Dec 042016
 

israel-ins-rahav

Lebih dari seminggu yang lalu, penyelidikan dilakukan di Israel dan Jerman atas perintah Jaksa Agung Avichai Mandelblit atas kemungkinan konflik kepentingan yang melibatkan David Simron, pengacara pribadi dan kerabat jauh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Pusat penyelidikan polisi berfokus pada tuduhan bahwa Simron memanfaatkan hubungan politiknya untuk meyakinkan pemerintah Israel agar mengizinkan perusahaan membangun galangan kapal di Israel, membeli beberapa kapal selam dan menghadiahkan kontrak untuk kapal Angkatan Laut Israel.

Terungkap pula bahwa Simron mewakili Miki Ganor, seorang pengusaha Israel yang menjadi perwakilan ThyssenKrupp di Israel. Dilaporkan bahwa Ganor mungkin menerima antara 10 hingga 30 juta euro untuk bertindak sebagai makelar dalam kesepakatan kapal selam tersebut.

Menurut surat kabar berbahasa Ibrani, Times of Israel, melaporkan bahwa Teheran menginvestasikan sekitar US $ 400 juta dalam ThyssenKrupp selama pemerintahan Mohammad Reza Pahlavi pada 1970-an. Konglomerat itu menanam saham pada elevator, baja dan program otomotif pada saat itu, bukan kapal selam. Hal itu sebelum konglomerat itu mengakuisisi Howaldtswerke-Deutsche Werft, perusahaan pembuatan kapal pada tahun 2005 yang sekarang menjadi perusahaan “Raja Kapal Selam” dari Jerman.

Investasi Iran di ThyssenKrupp dibuat melalui Iran Foreign Investment Company (IFIC), dan investasi negara itu adalah yang terbesar hingga pergantian abad, wakil menteri ekonomi IFIC, Mohamad-Mehdi Navab-Motlagh saat itu duduk di dewan direksi, dan akhirnya digeser setelah Washington mengancam akan melakukan blacklist terhadap perusahaan.

Akibatnya, ThyssenKrupp dipaksa untuk membeli 17 juta saham dari IFIC yang nilainya mencapai 400 juta euro (hampir dua kali nilai asli mereka), sehingga mengurangi saham Teheran dari itu awalnya 24,9% menjadi 4,5%.

Direktur Utama IFIC, Dr Farhad Zargari kepada situs Business Year mengatakan “Kami memiliki saham di perusahaan penting seperti British Petroleum, ThyssenKrupp, Siemens, Adidas, dan banyak merek besar lainnya”, dan bahwa “Salah satu peran yang signifikan dari IFIC adalah untuk menciptakan sebuah jembatan antara Iran dan negara-negara lain melalui investasi kami, untuk membuka jalan bagi pengetahuan dan transfer teknologi”.

“Kami merasa lebih aman berinvestasi di negara-negara maju Eropa dan negara berkembang lainnya dibandingkan dengan negara-negara yang belum memiliki regulasi”, tambahnya.

Sumber: Sputniknews

  34 Responses to “Iran Miliki 4,5% Saham di Perusahaan Jerman Yang Memproduksi Kapal Selam Israel”

  1. wow iran ???

  2. Iran memang kaya….gk heran negara timteng yg lain ingin membuatnya bangkrut…..banting terus harga minyaknya demi hancurkan iran dan rusia(ekonomi)

    • Saudi, sbg pemimpin de facto OPEC, menyatakan memangkas produksi sebesar 500 ribu bph menjadi 10,06 juta bph.

      Irak melakukan pengurangan 200 ribu bph menjadi 4,35 juta bph.

      Rusia setuju mengurangi produksi sebesar 300 ribu bph menjadi 10,9 juta bph.

      sedangkan Iran…
      mereka diperbolehkan meningkatkan produksi 90 ribu bph menjadi 3,9 juta bph.

  3. Wah orang indo bkl alergi ama adidas nih? Karena……..

  4. Hahaha…. Kmu ketahuan

  5. di israel aja korupsi, memang korupsi itu dimana-mana

  6. Matilah kau… (sirail)

  7. ketauan sekarang.

  8. kyk nya gak mungkin gimana iran bisa transaksi ??? dia kan di blokir perdagangannya oleh USA/ASU dan uni eropa serta seluruh sekutu amrik. biasa fitnah disebar USA ASU. karena bingung gimana cara menaklukannya kyk sadam husein.
    kalo pun bener itu saham Sah iran yg di turunkan karena memperkaya pribadi dan kroninya dan Sah Iran dulu sahabat eratnya USA ASU.

  9. Strategi jitu iran selain menambah devisa negara plus teknologi apa yg bisa diambil utk kemandirian kelak negeri iran.
    Indonesia mau meniru????
    Kayaknya sulit buat indonesia,,mending buat korupsi berjamaah ketimbang ngurusin kepentingan negara kedepannya kelak.

  10. gak nyangka iran walaupun mata uangnya paling rendah di dunia tapi strategi politikny sangat berbahaya

  11. kyk nya gak mungkin gimana iran bisa transaksi ???
    Iran kan di blokir perdagangannya oleh USA/ASU dan uni eropa serta seluruh sekutu amrik selama lebih dari 20 thn.
    Biasa fitnah disebar USA ASU.
    Karena bingung gimana cara menaklukan Iran kyk sadam husein.

    Kalo pun bener itu saham Sah iran yg di turunkan karena memperkaya pribadi dan kroninya dan Sah Iran sebagai penguasa Iran dulu sahabat adalah eratnya USA ASU.

    • salam bung Ali…
      ThyssenKrupp AG dahulu bernama Fried Krupp.
      perusahaan ini didirikan 1860 yg memproduksi besi, teknologi otomotif dll.
      ThyssenKrupp adalah hasil penggabungan 2 produsen baja yakni, Thyssen AG & Krupp pd 1999.

      1978, Thyssen AG masuk ke industri otomotif Amerika Utara dngn mengakuisisi divisi otomotif milik Budd.
      1988, ThyssenKrupp mengakuisisi produsen peredam kejut asal Jerman, Bilstein, yang menjadi divisi ThyssenKrupp hingga tahun 2005.
      1999, Thyssen (sebelum bergabung dngn Krupp) mengakuisisi Dover Elevator Company asal Us & 4 thn kemudian, ThyssenKrupp jg mengakuisisi Dongyang Elevator, asal Korea.

      nah…
      2005, ThyssenKrupp mengakuisisi Howaldtswerke-Deutsche Werft dari One Equity Partners.
      Howaldtswerke-Deutsche Werft bersama Blohm + Voss dan Nordseewerke akhir’a digabung tuk membentuk ThyssenKrupp Marine Systems yg saat ini merupakan salah 1 galangan kapal paling penting di Eropa.

      sampai d sini seperti’a ga da yg salah, bahkan pengajuan order kasel Yunani, Portugal, Turki, Korsel tdk ada masalah sedikitpun.
      trus… kenapa ketika menyentuh israel pd kebakaran jenggot y bung…
      ha… ha…

  12. wah iran konangan sekokol kro isroel…saling sokong dan dukung sangat soft skali,,brpura2 grtak2kn tp nyotone mreka itu satu aliansi brsama usa isroel dan iran…smntra di lain fihak russu,aseng sipit dan korut jg memainkn stratigi yg sama tp beda konsep…

  13. Alhamdulilah, negeri syiah iran saling membantu kawan baiknya israel, memang zionis dan syiah cocok bekerja sama, semoga semakin banyak yang terbuka ya kerjasamanya, Aamiin

    • MOHON SAUDARA JANGAN BERBURUK SANGKA, BANYAK BACA SEJARAH IRAN SEBELUM KOMENTAR.

      BACA YANG JELAS ITU ERA PEMERINTAHAN MUHAMMAD REZA PAHLEVI DAN WAKTU ITU IRAN MASIH MENJADI SEKUTU AMERIKA.

      SETELAH PEMERINTAHAN MUHAMMAD REZA PAHLEVI DIGULINGKAN MELALU REVOLUSI ISLAM, IRAN BERGANTI NAMA MENJADI REPUBLIK ISLAM IRAN YANG MENJADI MUSUH ZIONIS ISRAEL DAN AMERIKA.

      • woles aja bray..capslock matiin tuh…emang baru ngeh ya kalo israel Laknattulloh itu sama iran sampai kapan pun pasti selalu saling bantu…
        baca sejarah itu jangan dari komik

  14. bapak.y israel(abdulah bin saba yahudi) dan anak.y iran(siyah).sudah jadi rahasia umum..ada pertalian darah

  15. gara gara saham 4.5? tambah keyakakinan kalau mereka sahabat?? hmm pendek kolornya

  16. gara gara saham 4.5? tambah keyakakinan kalau mereka sahabat?? hmm pendek kolornya

  17. Terlalu banyak Islam KTP nih disini.. makanya komennya miring mulu… pada merasa benar semua… 😛 maklum… mereka dari kecil terlalu sering di hina, jadi gak sehat deh jiwanya 😀 hahahaha.. apalagi salah asuhan…

 Leave a Reply