Feb 202017
 

Kapal induk kedua China dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini dan diharapkan untuk masuk layanan pada tahun 2020, kata Xu Guangyu, seorang pensiunan perwira militer China dan konsultan untuk Arms Control and Disarmament China, dalam sebuah wawancara dengan Beijing Media Network.

Kapal induk pertama buatan China yang dirancang untuk membawa jet tempur dan helikopter, saat ini hampir selesai. Kapal induk pertama dari kelas Type 001A, merupakan langkah penting dalam memajukan kekuatan Angkatan Laut China.

“Kapal induk sedang dibangun seperti yang direncanakan. Sebagian besar pengerjaan konstruksi utama dan desain telah selesai. Lambungnya telah dirakit di galangan kapal. Kapal akan segera dilengkapi dengan fasilitas penerbangan, radar dan fasilitas lainnya”, kata juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian pada bulan Oktober 2016, saat menanggapi pertanyaan media tentang dugaan foto kapal induk buatan China yang beredar secara online.

Yin Zhuo, seorang pakar Angkatan Laut China, juga menegaskan dalam wawancara dengan CCTV bahwa kapal induk pertama buatan China diharapkan akan diluncurkan dalam air pada awal 2017.

Masih ada sejumlah besar pekerjaan yang harus dilakukan pada kapal induk setelah peluncurannya. Ini akan memakan waktu sekitar 1 – 2 tahun untuk melaksanakan debugging fungsional (identifikasi dan menghilangkan masalah) pada perangkat serta persenjataan dan peralatan lainnya.

Kapal induk baru tersebut akan memulai uji coba lautnya awal 2019, kata Xu.

Xu juga menyebutkan dalam wawancara bahwa para pilot yang akan bertugas di kapal induk China saat ini juga sedang mengikuti pelatihan, dengan harapan dapat dibentuk 2 unit penerbangan.

China Military

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Kapal Induk Baru China Akan Diluncurkan Awal Tahun 2017”

  1. Baru benar …klu mau jadi negara of power di laut punya kapal Induk beneran, bukan pulau-pulau yg dikorbankan untuk lompat2 kirim logistic dan alutsista.
    Pertamax turbo…

    • “power projection”
      belum siap utk bangsa yg masih suka makan narasi gorengnya warung2 media tanpa di imbangi dgn sayuran2 yg kaya serat.
      taktik defensive lebih cocok.

      • suka makan narasi suka makan narasi gorengnya warung2 media tanpa di imbangi dgn sayuran2 yg kaya serat……mak jleeebb benar rasanya….xixixi

  2. baru keluar dari mesin fotokopi 😛

    • China menjelma sbg negara super power yg setiap saat bs mengganggu kedaulatan bngsa kita…jd jika tdk skr kita berbenah, kapan lagi?…apa kita mau bangsa kita dijajah oleh china?…jd sblum trlambat, perkuat alutsta, jgn tanggung jika ingin perkuat bangsa ini….klo tdk jgn menyesal jika china brlabuh di natuna….salam

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)