Mar 102017
 

Dalam pidatonya baru-baru ini di kapal USS Gerald Ford, Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa ini adalah kapal perang termahal dalam sejarah AS memiliki semua keunggulan selain tak boleh tenggelam.

Kapal Induk Super milik Angkatan Laut AS, USS Gerald Ford (CVN 78)

Dalam game perang tahun 2015, kapal selam Perancis beberapa kali melewati garis pertahanan untuk “menghancurkan” USS Theodore Roosevelt di lepas pantai Florida, menurut laporan terbaru Reuters.

Sejak 1980-an, game perang dimaksudkan untuk mensimulasikan pertempuran nyata antara AS dan sekutunya dan menunjukkan bahwa kapal induk AS telah hancur atau tenggelam setidaknya sebanyak 14 kali, namun jumlah pastinya tidak diketahui karena dirahasiakan oleh Angkatan Laut, menurut laporan tersebut.

Rusia, Cina dan Iran telah meningkatkan kemampuan anti kapal dalam beberapa tahun terakhir, serangkaian langkah yang membuat kapal induk lebih rentan untuk dihancurkan.

Jika USS Gerald Ford tenggelam akibat kapal selam nuklir atau rudal anti-kapal musuh, sekitar 4.500 personel, 70 pesawat dan US $ 12,9 milyar akan tenggelam karenanya. Dengan keterbatasan anggaran angkatan laut, menghabiskan US $ 12,9 milyar untuk sebuah kapal adalah seperti kasus menempatkan terlalu banyak telur dalam satu keranjang, atau diversifikasi yang tak mencukupi.

Trump tampaknya tidak menyadari ancaman yang ditimbulkan oleh negara-negara yang mana AS tidak selalu bisa mempertahankan hubungan bilateral yang positif.

Saat mengunjungi USS Gerald Ford, Trump mengatakan “kapal ini akan menjadi tambahan kekuatan yang luar biasa bagi armada, tidak ada tandingannya. Ini merupakan cerminan masa depan penerbangan angkatan laut. Tidak ada yang mampu bersaing dengan kapal ini”.

Sebuah lembaga “Think Tank” independen telah menunjukkan bahwa itu adalah sebaliknya. Sebuah laporan tahun 2015 berjudul “Ancaman China bagi Kapal Permukaan AS” dari RAND Corporation, yang berkantor pusat di Arlington, Virginia, menemukan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) “telah dengan cepat meningkatkan kemampuan andalan untuk mencari dan menyerang Kapal Induk AS pada jarak hingga 2.000 km (1.300 mil) dari garis pantainya”.

Terlepas adalanya perkembangan yang menarik dari rudal balistik anti kapal buatan China, RAND Corp. mengatakan “analisis ini menunjukkan bahwa adanya pembangunan yang stabil tapi kurang digembar-gemborkan oleh PLA, kapal selam merupakan ancaman yang lebih mampu dan lebih cepat merupakan salah satu yang memberikan resiko signifikan terhadap Kapal Induk AS”.

Sputnik News

  44 Responses to “Kapal Induk AS Rentan Terhadap Serangan”

  1. .
    MAntap dha klo gt
    Hancurkan šŸ™‚

  2. Tapi Tapi tapi carrier us gak mungkin sendirian, carrier strike group https://en.m.wikipedia.org/wiki/Carrier_strike_group . yang ngawal ada destro, cruisser ama submarine

    • Tetap kalah dengan kapal selam Perancis meski dalam simulasi pertempuran, bagaimana bila tempur dengan pasukan gila dari Rusia atau China?? :D jadi “bebek ungkep” dah tuh kapal induk šŸ˜› šŸ˜† hahaha

      • Tapi tapi kalau musuh 1 submarine vs carrier strike group five(ane ambil contoh) 1 cv (4 skadron F/A-18 E/F + 1 skadron EA-18 + 1ska EC2 AWACS + 1ska c-2 + 2 ska heli asw)+7 Arleigh Burke-class destroyer + 3 Ticonderoga-class cruiser masa kalah, bisa aja itu sub cuman diam aja, coba kalau ketahuan salah satu radarnya kan bisa berabe, tapi kalau sekarang gak mungkin france><us, kan mereka anggota nato, bisa aja saling serang jika salah satu keluar dari nato. Kalau russia x us okelah 11-12 beda tipis, tapi kalau cina? Ane kagak yakin

      • Sebuah bom nuklir kiloton rendah…akan menghancurkan 1 armada kapal induk..sekalian kapal2 pengawalnya

  3. weleh sekali tenggelam rugi gede toh AS, .. emang nih kapal induk tepat y tuk nimpukin negara kecil, wat negara yg dah punya rudal canggih pasti senyum2 manis ngeliat nih kapal induk, tinggal pencet tombol merah begitu mungkin jawabnya hheee…

  4. resikonya punya kapal induk….

  5. Sir…yes..Sir…
    Yonhap mana yonhap.

  6. iya klo kapal induk nya sendirian tanpa pengawal kyk punya thailand tanpa kapal selam,, tanpa distroyer,, tanpa fregate, dll.. blm lg pespur yg melindungi nya di langit.. plus satellite, and radar2 canggih di tiap kapal pengawal ny.. pastinya SEAD lebih kuat, dari yg kita duga,, karena meraka juga pasti membuat anti dot utk masalah yg akan di hadapi..

    • bagaimana klo pengawal raja di hancurkan dulu atau dibuat repot siapa pengawalnya, atau bagaimana melindungi sndiri jika bertemu armada kapal lawan yang banyak tak seimbang seperti kisah perang BATTLE OF JAVA. segala kmungkinan bisa saja terjadi kawan… peperangan itu takhtik dan strateghy bukan itu yang dimaksud artikel ini.

      • Betul juga y, tapi sama2 menderita kerugian yg tidak setimpal, klo pengen untung yah bikin kasel stealth dengan torpedo super jumbo menembus barikade

      • battle of java pertempuran apa ya?

        • itu cerita rudvan nistelroy ngambek merengek-rengek gak mau lari walau udah diusir maria ozawa berkali-kali mas xixixxiiiii

        • Battle of Java itu perang antara armada kapal sekutu dan kekaisaran Jepang tahun 1942 untuk mencegah Jepang mendarat dan menguasai pulau Jawa sebagai benteng terakhir sekutu di Asia Pasifik. Pada akhirnya sekutu kalah dan banyak kapal yg tenggelam. Sekarang nasib bangkai kapal itu dibawah ancaman tukang besi bekas Madura, makanya AS, Inggris, Belanda dan Australia minta sama Indonesia agar dijaga bangkainya.

          • itu mah battle of the java sea

            battle of java atau pertempuran jawa ini yg saya bingung wong di pulau itu sering terjadi pertempuran perebutan tahta

          • bung anu masih puzing efek minum kopi pahit sore xixixixiiii

    • Apapun alasannya, sudah 14 kapal induk AS yg hancur dalam simulasi tempur lawan kapal selam Perancis šŸ˜›

      Untunglah baru sebatas simulasi tempur saja. Gimana klo tempur beneran? Selain kapal induk sudah berapa pespur yg jadi kapal selam? sudah berapa helikopter yang jadi lumba-lumba? sudah berapa ribu pasukan yg hilang? :D šŸ˜† hihihih

  7. Ngabisin uang buat Kapal induk…. zaman sekarang RUDAL nya udh canggih semua…. sekali disalvo 5 rudal apa sanggup tu menghadangnya… setidaknya 2 rudal masuk menghujamnya…

    Kapal induk Jadi makanan empuk rudal dari darat, udara, laut….

    • diplomasi kapal perang bung ada unsur politiknya

      salvo 5 rudal gak sanggup selama stock sam masih 3x lipatnya

    • Terus negara yang salvo rudal tadi dikasih LGM 30 sama UGM 133, Beres hehehe

    • @pertamax.
      Kapal induk bergerak dengan formasi. Anggaplah Uss gerald ford ditemani 4 destroyer. Jenis AB class, yg membawa sekitar 96 cell vls, yg dalam kondisi ideal 64 cell diantaranya dialokasikan untuk SAM, itu artinya 4 AB class memiliki total 256 SAM, untuk merontokan 256 unit SAM itu butuh berapa rudal??? Apakah 5 rudal cukup untuk menembus sistem pertahanan 4 AB class yg memiliki total 256 SAM???

  8. betul peperangan memang taktik dan strategi,, tp bukan berarti yg menggunakan kapal induk itu tanpa taktik dan strategi,, justru di buat pengawal ganda seperti distroyer, kadang dua unit kadang 3 unit, plus fregate,, sekira nya ancaman itu bisa di tangani fregate ngapain di hancurkan pake distroyer,, mereka punya satelite utk meliat seberapa besar ancaman nya,, dan seberapa genting kondisi nya.. saya rasa USA bukan negara tanpa taktik dan strategi,, maaf gw bukan pendukung USA, cuma berbicara seperti yg saya ketahui

    • Sejak 1980-an, game perang dimaksudkan untuk mensimulasikan pertempuran nyata antara AS dan sekutunya dan menunjukkan bahwa kapal induk AS telah hancur atau tenggelam setidaknya sebanyak 14 kali, namun jumlah pastinya tidak diketahui karena dirahasiakan oleh Angkatan Laut, menurut laporan tersebut.

      Sudah pasti mereka punya strategi, dan latihan perang sudah dimainkan sejak 1980 sampai sekarang bung… kapal induk selalu dikacangin :D

  9. Penyerangan yg paling mungkin bisa sukses menenggelamkan kapal induk adalah mode silent dan dalam jarak sangat dekat dgn serangan rudal cepat, artinya pake kapal yg disamarkan biar tdk dideteksi sebagai kapal militer, biar kerugian tidak terlalu besar bagi penyerangnya.

    Sebagai contoh kapal perang bani saud telah rontok 12 kapalnya karena dibidik rudal pake kapal nelayan dan bom kapal boat, penyerangan mode silent.

  10. Jika sebuah gugus tempur yg terdiri dari sebuah kapal induk, 3 destroyer, 2 frigate, 1 cruiser, 1 supply ship, 1 kapal comando diserang oleh sebuah Pesawat pengebom berat, 6 buah jet yg di lengkapi rudal ASM penghancur kapal induk plus Jamming POD Khniby atau di atasnya. Kira2 kejadiannya bakal seperti SU 24 v.s USS Donald Mc Cook gak yah.???
    Penasaran aja

    • Tergantung dari kekebalan jamming gugus tempur tersebut bung, tapi saya rasa untuk menenggelamkan Gugus tempur dengan formasi yg bung sebut, pasti tdk cukup hanya dengan bermodalkan 1 pengebom berat dan 6 jet tempur + ECM

      • Setahu saya USS Donald Mc Cook itu adalah destro generasi delta IV. Itu berarti cm setingkat di bawah Zumwald yg berada di kelas delta V. Sedangkan destroyer amrik kebanyakan berada di generasi IV. Belum lagi kita bicara soal Jamming POD Ruskie, yg kalau gak salah masih ada yg lebih di atas Khniby.
        Bukan melebih lebihkan. Tp saat kejadian, Ruskie cm mengirim SU 24, minus senjata dan cm menggotong Jamming POD aja sudah bisa melakukan simulasi serangan sampai berkali kali ke destro amrik dibawah 5 km.
        Jadi, saya asumsikan. Destro amrik belum kebal dgn Jammer dr Ruskie. Begitu pula dgn Kaprang lainnya…

        Maaf kalau salah.

        • Kalau sdh bawa2 su24 dan donald cook, saya nyerah, karna sepertinya kita beda tanggapan tentang berita itu, saya sendiri lebih yakin bahwa berita itu hanyalah propaganda, jadi… Peace šŸ™‚

  11. dengan rudal pesisir bastion dan torpedo skyval sudah cukup membuat rontok….kapal indo memjadi peti mati yang sangat mahall..

  12. AS militernya terkuat didunia sehingga jumawa, tapi ingat roda berputar faktor X jg bs hancur itu armada! Klu disabotase dr dalam gmn? Karena penghianatan orang dalam sulit terdeteksi!he3.

 Leave a Reply