Dec 312016
 

Presiden Terpilih AS Donald Trump (photo credit : Thefederalist.com)

Yogyakarta – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, Pemerintah Indonesia masih menunggu kebijakan yang akan dijalankan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, untuk menentukan kebijakan hubungan diplomatik dengan negara Amerika Serikat.

“Kami masih menunggu kebijakan yang akan dijalankan oleh Trump, karena sejauh ini yang kita lihat hanya janji-janji kampanye saja,” ujar Menteri Retno seusai acara Malam Orasi Penerima Anugerah Hamengku Buwono IX di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta, 30/12/2016.

Menurut Retno, janji-janji kampanye yang selama ini disuarakan oleh Trump akan menjadi perhatian Pemerintah Indonesia, khususnya sejauhmana janji tersebut akan direalisasikan dalam kebijakan AS ke dalam dan keluar.

“Kita lihat apakah sepenuhnya diimplementasikan dalam kebijkan, atau di sana-sini akan ada penyesuaian. Dari situlah kami akan menentukan sikap,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Retno, terlepas dari siapa presiden AS yang terpilih saat ini, posisi Indonesia sebagai mitra strategis akan tetap diperhitungkan AS.

“Masing-masing negara baik Indonesia maupun Amerika memiliki posisi yang stratrgis. Hal ini yang akan mempengaruhi hubungan baik kita dengan Amerika,” kata Retno.

Sebelumnya, Trump dikenal memiliki komentar kontroversial saat kampanye-nya dengan janji mendeportasi imigran, membangun tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, mencegah kaum Muslim masuk wilayah AS dan “meninggalkan sekutu-sekutunya”.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Indonesia Menunggu Kebijakan Donald Trump”

  1. ya tunggu ajs

  2. d tunggu megal megol.y bebek

  3. Niru niru banget nih si donald pake foto foto diatas kapal perang.. bahkan momen di bwh meriam pun ikut ditiru..

  4. fitnahnya partai demokrat dan media ASU dg camput tangan CIA sangat menyedihkan
    memperketat masuknya jaringan teroris bukan berarti pelarangan muslim masuk ke negeri itu
    ketakutan wall street, bandar2 minyak serta bangsa parasit yg terus melobi kongress asu utk invasi iran soal janji kampanye trump utk cabut dari masalah timteng dan mendinginkan suasana dgn rusia yg masih dlam perang energi migas memng bisa dilihat dari media2 usa

  5. weit en si

  6. WOW itu BattleShip yg dipake buat film ” battleship ” yah? kelas nya apa yah namanya?

    gila itu battleship punya meriam gaban, ciws phalanx , harpoon missile…

    tinggal dikasih vls buat air – air warfare ganti mesin pake gas turbine atau nuklir, sensor & radar pake AEGIS / AESA jadilah kapal perang yang bisa nyaingin DDX…

  7. Kalau gc salah itu USS MISSAORI yg jg di pkek perjanjian AS dan JAPAN atas kalahnya JAPAN di PD 2

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)