Jan 172017
 

Setahun setelah Perancis, Italia kini berkomitmen dalam pengembangan bilateral rudal Aster 30 Blok 1 NT, yang akan meningkatkan kemampuan anti rudal balistik untuk versi peluncur darat dan versi angkatan laut. (Foto: MBDA)

Pada tanggal 20 Desember 2016, OCCAR (Organisation for Joint Armament Cooperation) memberitahu EUROSAM, sebuah konsorsium yang dibentuk oleh MBDA dan Thales, amandemen 1 dari kontrak program “B1NT”.

Dilansir dari Defense Aerospace hari Senin, perubahan ini merupakan perwujudan partisipasi Italia pada program itu. Ini menindaklanjuti pemberitahuan kontrak awal di bawah mandat Perancis pada tanggal 23 Desember 2015, dan Pengaturan Kerjasama yang ditandatangani pada bulan Juni 2016 oleh Menteri Pertahanan Perancis dan Italia, meletakkan kerangka tanggung jawab dan hak-hak vis-a-vis dari kedua negara untuk mengembangkan rudal dalam kerjasama, dan beberapa aplikasi di darat dan sistem pertahanan angkatan laut terhadap serangan udara dan rudal balistik.

Program “B1NT” mencakup pengembangan oleh MBDA dari Aster 30 Blok 1 NT (New Technology) versi baru tetapi juga modernisasi sistem SAMP/T yang saat ini ada dalam pelayanan Angkatan Udara Perancis dan Angkatan Darat Italia.

Sistem ini akan memperoleh peningkatan kemampuan, khususnya terhadap rudal balistik, sebagai kontribusi penting bagi kedua negara dalam program NATO.

Pengembangan rudal Aster 30 Blok 1 NT memperhitungkan kebutuhan kunci ganda (rudal yang sama digunakan pada Aster sistem darat dan angkatan laut), termasuk penyesuaian yang diperlukan agar memungkinkan rudal ditembakkan dari kapal perang.

Italia sebenarnya telah menyatakan keinginannya untuk menggunakan rudal Aster 30 Blok 1 NT untuk kapal patroli lepas pantai masa depan PPA (Pattugliatori Polivalenti d’Altura).

Setelah Aster 30 Blok 1 yang memberi kemampuan pertahanan utama Eropa dalam melawan rudal balistik, Aster 30 Blok 1 NT akan memungkinkan untuk memperluas kemampuan ini pada ancaman yang lebih kompleks dan juga akan menangani ancaman yang muncul dari Rudal Balistik Anti-Kapal (ASBM).

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  22 Responses to “Italia Tandatangani Program Pengembangan Aster 30 Blok 1 NT”

  1. Sangat mengerikan…..

  2. wah, tabung peluncurnya persegi, mirip bavar 373 punya Iran 😀

  3. Kmren videonya fix di browser chrome android bung @diego. Skrg koq musti harus di rotasi ya nntn nya klo g videonya cuma klitan separoh.

    Btw, cocok nih diborong…

  4. satu keluarga gimana bung??
    aster dari MBDA perancis, thaad dari lockheed martin, USA dan patriot dari Raytheon USA,,

  5. Kapan ya Indonesia Punya Sistem Pertahanan Udara Jarak Menengah???? #NGENESALUTSISTAINDONESIA

  6. Indonesia bkn darurat alusista tp indonesia darurat keuangan…
    Mari lupakan keinginan demi terpenuhinya kebutuhan.

  7. Hooiiii

  8. Dan indonesia masih makek senjata penembak burung

  9. Senang liatnya klo ada tulisan “tandatangani” atau “sepakat”.. kapan ya bisa liat berita bahwa “Indonesia telah sepakat mengembangkan bersama bla bla bla…”, “Indonesia telah tandatangani kontrak alutsista bla bla bla…”… 😀 hehehe

  10. ya nanti kita beli aster 30… nunggu dapat utangan lagii…kw kw kw

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)