Sep 142016
 

Menurut media Israel, Yaakov Nagel, kepala dari Dewan Keamanan Nasional Israel, berangkat ke AS untuk menandatangani perjanjian bantuan militer baru minggu ini. Sumber mengatakan kepada Jerusalem Post bahwa AS akan memasok setidaknya US $38 miliar bantuan militer kepada Israel selama sepuluh tahun ke depan.

“Amerika Serikat telah menyiapkan MOU baru untuk sepuluh tahun kedepan dengan Israel sebagai bantuan keamanan untuk tahun fiskal 2019-2028,” menurut Departemen Luar Negeri AS.

“MOU ini merupakan janji tunggal terbesar dari bantuan militer bilateral dalam sejarah AS.” Kedua negara menegosiasikan perjanjian sepanjang tahun lalu. Salah satu titik perdebatan adalah bagaimana Israel diizinkan untuk menghabiskan uang, dimana AS bersikeras bahwa bantuan harus dibayar kembali dengan belanja peralatan pertahanan ke perusahaan pertahanan Amerika bukan perusahaan pertahanan Israel.

Pengaturan baru memungkinkan Israel untuk menghabiskan uang belanja pada perusahaan dalam negerinya sendiri selama enam tahun pertama.

Ketegangan telah meningkat antara Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, khususnya atas kesepakatan nuklir Iran, yang sungguh-sungguh ditentang oleh PM Israel.

Mengutip ancaman dari Suriah dan Turki, pemimpin Israel mendesak AS untuk memberikan bantuan pertahanan US $50 miliar. Meski jauh di bawah jumlah permintaan Netanyahu, jumlah US $38 miliar termasuk bantuan terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya antara AS-Israel, atau lainnya, hubungan ini terutama sebagai klaim gugatan yang baru-baru ini muncul, dimana paket pertahanan dengan Israel mungkin melanggar hukum AS.

Gugatan diajukan oleh Lembaga Penelitian: Kebijakan Timur Tengah bulan lalu berpendapat bahwa dukungan keuangan Washington kepada Israel melanggar Aturan Kontrol Perdagangan Senjata, yang mencegah AS dari otorisasi bantuan kepada negara-negara yang tidak termasuk dalam Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir.

“Miliaran dolar yang dikirim ke Israel setiap tahun menjadi pusat kebijakan AS yang tak terpikirkan bahwa mereka membiarkan hal kecil secara ilegal sedang berjalan”, tulis Jason ditz untuk AntiWar.com. “Namun, jika pemerintah AS kalah gugatan ini maka mereka diwajibkan untuk mengakhiri bantuan atau mengubah hukumnya untuk mengakui Israel agar dapat melewati batasan ini.”

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  20 Responses to “AS-Israel Sepakati Bantuan Militer Sebesar 38 Miliar Dolar”

  1. WOW

  2. Tanpa bantuan ASU israel sudah hancur lebur…

    PERTAMAX Eeyy

    • Kok tahu kak isi tangki spd mtr menipis…
      Isi Premium di spbu tenggilis axa.
      ngga kemana mana…urusanku udah beres.
      Oh iya kak salam buat
      komisaris polisi bapak mujito. Kapolsek tenggilis.
      Mohon maaff dan terima kasih udah mengawal cewe setres dan cewe abg.
      Meskipun cewe setres agak gimana gituu
      Urusan ku selesai.
      Komisaris Polisi Bapak Mujito kapolsek tenggilis
      Mohon Maaff dan Terima kasih.

  3. Is lg disogok Us gara gara nuklir ir

  4. USA tanpa ahli Yahudi di segenap lini khususnya iptek hanya bisa garuk2 kepala.
    Israel tanpa USA ibarat anak ayam ditengah sarang musang.
    Hubungan mutualisme ini berlangsung sejak pembentukan negara USA, makanya separuh nyawa USA adalah Israel.
    Sebelum komentar panjang lebar anda perlu paham dulu keadaan ini.

  5. asu gede dikibas buntut e

  6. us terus disedot darahnya habis habisan. Cuma gak sadar sadar. Raksasa yg pandir, disetir si cebol licik.

  7. standar ganda

  8. Bos israel di kasi bantuan seumur hidup sama amerika.

  9. usa takut perjanjian kenedy dgn soekarno dibongkar oleh yahudi/israel.

  10. AS…ooh..AS..djajah (dkadalin)..israel…adidaya..preeet…

  11. ASu memang dungu, negerinya pun dikendalikan oleh yahudi2 israel, tp gak sadar, …………. namanya juga ASu, sangat tergantung sama tuan nya, ……… !!!

  12. Usa ibarat kebo dungu yg dicoxok hidungnya sm tuannya.. Padahal tuannya lbh kecil.. Atau usa dan isroil ibarat iblis dan setan… Amerika iblis memelihara setan isroil..

  13. ORANG YAHUDI ITU EMANG CERDAS…BENER2 OTAK PILIHAN

  14. tau apa kalian dgn hubungan Israel-us, rusia pun bs dikendalikan negara kecil israel

  15. untuk negara liberal semacam amerika, penyaluran/penggunaan pajak bisa ditentukan oleh si pembayar pajak. Apalagi pengusaha2 di amerika adalah org yahudi. Jadi mereka bisa meminta untuk adanya bantuan ke israel.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)