Jan 092017
 

Jenasah Haryanto, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Tulungagung, yang dikabarkan meninggal dunia di Malaysia, pada selasa pekan lalu (3 Januari 2017), Akhirnya tiba di rumah duka di desa Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jenazah korban sempat tertahan di rumah sakit di Malaysia untuk  kepentingan outopsi karena terdapat kecurigaan atas kematian korban yang dinilai tidak wajar dan ada indikasi akibat tindak kekerasan.

Usai penyerahan jenazah dari pihak BNP2TKI,  pihak keluarga langsung membuka peti untuk memastikan jenazah korban. Keluarga seketika langsung histeris dan tak kuasa menahan tangis, saat menyaksikan jenasah korban.

Menurut, Abdulah, Kepala desa Ngunut, Keluarga sebelumnya sempat mendapat kabar, jika korban meninggal akibat sakit, namun belakangan berhembus kabar jika kematian korban adalah akibat tindak kekerasan.

“Keluarga awalnya mendapata informasi jika Almarhum meninggal karena masuk angin, tapi berikutnya keluarga mendapat kabar jika meninggal akibat kekerasan,” papar Abdullah kepada jakarta greater (08/01/2017)

Sementara itu, pihak Dinsosnakertrans kabupaten Tulungagung, Jawa Timur yang turut mendampingi pemulangan jenazah korban, saat di konfirmasi terkait penyebab  kematian korban, tidak dapat menyampaikan secara pasti. Berdasarkan surat yang di terima dari BNP2TKI, kuat dugaan jika kematian korban merupakan akibat tindak kejahatan.

Saat ini pihak Dinsosnakertrans kabupaten Tulungagung terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia untuk memastikan ada atau tidaknya hak-hak korban selama menjadi buruh migran di Malaysia. Karena saat berangkat menjadi TKI, nama korban tidak tercatat di data base Dinsosnakertrans kabupaten Tulungagung.

“Saat kami chek, nama korban tidak ada dalam data base kami, maka bisa kami nyatakan ilegal. Terkait kondisi korban, menurut surat dari pihak BNP2TKI, korban meninggal akibat tindak kejahatan,” jelas sunarto, kabid penempatan tki dinsosnakertrans Tulungagung

Usai disholatkan di rumah duka, jenazah korban langsung diberangkatkan menuju ke pemakaman umum desa setempat untuk dimakamkan.

  6 Responses to “Jenazah TKI Tewas di Johor Malaysia, dipulangkan ke Tanah Kelahiran”

  1. walaupun ilegal tetap harus diusut

  2. Neg maiaysia neg yg tdk melindungi H A M. perlindungan ham di malay sgt buruk.

  3. malaysia krisis ham

  4. Gugur seorang pejuang, masih ada jutaan lagi yang siap menunggu perintah untuk membumi-hanguskan kebun pisang di malaysia pantek 😀

  5. Malon jongos british,malon jongos cina,malon jongos arab,matilah kau sekarang dah miskin,nak ganti jet pejuangpun mesti tunggu masa 20 tahun kah kah kah

  6. kah kah kah, terguncanglah korang indon indon sekalian, itulah nasib korang bilamane nak jadi jaguh kat jiran, baiklah persekutuan tanah melayu tak jatuh kat tangan indon raya, habislah nanti singapork, malay n brunei menjadi lautan hampeh macam kat rumah mat indon raya

 Leave a Reply