Feb 022017
 

MOSKOW – Rusia saat ini sedang melakukan tes penerbangan jet tempur paling canggih dan modern Mikoyan MiG-35, yang akan masuk ke layanan tahun 2019. Para ahli mengatakan bahwa MiG-35 dapat mengungguli jet tempur F-35 Lightning II Angkatan Udara AS. (RBTH, Senin)

Jet tempur baru MiG-35 Rusia yang menjalani tes penerbangan di luar Moskow, seperti dilaporkan oleh Yury Slyusar, kepala United Aircraft Corporation (UAC), kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Jet tempur yang akan memberikan dukungan udara untuk operasi darat dan perlindungan udara untuk pesawat pembom, termasuk Su-34, yang berhasil membantu Rusia melawan ISIS di Suriah.

Para ahli menekankan potensi ekspor dari MiG-35, khususnya di Timur Tengah.

UPGRADE

MiG-35 merupakan versi upgrade menyeluruh dari jet tempur MiG-29.

“MiG-35 mampu membawa semua jenis amunisi yang ada saat ini dan amunisi masa depan, termasuk senjata dipandu laser”, kata Pavel Bulat, kepala Sistem Mekanika dan Energi di Lab Internasional University Teknologi Informasi, Mekanika dan Optik.

“Pesawat ini dirancang untuk beroperasi di lingkungan yang diperebutkan dengan sengit, di bawah serangan musuh baik dari udara dan darat”, tambahnya.

Jet tempur dilengkapi peningkatan avionik, radar yang lebih maju, dan tanda tangan radar (RCS) yang jauh lebih rendah daripada jet tempur yang saat ini beroperasi.

Kapasitas muatan maksimum MiG-35 adalah 6,5 ton, dan secara bersamaan dapat melacak antara 10 hingga 30 target udara maupun darat pada jarak hingga 100 mil (160 km). Selain itu, dapat menyerang hingga enam target secara bersamaan.

HARGA MURAH

Jet tempur baru ini memiliki banderol harga sekitar USD 16,8 juta. Artinya harga yang jauh lebih rendah dibanding pesawat lain yang sejenis menjadi salah satu keuntungan utama MiG-35. Misalnya Dassault Rafale Prancis, memiliki harga dua kali lebih mahal. (Merujuk pada harga Rafale Standar)

“Desain pesawat ini sebagian menyerupai F/A-18, yang merupakan andalan Angkatan Laut AS”, kata Bulat. “Keduanya memiliki aerodinamis fenomenal dan manuver. Tenaga mesin MiG-35, memang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Rafale Perancis dan Eurofighter Typhoon”.

Bulat menambahkan bahwa MiG-35 dapat bersaing setara dengan jet tempur generasi kelima Amerika Serikat.

“Jika diadu melawan F-35 Lightning II, yang merupakan raksasa dengan kemampuan manuver dari pesawat serang darat, MiG-35 tentu akan menyelesaikannya di atas”, kata Bulat. “Namun, untuk melawan sebuah jet tempur F-22 Raptor maka akan membutuhkan tiga unit MiG-35”.

PELUANG EKSPOR

MiG-35 memang dirancang dengan tujuan ekspor dan ada harapan pada pasar yang besar di negara-negara yang saat ini telah menerbangkan pendahulunya, MiG-29, kata Victor Murakhovsky, kepala editor majalah Arsenal Otechestva.

“Pesawat ini akan menarik bagi negara-negara di Timur Tengah”, kata Murakhovsky.

“Jet tempur MiG-35 akhirnya akan menggantikan armada MiG-29 yang ada di Angkatan Udara Rusia”, kata Bulat. “Sekitar 80 – 100 unit jet tempur tersebut dapat dipasok ke dalam unit pembom tempur dan antara 120 – 150 lebih akan digunakan sebagai unit tempur”.

JakartaGreater

  26 Responses to “Jet Tempur MiG-35 Menantang Supremasi AS di Angkasa”

  1. Mig 35 Bio Diesel.

    • solardex, bung

    • Coba kalau seandanya di 27 propinsi masing masing di kasih 1 skwadron pesawat ini.

      ga kebayang dech…..!!!

    • kl menurut gw drpd nunggu su35 yg lama+mahal mending sementara rekrut dl 1 skuadron mig35 taro di riau buat bendung singapura yg bakal kedatengan f-35, kl uda br su-35 taro di lanud adisucipto, buat malaysia mah lawan gak usah pake pesawat bagus2, taro s-400,buk-me jg terlalu mahal buat nembak pesawat dia org, utk di papua mah kasih aja buat pesawat cassa+speaker segede gaban dan setel lagu roma irama buat nakut2in papua new guinea.

  2. Wah… cuma USD 16,8 juta ya? 😀

  3. Beli 1 skuadron su35, 1 skuadron mig 35, dan 1 squadron gripen beuhhhhh plus tni au ganti nama jadi auri gilaaaa kembali ke masa keemasannyaa. Coba MEF (minimum essential force) dijadiin EF (essential force) aja ya

  4. Saya cuma ngebayangin mig35 melakukan ujicoba diluar moskow adalah di Indonesia…mantab!!!!

  5. ayo ng dituku sing akeh sisan ojo mung 8

  6. butuh 3 pesawat Mig -35 untuk berburu satu F22 jika pesawat siluman F22 yang terbang ada 5 berapa banyak MIG-35 yang rontok duluan heheeheee

    Di australia akan ada pangkalan USA terdiri dari skwadron FA15 sampai FA18 kemudian F-35 dan F-22 Raptor berarti kita harus memiliki 100 MIG-35 dan 100 unit SU-35 kalau hanya mengandalkan SU30 dan SU27 bisa dikatakan NKRI hanya tinggal sejarah.

    • Tdk mutlak juga bung, sebentar lagi chinok akan memproduksi Radar anti-stealth, dan Rusia juga sdh mempersiapkan Radar AESA yg mampu mendeteksi Pespur stealth, bayangkan jika SU35 dan Mig35 dipasang Radar yg mampu mendeteksi Pespur stealth, bisa klepek2 tuh F22 dan F35 yg Kemampuan manuvernya jelek 😀

  7. kalo boleh pinjam pakai 1 unit MIG35 … test flight & test tempur disini buat dogfight lawan F16/SU27/SU30/T50, test serangan data/laut … kalo MIG35 mayoritas bisa menang, mari kita borong 3 ska @18 unit …

  8. Kabar di Formil sebelah sudah ditest drive dan sudah dimiliki AURI apa betul ya? Semoga TNI perkasa di ke3 Matra. Bravo TNI. Oh ya karungi napa antek2 Asing yg bermain dimari yg membuat suasana NKRI semakin gerah!

  9. Komentar mimpi basah melulu, beli A satu skuadron lah beli itu satu skuadron lah. Beli pespur kaya beli ongol2 di pasar. Katanya, “Pangkoopsau II Berharap Keterbatasan Jam Terbang Tak Pengaruhi Kemampuan Awak Pesawat.”“Kita dituntut untuk dapat melakukan efisiensi penggunaan jam terbang dengan prioritas “kepentingan operasi” dan “maintaining skill“ bagi para awak pesawat. Hal ini memang sangat dilematis,” kata dia.

    Daripada mimpi basah ga jelas mending berharap dengan alat yg ada di maksimalkan sebaik mungkin

  10. layak buat jadi kuda perah..

  11. Hayoooo…TNI AU mau MIG 35 apa SU 35…?

  12. SU35 BM dan F16 viper hi hi hi

  13. Jet tempur yang akan memberikan dukungan udara untuk operasi darat dan perlindungan udara untuk pesawat pembom,,,, hemmm minimal tni au 1skadron lah….

 Leave a Reply