Sep 252016
 

Sebuah jet tempur F-35A yang sedang mempersiapkan misi pelatihan di Mountain Home Air Force Base, Idaho, terbakar sesaat sebelum lepas landas, menurut Angkatan Udara AS.

Jet tempur F-35A Lightning II Angkatan Udara, yang ditugaskan pada Latihan Tempur Udara ke-56, mengalami apa ayang dinamakan sebagai “ground emergency” sekitar pukul 12:20 pada hari Jumat, 23/08/2016, menurut pernyataan pejabat Angkatan Udara AS.

“Pilot harus berjalan keluar pesawat pada saat mesin dinyalakan karena muncul percikan api dari bagian belakang pesawat”, kata pernyataan itu. Api itu dapat dipadamkan dengan cepat, kata petugas. Pilot tersebut bertugas di Skuadron Tempur ke-61 di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona.

Para pejabat mengatakan sebagai tindakan pencegahan, pilot dan 4 awak Pemeliharaan Pesawat unit ke-61, yang juga berasal dari Luke, beserta 3 awak Pemeliharaan Grup ke-366 dari Mountain Home diangkut ke pusat medis pangkalan Angkatan Udara untuk di evaluasi dan sekarang telah lepaskan.

Sebanyak 7 unit jet tempur siluman generasi kelima telah berada di Mountain Home sejak tanggal 10 September 2016 untuk memakai lapangan tembak pangkalan sebagai tempat pelatihan rudal permukaan-ke-udara, menurut pernyataan pejabat tersebut.

Angkatan Udara mengatakan bahwa penyebab kebakaran saat ini sedang diselidiki.

Pada tahun 2014 lalu, pejabat militer AS telah berhenti menerbangkan jet tempur F-35A yang diproduksi oleh Lockheed Martin Corp setelah salah satu jet tempur tersebut terbakar saat lepas landas.

Pekan lalu, Angkatan Udara AS memerintahkan “grounded” sementara sekitar 13 unit dari total 104 unit armada jet tempur F-35A “karena penemuan isolasi yang terkelupas di avionik serta rusaknya isolasi baris pendingin dalam tangki bahan bakar”, menurut keterangan pers pada saat itu.

Dua jet tempur F-35A milik Angkatan Udara Norwegia yang saat ini ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona, juga telah mengalami masalah yang sama dan terpaksa di “grounded”.

Pejabat di Asosiasi Angkatan Udara pada saat acara tahunan Air Space & Cyber Conference mengatakan akan segera memulai perbaikan tambahan pada sejumlah jet tempur F-35A yang saat ini di “grounded”, namun ia tidak memberikan rincian kapan akan diselesaikan.

© JakartaGreater.com

  36 Responses to “Jet Tempur F-35A Terbakar Sebelum Lepas Landas”

  1. kaleng krupuk terbakar

  2. Wah, amerika bakal untung besar nih jual F-35, padahal biaya suku cadang dan produksi hanya 20% – 25% dari harga jualnya 😀 hehehehe… 50% keuntungan dari penjualan digunakan untuk membeli F-35 militer AS, 10% buat biayai Israel, sisa 40% untuk riset senjata baru, beli rudal dan upgrade F-15nya.

    Mantap!!!

  3. Mungkin Biaya Kuota Internet Anda Untuk Debat, Di Bayarin Mbah Bowo Semua Kali Ye …xi…xi…xi…

  4. MBAH MENGAJAK SEGENAP WARGA JAKARTA, PILIH DAN COBLOS AGUS HARIMURTI, AGAR JAKARTA LEBIH SANTUN DAN RAPI. TIDAK AROGAN DAN KASAR MAIN GUSUR.

  5. ENTUT MBAH ENTUT…
    NGAJAKIN ORANG MEMILIH PEMIMPIN SANTUN TAPI, MBAH SENDIRI KOMENNYA GAK SANTUN

    ENTUT MBAH..

  6. nie pesawat mahal nya gak ketulungan,banyak masalah nya juga gak ketulungan,
    entar kalo udah pada beli trus di pake perang, yg satu pas mau lepas landas terbakar,yg satu lagi lepas landas bisa tapi pas di atas software eror,belum bener musuh sudah di depan mata,pilot pasrah deh,mau nembak macet gara2 itu tadi software eror ,mau kabur power pesawat musuh lebih superior (kalo ngadepin su 35 ),kalo sudah gitu pilot cuma mengerutu,dasar ASU eh salah USA wkwkwkwk!!!

  7. Caarrriiiiinnnnnnnn…!!!
    Di mana dirimu…?
    Jangan ngumpet, dirimu harus bertanggung jawab dengan musibah ini… :p

  8. @mabah bowo : Jujur saja siapapun gubernurnya tidak dapat melunasi hutang saya!
    Kalau mau debat politik jangan di sini, di sini hanya tempat ngebuly manusia siluman yang setres seperti mbah…
    Btw mbah pernah ikut andil apa untuk merubah keadaan negara atau minimalnya Jakarta?
    Setidaknya saya ada cerita untuk anak cucu saya ketika ikut turun ke jalan pada tahun 1998 yang dimnana saya menyaksikan Jakarta di landa kejadian kerusuhan disana sini.
    Saya adalah sedikit manusia yang menggunakan ammamater melakukan perjalanan dari Grogol — Tamansari – Kemayoran – Pulomas – Cawang – Cakung…
    Lalu apa cerita mbah untuk di shre kepada kita selain ingat dosa tapi belum eling dan sudah bau tanah…

  9. Tes

  10. knapa senjata strategis kena masalah banyak ? Trs dipublish lg.

  11. @kang del : Karena USA adalah selah satu selebritis / figur dari semua yang bersifat militer.
    Jadi meskipun banyak kendala dari barang dagangannya, mereka (USA) memberikan angin surga untuk para pelanggannya.
    Terima atau tidak terkadang banyak negara yang ingin tampil sebagai yang WAH meskipun menggunakan alutista yang WEW.
    Untuk itu Loockhead Martin Corp dengan izin Pentagon serta petinggi kepemerintahan USA sepakat mempromosikan F35 Series ini dengan Discount yang menggiurkan…

    Pak Menhan tidak ingin beli juga pak?
    Mumpung discount pak??
    Beli 2 geratis 1…
    Yang 1nya sudah habis terbakar dan sisanya nunggu terbakar…
    wkekwkwkwkwkwkwkwk….

  12. Waduh si gendut kebakaran kok bs ya……

  13. Barang ASU made in China

  14. Gini nih klo pesawat pakai bahan bakar gas 3 kilo,gampang meleduknya deh.

  15. Semua barang itu pasti mengikuti Murphy’s Law.

    If all F35 are nothing but trash, then thoem clones made China would be errrr… What again?

    Even the mighty Sukhoi PAK FA was on fire as well, so … what’s the big deal? 🙂

  16. kaleng krupuk amerika kebanggaan para wannabe sini lagi kebakar, langsung para centcom bayaranya berusaha mengalihkan isu ke pilkada….., woy asu… kaleng rombengmu terbakar wkwkwk.

  17. Jangan dihina terus dong pespur F35!!! Tuh pespur emang khusus dipersiapkan menghadapi mig 15,mig 17,mig 19, milik korut. Bukan diadu dg Flanker family,fulcrum familiy,J10 up series family,apa lagi family 100. Wkwkwkwkwk….

  18. wah banyak juga masalah si F35..kasian USA

 Leave a Reply