Apr 102016
 

Manila – 18 prajurit Angkatan Bersenjata Filipina tewas, dalam satu pertempuran yang memakan waktu sembilan jam di perbatasan Kota Tipo-Tipo dan Al-Barka, Pulau Basilan, saat melawan pasukan kelompok Abu Sayyaf, Sabtu (9/4/2016).

Sementara dari kubu pemberontak, lima orang tewas, termasuk seorang ekstremis asal Maroko, bernama Mohammad Khattab. Sekitar 20 orang pemberontak juga terluka dalam kontak tembak tersebut.

Selqin 18 prajurit yang tewas, ada 53 tentara yang terluka, ujar juru bicara militer, Mayor Filemon Tan, Minggu (10/4/2016).

Pemerintah Filipina menurunkan pasukan untuk membunuh atau menangkap komandan Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon.

Isnilon secara terbuka telah menyatakan bergabung dengan ISIS dan dia telah diburu selama bertahun-tahun karena terlibat sejumlah aksi terorisme.

Namun, Isnilon luput dalam serangan ini. Menurut Mayor Tan, hanya seorang putra Isnilon yang tewas dalam pertempuran tersebut.

Peluncur Granat M203

Peluncur Granat M203

Pemerintah Amerika Serikat telah lama menawarkan hadiah lima juta dollar AS, mereka yang bisa memberikan informasi untuk penangkapan Isnilon Hapilon.

Dalam kontak tembak ini, kelompok Abu Sayyaf menggunakan peluncur granat M203 dan tanpa diduga, para pemberontak dapat menggalang kekuatan dengan cepat, hingga mencapai jumlah 100-150 orang.

Kondisi itu menyebabkan militer kerepotan, dan jatuh korban dalam jumlah yang besar. Jumlah prajurit Filipina yang tewas, menjadi yang terbesar dalam pertempuran di wilayah selatan pada tahun ini.

Specification Grenade Launcher M203 :

Weight 3 lb (1.36 kg) (unloaded)
Length 15 in (380mm)
Barrel length 12 in (305mm)
Cartridge 40×46mm SR
Action Single shot

Rate of fire 5 to 7 round/min
Muzzle velocity 250 ft/s (76 m/s)
Effective firing range 160 yds (150 m)
Maximum firing range 437 yds (400 m)
Sights Quadrant sight or ladder sight on rifle

Sumber : Nytimes.com

Artikel Terkait :

  94 Responses to “Ini Senjata yang Membuat 18 Tentara Filipina Tewas Lawan Abu Sayyaf”

  1. Senjta buatan mana itu…..

    • Buatan Amriki..

      • ga cuman m203 peluncur granat yg telah lama di produksi pindad secara lisensi dari usa dan dipasangkan di senapan SS1 , TNI udah lama memakkainya dan itu tidak otomatis , tapi abu sayaf memakai peluncur granat carl gustaf dan rpg 7 diserang dari atas perkubuan musuh dari berita cnn live ,
        4 tentata filipina yg dipenggal adalah bagian 1 peleton n perwira dari pasukan intai khusus AD Filipina seperti (tontaipur dari kostrad atau taifib dari marinir) yg telah menyusup dulu sebelum konvoi besar dari batalion datang dan mereka wipe out ( dilenyapkan)
        sudah berkali kali di beritakan kalau mata mata abu sayaf adalah masyarakat sekitar dengan alat hp n HT …
        harusnya sebelum diserang di jammer semua peralatan komunikasi mereka , tekhnologi pasukan filipina masih reguler kurang canggih .. tidak punya kamera pengintai thermal atau panas tubuh bahkan anggota abu sayaf bersembunyi di balik pohon atau didalam tanah akan ketahuan ..
        semoga TNI menggunakan pengalaman penyergapan pasukan filipina sebagai acuan membebaskan sandera atau menghancurkan abu sayaf …

        • untuk peralatan thermal vison saya yakin filipina punya, tapi kalau dilihat filipina meremehkan para pemberontak, mereka pikir pemberontak hanya pake Ak 47 dan M 16 rampasan, tapi kenyataanya memakai RPG 7, grenade louncher, IED, mortar, heavy machine gun dan kemampuan tempur mumpuni.

        • Opo jare wae lah

      • kirain senapannya pake ss pindad 😀 boleh kopassus pake ss pindad jika menyerbu kelompok abu sayyaf terus akan muncul artikel ” ini senjata yg memusnahkan kelompok abu sayyaf ” sekalian promosi terselubung lagian kelompok inikan sudah terkenal didunia.

    • wkwkwk. seruan najib harus dateng. klw gak besok bisa gak makan. najib emang ajib

    • ini saatnya menggunakan senapan buatan PT PINDAD … kalau TNI berhasil mengatasi abu sayap pasti akan dapat order banyak dari negara lain

    • Tidak pernah latihan …. Tidak meyakinkan Sama sekali … Tapi gengsi nya besar ….
      Perlu waktu lama bagi militer philipina supaya profesional ….
      Kalau Sudah begini…Semua nya kerepotan dan resah. ..
      Beli senjata lagi ya …
      Yang banyak …
      Utamakan beli dari indonesia ….

    • buatan mamariki

  2. keren..

    • Perang, bukan hanya saling tembak, tapi juga adu strategi, dan ternyata militer filipina kalah strategi dari kelompok pemberontak abu sayyaf..

  3. Katanya Umar Patek Abu Sayyaf menggunakan uang tebusan utk membeli senjata, dan selera senjatanya Abu Sayyaf itu senjata2 buatan USA. Klo kaga buatan USA si Abu Sayap gag doyan.

  4. berarti ini sama saja ketika pasukan TNI berada di papua,ketika dalam perjalanan mereka disergap sipil bersenjata,apabila iya seperti ini,kemungkinan untuk tembus ke tempat sandera bakal sulit,soalnya sebelum kita.masuk ke sana kita harus melumpuhkan yg nyergap dulu,semoga apabila TNI jadi turun nyerbu,mereka dapat menghalu serangan secara mendadak ini

    • Bro, yg di papua sama Aceh dulu itu disergap waktu patroli. jarang TNI waktu nyerbu tempat musuh bisa ada korban lebih banyak dari yg diserbu. SOP patroli dan SOP penyerbuan tuh beda. Patroli fokus pada pengawasan, penyerbuan itu fokusnya pada penindakan langsung pada target yg udah diketahui tempat, rute cegatan musuh dan rute mundurnya pasukan. Kalo yg aku liat di foto kebanyakan tentara Pinoy nyerbu pake truk terbuka, gak pake IFV dan dilindungi pake heli. Makanya korbannya banyak. Beda lagi kalo yg nyerbu pasukan khusus karena mereka harus bisa menyusup jauh ke base musuh dan melakukan demolisi, pembunuhan, penculikan komandan musuh atw pembebasan sandera. Nah kalo udah kondisi clear baru di bantu dari udara.

      • pernah terjadi pada waktu marinir tni kehilangan 7 prajurit terbaiknya di sergap gam pada waktu konvoi dengan 4 Btr 50 dan truk mau menyerang bivak gam .
        tni dipancing gam dari atas bukit dengan tembakan ringan , kesalahan marinir waktu itu setelah menang dalam bantuan tembakan dan merasa gam lari kocar kacir marinir merangsek naik menyebar dari dua sisi , ternyata meskipun dari dua sisi jalan untuk naik ke bukit tapi akhirnya 2 jalan itu tetap bertemu menjadi satu arah …
        dan gam ternyata tidak lari tapi menjebak dan menunggu , diberondong semua prajurit marinir yg kaget ternyata jalan tersebut bertemu lagi melingkar disatu arah .. tewas 7 marinir dan banyak yg terluka ..
        itu lah kenapa harus tau medan tempur

  5. itu kok ACOG nya di atas grip jadi nya malah kayak M16A2 mending kalo bisa mah ntu grip nya di lepas baru di pasangin ACOG sama AN/PEQ 15 biar keren M16A4 nya sama kayak yg di pake Marinir Amerika.
    btw mantap juga senjata nya

  6. senjatanya beli darimana ya…?

  7. Malas koment bung

  8. Gosipnya peluru Pindad semua tuh yg tembak 50 tentara dan 20 militan.

  9. Salam hormat kepada militer philipina karena sudah berkorban nyawa demi membebaskan sendera

  10. intelegensi nya kurang kuat.. sehingga tdk menyadari akan disergap… respect nya karena kaget jadi kelimpungan…

    jadikan ini pelajaran keselanjutnya.. jgn pernah anggap enteng lawan..klo ga mau jadi korban.. anak kecil pun bisa membunuh tentara klo sdh pegang senjata.. soo ambil hikmah nya aja..

  11. settong rek…

  12. Tni klw masuk bsa d bantai jga nih…. bhaya!!!

  13. pancing dong supaya keluar, gentian tangkep personil mereka. gak mungkin mereka tau berapa personil mereka. yang katanya sampe rumah penduduk sekitar.

  14. Macam mane TNI siap masuk…jangan pula lari naik taxi yee

    • Budakku jawir mana temen2mu…
      Smoga smakin bnyk ya orang2 kyk km biar negara malingsial tetep bodoh…

      Sini cium pantat sy dulu…

      Banggalah menjadi budak britis

    • Heran dg tikus buluk jawir, sepertinya kurang memiliki semacam empati dlm hatinya, otak juga kurang bisa berpikir seperti manusia pd umumnya, karena jika komen hanya sekadar mencibir dan mengolok doang. Bukankah saudara sendiri, sesama warga Malaysia juga ada yg menjadi korban Abu Sayyaf? Mestinya jawir juga mengkritisi sikap pemerintahnya yg adem ayem dg berbagai persoalan bangsanya, seperti pd nasib warga Malaysia yg berada ditangan Abu Sayaff, juga nelayan Malaysia yg kalah berebut
      ikan dg nelayan cina, diwilayah perairan Malaysia sendiri lagi.

      • Bangsa Jawir, yg ngelawan belanda pertama kali,mataram kirim pasukan ke batavia,Demak lawan Potugis,nah bangsa luh,ini NKRI nggak usah ngebandingin WAN ABUD yg nggak jelas,asal emosi nggak jelas nggak taunya maen mata sama Israel & USA

  15. biasa aja………..

  16. gw jg males koment

  17. Wih bagus2 senjatanya…

  18. Wew

  19. yuhuu

  20. Filipina malu kalau kita berhasil

  21. WEW…

  22. industri senjata belakang rumah suluk
    memang battle proven sejak dahulu lagi malah kualitinya tidak jauh lari dari quality senjata syarikat amerika seperti Colt..RPG & keluarga M16 pruduk utama hand made senjata puak2 suluk.

  23. O……

  24. Pertamax

  25. taktik tentara Philippine mungkin langsung merangsek nyerbu sarang tawon … tawon nya balik nyengat dg ganas, lebih baik pake strategi anti gerilya … tawonnya musti dikepruk satu² pake sniper.

    mungkin jg tentara Philippine nyerang tanpa support mortir atau meriam lapangan … au ah gelap !!!

  26. Wah kena granat lontar…?

  27. Kesalahan intel nya yg tidak memperhitungkan kekuatan pasukan abu sayap hingga akhirnya malah yg jadi tumbal korban adalah pihak militer filipina sendiri..udah deh gak usah sombong menolak bantuan militer negara lain buktinya sudah nyata kok masak militernya soal senjata nya kalah masih lebih modern persenjataan milik pemberontaknya

  28. Nah..,?

  29. Mereka bergerak pas siang bolong

  30. akibat kebijakan penggunaan senjata mungkin,,gk kya di RI,,sipil gak boleh punya senjata

  31. test….

  32. jam segitu perang hutan, cuma peluru yg kelihatan

  33. waaaw

  34. Seremmm

  35. Pertama

  36. AMERIKA cocok lagunya
    kau yang membuat
    kau yang menyudahi
    terlihat senjatamu digunakan abu gosok secara tidak lasung kamuflase terror ketergantungan filipina dengan USA

  37. inalillahic

  38. eee..mbuh..!! karepmu.. dikandani ,diewangi gak gelem yo ngunukuwi…

  39. Pertamax

  40. pertamax

  41. ikut berbela sungkawa kpd para tentara Philipina yang telah mengorbankan nyawanya untuk rakyat indonesia…..

  42. 5 juta dollar tuh, ada yg tau gak.

  43. Semoga gk ada lagi bunuh-bunuhan

  44. Kacang,, kacang.. Kacang
    Kacang.. Kacang..kacang

  45. mantebteb

  46. Pertamax

  47. Wadoh.. Perompak pakai GLM nich

  48. bawain super tukano aja

  49. bukan cuma M203 masih ada glm dan granat tangan juga roket laucher….abbu gosok ini lebih kuat dan dibekali dengan persenjataan lebih lengkap lengkap dari FRETILIN dan GAM jadi TNI harus was pada dan benar2 berhati hati…

  50. absen..aja…lg males..comn.ttttttt..

  51. Militer Filipina pasti merasa terpukul dan malu, mungkin kalo lebih terbuka mau menerima bantuan TNI setidaknya korban tidak sebanyak ini. Apakah terlalu percaya meremehkan kekuatan Abu Sayaf, data intelijen yg ga akurat atau strategi yang keliru?

  52. kadang diri ini merasa bingung dengan siasat/taktik perang gerilya yang diterapkan tentara fhilipina…karena nyatanya malah seringkali terjebak sendiri kala menyerbu kelompok”abu sayyaf.. ?? ??
    ..padahal bila dinalar secara umum tentunya peralatan tempur dengan segala perangkat pendukung-nya pastinya lebih canggih dan modern ..karena di bac- up oleh AS cs…
    …atau memang suatu kesengajaan ..karena yang dikirim di garis depan adalah tentara bayaran…yang sengaja di korbankan agar pihak lawan muncul untuk bisa dideteksi keberadaan-nya…?? ?? ?? ??

  53. tentera jawa hindunesia TNI mana berani lawan abu sayyaf habis lah jika berani hantar depa ke basilan atau tawi tawi

    tentera jawa hindunesia berani bunuh rakyat aceh, maluku,papua jer

  54. Pertamax

  55. Militer Filipina apa ga kepikir pakai panser angkut pasukan, ga pakai dukungan serangan udara (heli ato pesawat spt super tukino). saat infanterinya terdesak bisa dibantu dengan serangan udara terbatas

  56. Jawa cuba bangga diri konon no 3 tentara elit sedunia no 12 sedunia usah macam2, nanti disembelih sama pejuang suluk.. suluk tak sama dengan bangsa jawa yang banyak omong kosong mereka sangat berani .. tni gedut2 buncit2 perutnya.. sama GAM tak boleh menang mau perang sama suluk..

    • @Zy
      lagian untuk apa di penggal, klw memang punya senjata kan tinggal di door slesai. lebih linuan kena bambu runcing, meriang mati nya perlahan.

    • tentera suluk memang haibat, aritu pun malaysia guna jet tempur halau diorang, kehkehkeh …,

      adakah tentera malon pengecut ?

  57. Tinggal kopasus Indonesia yg harus bersiap melawan Abu sayap..

  58. pindad bisa bikin

  59. zy dkknya>ingat misal dlm 1 kompi tni bkan hnya org jawa aja!!!.drpda malingsia tentara aja kurang jelas melayunesia bkan pa lagi yg lain.merdeka aja belas kasihan britis.kasihan kasihan

  60. kasiannya malon negaranya menganut devide et empera , bangsa melayu , cina dan india dikastakan berbeza beza , dianggapnya indonesia kayak mereka jawa dan melayu bangsanya beda beda wakakakakkaa

  61. TNI punya SOP untuk berbagai operasi, termasuk penyelamatan sandera… namun karena yang nyandera itu jumlahnya sekampung… maka sesuai SOP harus ada operasi pengintaian, surveilance, … dan surveilance tidak hanya dari udara, salah satunya ya harus masuk ke desa musuh dengan menyamar… begitu data diperoleh, maka dilakukan koordinasi lintas angkatan… kekompakan dan kerjasama yang solid menjadi kunci sukses operasi… tugas terberat adalah team yang masuk ke desa abu sayyaf.. mereka harus paham kode apapun untuk masuk ke lingkungan musuh dengan aman, kode tersebut diperoleh dari Umar Patek… apabila salah kode mereka selesai…
    ada juga team pengintai medan, team sniper sebagai support team yang maju duluan..
    #Logikaorangawam

  62. Monggo

  63. gile.. kok mereka bisa dapet senjata begitu ya?

  64. Maling ayam aja punya strategi apalagi gerakan militan…

  65. nyang bener

  66. Tentara Philipina ayo bangkit jgn biarkan abu sayyaf merongrong negaramu tunjukan kedaulatan negaramu habisi mereka
    dan buat yang terbaik untuk negaramu

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)