Jan 112017
 

Dok. Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara (Antara)

Jakarta – Peneliti senior Center for Strategic and International Studies J Kristiadi berpendapat, rakyat pasti akan membela negara asalkan negara juga membela rakyat dari segala ancaman, termasuk ancaman kemiskinan dan intoleransi.

“Harga cabai yang saat ini mahal pun menjadi ancaman bagi sebagian rakyat, misalnya pedagang gado-gado,” kata Kristiadi dihubungi di Jakarta, 10/1/2017.

Kristiadi mengatakan rakyat akan membela negara sesuai kompetensinya. Jadi, bela negara tidak harus dimaknai sebagai bentuk tindakan militeristik.

Terkait dengan program bela negara yang saat ini dilakukan, Kristiadi mengatakan hingga saat ini belum ada peraturan yang jelas mengenai hal itu, sehingga lebih dilakukan secara spontan sehingga terkesan “aneh-aneh”.

Menurut J Kristiadi , Bela negara bisa kacau saat belum ada kebijakan yang jelas dan berpeluang dimanfaatkan oknum untuk membangun basis kekuatan.

Karena itu, dia menyarankan agar pemerintah membenahi terlebih dahulu kebijakan tentang program bela negara melalui peraturan yang jelas.

“Perlu ada yang peraturan yang jelas tentang potensi pertahanan. Isinya macam-macam mulai dari melatih sampai mobilisasi penduduk,” tuturnya.

Antara

Artikel Terkait :

  52 Responses to “J Kristiadi : Rakyat Pasti Membela Negara”

  1. Nya q-tu rek kumaha deui

    • cabe..cabe..cabe di jual murah 100 rebu. perkilo..xixixi

    • “Rakyat Pasti Membela Negara”…itu sudah pasti…tapi kalau alutsista cupu ya sono maju aja sendiri,mamposlah lo…J Kristiadi bacotnya ga disertai pake otak.

    • Ribet dah… gak tau mau komen apa πŸ˜€

      Masalah sembako yang harganya terus naik tidak diimbangi dengan kebijakan ditingkat sektoral, seandainya pemerintah mau bertindak sebagai “pemilik” dengan menyediakan lahan pertanian yang luas, bibit, pupuk, dan infrastruktur untuk pertanian disediakan pemerintah, terus masyarakat dijadikan “pekerjanya” dengan sistem upah, mungkin Indonesia bisa swasembada dan harga tidak setinggi sekarang.

      Bagaimana dengan nasib petani? Petani yang memiliki lahan, mereka sebagai penyedia lahan dong, bibit dan pupuk dari memerintah, gunakan sistem upah juga πŸ˜€ Saat kebutuhan pokok dapat terpenuhi dan harga terjaga, maka untuk masalah yg lain pasti akan terpikirkan dengan sendirinya.

      Untuk hal teknlogi dan pertahanan mungkin bisa dilakukan dengan cara yang sama, penyediaan sarana dan prasaranan serta regulasi harus dari pemerintah. “Dana Pasti Besar”, ya itu pasti, tapi kan bisa dilakukan bertahap, yang seluruh teknologi dilakukan investasi bersamaan, bertahap dong, tentukan skala prioritas, tentukan target dan waktu pencapaian, jika misalnya dana hanya cukup untuk investasi penelitian dan pengambangan 2 atau 3 jenis teknologi, ya lakukan, bila 2 atau tiga jenis teknologi ini bisa tercapai katakanlah 3-5 tahun, maka ditahun berikutnya bisa dilakukan lebih banyak lagi…

      Ah, ngapain juga mikir sampe sejauh itu, ayo kerja kerja kerja πŸ˜€

    • Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan militansi yg kuat latihan BELA NEGARA SANGAT PERLU,negara maju banyak yg menerapkan WAJIB MILITER bahkan….

      hati”dg pola pikir johanes cristiyadi…….

  2. ada yg ikut2an bela negara tapiiii..

    “nggembosi” NKRI dr dalam…..

    menghujat PANCASILA…

    rasis tingkat dewa…

    suka bicara kotor(orang lain dilarang bicara kotor)

    suka menista ras & agama lain(orang lain dilarang menista ras & agama)

    suka gebukin orang lain(orang lain dilarang gebukin “anggota” nya)

    opposite…
    preman…
    chaos…
    teror…

    paling mulia..
    paling benar…
    paling suci..
    paling pintar…
    paling bersih…
    paling masuk surga..

    luar biasa….
    hihihihihihi…..

  3. BELI DULU SU 35 YANG BANYAK..2 JUTA UNIT..BARU BELA NEGARA…PERCUMA RATUSAN JUTA ORANG BELA NEGARA TP ALUTSISTA PENDUKUNG MINIM..BISA TEWAS DIBOMBARDIR PESAWAT MUSUH..HUAAAAAA..STREESS MIKIRIN SU 35

  4. pasti .setiap jiwa rakyat RI terpanggil bela negara bila negara ada yg merongrong baik dari dalam atau luar ini dadaku mana dadamu…(kecuali yg benci pancasila dan kemajemukan bukankah allah menciptakan perbedaan untuk saling mengenal)

    • Siapa bilang semuanya, pasti sangat banyak yg antri di travel atau malah jadi kolaborator dgn agresor. Siapa yah yg akan seperti itu. Jangan lupa sejarah siapa yg jadi antek penjajah, siapa yg mengorbakan jiwa dan raganya utk kemerdekaan bangsa

      • (siapa yg mengorbakan jiwa dan raganya utk kemerdekaan bangsa)

        yg pasti bukan fpi, jadi janganlah membajak jasa2 kepahlawanan para pahlawan kami.
        dan satu hal lagi tak perlu bawa nama agama, karena di dekade 50an ada pemberontakan yg mengatasnamakan agama yg berasal dari kelompok milisi kemerdekaan bekerjasama dengan setan belanda Westerling utk mengacaukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

        • Fpi jaman kolonial belum ada bung, jadi ngk ada yg klaim FPI. Tp yg pasti umat islam terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan, skr umat islam memperjuangkan keadilan di bilang anti NKRI. Setiap yg berseberangan dgn pemerintahan dianggap makar, main tangkap.

          • umat islam yg mana? jgan mentang2 kalian tinggal di dekat pusat pemerintahan kalian merasa mewakili umat islam dipenjuru negeri,sama dgn kelakuan mereka yg merasa islam nya paling benar di timteng
            orang boleh saja mengkritik namun jika menjurus fitnah lain ceritanya,semua ada prosedur hukumnya sendiri.
            mencari kebenaran dgn menanyakan langsung ke orangnya bukannya berkoar2 di internet diajak diskusi malah ngeles dgn berbagai macam alasan.
            ingat bung fitnah adalah penyebab utama perang suriah

          • Jangan mengatasnamakan umat Islam bila hanya sebagian kecil umat Islam yang melakukan tindakan dan berkoar seperti anda bung @nain.

            10, 20, atau 30 juta tidaklah menunjukkan keinginan dari lebih 200 juta umat Islam di Indonesia. Harus bisa anda buktikan setidaknya 50% + 1 orang (minilmal 100.000.001) untuk bisa mendukung klaim anda itu.

        • yg berkorban harta jiwa raga untuk kemerdekaan adalah muslim, sudah rahasia umum penjajah itu siapa, jadi gak mungkin mereka mengusir penjajah masak jeruk makan jeruk, gelarnya saja belanda hitam

          • belanda hitam adalah personel militer belanda dari jajahannya di gambia, afrika
            julukan utk bangsa kita adalah inlanders= pribumi
            membelokkan fakta sejarah seenak udelnya nya sendiri dan jngan sekali2memantik perseteruan antar etnis
            banyak jenderal2 kita dulu yg lulusan akademi militer belanda, kopassus pun salah satu pendirinya adalah orang belanda.
            pak sudirman pun mampu dgn kharismanya mampu membuat personel2 belanda pribumi dari indonesia timur membelot ke barisannya utk bergerilya meski ga semuanya.
            kewaspadaan tinggi boleh asal tidak menjurus ke fitnah

          • Hei otak udang, perjuangan Indonesia bukanlah perjuangan muslim saja, atau jangan-jangan adalah kamu keturunan para pemberontak yang dulu telah ditumpas NKRI karena leluhur kalian ingin mendirikan Negara Islam Indonesia? Berarti kalian adalah BARISAN SAKIT HATI yang mengaku mengatasnamakan Islam dan atas nama Bela Negara.

            Padahal kalian adalah keturunan para pemberontak

    • yg anti Islam jg x ya
      Mereka pasti senang umat Islam Indonesia kalo habis krn Indenesia adalah “benteng” terakhir umat Islam didunia.
      Sejarah membuktikan banyak para pejuang yg rela berkorban nyawa lebih krn mengharap ridho Allah bkn krn demi pemimpin.

      • terlalu tinggi angan-angan anda bung @Panjilei πŸ˜€

        Jumlah penduduk muslim
        – Pakistan 178 juta
        – India 177 juta dan pada tahun 2050 akan menjadi 311 juta
        – Indonesia 207 juta

    • yg benci pancasila = yang hina pancasila !

  5. pagi itu gak usah pada debat atau saling sindir mendingan ngopi aj dulu.
    .hihihi

  6. Sudah pasti rakyat akan bela negara tetapi belum tentu bela pemerintah. Karena negara adalah Indonesia sedang pemerintah adalah rezim yg berkuasa hiii…

  7. Sorry byk salah ketik
    Itu mksdnya Pancasila

  8. Pramuka bisa jadi sarana bela negara

  9. Program bagus..pasti disiplin dan rasa satu komando menjadi kekompakan bangsa..itulah intisaripati bela negara..

  10. jiwa2 bela negara yg cinta tegak.y NKRI bukan jiwa2 perongrong dan penghianat yg..syarat kepentingn.untuk tercipta.y kekacauan.sara dan ambisi pribadi dan golongan..

    • Betul bung @Aweawe
      menurut saya, mereka adalah keturunan para pengkhianat DI TII dan NII yang kini ingin menyusp dan menyusun kekuatan kembali. Ini lebih berbahaya dari serbuan TKA yang jelas-jelas dapat dibedakan dengan mudah karena casing (perawakan) dan logonya (bahasa) beda dengan orang pribumi, nah klo namanya pengkhianat, mereka sulit dibedakan, karena casingnya sama, tapi isinya beda

  11. rakyat pasti siap rela bela negara….tapi rakyat mana dulu????kalau rakyat miskin pasti siap berkorban nyawa demi negara…tapi ada rakyat lain yg lebih suka jadi antek cukong menlend dan suka naikkan harga kebutuhan dasar rakyat miskin juga ada

  12. Dalam Bela negara rakyat nggak usaha diragukan lagi, bela pati kami pertaruhkan untuk negara ini, tapi belum tentu bela pemerintahan. Aku setuju komen wong koclok, rakyat pasti bela negaranya tp belum tentu pemerintah. Wong contohnya FPI aja yang ikut bela negara kok dilarang,,, k blinger kali pemerintah

  13. yang akan terbukti bela negara atau tidak akan terlihat pada perang di natuna……mana yg akan daftar relawan perang…..mana yg antri tiket pesawat pergi ke singapura,menlend,hongkong

  14. pilih makan singkong bergabung dengan pejuang apa pilih makan keju bergabung dengan Belanda ?

  15. apalagi anggaran bela negara bisa dislewengkan,,, halah….

  16. pilih makan singkong tapi pake keju
    jadi agen intelejen negara yg mampu menyusup dan membocorkan rencana musuh kepada bangsa dan negara meski di cap pengkhianat oleh rakyat dan rela di eksekusi langsung bila ketahuan .
    banyak diperang kemerdekaan yg jadi seperti ini namun mereka tidak di koar2kan sebagai pahlawan.
    beda ya dgn jaman sekarang.

    • Mending pilih singkong rebus yang ditaburi keju parut dan cokelat, dimakan hangat-hangat.. wuih lezat bung, ditemani segelas kopi hitam, srupuut…gleg… πŸ˜€

  17. Dulu ada yang mirip dengan bela negara, istilahnya adalah P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila), namun dianggap sbg alat oleh persiden RI ke 2 makanya skrg dibuang ntah kemana P4 tersebut, padahal disitu cukup bagus, bagaimana kita diajarkan mengerti ttg pancasila dan bagaimana mengamalkan pasal-pasal yang terkandung didalamnya, klo saran saya sih diadakan lagi sistem penataran P4 seperti dulu sebagai pelengkap bela negara, sebab bila tidak, apa yang terjadi skrg adalah contohnya, bagaimana orang-orang tidak mengerti lagi apa arti pancasila.

    Bila pada masa lalu dianggap program P4 ada yang salah, sekaranglah saatnya utk dilaksanakan lagi program P4 yang telah dikaji ulang dan disempurnakan.

  18. butir pancasila sila ke satu menurutku hanya milik orang2 islam, TUHAN yg maha ESA
    hi hi hi
    itupun sudah mending dari pada gak kebagian sama sekali sebelum diubah atas usul aa.maramis
    he he he
    ayo dbuka sejarah lagi, pasti ketemu pahlawan yg sebenarnya

  19. saya pengen bercita-cita jadi petani looh, tanah sendiri, panen sendiri, ane jual sendiri,,tengkulak macem2 ane laporkan pihak berwajib…

    • pertahankan lahan sawah dan ladang dari pembangunan gak berguna dan pengembang, pertahankan tambak2 dan empang2 dari pembangunan dan pengembang……lakukan riset pertanian, buat edukasi pertanian, tanam mindset bertani itu menyenangkan kepada anak cucu kita..gak usah malu..

  20. Nggak belajar dari sejarah,…. Saat Perang kemerdekaan Banyak lho warga negara yang jadi antek-antek penjajah dahulu kala….

    Makanya ada etnis-etnis tertentu yang dahulu jadi “target” para pejuang kemerdekaan…! suka atau tidak itu kenyataannya.

    Nha sekarang, ada kegiatan bela negara malah jadi polemik.. Apa memang bela negara hanya untuk etnis tertentu saja? Atau golongan tertentu saja? Kalau memang demikian sebaiknya di sampaikan terbuka… Agar golongan yang tidak diikut sertakan bisa fokus pada hal pembangunan yang lainnya…

    • Betul, betul, betul…malah mereka terang2an menjadi kepala negara boneka/federasi dibawah mandat pemerintah belanda

      Contohnya negara bagian mana saja, tinggal dibuka buku sejarahnya

  21. kalau kita mau jujur..masalahnya di ahok yang telah membuat indonesia jadi runyam..kenapa ahok berkomentar tentng isi kandungan dari al-quran,seandainya dia bijak dgn komntarnya pasti tidak akan ada demo2 yang menghawtirkan..jadi lebih baik kesadaran di mulai dari qta sendiri tentang nkri dan juga tentang islam..qta dak pernah tahu siapa yang islam dan siapa yang cinta nkri. kita semua boleh berpendapat tapi alangkah bijak jika pendapat kita mencerahkan bagi saudara se aqidah dan sebangsa. semua teriak2 cinta nkri,tapi tahukah kalian bagaimana cara dari mencintai bangsa ini..kawan kita dalam masalah perpecahan jadi mari kita rapatkan barisan dgn cara menghindari debat yang membuat kita merasa paling benar..cobalah kita berusaha mendengarkan saran dari orang lain..sekian dan terima kasih mudah2n tuhan selalu memberkati bangsa kita

  22. Yg mampu bicara di mimbar BPUPKI untuk membuat dasar negara hanya 5 tokoh. Ke 5 tokoh tsb semua adalah tokoh Islam. Tengok sejarah lagi. Mrk 5 tokoh itu mengambil konsep dari al-quran, termasuk 5 sila oleh bung Karno.