Jun 302016
 

Harapan agar Indonesia menjadi negara poros maritim di dunia bukan tidak mungkin bisa diwujudkan, karena keberadaan Indonesia sebagai Negara Kepulauan menjadikannya sebagai surga Biodiversity terbesar dunia. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan lautan dan mengandung posisi strategis, baik dari aspek pertahanan, keamanan, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Presiden Jokowi dalam paparan Indonesia Menuju Negara Poros Maritim Dunia.

Presiden Jokowi dalam paparan Indonesia Menuju Negara Poros Maritim Dunia.

Indonesia juga berada di persimpangan dunia, di antara dua benua dan dua samudera. Letak strategis ini menjadikan Indonesia penting bagi Negara manapun yang hendak membangun hubungan intemasional dan regional. Selain itu Indonesia diapit dua samudera dan dua benua serta berbatasan dengan 10 negara yang mengelilingi Indonesia, mulai dari Malaysia, Singapura, India, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Timor Leste, dan Australia.

Namun demikian posisi Indonesia yang sangat memungkinkan menjadi poros maritim dunia, seakan ibarat nafsu besar, tenaga kurang. Karena untuk mewujudkan itu, saat ini belum diikuti oleh infrastruktur dan armada yang belum dikelola dengan baik dan optimal, selain itu juga belum tersedianya keterampilan sumberdaya manusia serta sentra industri pengolahan dan perdagangan berbasis komunitas kelautan untuk menunjang poros maritim di sedikitnya sepuluh wilayah (zona) maritim, karena sektor kelautan bisa menghasilkan APBN yang sangat besar untuk menunjang poros maritim.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia (PMD) merupakan suatu visi yang menuntut perubahan fundamental. Untuk itu, seluruh elemen bangsa dituntut untuk berkontribusi mewujudkan visi tersebut.

40 % wilayah perairan Indonesia di lewati oleh 10 negara yang mengelilingi.

40 % wilayah perairan Indonesia di lewati oleh 10 negara yang mengelilingi.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi menyampaikan hal itu saat hadir sebagai pembicara pada Rakornas Pencegahan dan Pemberantasan Ilegal, Unreported, Unregulated Fishing, di Borobudur Hotel, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/6).

“Saat ini yang paling terpenting adalah bagaimana mensinergikan elemen-elemen yang ada agar memiliki pemahaman yang sama sesuai dengan penerapan hukum internasional UNCLOS 82,” katanya.

Menurut Ade, sebagai salah satu pemangku kepentingan yang mendapat tugas dari Presiden RI untuk turut serta dalam Satgas 115, TNI AL melaksanakan fungsinya sebagai penegak hukum di laut di bidang perikanan.

“Hal tersebut telah diatur dalam UNCLOS 82 maupun hukum nasional UU No. 45 tahun 2009 tentang perikanan,” ungkapnya.

Rapat Koordinasi Nasional ini dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti yang juga selaku Komandan Satgas 115. Rapat ini diikuti oleh para personel dari TNI, Polri, Badan Kemanan Laut (Bakamla), Bea Cukai, pejabat imigrasi, serta Kejaksaan, dimana institusi-institusi tersebut tergabung dalam Satgas 115.

Target Presiden Jokowi membangun insfrastruktur tol laut sebagai kekuatan ekonomi poros maritim.

Target Presiden Jokowi membangun insfrastruktur tol laut sebagai kekuatan ekonomi poros maritim.

Selain KSAL, hadir juga sebagai pembicara dalam diskusi panel sesi pertama Rakornas tersebut yaitu Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam RI), Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Kemanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Sadewo dan Waka Baharkam POLRI Irjen Pol Eko Hadi S.

Pada kegiatan yang digelar selama dua hari ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada kapal patroli serta pangkalan yang berprestasi dan berkontribusi pada pemberantasan illegal fishing di wilayah yuridiksi Indonesia. (marksman/ sumber :redaksiindonesia.com dan jpnn.com)

  107 Responses to “Indonesia Menuju Negara Poros Maritim Dunia…Nafsu Besar, Tenaga Kurang?…”

  1. Buktinya Bu Susi tenaga jossss…

  2. xixixixi…nafsu besar tenaga kurang

  3. Minum telor bebek donk tiap hari biar josss….

  4. Waktu yang berbicara, semua kan butuh waktu paling tidak kita sudah punya visi kesana, aplikasinya ya sambil jalan asalkan ekonomi serta kestabilan politik dan keamanan terjaga Insya Allah tidak lama lagi kita mencapainya, sebagai perbandingan Inggris yang dulu kekuatan maritimnya hebat lha sekarang bisa dilihat kayak apa…

    • Judul diatas ada benernya dan untuk anggaran pertahanan saja turun dari sebelumnya
      Kalau ini kapan jadi poros maritim dunia ? Sesuai wkt janji kampanyenya ?

      • ada linknya? emang dijanjiin berapa lama jadi?

      • @ridha

        Mas, poros maritim tidak sekedar berbicara mengenai “otot AL yang kekar”, tapi lebih komprehensif…bagaimana memanfaatkan laut sbg sumber kesejahteraan bangsa, bagaimana mengoptimalkan transportasi laut utk menekan ketimpangan harga logistik di jawa dan luar jawa…dsb-dsb.

        Ya…postur AL akan semakin diperkuat, secara proporsional dg aspek2 yang lain.

        • Kalo niat pasti ada jalan..walau dimulai dari pake getek sekalipun …gak jadi masalah…

          Yang jadi masalah adl orang yg gak tau arti berjuang mencapai cita cita…

    • @ubed

      Daya nalar penulisnya agak gimana gitu…kecepatan mengganti judul artikel 1000x lebih tinggi dari kecepatan nalarnya.

      Kagak bakalan nyampe pikirannya, biar bung ubed sodorin 10 link sejenis…ukuran poros maritim versi dia adl “otot militer yang kekar, bukan tentang aliran darah yang lancar”

      #Marksman: menembak lebih cepat dari bayangannya

    • Cebong-cebong…!!! kalau memang ukurannya bukan militer….memang loe pikir Ekonomi kita bagus ??? utang tuh 3x lipat jaman Orde Baru !!!! ada juga sekarang loe pade…..tanya sama junjungan loe….ngarti gak sama “Poros Maritim Dunia” program yg digadang2 atau cuma pepesen kosong belaka utk buat senang, cebong2 penyembah junjungan…..

      • ini orang otak sama namanya sama pendeknya..Jokowi itu baru hutang 700T woyy…gede itu warisan Sby. Militer itu cuma salah satu aspek poros maritim. AL kuat tapi hasil laut tidak dimanfattkan ya percuma.intinya bagaimana memanfaatkan dan menjaga laut demi kebaikan bangsa. Utk mewujudkannya ya perlu waktu.Setelah laut ditinggalkan puluhan tahun lo mau lgsg berubah dlm 2 th ?…xixi…dongok…

      • Utang buat pembangunan bung daripada pembangunan stagnan nggak ada negara di dunia yg berhutang

      • jokodok@kalopun utangnya lebih gede toh pembangunan bnyak bhkn hingga ke luar jawa beda ma pendahulu”nya dmna bnyak hutang tapi pembanguna hnya terfokus di jawa…jokowi memang pernah berjanjia akan menaikan anggaran militer 2,5% dri pdb JIKA pertumbuhan ekonomi diatas 7% bhkan skrngpun jika prtumbuhan ekonomi diatas 6%psti akan dinaikan kok…
        toh janji” beliau wktu dulu belum ada yg di ingkari,,sebagai contoh
        1.Tol Laut
        2.kilang minyak
        3.akan buat rame jika ada yg macam” dgn kedaulatan NKRI pun udah

        dan masih banyak lagi…mungkin rekan” mau nambahin soalnya capek ngetik hehehe
        anda benci beliau itu hak anda tapi jgn biarkan kebncian tsb membutakan mata dan fikiran anda

        salam sehat slalu bung

      • eh cacing, ngapain ente yang kelojotan, kepanasan?

        yang milih jokowi aja anteng, ente kan pilih wowo?
        gak usah ente nyinyir pake nagih janji sekarang

        ente balik ke lubang tunggu waktunya wowo manggung lagi OK?
        atau tunggu peluang jokowi bikin salah, terus ente impeach, gitu aja repot

        cukang-cukong, siapa yang beli rumah polonia buat junjungan ente dan sekarang raib entah kemana?

  5. Waduuh yg bapak-bapak pd kena sindir skakmat..

  6. intinya pak jendral minta mainan baru di laut entah berada di permukaan atau di dalam permukaan. selain itu pak jendral juga menegaskan dan menjawab kritikan pak Poto.

    TNI AL melaksanakan fungsinya sebagai penegak hukum di laut di bidang perikanan.

    “Hal tersebut telah diatur dalam UNCLOS 82 maupun hukum nasional UU No. 45 tahun 2009 tentang perikanan,”

  7. —> AMBISI Nyimak <—

  8. Judul diatas ada benernya dan untuk anggaran pertahanan saja turun dari sebelumnya
    Kalau ini kapan jadi poros maritim dunia ? Sesuai wkt janji kampanyenya ?

  9. Mau banget mbah. Ditransfer aja mbah
    #sungkem dulu

  10. Saya optimis indonesia pasti bisa menjadi negara poros maritim asalkan ada niat,semangat,kerja keras dan tekad yang kuat.salam Indonesia Raya

  11. Optimis dong bisa, karena cuma di negeri ini orang bisa pake “modal” dengan ” Bismillah”

    Emak : Tong lu mau bikin tol laut duit dari mane, kagak bakal cukup itu
    Otong: Bismillah aja mak, kita mulai
    Emak: Ya udah tong emak do’ain

    —-
    Apa kagak terharu tuh malaikat dengernye, Bismillah jadi modal :)

    • Uuhh…. emang keren komen santri U. Yusuf M…… jangankan malaikat, ane aja juga terharu bung…..

      Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pemurah dan (lagi) Maha Penyayang…… niat ingsun bikin Poros Maritim….

    • dan ahirnya kun fayakun…
      jangan meremehkan doa emak bung.. emak itu spt wakil sang pencipta.. kalau dpt doa emak apa yg tidak mungkin bisa jadi mungkin bung.. asal niat baik sungguh2 dan jangan menyerah.. insyaAllah doa emak anda jd kenyataan…

  12. Butuh proses.
    Road mapnya sudah terlihat jelas. Untuk mobilitas cepat, sudah dan akan dibangun (lagi) jalan raya dan jalur kereta api. Pembuatan Jembatan dan bendungan, serta pelabuhan2. Koneksitas antarpulau dengan kapal2 besar. Idenya, bahan makanan dan air bersih yang ditopang oleh berbagai bendungan dapat tersalur dengan cepat ke tempat di Indonesia melalui jalan raya yang tersambung dengan kapal laut, melalui berbagai pelabuhan yang sedang dibangun dan akan dibangun.

    Masalahnya sekarang adalah bagaimana mengubah persepsi dan orientasi penduduk Indonesia, dari bangsa Agro-pastoralis menjadi bangsa maritim. Ini adalah pekerjaan rumah yang sesungguhnya. Gampangnya saja, mengganti asupan sumber protein dari daging sapi menjadi protein dari ikan. Pemerintah Korea Selatan ketika itu sampai harus mengeluarkan Kepres makan ikan. Sehat dan murah (dibanding daging merah/sapi)

  13. Klw sy lbh memilih nafsu besar tenaga kurang dr pd nafsu kurang tenaga besar. nah loh… repot kan!!! Xixixixxi… optimis dikit bung!!!!

  14. Namanya jg visi bos..klo skrg udh tersedia itu bkn visi namanya. Gimana sih ini, pesimis mulu kerjanya.. Ya ini yg bkin negara sulit maju

    Liat aj dlu indonesia wktu pak habibi bkin pesawat, yg pesimis byk. Skrg pada melongo tryta indonesia emang bs bkin pesawat. Yg pesimis g usah ikut2an bangga la ya klo indonesia beneran jd poros maritim.

    Tinggal di liar negeri aj sana yg udh mapan. Indonesia tak btuh org2 pesimis !

  15. Kalau saya pilih carin aja…xixixi

  16. Masih mending daripada gak punya nafsu dan gak punya tenaga hayoooo…..

  17. kan baru 1 tahun kemaren cita2 poros maritim di mulai..
    jalan masih panjang butuh 10 thn lg paling cepat terpenuhi

    pokoknya pak jokowi harus terus jadi presiden sampai negara ini kuat jaya dan makmur

    Saya siap pasang pasang badan neng devi untuk wujudkan visi saya

    Jokowi seumur ? kenapa tidak ..jika mampu bikin negara ini kuat hehe..yg tidak setuju angkat neng devi

  18. AYUT AGA.. NGABURAYUT EUWEUH TANAGA..( rezim sekarang )

  19. Slogan nya sih hebat jadi negara maritim.. Poros maritim.. Tapi pelaksanaannya kurang greget.. Kbanyakan nyongor..

    • mending tenaga kurang tapi dana aman.dari pada uang negara di hamburkan anaknya zonk, dari pada uang negara untuk pesta pora geng sentov si dagu panjang dan wowo

  20. Judulnya kok kayak nyindir mbah bowo ya hehehe…..

  21. Muke lo jauh, Jokodok….Zerooooo………………

  22. Nickname saya buat nonjok ini artikel !!

    • ARTIKEL BUAT SALING BERKELAHI KAYAK GINI DEH BANG..,biar saling tonjok tp NGAK PAKAI KATA 2 KOTOR
      permisi..gw mau tonjok loe..ha ha ha

      1 RUSIA NEGARA BODOH ,USA NEGARA PINTAR
      2 USA NEGARA BODOH, RUSIA NEGARA PINTAR
      3 INDONESIA NEGARA BODOH ,MALAYSIA NEGARA PINTAR
      4 MALAYSIA NEGARA BODOH ,INDONESIA NEGARA PINTAR.
      5 TENTARA MALAYSIA BODOH, TENTARA INDONESIA PINTAR
      6 dll
      DI JAMIN BAKALAN SANGAT RAMAI ….jadi ada ruang buat mereka perang..!
      baru deh thread yg sopan dan serius untuk diskusi disiapkan juga…

      DI MONAS SAJA DI SIAPKAN BUAT DEMO,..mau gantung diri, juga mau lompat…
      ha ha ha

  23. Artikel ..preeet……emang negri dongeng langsung abrakadabra……butuh waktu tenaga pikiran…dana…hadeh..2…jgn menyalahkn pemerintah yg baru seumur jagung…mikir2 oon ..ko d pelihara….

  24. Orang bego mana yg menuntut NKRI jadi Poros Maritim Dunia dalam waktu 1,5 tahun???

    Pak Jokowi baru jadi Presiden 1,5 tahun Brooo, baru 1,5 tauuun! Dalam 1,5 taun emang bisa produksi kapal berapa??

    Yg udah kerja keluar tenaga 100% aja kadang hasilnya cuma 60%, apalagi yg pesimis kerja cuma keluar tenaga 70%.

  25. Sadar diri tu lebih baik .
    Wkwkwk.
    Kok photo frigate tua diunggah didepan.
    Macan Asia .
    Waduhhh

  26. andaikan kau tau,…ngutang kita super menggunung,inflasi tinggi,pengangguran makin parah,daya beli jatuh,kemiskinan makin merajalela…..lalu kenapa masih ngimpi alutsista????
    Berfikir jernih…kereta api kalimantan gimana????sebiji bautpun gak ada kan????padahal dah 2 tahun….kereta sulawesi mandeg karena kurang dana……kereta cepat cuma kebanyakan berita tanpa ada hasil nyata…..poros maritime dunia itu artinya”poros ngutang sedunia”

  27. kita sudah terbiasa di tipuin jargon bombastis……tapi kita mulai sadar ada aturan semua jargon alay biasanya kebalikannya,…emang 2 tahun ini sudah ada tanda tangan alutsista apa????semua hasil cuma pengadaan pas sby aja……marilah kita beralay lagi demi menutupi kegelisahan kehancuran…..realitanya kita hari ini makin parah

    • @nganu sopo semalem?

      ya udah slogannya diubah aja jadi “Poros Hambalang”….biar nggak ribet nyari alamatnya si wowo

    • pengadaan sby kurang lebih hanya barang rongsok, menghamburkan uang demi cita citanya menumpuk barang rongsok. untuk mengejar gelar bpk rongsok indonesia.

    • khuyuk, baca ini lah

      Komisi I DPR RI bidang pertahanan, intelijen, dan hubungan luar negeri telah menyetujui permintaan pendanaan dari Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia untuk mengakuisisi satelit dari Airbus Defence and Space seharga USD 849,3 juta.

      Rencana kuisisi satelit telah disetujui pada tanggal 27 Juni 2016, menurut transkrip persidangan Komisi I DPR dengan Kementerian Pertahanan Indonesia dan TNI, yang diterima IHS Jane pada sehari setelahnya.

      Satelit itu akan digunakan untuk komunikasi satelit militer pada frekuensi L-Band dan ditargetkan diluncurkan pada tahun 2019.
      —————–
      pengadaan alutsista sby yg kosongan itu yh no radar no weapon no comunication sytem

  28. Yg comentar pesimis dgn cita2 pak jokowi , yg membuat negara ini jd poros maritim ,, masik sakit hati dgn kemenangan pak jokowi jd presiden !!! Dasar manusia2 barisan sakit HATI

    Majuuu trus pak jokowi ,, hiraukan saja suara2 sumbang yg tdk percaya sm bpk !!

  29. Yg comentar pesimis dgn cita2 pak jokowi , yg akan membuat negara ini jd poros maritim ,, pst masik sakit hati dgn kemenangan pak jokowi jd presiden !!! Dasar manusia2 barisan sakit HATI

    Majuuu trus pak jokowi ,, hiraukan saja suara2 sumbang yg tdk percaya sm bpk !!

  30. dlm satu setengah tahun saja saya melihat segi positifnya bagus sekali, saya yakin dlm lima tahun pasti akan terasa lebih baik, kalau saya jelas mendukung pak jokowi sampe sepuluh tahun itu udah pasti.

  31. tenaga kurang karena dananya buat menutup kekurangan pemerintah sebelumnya, lihat saja banyak kasus yg belum terselesaikan di era sby seperti belum lengkapnya alat persenjataan dan pendukungnya, seperti kasus pada F16, tank leopard, T50, pendanaan IFX dll

  32. wah dak asik disini,endak kondusif….pasukan nasi bungkus lagi tauran sama alay…ck..ck…ckkk
    😛 ;)

  33. orang kaya kalau beli lamborghini tak banyak dibahas langsung tembak beli….anak kos gembel demen banget cerita lamborgihini sampai detil….tapi beli gak mampu sekedar nggedabrus hi hi

  34. kita itu bukan poros maritime dunia…..tapi poros planet mars hi hi

  35. nganu@sopo.wah situ punya lamborgzini….!selamat yaa om,,,.
    hasil korupsi apa hasil jual diri om….apa hasil jilat dan tipu tipu .
    udah bayar pajak belum om apa mobil bodong yang situ beli…ck…ck…ckkk
    😛
    :o)

  36. ogah mbah ..cuman 100 rb….itu juga duit monopoli
    xixixi

  37. Hehe..
    JADI RAME WARJAG GARA2 KOMEN GW DI ATAS HAHA..

    MANA ADA LEBIH BAIK DR JOKOWI .. HAHA
    SETELAH BAPAK JOKOWI TAK AKAN ADA PRESIDEN LAGI SAMPAI TATANAN DUNIA YG BARU

    PERANG DUNIA 4 NEGARA BESAR AKAN TERJADI DLM WAKTU DEKAT..negara2 ketiga akan bersatu menghancurkan cina ..
    rusia india akan membantu cina Lalu saat itulah konsilidasi negara2 besar dan negara kecil tercipta ..

    Disanalah pasukan mujahin dari indonesia di bawah pemimpin jokowi akan Melibas penjahat dunia ..tatanan dunia babak baru lagi ..tapi israel makin sombong Turunlah imam mahdi bersama tentara Allah dari cina indonesia eropa asia amerika bergerak menghancurkan israel dan usa

    Lalu pertanyaanya apa indonesia masih ada ?? Tidak karna presiden terakhir jokowi
    dunia di pimpin kalifah ..sampai dunia kiamat

    ALLAH MAHA TAHU DAN BERKEHENDAK

  38. wkwkwkwkwkwkwkwkwk

  39. Gw suka gaya lho…..
    Maritim kuat indonesia bisa.
    Muehehehe…..

  40. setelah natuna dibentengin lg. pangkalan militer kusus kapal selam.. kalimantan pangkalan militer darat dan udara.. jadi dah poros maritim.. hehe..

  41. hidup gombel hidup gombel wkwkwkwk wowo gombel si nabi terakhir :D

  42. test

  43. Tuhan tentu punya alasan yang baik kenapa seseorang jadi Presiden atau Menhan, sementara yang lainnya sekedar Military Fan Boys (MFB) …

    • atau cuma jadi alay…hater…tukang kritik yg omongannya nggak penting…..
      presiden cuma perlu tutup kuping aja…yg penting konsisten jalankan terus rencana2 untuk kemajuan NKRI..
      negara ibarat seperti sebuah perahu yg ada berbagai macam jenis orang didalamnya …selama penumpang di dlmnya berlaku baik dan perahu dapat berlayar dengan baik menuju tujuan ya didiemin aja orang2 itu…tetapi bila ada penumpangnya yg berusaha membuat lobang utk membocori perahu sebaiknya dilempar ke laut aja…

      • anda sudah di luar batas… itu bukan kritik dan saran.. tp sudah masuk ranah fitnah dan hujatan jg pencemaran nama baik.. kalau pun anda di tuntut dan di hukum anda masuk penjara.. apa anda tidak bisa membedakan mana kritik dan mana hujatan..?? kalau niat anda mengkritik.. kritik lah dg baik.. dg bahasa yg sopan.. apa anda tdk pernah sekolah dan di ajarkan sopan santun.. meskipun anda tdk suka sama seseorang bukan berati anda berhak menghujat.. apa anda mau di hujat atau keluarga anda di hujat orang ???
        silahkan beri komentar dan kritik yg baik dan membangun bu jkd.. nama adalah mencerminkan seseorang.. buatlah nama yg baik biar hidup anda jg baik..

      • mending nego dengan pemodal asing yg ga hanya cuma dari cukong yg lu benci masih bisa dimanfaatkan untuk ekonomi negara…daripada denger mulut janban yang ga ada bagus2nya….

      • “dimanusiakan”? hehehe tuh si zonk ente “manusiakan”, mental orba maunya serba gratis 7 turunan…

  44. Pesen 10 kcr bawa 8 rudal jarak 500 km PALINDO
    Pesen 10 kcr bawa 4-6 rudal jarak 200-300
    Banten shipysrd
    Pesen 4 sigma bawa 16 vsl jarak jauh
    pAL
    Pesen 2 fregat 130 m full combatan
    Dok kodja
    3 ks lada class
    Rusia
    Light fregat 110 m
    Radar lampung

  45. Eeeeaaaaa….

  46. Nafsu besar duit tak punya

  47. raihlah cita2 mu setinggi langit…
    bersama kita pasti bisa.. hilangkan ego individu bersatu mencapai tujuan..

 Leave a Reply