Jan 052017
 

Mahfud MD. (Antara)

Yogyakarta – Bangsa Indonesia perlu menumbuhkan dan membangun kesadaran kolektif untuk meluruskan perjalanan negara ini mencapai tujuan konstitusionalnya, ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

“Saat ini yang kita perlukan adalah menumbuhkan dan membangun kesadaran kolektif bahwa negara ini akan baik jika kita kembali membangun demokrasi dan menegakkan hukum yang dasar dan bingkainya sudah ada dalam konstitusi dan ketatanegaraan kita,” katanya di Yogyakarta, Kamis malam.

Saat menyampaikan orasi ilmiah pada puncak peringatan Milad Ke-19 Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Mahfud mengatakan dasar dan bingkai itu adalah Pancasila serta konstitusi dan sistem ketatanegaraan Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945.

“Dalam UUD 1945 yang merupakan penjabaran pokok-pokok dari Pancasila itu digariskan bahwa sistem negara Indonesia adalah sistem kedaulatan rakyat (demokrasi) dan kedaulatan hukum (nomokrasi). Negara ini adalah negara demokrasi sekaligus negara hukum,” katanya.

Menurut dia, demokrasi Indonesia adalah ‘deliberative democracy’ (dilaksanakan dengan permusyawaratan dengan semangat gotong royong, bukan dengan semangat mencari menang) dan negara hukum Indonesia adalah negara hukum yang berkeadilan dengan “restorative justice”.

“Tanpa kesadaran kolektif bahwa negara ini milik bersama dan harus dirawat bersama, maka yang menungggu di hadapan kita hanyalah kegagalan. Kita tidak mau negara kita menjadi negara yang gagal,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu.

Puncak peringatan Milad Ke-19 Fakultas Hukum UAD itu dihadiri Rektor UAD Kasiyarno, Dekan Fakultas Hukum UAD Rahmat Muhajir Nugroho, serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), civitas akademika, dan alumni Fakultas Hukum UAD.

Antara

Artikel Terkait :

  27 Responses to “Ini, Syarat Bangsa Indonesia Bisa Mencapai Tujuan”

  1. Test pertamax

  2. setuju.

  3. jadi hrs bersama2 menjaga nya.. meski beda pendapat, beda agama, beda suku.. tujuan nya tetap indonesia satu..
    bhineka tunggal ika.. (berbeda tp satu tujuan)

    saling menghormati
    saling toleransi
    saling menghargai
    tanggang rasa dan
    saling mengayomi.

    jangan saling menghina, mencela, dan menistakan kan suatu bahasa, suku, agama, atau kaum… kalau tdk mau berurusan dgn hukum..

  4. maksud bapak kembali ke UUD 45 dan Pancasila yg asli bukan hasil amandemen yaa

    • kembali ke MPR adalah lembaga tertinggi negara dong?
      kembali ke Presiden dan wakil presiden dipilih dan dan diberhentikan MPR dong?
      kembali ke presiden masa bakti 5 tahun dan dapat dipilih kembali dong???(bisa lebih dari 2x)

      mmmm

      • pancasila yg asli bukan hasil amandemen itu yang mana yak?

        • kalo itu, cari dimanapun gak akan ada bung..
          mari kita tersenyum saja.

          kalo dilihat pada pidato bung Karno di sidang PBB,, Pancasila diterjemahkan oleh beliau ke dalam bahasa inggris dalam bahasa singkat dan efisien.

          sisanya gak ada yg beda 1 katapun dengan yg ada sekarang.
          kalo pas perumusan memang banyak usulan dan rancangan.

  5. Terlalu banyak wacana, rakyat sdh bosan hanya dgn memdengar dan membaca wacana dan wacana tok….bukti dilapangan semua harga, barang, pajak dan lain2 naik drastis, naikin nya ga tanggung2…gila nie kebijakan aneh, stop deh pilih yg skr…kapok dan tobat….!a,a,

    • kalo emang udah gak sanggup ya jangan lake motor jangan lake listrik gausah gaya gayaan. hidup biasa aja kyak jaman Batu. kerja yg bener. jangan males cuma bisa nyinyir. gausah internetan kalo otakmu gak kuat bayar kuota dasar mental pengemis. udh miskin goblok pula

    • lah bukan dari kemaren2 ente junjung yang sebelah..?

    • harga pada naik itu jurus lama, biar bisa buka keran impor untuk ”menstabilkan harga”, gak mujarab jurusnya, contoh kasus kebo india, sampe sini malah mahal 80 rebu sekilo, kalo mo murah pake jurus F to B, farmer to buyer jgn ada tengkulak lagi, ajarin petani ngemas barangnya biar makmur mereka jual sendiri.

      ini sudah terbukti di Jepang, roadshow pasar keliling kayak bazar, petaninya langsung yg jualan, dgn mengirimkan perwakilannya masing2

      dan ini kecil kemungkinannya diterapkan di sini, karena ditentang habis para tengkulak, tinggal pemerintah mo mihak siapa

  6. negara akan maju kalau
    #listrik rakyat miskin 900 watt dan 450 watt naik tinggi
    #stnk bpkb motor butut buruh naik tinggi
    #bbm naik
    #sekolah mahal
    tarif parkir dimahalin
    # tapi yg wajib pajak cukong gede gak pernah bayar larikan duit ke luar negeri di maafkan
    nah itu syarat maju dan makmur

    • buruh beli motor gede 250cc pajak naik kojot kojot

    • pemakaian listrik daya 900 watt masuk kategori menengah.
      wajar jika dinaikkan untuk keadilan. ayo coba dihitung alat elektroniknya jika menggunakan daya segitu.
      barang2 tersiernya pasti banyak.
      sedangkan untuk 450 watt masih subsidi kok bung.

      bbm di letakkan pada harga pasaran dunia. itu jangan diprotes yaaa,, bisa naik dan bisa turun.

      kenaikan yg berhubungan dg kendaraan sangat wajar. kalo bener miskin.. emang bisa punya kendaraan bermotor????

      narasi miskin yg dirugikan untuk protes tidak benar,, sistem kita sudah lebih baik. malahan sistem ini untuk subsidi dari yg punya ke yg miskin. agar terwujud keadilan sosial.

  7. Bangsa sulit maju dan mencapai tujuannya karena PARTAI POLITIK BUSUK, PEMERINTAHAN & WAKIL RAKYAT YANG SEBAGIAN BESAR DIKUASAI ELIT POLITIK YANG MEMENTINGKAN KEPENTINGAN KELOMPOKNYA SAJA,,,,
    Dan HANYA SEGELINTIR KECIL YANG BENAR – BENAR BEKERJA UNTUK NEGARA DAN RAKYATNYA

    MAAF… Ini curahan isi hari… PISSS…..

  8. Bangsa sulit maju dan mencapai tujuannya karena PARTAI POLITIK BUSUK, PEMERINTAHAN & WAKIL RAKYAT YANG SEBAGIAN BESAR DIKUASAI ELIT POLITIK YANG MEMENTINGKAN KEPENTINGAN KELOMPOKNYA SAJA,,,,
    Dan HANYA SEGELINTIR KECIL YANG BENAR – BENAR BEKERJA UNTUK NEGARA DAN RAKYATNYA

    MAAF… Ini curahan isi hari…

  9. Negara merdeka udah begitu lama kok baru nyadar,,, apkah para mentri sudah nggak nglihat kebijakan terhadap masyarakat desa…apa yg di lakukan dari dulukala,,,hanya numpang hidupnya dg para buruh para kuli…. Rakyat terabai terkatung2x mencari sesuap nasi dimana manca negara,para penggede negara hanya memperkaya diri,seolah2x negara itu warisannya sediri……..hedeabbbbbb

  10. lah kapan gw pernah junjung sebelah? drdl gw respek sama presiden jokowi bahkan ktp gw buat beliau 2019 nanti

  11. syarat negara maju adalah semua media harus dibungkam…sisakan metro,kompas,kaskus…baru akan maju

  12. Hey bung Diego, komen saya kok gk pernah ditampilkan? Anda Jokower ya?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)