Aug 202016
 

Amerika Serikat sedang bersiap untuk menyebarkan sistem anti-rudal Terminal High Altitude Area Defense(THAAD) ke Korea Selatan, tetapi tidak jelas berapa banyak peluncur atau pencegat/intersep yang akan menjadi bagian dari baterai tersebut sehingga kemampuan pertahanannya masih tetap ambigu.

Sebuah baterai THAAD penuh termasuk radar AN/TPY-2 dan enam sampai sembilan peluncur yang terpasang pada truk M1075 dapat membawa sekitar delapan pencegat, setidaknya total 48 pencegat untuk mempersenjatai sepenuhnya baterai (peluncur dapat diisi dalam waktu sekitar 30 menit jika diperlukan).

Pada bulan Juli Seoul dan Washington sepakat untuk menyebarkan THAAD dalam menanggapi ancaman dari Korea Utara, namun para pejabat AS telah menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Korut Roket
Kemampuan roket jarak jauh Korea Utara (IHS Janes)

Badan Pertahanan Rudal AS (MDA) menyebut pertanyaan ke US Forces Korea (USFK), yang menolak untuk mengatakan berapa banyak peluncur THAAD dan rencana pencegat itu akan dioperasikan. Seorang juru bicara USFK mengatakan bahwa baterai ada dan akan dioperasikan oleh personel AS.

MDA, yang membeli sistem untuk Angkatan Darat AS, juga menolak mengatakan berapa banyak pencegat telah diterjunkan sejauh ini. Tentara dan kontraktor Lockheed Martin merujuk pada pertanyaan MDA. Lockheed Martin mengatakan bahwa 100 interceptor dikirimkan bulan Juli 2015.

Dimana ada lima baterai THAAD diaktifkan oleh Militer AS, dan semua baterai ini penuh dengan setidaknya enam peluncur yang dapat dimuat dengan 48 pencegat, sebuah sumber mengatakan pada IHS Jane. Unit ini harus membagi sejumlah pencegat di semua baterai AS setidaknya sampai akhir tahun depan.

Rencana anggaran tahun fiskal 2017 akan menghasilkan persediaan total 197 pencegat THAAD untuk Angkatan Darat AS, Wakil Direktur MDA Laksamana James Syring mengatakan kepada sub-komite Layanan Bersenjata pasukan strategis pada bulan April.

Jumlah itu tidak termasuk pencegat yang dikeluarkan dalam pengujian, berarti empat baterai penuh bisa bersenjata lengkap pada akhir tahun fiskal 2017 jika anggaran disetujui dan pengiriman dilanjutkan seperti yang sudah direncanakan.

Sumber: IHS Jane

Artikel Terkait :

  12 Responses to “Jumlah Intersep Sistem Anti Rudal THAAD Masih Belum Jelas”

  1. woow

  2. komenku ga kelihatan

  3. wiiw

  4. wuuw

  5. THAAD THEED THOOD

  6. Kalo indonesia ada duit buat beli thaad? Kira2 dikasih ga sama si asu???

    • Gak dikasi tuh… baca tuh bener-bener… Korsel beli THAAD, tapi yang menggunakan adalah USFK (United State Forces Korea) yaitu tentara amerika yang ditugaskan di pangkalan militer Korea… jadi bukan tentara korea yang boleh menggunakan itu THAAD…

  7. seluruh misile rusu,china,korut…..bakalan di cegat dan pasti jatuh ..!..jauh sebelum sampai targetnya
    s 300/400/500./dong feng/taepodong/ dang dengdong kek…..hanya untuk jadi mercon di halaman rumahnya sendiri…
    http://jakartagreater.com/thaad-bisa-cegat-rudal-balistik-100-persen/
    ha ha ha

  8. sebenarnya seberapa hebat dan seberapa jauh sih jangkauan ini rudal, kok kayaknya buanyak negara yg ketakutan sampai segitunya.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)