Aug 212016
 

Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari Minggu (21/08/2016) meluncurkan sistem pertahanan rudal Bavar-373 yang memiliki karakteristik mirip dengan S-300 Rusia, menurut laporan media.

Menyambut perayaan Hari Industri Pertahanan Nasional, yang dirayakan di Iran pada 21 Agustus 2016, Rouhani didampingi Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Hossein Dehqan, mengunjungi stand pameran Organisasi Industri Penerbangan Iran (IAIO) di Kementerian Pertahanan, yang memamerkan prestasi terbaru industri pertahanan udara, termasuk sistem pertahanan udara Bavar-373 yang dibangun didalam negeri.

Presiden Iran Hassan Rouhani (kedua dari kiri) dan Menteri Pertahanan Hossein Dehghan (kiri) berdiri dekat sistem pertahanan rudal udara Bavar-373 di Teheran, Iran (21/08/2016)

Presiden Iran meresmikan Bavar-373 (yang berarti Kepercayaan), yang mana telah dilakukan commissioning pada bulan Februari 2010 ditengah penundaan kesepakatan dengan Rusia untuk pengiriman lima sistem S-300 akibat penerapan sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Iran.

Sistem pertahanan udara mobile jarak jauh Bavar-373 telah dirancang-bangun oleh para ilmuwan di Departemen Pertahanan dan para ahli yang bekerjasama dengan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam Al-Anbia dan pusat-pusat penelitian dan kajian ilmiah lainnya.

Presiden Iran Hassan Rouhani (kanan) dan Menteri Pertahanan Hossein Dehghan (kiri) berdiri dekat sistem pertahanan rudal udara Bavar-373 di Teheran, Iran (21/08/2016)

Sistem buatan dalam negeri ini telah berhasil melakukan uji-tembak pada bulan Agustus 2014. Bavar-373 ini mirip dengan S-300 Rusia dan mampu mengenai sasaran pada ketinggian. Sistem baru ini menggunakan radar array bertahap seperti radar 96L6 Rusia untuk melacak target aerodinamis dan rudal balistik jarak menengah hingga jarak jauh, yang dipasang pada truk berat Zafar.

Pada bulan Mei lalu, Dehghan mengumumkan bahwa Iran telah menyelesaikan pembangunan sistem pertahanan udara Bavar-373 yang diproduksi dalam negeri, dengan produksi massal diharapkan akan diluncurkan akhir tahun 2016.

Truk militer Iran membawa sistem pertahanan udara Bavar-373 selama Parade Hari Angkatan Bersenjata di Teheran, Iran (18/04/2015)

Hassan Rouhani juga mengamati prestasi terbaru dan perkembangan teknologi pertahanan udara, termasuk pesawat tempur dan pesawat angkut, helikopter dan kendaraan udara nirawak (UAV).

Presiden Hassan Rouhani juga memberikan penjelasan tentang kemajuan dalam perancangan dan pembuatan mesin turbojet nasional pertama.

Presiden Iran Hassan Rouhani berdiri dekat mesin jet tempur buatan dalam negeri di Teheran, Iran (21/08/2016)

Pada hari Sabtu (20/08/2016), Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengatakan Iran tidak akan membeli sistem pertahanan rudal udara S-400 buatan Rusia, meskipun Moskow telah menawarkan untuk menjualnya ke Teheran.

Selama konferensi pers di Teheran, Menteri Pertahanan menegaskan bahwa Rusia telah menawarkan S-400 kepada Iran dan beberapa sistem lain, tetapi Teheran saat ini tidak memiliki rencana untuk memesannya.

Dia juga mengomentari sistem S-300, yang telah ditawarkan oleh Moskow untuk menjual ke Teheran di bawah kontrak 2007. Dehqan mengatakan Iran telah secara sukarela mengakhiri gugatan melawan Rusia setelah pengiriman sistem rudal ke Iran dimulai.

Namun, ia menambahkan, Iran berhak untuk secara hukum mengejar kasus ini jika implementasi penuh dari kesepakatan menimbulkan masalah. Iran telah menerima sebagian besar sistem rudal S-300, menurut cataran Menteri, menambahkan bahwa bagian-bagian yang tersisa diharapkan akan diserahkan dalam waktu satu bulan kedepan.

Sumber: Sputnik News

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  36 Responses to “Iran Ungkap Bavar-373 System Pertahanan Rudal Buatan Dalam Negeri”

  1. isi daftar hadir dulu

  2. Rudalnya Gak Ada….Cuman Selongsongnya Doang…..Seandainya itu Benar …Iran Termasuk Maju Teknologi Pertahanannya….Tetapi Seandainya itu tidak Benar…Maka Iran Termasuk Pandai Berbohong…Seperti kasus Menampakan Pesawat Siluman yg diproduksi Iran beberapa tahun yg Lalu…Ternyata Selongsongnya Doang…..he…he…he…

  3. Test..Nyimak wae.

  4. Nyimak wae..

  5. Belajar sama iran saja biar teknologi nya berfariasi swedia dan iran..

  6. Kemandirian iran patut ditiru

  7. iran aja yang di embargo asu bisa,masak nkri dengan ratusan prof dan enginer plus sumber daya alam luar biasa gak bisa!

  8. IRI.!!!!!!INDO KAPAN?

  9. mang iturudal s300 tapi di ganti nama lokal…biar bisa lolos dari sanksi PBB

  10. ayo indonesia kerjasama dengan iran buat mesin jet tempur

  11. haibat iran..buatan tempatan…

    • tempatan buatan malon mana??

      teksi teksi malon bodoh teksi teksi kahkahkahkah

    • Buatan tempatan malon apa punya ya?
      Rendang…punya padang
      Batik….punya purwokerto
      Sate…punya madura
      Nasi lemak?…..punya dki..nasi uduk ikan tongkol…sambil duduk maen….bla bla bla bla…hahahahaha
      Ipin upin…ya….that’s right…ke kanan itu…hahahaha

  12. Malon beli sahaja, kalo tak da wang ngemis dlu sama tuan british kah kah kah

  13. katanya Malon itu sampah manusia

  14. Iran..iran negri…y dajal…

  15. Kok ada jendela pada slongsong rudalnya mirip tempat merpati

  16. Udahlah pd ke 3 itu terjadi di israel sana loo..semua bangsa munyukk dikumpulkan jadi satu…terus dibantai jadi sate munyuk..

  17. ya elah g kapok2 ni iran, plg jg Kaya pesawat kaher kemarin, udah ditampilin dimuka publik, ahli2 barat dgn melihat lwt vidio nya saja tau klu itu cm casing, mesinnya aja g ada ha… ha… Iran… Iran… nakut2in lawan dgn propaganda media, ga mempan. malu dikit napa, kasian rakyatnya dibohongin terus. cuih…

  18. Hukum Ruskye: [ …Kalo sdh ada hitung2an diatas kertasnya baru boleh kita babar… ]
    perlu di jabarkan pula ukuran mesinnya
    foto no 5

    http://i0.wp.com/jakartagreater.com/wp-content/uploads/2016/08/Iran-Mesin-Turbojet.jpg?resize=800%2C433
    bandingkan ukuran mesin pesawat jet iran dengan tubuh Presiden Iran Hassan Rouhani
    kecil amat itu mesin jet
    modus…modus…..iran syiah
    ha ha ha

  19. alah blagu, rudal klas upil, liat punyanya arab onta bisa presisi tinggi menghujam ke tkw bsa lepas stang lagi

  20. Emang mesin jet tuh mesti seukuran gaban…heh gajah?

  21. banyak nih yang kena tipu sama si iran.

  22. Btw saudi UEA qatar bahrain bisa bikin apa??? Yg nyinyir bisa bikin apa? Bikin anak aja belum tentu jadi lu pada…wkwkwk

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)