Dec 172015
 
F-16 Mesir

F-16 Mesir

Pesawat Angkatan Udara Mesir dalam beberapa bulan terakhir menyeberang ke ruang udara Israel dalam kampanye militer Mesir terhadap pemberontak di Sinai yang bergabung dengan ISIS, ujar Ynet.com

Penerbangan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan tampaknya dilakukan dalam koordinasi dengan IDF, terutama di daerah perbatasan segitiga antara wilayah Israel, tanah Mesir, dan Jalur Gaza selatan.

Penerbangan ini diyakini yang pertama kali terjadi, sejak pesawat tempur Mesir memasuki wilayah udara Israel pada Perang Yom Kippur tahun 1973.

Pesawat Mesir membom target ISIS hanya beberapa kilometer dari perbatasan Israel, di sekitar El Arish dan Sheikh Zuweid di Sinai utara. namun masuknya pesawat tempur Mesir ke wilayah udara Israel tidak menimbulkan bentrokan dengan pesawat Israel, mungkin karena ada koordinasi sebelumnya.

Meskipun ada perjanjian damai Israel dengan Mesir dan memiliki koordinasi operasional dan intelijen yang dekat dengan Angkatan Udara Israel, namun setiap upaya potensial yang memasuki wilayah udara Israel, biasanya ditanggapi dengan sangat serius. Puluhan pesawat tempur dikerahkan ke Dataran Tinggi Golan, tahun lalu karena pesawat Suriah membuat gerakan-gerakan yang mencurigakan. Di wilayah selatan, prinsip IAF adalah bertindak dengan sangat hati-hati.

Sekitar empat tahun yang lalu, dengan adanya kekuatan ISIS yang menjadi jauh lebih aktif terhadap militer Mesir di Sinai, Israel menempatkan klausul perjanjian militer damai dengan Mesir ke dalam tindakan, yang memungkinkan masuknya tank dan pesawat tempur ke Sinai, termasuk titik paling timur dekat Israel.

Pasukan Mesir telah mengambil keuntungan dari izin ini, dan sejak itu telah ada puluhan serangan oleh pesawat tempur dan helikopter terhadap sasaran teroris di daerah tersebut.

Angkatan Udara Mesir juga telah mengoperasikan drone dalam perang melawan organisasi ekstrimis di Sinai.

Israel percaya bahwa dua video baru-baru ini dirilis oleh organisasi di Sinai yang menyerukan serangan baru terhadap sasaran Israel, bukan kata-kata kosong – meskipun mereka belum mengarah pada ancaman nyata.

IDF dan Shin Bet telah meningkatkan upaya, dengan mendirikan sebuah departemen khusus untuk mengumpulkan informasi intelijen di daerah Sinai. Ynet telah belajar dan lebih banyak sumber daya dialokasikan untuk pengumpulan intelijen di perbatasan Mesir karena ancaman ISIS.

Ynetnews.com

Bagikan Artikel:

  8 Responses to “Jet Tempur Mesir Masuki Wilayah Israel”

  1. absent…

  2. masuk saja, kan sahabat..

  3. Kesempatan buat Hamas kirim roket ke Israel mumpung Iron Dome nya lagi di ‘pause’ tuh

  4. hehehehee sorry g kepancing koment bombastis nih artikel

    semua warjag udah ngerti kl Iz ma Mes temenan
    biasa kali

    kecuali drone Palestine masuk tanpa perlawanan .. itu baru heboh

  5. pespur mesir klo salah sasaran bisa kacau nih…heheheee…

  6. harusnya tni pesen lagi 500 pswt f16 bekas dr amerika..jadikan drone..jangan pake pilot..lengkapi rudalnya pake rudal dlm negri..jd gk resiko pilot kita gugur gr2 f 16 jatuh..minimal buat pswt drone kamikaze buat gempur singaporno kalo macem2..

  7. 24 + 6 F-16C/D aja banyak yang ngomel2 gaje apalagi beli 500 unit, untung aja nick situ adalah @ngimpi, jadi MEGA KARTI tambahin jadi 500 unit F-22 dan 500 unit PAKFA … kikikikih …

 Leave a Reply