Dec 312016
 

Presiden @jokowi meresmikan PLBN Entikong Kalimantan Barat sebagai teras rumah yang memisahkan antara Indonesia dan Malaysia (21/12). (@KemensetnegRI )

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat sebagai pemimpin terbaik atau paling unggul di antara para pemimpin Asia-Australia pada tahun 2016 versi Bloomberg.

Berdasarkan data Bloomberg yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu, 31/12/2016, Jokowi merupakan satu-satunya pemimpin negara yang memiliki performa positif dalam seluruh aspek yang dinilai, yaitu menaikkan kekuatan nilai tukar (2,41 persen), menjaga pertumbuhan ekonomi tetap positif (5,02 persen skala tahun ke tahun), dan memiliki tingkat penerimaan publik yang tinggi (69 persen).

Data tersebut juga menunjukkan bahwa bila dibandingkan dengan pemimpin negara lainnya yang memiliki ukuran ekonomi setara atau lebih besar, prestasi Jokowi masih menonjol daripada lainnya. Malaysia dan Filipina yang nilai tukarnya negatif sebesar 4,26 persen dan 5,29 persen.

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye memiliki catatan merah untuk semua aspek. Fakta tersebut didukung dari data bahwa, nilai tukar Won menurun sebesar 2 persen dan pertumbuhan ekonomi yang hanya di angka 2,87 persen, Geun Hye juga memiliki reputasi tingkat penerimaan publik atas dirinya hanya sebesar 4 persen yang menyebabkan dirinya dipaksa untuk mengundurkan diri.

Jokowi telah menekankan otoritasnya kepada lembaga-lembaga politik selama 2016, dengan menggabungkan kepemimpinan dan kepiawaian politiknya, dengan data bahwa ia mengendalikan dua per tiga kursi di parleme. Program keberhasilan “tax amnesty” juga mampu membiayai program pembangunan infrastrukturnya.

Dari keseluruhan pemimpin yang dinilai oleh Bloomberg yaitu delapan pemimpin negara, Jokowi satu-satunya pemimpin dunia yang memiliki semua indikator positif untuk tiga kategori yaitu fluktuasi kurs, pertumbuhan ekonomi dan rating penerimaan publik.

Sementara itu, penerimaan publik paling tinggi dimiliki oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte debfab rating 83 persen, ia juga mendapatkan nilai 7,1 persen dalam upaya menjaga pertumbuhan ekonomi, namun dalam nilai tukar mata uang Peso menurun drastis 5, 29 persen atau mendapat rapor merah.

Pertukaran nilai mata uang paling rendah dimiliki oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping yang menurut data telah turun sebesar minus 6,63 persen, paling rendah diantara yang lain.

Kedelapan pemimpin tersebut yang didata oleh Bloomberg adalah Presiden Tiongkok XI Jinping, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (disebutkan tanpa berurutan peringkat).

Antara

Artikel Terkait :

  131 Responses to “Jokowi Pemimpin Terbaik Asia-Australia 2016”

  1. Nggak berani komen saya. Takut disambit.
    Saya kan penakut.

  2. petugas partai

  3. Sepertinya 2019 tdk perlu ada Pilpres…, alasannya : bisa menghemat anggaran trilyunan…., dan yg pasti pemenangnya toh dah kelihatan…., hii..hiii..hi…

    • Meski di pastikan menang di atas keretas,, pemilu harus tetap ada , itu salah satu contoh demokrasi yg paling baik di asean ,,

      Karena Allah maha tau dan maha berkehendak.. Jika berkehendak 2x ya.. 2x,, to jika berkehendak sekali atau di tengah jln.. Siapa yg sanggup menahan nya ????

    • Benar bung, itu namanya demokrasi. Klotdk ada pemilu itu namanya peguasa rezim dan hancurlah demokrasi. Krn demokrasi di Indonesia jadi contoh negara lain, krn sampai pemimpin RT pun dipilih secara demokrasi

    • Jangan over optimistis dulu bung. Bloomberg media mana punya siapa misinya apa. Parameternya sangat sederhana ketika media ini berani menentukan peringkat prestasi pemimpin dunia. Lagipula perkara basi dan tidak aneh dan tidak luar biasa ketika Jokowi dipuji2 media ini, kan sudah selera media ini dari dulu. Seandainya bloomberg memuji2 Habib Rizik si pemimpin FPI. Itu baru luar biasa sekaligus cetar membahana. Hehehehe….

    • Ya harus ada pemilu donk bro, biar yang sakit hati tambah sakit. Hahahaha….
      Enggak kok. Prmilu tetap harus ada biar semua rakyat indonesia merasa berdemokrasi.

  4. kata barisan sakit hati, Bloomberg sudah dibayar wkwkwjwj

    • Bisa jadi y kan bloomberg hanya media masa!

    • soal bayar2, cina dan jepang paling banyak duitnya..

      kenapa gak xi jinping paling top ?

    • weh, nongol neh ratu cacing ?

      aduh prof, pernah s2 di amrik english-nya kok masih jelek aja ?

      ..“How Asian Leaders Fared in 2016” yang berarti “Gambaran nasib para pemimpin Asia tahun 2016”…

      terjemahan kan simpel aja: “bagaimana kinerja para pemimpin Asia tahun 2016″

      fare : perform in a specified way in a particular situation or over a particular period of time (oxford dictionary)

      “Gambaran”? “nasib”? keseringan mbulet jadi ngawur sendiri…

      ..Jadi, sama sekali tidak ada nobat-nobatan bersubyek “Terbaik” pada artikel itu…

      memang gak ada istilah eksplisit “terbaik” tapi dari 3 indikator yang dibuat bloomberg, faktanya emang ada yang hijau semua, dan kayaknya gak usah debat kusirlah bahwa ybs boleh disebut terbaik, profesor kok cupet amat..

      ..Atau, sebagai hadiah hiburan belaka, dapat saja dikatakan “Siapa yang Terbaik di antara yang Terburuk”…

      tuh yang keseringan mbulet, “di antara yang Terburuk” berarti 8 pemimpin ini yang terburuk di asia ? mana data dari negara2 asia lain ?

      justru klo dibilang “terbaik di antara pemimpin negara2 terkemuka asia-australia” malah ada benarnya, karena data yang ada mencakup rrt, india, jepang, korsel & ausie..

      itu dulu deh

      • profesor cari ketenaran lumayan kalo ada tipi oon bisa di jadiin narasumber

      • kagak ada cacing kroco yang belain ratu ?
        ane tambahin :

        ..Namun, penguatan 2,41% itu belum bisa menutupi penurunan nilai tukar Rupiah (terhadap Dollar AS) yang terjadi sejak Joko Widodo menjadi presiden..

        jokowi dilantik presiden 20 okt 2014, bloomberg hanya menilai kinerja 2016 ! ! ! ! !

        profesor koplak gini gimana mahasiswanya ?
        makanya profesor agama mingkem aja klo bahasannya ekonomi !

        ..Pula, data 2,41% itu rancu karena hanya mencakup jendela data Juli sampai Oktober 2016..

        kurs usd-idr 1/1/16 : rp 13,830
        kurs usd-idr 30/12/16 : rp 13,473, penguatan 2,58%

    • waduh mas-mas ngpaen pd ribut, bnar atw tdkx qt aminin yg trbaik aja,, yg tdk suka d’pemimpin oleh pak jokowi, lbh baik you angkat kaki kelaut aja jdi kerang ke’, jdi ikan lumba ke’, jdi kepiting ke’ atw kluar angkasa aja jdi UPO.

  5. Kalau baik harus diapresiasi, kalau buruk harus dikritik yg membangun. Pemimpin yg baik adalah yg berjiwa besar. semoga selalu sehat untuk memimpin Indonesia.

  6. Komen wes…

  7. Paling kata kaum grup post sebelah bilang itu data kafir…pokoknya ttg jokowi itu hoax…selalu salah…selalu tdk berhasil dn selalu tidak bisa…
    #GustiAllahmoalsare

  8. the amazing jokowi 🙂

  9. the amazing jokowiman

  10. Bloomberg media yg sdh mendunia dan kapasitasnya memberitakan sisi sisi dan fenomena perekonomian dunia sangat dipercaya oleh pengusaha international. Pergerakan grafik suatu komoditas yg diberitakan bloomberg dr detik ke detik sangat mempengaruhi rencana pengambilan putusan di bbrp perusahaan level dunia. Belum lg ulasan ulasan dr ahli ahli yg mrk wawancara memberikan kesadaran ttg bgmn gambaranperekonomian dunia saat ini dan besok hari.

    Adalah hal yg bisa diterima jika bloomberg memberikan penilaian thd bbrp tokoh asia dan dgn bbrp indikator yg bahkan sangat sulit utk dinilai dgn angka angka.
    Dan bila hasil penilaian bloomberg tsb mengkerucut mengarah kpd individu yg ternyata pemimpin negeri ini menurut saya boleh sekali untuk dipercaya. Seandainya hasil tsb mengkerucut kpd pemimpin negara lain bukankah kitapun mempercayainya. Krn tdk tdpt celah celah yg bisa diputarbalikan nuansa nuansa dlm indikator penilaian.

  11. berita dr bloomberg ini,nanti di katakan pengalihan issu lagi,

  12. Menurutku Jokowi presiden terbaik segalaxy Bima sakti…pantes hrs disembah dan jadi presiden NKRi sampai kiamat kubro..ayolah para umat tuan presiden bersimpuhlah… !!!

    • sun go kong @ cari ilmu yg banyak biar cara berfikir anda bisa rasional ya,

      • Sepertinya @Sun go kong sedang menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Dan dia mencoba menyusun kalimat dengan bentuk majas ironi.

        Bukan begitu, Bung @Sun go kong?

    • @Sun go kong : Bapak Presiden Jokowi adalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan benar, beliau bukanlah Tuhan dan tidak sepatutnya di sembah.
      Jika anda ingin membantu lahir batin untuk mensukseskan program pemerintah, cukup berprilaku sebagai warga negara yang baik dan benar.
      Komentar anda di atas mencirikan anda memiliki otak seperti “MONYET” / binatang, yang dapat memprovokasi masyarakat lainnya.
      Jika tidak sanggup berkomentar yang baik, lebih baik anda “DIAM”
      BTW @Diego : Mohon di “DIBANNED” komentar yang mengandung penyesatan dan bermakna provokativ seperti nick name “Sun go kong” ini.

    • gak segitunya kali bang!!
      mending belajar statistika dulu dari pengantar, I, II, III
      kemudian terapkan…
      sesudah diterapkan, berpengalaman dan terampil..
      maka sudah bisa menentukan variabel2 secara nyata..
      dan lihatlah hasilnya.

      itu status anda baru junior lhoo,,
      majalah sekelas Bloomberg,, datanya dikumpulkan, diolah, dianalisis dan disimpulkan oleh akademisi2 terbaik..
      mohon koreksi diri,, salam

    • Sun go kong, Yang pantes jd presiden ituprabowo yo bro.
      Kan prabowo sudah berpengalaman dalam pemerintahan, sudah pernah jadi gubernur kok, mantan TNI lg, pasti akan lebih baik lah kalau dipimpin prabowo. Ekonomi pasti akan jauh lebih baik, pembangunan infrastruktur pasti akan merata, harga bensin pasti sama diseluruh pelosok negeri.
      Ya gak bro.

    • huahahahahaha kacian bodat satu ini

  13. Amiien..moga mrJokowi dua puluh periode dan wakilnya siubed..si Ubed dia pengawal setia pasukan berani mati mr presiden pantes jd ajudannya..wkwk

  14. Yang paling penting rakyatnya yg menilai bukan majalah koran

  15. ini fitnah sumpah

  16. bang pitung @ maksud lhu..tak percaya dgn media sekelas bloomberg gitu ya…
    tdk percayapun tdk apa2
    jadilah warga yg pintar biar tdk mudah diplokoto orang ya.

  17. Ya meski sy tdk memilik pak Jokowi saat pilpres lalu. Tp sy akui dibalik kepolosannya,beliau ini sbnrnya ahli strategi jg,dan kerjanya mmg kelihatan,terlepas dr banyak pihak yg mengkritik,tp ya kita akui beliau sukseslah memimpin Nkri

  18. @Diego : Mohon di “BANNED” komentar yang mengandung penyesatan dan provokatif seperti di atas (nickname : Sun go kong)

    • Aku juga di banned ya. SUN GO KONG pakai majaz ironi koq dibilang penyesatan. Kayaknya Bloomberg juga pakai majaz ironi. Hehehe…..

      • @kelong wewe

        Mau gak dimajaz sama tante….

      • Yang pantes jd presiden ituprabowo yo bro.
        Kan prabowo sudah berpengalaman dalam pemerintahan, sudah pernah jadi gubernur kok, mantan TNI lg, pasti akan lebih baik lah kalau dipimpin prabowo. Ekonomi pasti akan jauh lebih baik, pembangunan infrastruktur pasti akan merata, harga bensin pasti sama diseluruh pelosok negeri.
        Ya gak bro.

      • @kelong wowo
        wonggoblok banyak cocot:
        Ironi (dari bahasa Yunani Kuno ???????? eir?neía, melalui bahasa Belanda ironie) adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Ironi adalah majas yang mengungkapkan sindiran halus. Contoh: Kota Jakarta sangatlah indah dengan sampah-sampahnya.
        lalu hubungannya apa dengan komentar si bodat sungokong??

  19. Gara2 filmny ora payu akhirnya dibuat sinetron

  20. selamat pada pak Jokowi.. lanjutkan

  21. Borong

  22. Jujur & Obyektif saja. Katakan baik kalau itu memang baik, begitu pun sebaliknya. Dukungan atau Kritik adalah hal biasa dalam negara Demokrasi. Ada hak kebebasan untuk berpendapat.

  23. Masih musim berita ginian, fakta nya om telolet om..

    • makanya kalau cari fakta jangan hanya buka situsnya jonru
      ada jutaan situs lho,atau sekali kali keluar dari tanah.jangan tenggelam dalam kebencian

    • Yang pantes jd presiden ituprabowo yo bro.
      Kan prabowo sudah berpengalaman dalam pemerintahan, sudah pernah jadi gubernur kok, mantan TNI lg, pasti akan lebih baik lah kalau dipimpin prabowo. Ekonomi pasti akan jauh lebih baik, pembangunan infrastruktur pasti akan merata, harga bensin pasti sama diseluruh pelosok negeri.
      Ya gak bro.

  24. Semoga Indonesia lekas jadi negara yg adil makmur.

  25. ktp saya untuk pak jokowi 2019

  26. kalau di lihat disekeliling saya memang banyak sekali pembangunan dari terminal bendungan dan jalan. yahh saya pribadi sangat puas dengan hasil kerjanya

  27. KTP Saya untuk :

    pasangan HAR-TAN & SET-NOV

    untuk 2019 …

  28. dalam hati pak jokowi”persetan orang2 menghinaku.yg penting aku bekerja & bekerja demi rakyat & bangsaku.semakin kau caci & hina aku.pahalaku semakin banyak.

  29. paling yg mencaci para koruptor .pungli mafia SDA.yg pundi2 y tercekek .para gromboln nasbung..

  30. Bravo pak jokowi n JK…karna sangkin sibuknya membangun indonesia pak Jokowi gak sempat2 mengarang lagu….hadechh maju terus pakde

  31. untungnya masih sempat olahraga memanah … good …

  32. Yang pantes jd presiden ituprabowo yo bro.
    Kan prabowo sudah berpengalaman dalam pemerintahan, sudah pernah jadi gubernur kok, mantan TNI lg, pasti akan lebih baik lah kalau dipimpin prabowo. Ekonomi pasti akan jauh lebih baik, pembangunan infrastruktur pasti akan merata, harga bensin pasti sama diseluruh pelosok negeri.
    Ya gak bro.

  33. hehe

    • Yach ampun….wayang lgi.

    • Lha Bloomberg bilang apa yang dimari kok judulnya berubah, ya ampyuuun sampe segitunya ya

      • emang ada masalah apa yak?
        kagak ngarti english tanya ane !

        pertanyaan bloomberg: siapa (pemimpin asia) yang (mengalami) tahun terburuk, bagaimana perbandingan para pemimpin asia di 2016.

        klo ditanya yang terburuk, ya presiden korsel yang rapornya merah semua, gitu aja kok repot !

        • tahun terburuk yaa, diantara yg TERBURUK tp jadi yg terbaik,, kirain diantara yg terbaik jd yg terbaik… Xiixixixiii…

          • jangan biasain bikin ruwet-njlimet masalah !

            …diantara yg TERBURUK tp jadi yg terbaik,, kirain diantara yg terbaik jd yg terbaik…

            gak ada tuh istilah ..diantara yg TERBURUK, diantara yg terbaik…

            ada 8 pemimpin asia, bloomberg tanya siapa (dari 8) yang mengalami tahun terburuk -itu doang!

            data yang sama juga bisa dibaca beda, dilihat mana yang terbaik -gitu aja kok repot !

          • ..Sama Dueterte aja kalah pertumbuhan ekonominya…

            ibarat ujian akhir, ada 3 mata pelajaran, jokowi lulus semua -udah gitu doang !
            yang lain punya nilai tinggi tapi gak lulus 1 mata pelajaran, atau kagak ada nilainya seperti najib (karena ma10n negara otoriter)

            ..1 peso itu brp Rp yaa…

            lho kok ngarang indikator sendiri? ?
            klo ngomongin bloomberg ya pake indikator bloomberg aja!

            klo ente mau bikin penilaian baru dengan 5 indikator ya monggo….

  34. usul kepada tuan rumah agar versi aslinya berita ini tolong di muat, agar yg debat di atas meterjemahkan menurut kemampuan bahasa inggris masing”

  35. Su-35nya gmn pak President?

  36. ini adalah presiden terkuat di Indonesia setelah soeharto.dimasa SBY periode pertama dihabiskan menjinakan oposisi,golkar dan JK.ini jokowi periode pertama belum separuhnya semua udah pada jinak.JK nyaris tak terdengar,GOLKAR seumangga dawuh,oposisi diam diam mendekat.bgtu powerful,padahal mas jokowi bukan jenderal besar,

    • JINAK KATAMU??? HEHEHE….DI AKSI 212 KEMARIN SIAPA YG BERHASIL DIJINAKKAN? PESERTA AKSI ATAU JOKOWI? SI UBED CS SEPERTI BIASA PASTI BILANG, JOKOWI BERHASIL MENJINAKKAN PESERTA AKSI DGN “DATANG MENGHADIRI” AKSI TERSEBUT. JOKOWI TELAH MELAKUKAN MANUVER POLITIK SECARA BRILIAN. TAPI ANEHNYA, PENGAMAT POLITIK A.S.HIKAM MENILAI JOKOWI TELAH MELAKUKAN BLUNDER KETIKA MENGHADIRI AKSI TSB. KARENA MENJADIKAN DIRINYA BERHASIL DIJINAKKAN OLEH PESERTA AKSI. DIJINAKKAN SECARA PSIKOLOGI, MORAL DAN POLITIK. INI A.S.HIKAM YG NGOMONG LOH. BUKAN SY. JADI BS ANDA PIKIR SENDIRI DLM SEGALA HAL, SELAMA INI SIAPAKAH SUBJEK YG TELAH MENJINAKKAN DAN SIAPAKAH OBJEK YG TELAH DIJINAKKAN. SIAPA YG TELAH BERMAIN CANTIK NAN BRILIAN.

      • @kelong wowoo:hahaha sak karepnya yg penting dia presiden yg pertama kali keluar dari istana utk bertemu dan sholat bareng para peserta aksi212, dan dia tidak kabur spt yg dituduhkan wktu 411 hahahaha

        politik itu seperti pedang di bolak balik tetep tajem..gak nemuin di bilang pengecut di temuin di bilang di jinakkan pendemo 😀

  37. walaupun saya mencari rezky di negara orang..tp saya sungguh kagum melihat ibu pertiwi di pimpin oleh presiden yang amanah tegas adil dan gak arogant..we here love u presiden jokowidodo.

  38. Btw udah pd buka Bloombergnya & baca blm yaa?? trus terjemahin dah, tapi yg bener yaa terjemahinnya.. Kasian rakyat dikibulin sama media.. Xiixixixiii…

  39. Warjag jadi pada berantem gara-gara tulisan BLUDREG.

  40. Tes lagi

  41. save JOKOWI-JK

  42. Yang gak mau dipimpin jokowi berarti pingin dipimpin najib!wis tuntas.gitu aja kok perot….

  43. Test…

  44. Gini ya saya simpel saja jawabnya.

    Kesalahan utama pak Jokowi adalah bagaimana Pak Jokowi agak berat sebelah kepada penanganan kasus Ahok di awal awal, namun sekarang sudah on the track.

    Mengenai tenaga kerja china, jujur jika tidak begini proyek2 penting infrastruktur seperti pembangunan PLN tidak akan selesai selesai, semua pasti ingat kasus proyek PLN di jaman SBY yang mangkrak di tangan Dahlan Iskan, masak pembebasan lahan saja bermasalah, blm ground breaking pondasi dll, sungguh miris, utang diterima namun proyek mangkrak….sungguh IRONIS.

    Jadi lebih baik utang diterima, pekerjaan Jalan, proyek sukses. Hasilnya dinikmati, setelah itu mereka balik lagi ke negaranya. Simpel jangan dipolitisasi.

    Salam

  45. jaman SBY, pak JK ketua umum Golkar dengan suara yang banyak, sementara suara partai Demokrat cuma 7%

    jaman JKW, pak JK BUKAN ketua umum Golkar, dan PDIP memegang suara terbanyak

    itulah sebabnya, kenapa berbeda nuansa JK saat bersama SBY dengan JK saat bersama JKW … sekarang saatnya SET-NOV …

  46. kelong wewe@ anda ini tdk tahu betul atau pura2 tdk tahu. antara pengamat sj sdh beda cara menyikapi, ya anda tdk usah dengar 1 sumber sj, lebih bagus anda mengamati sendiri pakai cara logika biar anda tdk terbawa2 arus keterpihakkan ke yg buruk, klu berpihak ke pemerintahan yg bersih,jujur, anti korupsi,berwawasan luas ya harus itu, biar negara cepat makmur

  47. Tipu…. Bloombreg dah konfirmasi tuch

  48. Berita tipu2