Jan 072017
 

Menteri Pertahanan Tomomi Inada disambut oleh Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian menjelang pembicaraan di Paris pada hari Jumat. (AFP-Jiji)

Menteri Pertahanan serta Menteri Luar Negeri Jepang dan Perancis melakukan pertemuan “dua-plus-dua” pada hari Jumat, untuk memulai negosiasi perjanjian bilateral tentang berbagi pasokan dan jasa pertahanan.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan di Paris, para menteri juga menyatakan oposisi terhadap “tindakan sepihak yang akan meningkatkan ketegangan” di Laut Cina Selatan. Hal itu tampaknya merujuk pada reklamasi Tiongkok dan kegiatan lain di perairan yang diperebutkan itu.

Pertemuan ketiga antara kedua negara melibatkan Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada dan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida, serta Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian dan Menteri Luar Negeri Jean-Marc Ayrault.

Di bawah akuisisi dan perjanjian cross-servicing, Pasukan Pertahanan Diri Jepang dan militer Perancis akan saling menyediakan perlengkapan, seperti air dan makanan, dan layanan, termasuk peralatan transportasi dan jasa perbaikan.

Ayrault mengatakan pada konferensi pers bahwa Perancis dan Jepang telah mengambil langkah baru dalam kerja sama pertahanan serta akan mampu untuk lebih berkolaborasi pada bantuan kemanusiaan dan operasi penjaga perdamaian PBB.

Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa Jepang dan Perancis akan berusaha untuk menyelesaikan akuisisi dan lintas-porsi kesepakatan “secepat mungkin”.

Sebelumnya, Jepang dan Perancis menggelar pertemuan “dua-plus-dua” antara menteri pertahanan dan menteri luar negeri pada Maret 2015. Pertemuan selanjutnya diharapkan akan diadakan di Tokyo pada tahun 2018.

Jepang sudah memiliki perjanjian serupa dengan Amerika Serikat dan Australia, dan sedang melakukan negosiasi kesepakatan dengan Inggris dan Kanada. Semua itu merupakan upaya Tokyo untuk memperluas kerjasama pertahanan dengan negara-negara lain.

Sumber: South China Morning Post

Artikel Terkait :

  3 Responses to “Jepang dan Perancis Mulai Membahas Kerjasama Berbagi Pasokan Militer”

  1. Joooozzzzz..

  2. Istimewa.. menhan Jepang tyta perempuan..

  3. persilangan antara jepang-perancis akan menghasilkan mutasi gen yg bermutu tinggi seperti Miyabi contohnya yg jadi figur fantasi no wahid

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)