Aug 192016
 

Pesawat paling mematikan milik Angkatan Udara India, Sukhoi SU-30MKI, melakukan pendaratan pertama di landas pacu Pasighat di distrik West Siang sebelah timur laut India, Arunachal Pradesh, menandai peresmian Landasan Pacu Canggih (AGL) yang hanya berjarak 100 kilometer jauhnya dari perbatasan China.

Landasan pacu canggih Pasighat adalah aset strategis dan akan menjadi salah satu basis operasi di bawah Komando Udara Timur yang mampu dioperasikan semua jenis pesawat dan helikopter.

Kiren Rijiju, Menteri Dalam Negeri India, yang berada di Arunachal Pradesh, meresmikan lapangan terbang yang telah diperbaharui. Landas Pacu Canggih di Pasighat tidak terpakai sejak perang China-India tahun 1962.

Kapten Grup Mohonto Panging (pensiunan) hadir pada upacara pembukaan tersebut. Panging berasal dari Arunachal Pradesh dan disana memiliki banyak pilot Sukhoi yang menjalani pelatihan di Moskow dan kemudian pergi ke Rusia untuk membawa batch pertama dari 12 jet tempur Sukhoi ke India pada tahun 1997.

Arunachal Pradesh memiliki perbatasan internasional sepanjang 1.680 km, dimana 1.080 km adalah berbatasan dengan China. India akan meningkatkan dua Landas Pacu Canggih lainnya di Arunachal Pradesh. Sumber dari Departemen Pertahanan mengatakan kepada Sputnik, “Pekerjaan sudah hampir selesai. Lebih dari 75% pekerjaan peningkatan yang telah dilakukan dan diharapkan mulai beroperasi pada akhir tahun ini”.

Sementara itu, proyek ALG lain di Tawang, yang dimulai pada tahun 2014, sedang berlangsung dan diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun depan. Pada bulan Mei tahun ini, Kementerian Pertahanan India memberitahu Komite Tetap Parlemen bahwa 24% kemajuan fisik telah selesai. Sebelumnya pada Maret dan Mei tahun ini, peningkatan ALG diresmikan di Mechuka, Ziro di timur laut India.

Sumber: Sputnik News

  38 Responses to “Jet Tempur Paling Mematikan SU-30MKI Mendarat 100 Km dari Perbatasan China”

  1. siplah

  2. Paleng Mematikeun…

  3. Good good

  4. Almost ‘pertamax’

  5. hancurkan!!! 😛

  6. ah gada ramenya..

  7. Ayo India.. Hajar China….

  8. Paling mematikan gile bener, sukhoi 35 kalah dgn su 30MKI …gile bener,,, jet tempur canggih dikalahkan dgn jet tempur hebat

  9. daripada malon ikannya di curi cuma bisa liat,dan claim di lcs cuma memantau saja

  10. Hahaha… @D-Jing laper yah makan dulu sono… Malem-malem ada gembel kelaparan..

  11. ada yg lagi ngigau,kebanyakn tdr
    lon lon,

  12. motor mabure biasa ae mas isik hibat malon kere mabur terus ilang sak lawase, bener to mas edodol.

  13. Malon mengakui. Ketiak british lebih wangi. FPDA=LGBT kumpulan banci, India sudah tahu pahitnya membela malonmaling, terpisahnya pakistan, dan kashmir adalah buah dr bermusuhan dengan Indonesia.
    Musuh kami adalah imperialis, dan brutush adalah salah satunya. Kalo cuma slave british jangan ngaku musuh Indonesia !!!! Ga level.
    FPDA adalah Najis tralala

  14. @D-njing
    wakakakak ngaca dolo loe malay balon …… dasar bangsa penjilat
    kami bangsa pejuang tidak pernah takut lawan siapapun …..sini serang kami biar kami tebas leher kamu lon

  15. salah satu id yg kebanyakan minum fermentasi pisang…halusinasi akut menolak kenyataan menjadi tukang cuci piring…

  16. si mimin maen ke pasar nih….
    miiin… sini miiin… ada pisang nih…
    😛 Hahahaha

  17. selamat utk butet & ewie atas emas di olimpiade RIO cabang badminton…NKRI vs malaysia

  18. Padahal yang mau hancur itu kamu lon, di gempur Cina..

    India gak ada masalah apa”,malah butuh jualan sama kita.. Inggris bangkrut, dah minggat, kluar dari uni-eropa.. FPDA mana suaranya? Ausie Nyalinya ciut, atut sm china..

    Cina sama Indonesia juga g berani macem ” kapalnya di tenggelamin, mereka cuma bisa protes doang..
    Lah negara kerajaan beruk malingsia, filipina di bully,. Di injak”

    Sadarr lon, sadarr..

  19. Dan Jika Soekarno tdk trgulingkn oleh Soeharto..Sabah n Serawak udh jd Wilyah NKRI..Mngapa Demikian 10 hri sblum pnyerangn udh da penumpukan Pasukn Ratusan Ribu..terutama kalbar n kaltim tinggal tngu komando Sang Maestro Bpk.Soekarno..Pemuda” Kalimantan wktu itu dikenakn Wajib Militer,untuk mndkung tentara dprbtsn..Tp Sungguh Beruntung Kau MaloN Perang itu tak terjdi..Nie Pengakuan KakekqU…Dan Bukn mngada2..Mf y cm Pndpt Org Rimba Prbtsn n Siap Diclhkn…Merdekaaa…

  20. malingshit kebanyakan nelen batang pisang, makanya blo’on nya permanen ,,

  21. Awak tak yakin die orang malaysia…cuba tilik bahase die orang

  22. tak usah main tilik tilikan segala, cepat lah malon komen teksi saja biar kami balas apa perolehan piagam pbb malon di lubnan kahkahkahkah

  23. Orang Indonesia ini….( Bhs Indonya fasih sgt)
    Jgn kepancing…..

  24. Kalo kamu sakit hati dg indonesia mendingan angkat kaki aja dr nkri, indonesia kehilangan orang kaya kamu ga masalah

  25. mana ada sama saja . malon itu jauh lebih mundur lebih pengecut dan pastinya lebih lemah dari the great indonesia kahkahkah

  26. Stand Up comedy nya lucu sekali bro…

  27. Wkwk malon keroyokan bangga,bukti pengecut…wkwk katanya adanya fpda plus india kenapa ga serang kami lon ?

  28. Waduh sorry nih tau tau ada email nyangkut, sorry bung joe g sengaja

  29. Pisang mana …. Pisang ….. Buruan dikasih …… Nyet …nyet …. Nih..pisangnya …..

  30. Pisang mana …. Pisang ….. Buruan dikasih …… Nyet …nyet …. Nih..pisangnya …..

  31. Pisang mana …. Pisang ….. Buruan dikasih …… Nyet …nyet …. Nih..pisangnya …..

  32. jadi babu inggris bangga

  33. seni perang apa lon .melawan pejuang sulu aja pake tank dan pesawat tempur… gerilya tu dilawan anti gerilya

  34. Seni perang jilat pantat ya lon?kl itu khusus buat lo aja lon bangsa kami nggak doyan seni perang kesukaan bangsa lo lon wkwkwkwkwk……

  35. emang pada gak capek saling ejek bgtu ya 😀

  36. https://m.youtube.com/watch?v=v-11cd3pzHw

    Look!!look!!ruuk!! Tonton tuh kalo ente masih manusia.. masih hinakah bangsa indonesia bagi kalian?

 Leave a Reply