Jul 272016
 

Bertempat di Istana negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri baru pada siang ini. Salah satu menteri baru yang dilantik adalah Archandra Tahar yang terpilih menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Sudirman Said.

Archandra Tahar saat ini masih menjabat sebagai presiden pada perusahaan Amerika Serikat yang bergerak pada bidang energi dan perminyakan Petroneering Hoston di Texas.

Perusahaan tersebut mengembangkan teknologi dan rekayasa yang berfokus pada desain dan pengembangan anjungan lepas pantai lebih tahan lama, efektif, dan aman. Jabatan tersebut didudukinya sejak Oktober 2013.

Archandra Tahar dan Keluarga

Archandra Tahar dan Keluarga

Tahar merupakan lulusan teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1994. Ia melanjutkan studi strata 2 dan 3 di A&M University Texas Amerika jurusan Ocean Enginering, yang telah diselesaikannya pada tahun 1998. Rupanya keilmuannya terus bertambah di kota Texas dengan mengambil program doktor di hingga tahun 2001.

Tahar memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan rekayasa lepas pantai. Tahar mengembangkan keahlian khusus melalui sekolah yang luas dan melalui pengalaman praktis di industri.

Dia telah bekerja dengan penemu dari pengeboran dan produksi sistem mengambang dan compliant, Spar, TLP, Compliant Tower, Apung Menara dan Multi Colum Floater selama 13 tahun terakhir. TLP dan produk Spar sendiri mewakili sebagian besar dari semua mengambang sistem pengeboran dan produksi gabungan operasional di dunia saat ini.

Karier Archandra selalu berhubungan dengan bidang energi dan perminyakan. Bahkan Archandra mengembangkan teknis khusus di bidang pengeboran khususnya di bidang offshore, sehingga meraih hak paten, yaitu teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform.

Berikut Biodata Archandra Tahar :

Pendidikan :
ITB Teknik Mesin : 1989 -1994
Texas A&M University Ocean Engineering : 1996 1998
Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 2001

Riwayat Pekerjaan

Presiden Petroneering : 2013-2016
Principal Horton Wison Deepwater : 2009 2013
Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System : 2007-2009
Hydronynamics Lead FloaTec LLC 2006 2007
Peneliti Technip Offshore : 2001 2006
Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center : 1997 2001
Technical Advisor Noble Denton : 2000

sumber : liputan6.com dan inilah.com

Artikel Terkait :

  34 Responses to “Ini Sosok Archandra Tahar, Menteri ESDM Baru Menggantikan Sudirman Said”

  1. Kenalan dulu Pak

  2. Mantap nih biodatanya. Selamat bekerja..

  3. Fesyen dan gaya keluarga Archanda Tahar seperti warga Malaysia, Brunei dan Singapura.

  4. Adakah kaitannya dengan kontrak karya PT.Freeport INDONESIA yg akan segera berakhir pada 2021…
    Apalagi saat ini beliau masih tercatat bekerja di Texas yg notabene masih berkaitan erat dengan perusahaan induk PT.FI…heheheehe

  5. semangat mentri muda..
    good luck..!!

  6. Relatif masih muda dan Berasal dari Profesional sehingga di nanti kerja nyata nya

  7. belum tersentuh partai

  8. Apakah Natuna, kemudian wilayah timur akan di eksplore dengan baik…kita tunggu kerjanya

  9. Horeee bos gw di Pertamina Ep jadi menteri Esdm.

  10. wah.. hati”. wacana blok masela yg on shore bisa ganti lg. smg amanah pak.

  11. wah…
    ini orang Pariaman, Sumatera Barat
    hahahaa…. bangganya

  12. Harapan kami smoga pak chandra bisa berbagi ilmu dan menerapkan ilmunya untk bangsa ini, dan SDA yg ada dpt terekploitasi denga cara2 yg bijak, ramah lingkungan, efektif, produktif dan bnar2 bs dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat indonesia spt yg diamanahkan uud-45

  13. prestasi ny luar biasa,..orang profesional, bukan dr parpol,…moga2 nanti jd mentri gak dilibas oleh kepentingan2 politis,…moga2 beliau kuat, independen,…tapi kalo diliat dr yg sudah2…kawatir jg sih…

    p’ jonan slah satu contohnya kena libas jg…RR juga…

  14. masih muda, kelahiran 69, masuk itb 89 lulus 94
    Archandra Tahar saat ini masih menjabat sebagai presiden pada perusahaan Amerika Serikat yang bergerak pada bidang energi dan perminyakan Petroneering Hoston di Texas

    • Tedjo @ itulah orang indonesia bung,mampu jd presiden direktur di amerika,intinya orang indonesia punya skill dan otak mampu bersaing untuk bekerja di luar negeri,beza dgn malondog di negaranya sendiripun tak mampu bekerja,semua level pekerjaan di kuasai tenaga kerja asing,ini semua terjadi kerana orang malondog itu bodoh2 dan tak de skill

  15. oh orang sumbar ya pak? pantes religius style nya

  16. dari fisik dan gaya…terindikasi mirip jokowi.belum tersentuh partai yes…tersentuh amerika?allahuallam.mampukah menghadapi gempuran dua arah geng rini dan geng JK?

  17. Lahir : Sumatera Barat 10 Oktober 1970

  18. Menkotimah kok aman dari resapel,.apa takut mamah ngamuk trus nyebut2 kopig,,xixixi

  19. jangan lihat pecinya donk bung. yang pasti kepentingan/kinerjanya. kita doakan aja smg bapak” yg terpilih ini bisa amanah dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

  20. bagus,,kalo d kumpulkn org2 genius indonesia yg bekerja d perusahaan asing, indonesia akan lbih hebat,,

  21. Satu lagi orang sumbar setelah bu srimulyani ..orang sumbar memang pintar dagang diplomasi dan genius ..siapa tak kenal bung hatta
    Org jawa terkenal rajin dan disiplin
    Org aceh terkenal kopinya
    Orang madura carok
    Orang orang sawah terkenal dgn kerbau besar bodoh

  22. Selamat menunaikan amanah bangsa dan negara.
    Selamat bekerja dan semoga sukses…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)