Sep 302015
 

kapal perang Indonesia

Postur TNI AL hingga 2024 menargetkan armada KRI terdiri dari 151 kapal perang (minimum), 220 kapal perang (standar), dan 274 kapal perang (ideal). Pada saat MEF dibuat tahun 2004 TNI AL memiliki 137 kapal perang, satu dekade MEF menjadi sejumlah 145 kapal perang (bertambah 8 kapal pembelian baru dikurangi kapal yang pensiun), dan satu dekade ke depan akan menjadi 154 kapal perang (bertambah lagi 9 kapal).

TNI Angkatan Laut dalam rencana strategis (renstra) tahun 2024 mentargetkan sebanyak 154 kapal perang (KRI). Dalam minimum essential force (MEF) tahun 2024 sebanyak 154 KRI dari jumlah optimumnya sebanyak 274 KRI.
“Artinya yang sudah tua-tua sudah diganti. 154 KRI itu minimum, kalau optimum itu 274 KRI untuk mengamankan NKRI. Saat ini memiliki 145 KRI, dan kondisinya peremajaan,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana TNI AL M. Zainuddin dalam dialog Pro3 RRI.
Peremajaan kapal, ujarnya, sampai tahap kedua MEF sampai 2015-2019 secara bertahap kapal baru akan berdatangan. Dari mulai tahun 2015-2016 baik pengadaan di dalam negeri maupun di luar negeri.
“Kapal selam segera datang, dan rencana ke depan kapal selam kilo kelas, dan 2017 akan datang tiga kapal (Chang bogo) ke Indonesia,” tuturnya.
Dengan datangnya kapal selam itu, jelasnya, akan memberikan hal yang positif. MEF kedua 2019 dan tahapan ketiga 2024 diharapkan MEF sudah terpenuhi semua.
“Kita MEF postur hingga renstra 2024. Kita sangat membutuhkan bantuan masyarakat maritim, dan itu bisa mengantisipasi kejahatan lautan di Indonesia. Jadi nelayan, dan masyarakat bisa memberikan informasi ke kita,” pungkasnya.

RRI

  63 Responses to “Indonesia Targetkan Miliki 154 Kapal Perang Hingga 2024”

  1.  

    Semoga tercapai..

  2.  

    Wuiih..banyak banget…rencana mau dibuat berapa koarma??…

  3.  

    Seluruh rakyat Indonesia selalu mendukung untuk modernisasi alutsista TNI baik darat, udara dan laut demi pertahanan negara NKRI serta pengembangan rasa nasionalisme bangsa. Hidup NKRI..buatlah kami rakyat Indonesia bangga terhadap angkatan perangnya.

  4.  

    Semoga anggaran bbm dan perawatan/sparepartnya diperhatikan.

    Jumlah kapal tidak secara linier mencerminkan kekuatan angkatan laut tapi endurance yang memadai u/ mampu berpatroli hingga kawasan zee tidak kalah pentingnya dlm mengamankan sumber daya perikanan dan kedaulatan bangsa.

    Sebagai gambaran Danlanal aceh menyatakan kapal2 yang dimiliki hanya mampu beroperasi hingga batas teritorial, shg bila ada kapal asing yang memasuki zee seringkali tidak bisa ditindak krn sdh diluar daya jangkau kapal patroli

  5.  

    kilo nya th kapan datang nya..

  6.  

    Pakai bbm sebagian.. Nuklir sebagian… Karena sangat banyak energy yg diperlukan buat armada Sebanyak itu..

  7.  

    panas panas, ude sesak menhannya kena asap…sekarang panas dingin ada statment Indonesia Targetkan Miliki 154 Kapal Perang Hingga 2024……semoga gk ada hambatan….amin

  8.  

    154 KRI sampai 2024 itu masih jauh dari ideal, mengingat laut kita yg begitu luas. belum lagi KRI yg sudah banyak yg Tua,,, minimal 300 KRI sampai 2024 itu baru manknyossssss

    •  

      kalau 80 unit sudah sekelas diponegoro class atau bung tomo class saya rasa hanya beberapa gelintir negara saja yang bisa menandinginya bung.

      •  

        @bung alugoro, apa semua yg 80 unit itu sudah di pesenjatai persenjataan yang canggih berupa rudal pertahanan udara dan darat, kalau kita hanya mengandalkan yg 80 itu di tambah KCR 40 dan 60 saya rasa masih kurang bung,

        •  

          dengan 80 armada korvet/light frigate kita sudah bisa melakukan blokade laut terhadap sonotan bung. bayangkan kalau 80 unit itu minimal persenjataan sekelas sigma 10415. jika satu unit seharga usd 350m x 80 = usd 28b

      •  

        Bung Alugoro, 80 unit striking force (korvet+light fregat+fregat+destroyer) itu di tahun 2019

        •  

          saya mikirnya 80 unit itu belum termasuk Destroyer/Heavy Frigate lho. kalau ada 5 komando armada kira2 berapa baiknya di setiap koar ?

        •  

          Korvet dan light fregat nggak sampai 80 bung.
          Di tahun 2024 Parchim sudah harus dipensiunkan sebagian. Fatahillah class juga harus dipensiunkan sebagian. Soal berapa di setiap koar sabar saja ya bung tunggu saja.

  9.  

    TARGET = SASARAN

    TARGETKAN = SASARKAN
    MENARGET = MENYASAR
    MENARGETKAN = MENYASARKAN
    DITARGETKAN = DISASARKAN

    (BERSAMBUNG) tubi tukinyut

  10.  

    zekedar oot :
    ==========
    Zu 35 ga jadi dibeli, >> beralih ke Typhoon

  11.  

    Indonesia darurat kapal perang type destroyer!!

    •  

      itu 2 Unit Batch I yg lagi dibikin PT PAL sama galangan belanda? itu jenis Kapal Perusak lho (Destroyer), bisa luncurin Rudal Jelajah seperti Yakhont, yg ga efisien era sekarang adalah jenis BattleShip yg diameter meriamnya segede gajah seperti KRI Irian di Era Pres. Soekarno.. munisi kaliber raksasa sudah tergantikan Rudal Jelajah…

      •  

        Yg lagi dibuat di galangan Belanda & PAL itu Sigma 10514, termasuk kelas frigate, bukan destroyer. Anda bilang bisa luncurin yakhont itu dapat sumber dari mana ?

  12.  

    Buat buatmu ku buat ku.

  13.  

    26+4+3+9+18+28+10+6+10 = 114 striking force
    24+4+16+14=58 patroling force
    5+4+12+19+2+3+9+…= 102 supporting ships

    Total maksimum 274 kri di 2024

  14.  

    tujuan militer yang kuat adalah menjaga kepentingan nasional baik ekonomi maupun politik tapi lebih baik bila disertai rakyat yang kuat dari segi penguasan tehnologi maupun kemapanan ekonomi akan lebih berarti jika putra putri bangsa mampu mengelola kekayaan dengan tenaga dan keringat sendiri.

  15.  

    biaya operasional 1 fregat per hari = 100 juta PER HARI
    biaya operasional 274 fregat = 27.4 M PER HARI

    PER TAHUN? LIHAT DOMPET DULU

  16.  

    Jangan lupa…! dari sekarang dibangun juga tempat cadangan BBM nya untuk kebutuhan kapal2 perang itu.

    Minimum cadangan BBM untuk perang adalah 6 bulan.

    Jangan sampai kapal perang banyak + senjata canggih tapi BBM tidak ada…bisa2 repot itu.

  17.  

    Ini yg saya masih agak bingung dengan TNI-AL kayak gak dijelasin dengan jelas Tambah 8 Kapal perang itu Kelas apa saja dan yg akan Replace yg mana juga belum direncankan, terus Mo tambah 9 Kapal lagi gak juga disebutkan dari kelas apa, padahal Hampir semua Armada KRI Pemukul TNI-AL sudah ada banyak yg berumur lebih dari 25tahun, belum ada Grand Design yg pasti berapa Kebutuhan Minimal Kapal Perang TNI-AL dibagi menurut kelas2nya dan Fungsinya seperti berapa unit sih Kelas Fregat yg harus di miliki, Kelas Korvet Dibutuhkan berapa, LPD dan LST berapa, Kapal Partroli seperti kelas KCR 60/40 dan Kapal bantu Cair belum di pastikan berapa jumlahnya minimal? dsb, Jangan seperti seolah-olah Pembelian KRI itu seperti Spontan saja, jangan saat ada dana terus mo beli/bikin saja
    Dan soal kapal perang Tua contoh KRI kelas Ahmad Yani yg sudah berdinas lebih dari 30thn yg katanya “mau” diganti yg baru Toh nyatanya masih sampai sekarang kapal2 kelas tsb ada yg di Restorasi malah dari Dimodifkasi sampai OverHaul mesinnya jadi Mo diganti tapi masih didopping agar bisa berlayar,
    Kan sudah ada KRI bung Tomo class dan Sigma class tapi menurut saya kelas keduanya beda dengan KRI Ahmad Yani yg bener2 berperan selaku satuan KRI Pemukul kelas berat TNI-AL

  18.  

    Yang di list A1 dst, kagak dihitung pak …………… ???

    •  

      Bung CAG, 274 unit itu justru sebagian besar dari list A1 (tahun 2024 sebagian Parchim dan sebagian Fatahillah Class dipensiunkan. OWA Class juga dipensiunkan).

  19.  

    Kapal Perang boleh banyak dan canggih tetapi kita juga harus memikirkan urusan logistik dan perlindungan udara (payung udara) bagi gugus tempur laut kita; bangun gugus tempur yang efektif dalam pertahanan udara dan bawah air, serta punya kemampuan berlayar yang lama.

  20.  

    Coba bung TT main hisap2an sama nenek tetangga saya di jamin angka berapa aja tembus…

  21.  

    Lanjutken….kwkkwkwkwk

  22.  

    Kalau armada barat 287 kapal perang permukaan + armada timur + tengah 287 + cadangan kapal perang untuk 3 armada + di perkuat berbagai Helikopter. Di +Renstra Pesawat tempur maritim. Blue water navy

  23.  

    Ijin di share :
    .
    Indonesia – 293,7 Miliar Dollar AS
    .
    Produk Domestik Brutto Indonesia yang menembus angka 1 Triliun USD tahun 2014 silam membuat rasio utang pemerintah mengecil, menjadi cuma 26% dari total PDB. Dalam hal utang, Indonesia tergolong sehat dan termasuk negara dengan rasio utang terkecil di dunia.

 Leave a Reply