintervensi, dihasut dan diadu domba oleh pihak yg akan mengambil keuntungan dr persoalan tersebut. Makanya diantara mereka mudah tersulut perang saudara diantara mereka. Biarpun mereka hidup bebas, merdeka, bebas sekolah dan bepergian, bebas tempat tinggal di wilayah NKRI tetaplah tdk bisa dipahami oleh mereka. Aplagi mereka itu tdk mengerti sejarah dan latar belakang papua dgn seutuhnya dlm usaha indonesia mengusir penjajah belanda.

  78. Papua adalah milik NKRI dari Sabang sampai Merauke, dan NKRI adalah milik orang2 Papua yang menyatakan dan mengakui bahwa mereka adalah bangsa Indonesia, jadi kalau ada segelintir orang di Papua yang berfikiran lain tidak mengakui dirinya sebagai warga negara Indinesia sebaiknya mereka segera keluar dari Papua pergilah ke PNG, Australia, Amerika, atau negara2 Pasifik

  79. UNGKAPAN HATI JHON KOGOYA, ORANG ASLI PAPUA (OAP)

    Saya tidak bisa memaksa siapapun harus sependapat dengan saya, maka silahkan masing2 berjalan sesuai dgn pendapat dan pikirannya. Tapi saya hanya mau menyampaikan alasan kenapa saya sebagai Orang Asli Papua (OAP) memilih setia kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), terserah sebagian kecil OAP menganggap saya penghianat. Tapi ini beberapa alasan saya yang sangat mendasar:

    1. Sejak Saya dilahirkan ke Bumi tidak pernah merasa terjajah oleh siapapun, kebetulan saya lahir bukan masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Saya bebas kemana saja di seluruh pelosok Indonesia tampa gangguan apapun.

    2. Saya tidak pernah diperlakukan Diskriminasi Oleh Sodara2 saya suku manapun. Bahkan Saya melihat banyak Saudara OAP yg menikah dengan Suku lain selain Papua.

    3. Tidak ada satupun Hak yg dimiliki Oleh WNI lain selain Papua yg tidak dimiliki oleh OAP dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebaliknya banyak hak khusus yg dimiliki OAP yg tidak dimiliki oleh WNI lain. Saya sudah jalan ke hampir seluruh Wilayah NKRI. Di sana Orang Papua tdk disebut pendatang, tapi di Papua ada istilah pendatang dan Pribumi.

    4. Di Papua saya melihat jarang sekali OAP yg punya kios, jarang yg bisa bertani secara moderen atau jadi Nelayan besar, jadi tukang seperti Sodara2 Saya WNI yg lain. Artinya Kalau Papua pisah dari NKRI maka Papua akan mundur 2 abad ke belakang. Kelas papua hanya kelas jual Pinang. Karena itu Saya mau mendorong Sodara2 Saya Papua agar mau belajar yg baik, bekerja keras sehingga seluruh OAP dapat mencapai taraf hidup ygblebih baik.

    5. Saya sudah pernah jalan2 ke berapa Negara Tetangga Wilayah Malenesia, Saya belum pernah menemukan Negara manapun di Wilayah Malenesia yg lebih maju dan lebih sejahtera dari pada Papua. Bahkan Hampi seluruh kebutuhan dasar Warga PNG dipasok dari Papua. Karena Sodara kita di Malenesia sana dikuasai oleh org Asing.

    6. Demikian pula Hampir hampir seluruh kebutuhan dasar Papua di kirim dari Provinsi lain. Sehingga kalau Papua pisah dari NKRI maka seluruh kebutuhan pokok Papua akan diekspor dari luar, betapa menderitanya Papua kalo itu terjadi apalagi kalau kita di Embargo.

    7. Fakta sejarah membuktikan bahwa Papua tidak pernah berdiri sendiri dalam suatu pemerintahan sendiri. Tidak pernah ada kerajaan Papua. Tapi hanya kelicikan penjajah Belandalah yg membayar sekelompok penghianat diberikan Bendera Bintang Kejora dan lagu Hai Tanahku Papua yg dianggap sebagai lagu kebangsaan. Semua simbol2 Negara boneka tersebut murni buatan dan Ciptaan Belanda, bukan karya, buatan atau ciptaan anak Papua sendiri. Jadi dimana kebanggan dan kehormatan Papua?

    8. NKRI selalu dituduh melakukan pelanggaran HAM dan Genocide terhadap Orang Papua, tapi kenyataannya sejak dahulu Nenek moyang kita OAP hingga jaman modern sekarang selalu perang suku, hanya karena persoalan kecil kita saling bunuh dan saling makan sesama Saudara, entah sudah berapa ribu jatuh korban karena perang suku. Justru NKRI lah melalui aparat keamanannya berusaha mendamaikan kita dan mengajarkan peradaban.

    9. Di dalam hukum dan pemerintahan Orang Papua tdk dibedakan dengan suku lain. Banyak OAP yg jadi mentri, banyak yang jadi Jenderal, bahkan seluruh Gubernur dan Bupati/walikota semuanya OAP. Saya Optimis bahwa suatu saat Presiden RI adalah OAP apabila kita mau belajar keras mengisi kemampuan dan Wawasan kita.

    10. Saya sangat cinta dan bangga kepada Papua, tetapi saya lebih Bangga sebagai bagian dari NKRI. Karena apabila Saya hanya menjadi Papua maka Saya sangat kerdil. Tetapi apabila saya NKRI saya kaya. Saya bisa memiliki Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Sumatera dll. Dan Saya punya Saudara ribuan Suku serta bemacam2 Agama di Indonesia. Karena NKRI dibentuk bukan atas dasar Ras, agama, Suku bangsa dll. Tapi NKRI dibentuk atas dasar Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu).

  80. bung me047 kayaknya dah ada yg comen sama seperti yg bung tulis dimari

  81. @ibenk jika kita melihat kepada sokongan majoriti rakyat sabah sarawak masih terhadap persekutuan malaysia… ini dapat dilihat semasa pilihanraya parti2 berasaskan nasionalis masih menang… mereka yang tidak berpuas hati bukan mau berpisah cuma mau kerajaan pusat lebih beri tumpuan kepada mereka untuk pembangunan

    Berbeza situasi di papua yang majoriti rakyatnya tidak sukakan indon..

  82. hidup suku amborigi ayo kita dukung rakyat aborigi mendapat haknya atas tanah airnya dr penjajah ausit..

  83. bikin koteka sebanyak2nya lalu bubuhi virus cacar kemudian pakaikan pd mereka yg ingin makar plus negara2 pendukungnya….dijamin bikin lecet2 mpe koit….cara ini prnah diterapkn oleh ASU dan aushit pd indian dan aborigin wlau ga pake koteka xixixixi…..hasilnya??????? sama sekali tdk melanggar HAM hingga kini…

  84. Murni proxy war ini…makanya kemaren panglima memperingatkan BIN… menandakan semakin habisnya MINERAL DIDUNIA ini…semoga masyarakat papua cepat sadar itu sebagai PROXY WAR..semoga tetap utuh dan damai negri ini sampai akhir jaman….aamiin…

    • @INDO ELITE : Mungkin bisa jadi ini proxy war, akan tetapi kejadian di bumi Papua saya rasa pihak BIN sudah mengetahuinya.

      Jika kita membuka sejarah Indonesia menhenai tanah Papua, dari zaman NICA hingga sekarang pulau Papua tetap menjadi incaran negara asing.
      Begitu pula dengan kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang.

      Dahulu, sekarang ataupun nanti, tinggal bagaimama Pemerintah Pusat dan Pemda, POLRI dan TNI beeserta Badan Negara yang lainnya menerapkan kebijakan yang tepat untuk di terapkan di bumi Papua ini.
      Jika formula dan penerapannya sudah tepat, saya yakin untuk di waktu yang akan datang hal-hal yang bersifat bersebrangan dengan kebijakan kepemerintahan pusat dan Pemda otonomi daerah setempat akan dapat di minimalisir.

      Terkadang saya suka tertawa cengar cengir jika membahas Papua.
      Bagaimana tidak, jika terjadi perang adat, hukum yang berlaku di Negara Indonesia tidaklah berlaku.
      Vonis hukuman dapat di gantikan dengan pembayaran jumlah binatang, maaf (babi) ataupun dengan nominal uang.

      Jika sudah seperti ini apakah HAM masih dapat berlaku untuk mereka?

      Catatan kecil disini adalah : Pemerintah Indonesia sekarang hingga masa yang akan datang harus dapat membuat gap antara warga Papua dengan Pemda setempat dan aparatur negara lainnya harus harmonis.
      Jika keharmonisan ini terjaga, sangat kecil sekali kemungkinan negara luar untuk bermain di air keruh di bumi Papua.
      Setidaknya jika harmonis tidak ada alasan untuk negara luar berbicara “HAM” di bumi Papua.

      Mungkin yang ada hanya “KDRT” antara si Carin dan mbah bowo, itupun hanya di JKGR.

      Peace… 🙂

  85. kalo bicara ham, RI dr sebelum merdeka dah ngerti apa itu hamhimhum jadi jgn ajari ngr ini dgn ham.

  86. Untuk negara kepulauan pasifik ,jika indonesia terus melakukan alih fungsi lahan dan pembakaran Hutan laju Emisi akan semakin cepat air lau semakin meningkat semakin cepat negara seperti Salomon ,Vanuatu,maladewa ddl tenggelam.
    Untuk Australia jika berani perang Ekonomi ancam tutup selat malaka,selat sunda,selat lombok,ntar juga Australia,singapura akan minta maaf.tapi Resikonya adalah peryataan perang secara tak langsung dengan AS,China dan jepang.Repot dech
    Iran saja hanya ancam Tutup salah satu selatnya selat Hormus dampaknya kekuatan Global Barat malah keteteran isu Ham tidak tersentuh Nuklir tetap jalan.

  87. Test…

  88. Test…

    1..
    2..
    3…

  89. ini hanya isu bisa jadi isu ini hanya untuk memancing seluruh rakyat RI agar membenci ras melanesia dan menciptakan kerusuhan,jika isu ini membesar di di dewan keamanan pbb ingat NKRI juga bisa membuat pbb pusing 17 keliling kartu truf LCS ada di tangan nusantara nan jaya .

  90. Sudah nulis komentar panjang X lebar, tapi tidak ada…

    Cape deh…

  91. Tes

  92. Makan tuh Hamburger

  93. KomNas HAM nya juga tidak bisa dipercaya sama sekali ..
    Tindak keras LSM pengkhianat bangsa …dan bubarkan KomNas HAM segera ..
    Mereka itu punya andil pada gerakan separatist

  94. HAMBURGER spesial DOUBLE CHEESE..

  95. mengapa masyarakat jenis suku2 ini mudah di plokoto orang barat ya,

  96. Ausi busuk berulah melakuka n mobilisasi opm, maka saatnya TNI harus bereaksi, jgn bertahan melulu dokma nya….sekali kali menyerang lawan….apa artinya kita punya pasukan handal cuman menahan serangan lawan….serang dan hancurkan….sikat si kutu busuk ausi juga…bila perlu imtimidasi wilayah mereka….jgn kita diam dan sok demokrasi…

  97. @fajr yakin ke tni boleh menang lawan aussie… jangan terlalu yakin.. militer indon juga banyak kelemahan… mau kalahkan indon cuma perlu tundukkan pulau jawa..

    • @siti malountod ,,,,indonesia takkan mudah dikalahkan apalagi ditundukan

      cuma angan angan bodoh malountod saja bisa menundukan pulau di indonesia

      militer kami tidak ada kelemahan kalau cuma lawan fpda malountod saja

  98. @siti badriah…prettt….anda malon kah? sadar…negara anda masih tetap berdiri hingga sekarang….Indonesia masih baik hati belum menginvasi negara beruk malon

  99. Papua tetap INDONESIA sampai kapanpun, ingat itu !!!!

    Yg tau sejarah tolong komennya bisa diulang ulang kebawah selama artikel ini ada, biar bisa dibaca sama yg sok pinter & mendukung pengacau keamanan.

  100. Jangan coba coba bermain api dengan Jokowi kelihatannya saja lemah tapi beliau smart . Jokowi adalah pemimpin Indonesia yang direstui ghaib nusantara . Saya bisa pastikan kurang dari 3 tahun kedepan extrmis di papua akan kehilangan pegangan karena tidak di terima rakyat Papua sendiri.

  101. Sejarah sabung ayam di Indonesia pada dasarnya berbeda-beda kepada tiap tanah atau kota di Indonesia. etika sabung ayam di Indonesia nyatanya telah berabad-abad, sabung ayam ini harus lebih dicermati berulang antara perjudian dan perayaan kepercayaan Sabung ayam asalnya yaitu satu buah apel pada program keagamaan, namun perkembangannya disaat ini tradisi ini malah dijadikan bahan perjudian yang mewasiatkan duit bagaimanakah histori sabung ayam di Indonesia?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)