Aug 102016
 

Pekan lalu, TV China memberitakan tentang “pertumbuhan kemampuan tempur” dari kapal induk Liaoning (CV-16), bahwa platform tempur tersebut dapat membawa hingga 20 jet tempur, menambah keseimbangan kekuatan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Beijing di tengah meningkatnya ketegangan diperbatasan Pasifik.

Rekaman Senin lalu (08/08/2016) mengungkapkan Liaoning membawa delapan pesawat tempur J-15 buatan Shenyang Aircraft Corporation (SAC), bersama dengan Z-18 dan helikopter Z-9, jumlah terbesar dari pesawat yang diangkut memang belum terlihat pada kapal induk itu, sesuai rencana China untuk meningkatkan kehadiran Angkatan Udaranya di Samudera Pasifik.

Kapal Induk Liaoning China Semakin Menyeramkan

Berbicara tentang jet tempur J-15 pada acara televisi tanggal 4 Agustus 2016, Laksamana Yin Zhou mengatakan, “Setelah kedelapan pesawat tersebut terbang dalam formasi, mereka akan memiliki kemampuan tempur yang kuat.” Dia mencatat bahwa Liaoning dapat membawa hingga 20 pesawat, mendorong media China untuk berkomentar lebih jauh mengenai unjuk kekuatan “perkembangan kemampuan tempur” kapal induk Liaoning.

Kehadiran pesawat peringatan dini Z-18J (AEW) dan helikopter anti-kapal selam Z-18F (ASW), tidak pernah terlihat sebelumnya bersama pesat tempur J-15 di kapal induk Liaoning, hal ini mewakili kekuatan gabungan Angkatan Udara dan Angkatan Laut China, membentuk sayap udara bagi kapal induk.

Dengan kecepatan maksimum 1.585 mph (2.551 kmh), pesawat tempur J-15 memiliki kemampuan semi-siluman, dengan peningkatan senjata generasi kelima, membuat pesawat ini memiliki kemampuan intersep dan petarung tradisional. Kombinasi AEW Z-18J dan helikopter ASW Z-18F, kekuatan udara Beijing di Pasifik “dianggap” oleh sebagian orang menjadi tak tertandingi.

Setelah Insiden Jatuhnya J-15, China Pamer Liaoning dengan Armada Udara J-15

Peningkatan kapasitas Liaoning adalah hal utama tanda meningkatnya kehadiran militer China, sebagai respon penolakan hasil keputusan pengadilan arbitrasi di Den Haag atas klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan, tetapi juga membawa pesan pada pemerintahan regional dan Barat bahwa pemerintah Xi Jinping memiliki cukup kekuatan untuk mempertahankan wilayah yang telah lama mereka miliki.

China telah dengan tegas menyatakan bahwa pengadilan Den Haag tidak memiliki yurisdiksi dalam kasus tersebut. Beijing juga merasa semakin terpojok oleh “poros Asia” yang dibentuk pemerintahan Obama dan rezim Korea Selatan telah menyetujui untuk menyebar sistem anti-rudal THAAD yang dikhawatirkan China akan menyebabkan proliferasi senjata di wilayah tersebut.

Beijing telah mengatakan kepada rakyatnya untuk mempersiapkan perang, dan Harian Rakyat mendesak rezim untuk melakukan serangan pada Australia, mengenai posisi mereka pada sengketa Laut China Selatan. Peningkatan kemampuan tempur kapal induk Liaoning menunjukkan bahwa jika China memilih untuk melawan, kapal ini memiliki kemampuan teknis untuk mendominasi di medan perang.

Sumber: Sputniknews dan Xinhua

(Vegassus/JakartaGreater)

Artikel Terkait :

  24 Responses to “Kapal Induk China Miliki Fitur Baru Yang Mengejutkan”

  1. Terkejut ngga ya…(^_^)

  2. Waoo…serang australi..timor leste juga..haha..
    asal jangan serang indinesia..

  3. hehehee.. ada yg aneh ya, si ausi sonotan hanya mau ikut2an sudah mau di sikat oleh PLA, lah satu2nya negri yg berani tembak dan tangkap nelayanya tdk di ajak duel sekalian, hehehe… sang penahkluk dalam arti segalanya memang selalu bermain cantik, dan itu adalah talenta khas nusantara. Jgn sampai ada penghianat lagi yang merebut kuasa.

    • namanya juga politik… hihihihi

    • ada sesuatu yg ngeganjal dipikiran para jendral dan pengambil kebijakan mereka,…jikalau sampai bernafsu menyerang kita.dari segi kualitas,jumlah persenjataan & personel militer kita kalah kelas,bung….tapi apa yg membuat mereka berpikir 1000x????…bung.rakyat indonesia terkenal nekat2.bung…dan ane yakin bakalan rame klo seandainya 200 juta rakyat angkat senjata.bisa diluar perkiraan mereka dan perang akan terjadi berlarut-larut.imho

      • Saya bangga dengan TNI, tapi tolong bung banyak baca ya. Emang cina ga berpikir seribu kali klo berperang dgn usa yg kenyang pengalaman militer selama 2 abad dan didiami 300 juta rakyat usa yg byk diantaranya memiliki senjata api krn dijual secara bebas dan byk di antara mereka yg jd reserve tentara (di luar 1 juta pasukan aktif) serta paramiliter seperti swat (polisi)? Belum sekutu mereka yg juga byk makan asam garam perang dr ww1,ww2,vietnam dst serta punya pasukan khusus mumpuni dan teruji (SAS-Inggris, Legionare-Perancis, dll)?
        Ga gampang om klo perang.

        • Beda bro.mental bangsa petarung ama mental bangsa ayam sayur.nyerang negara lemah aja pake kroyokan dlu.itulah ASU.mereka aja diserang teroris,satu bulan berkabung nasional,lah dikita???….langsung jualan lagi.

        • satu lgi bro.emang perang kemerdekaan dlu kita nggak diserang oleh mereka???sekutu???….mikir bro.kita malah dikroyok mereka lgi.loe liat mental petarung para pejuang kita.nggak ada ntuch yg namanya mengeluh atau mengemis minta bantuan ke negara laen.persenjataan sekutu ama nippon kurang canggih apa lagi(untuk jaman itu)?????

  4. Waaaooooww!!!
    1 kejut
    2 kejut
    3 kejut

  5. stroong

  6. australi kencing d celana.. Colek mbah bowo… Ckckckckc

  7. mereka beli dari ukraina dan mengembangkannya dgn riset sendiri..j 15 sendiri tiruan su 27 yg dikembangkan sendiri…indonesia jga bisa asal insinyur indonesia di beri dana riset….syng anggaran abis buat subsidi energi….

  8. Kalau kapal induk mungkin Indonesia tidak beli/buat soalnya kita pny bnyk pulau yg bisa dijadikan markas/pangkalan militer dan kita bkn negara agresor..kemungkinan yg akan kita perbanyak kapal jenis LPD Banjarmasin Class dan pengangkut tank untk mobilisasinya..untuk pembuatan kapal perang kita sdh dan sedang kerjasama dengan Belanda..sedangkan untk KS dan pesawat tempur kita kerjasama pembuatan dengan Korsel..yg kita perukan skrng SU 35 dan PSU jarak menengah kaya NASAM atau S 400..

    • Pulau gak bisa jadi kapal induk oom, pulau statis, kapal dinamis, sudah dibuktikan saat PD 2, saat perang di teluk Leyte, armada jepang keok vs armada US krn jepang berpangkalan di pulau2, yg punya ide kalo pulau bisa menggantikan kapal induk itu artinya nggak pernah belajar perang laut

      • Yg nyaranin kapal induk juga ga mikir…
        1.kerugian yg diderita jika kalapal induk berhasil dilumpuhkan musuh…
        jumlah duitnya”wwwoooooowwwwww”
        jumlah korban tewas”wooooooowww”
        2.kapal induk sejatinya buat negara penyerang.. bukan kaya kita indonesia yg ga cari musuh .. tapi waja sampai kaputing bila musuh datang bung…
        …. jadi lebih baik bikin kapal jenis fregat atau tank boat atau kapal selam mini dalam jumlah besar dan woooow kecanggihannya untuk meminimalisir kerugian rupiah dan nyawa pasukan nkri bung

  9. seperti kata putin,dunia tidak akan damai kalau hanya dengan 1 kutup, mungkin nanti kalau china sudah punya 5 kapal induk dunia akan lebih tenang,tidak ada lagi negara yg mengatakan kalau anda tida ikut dgn cara saya bearti negara anda termasuk poros saytan.

  10. Biasa aja tuch. berani gangguin NKRI??!!! hhhhhmmmmm….

  11. Beijing telah mengatakan kepada rakyatnya untuk mempersiapkan perang,

    Indonsia tdak ada pengumuman seperti ini, ada dua kmngkn jika diumumkan. 1 nasionalisme bngkit, 2.kerusuhan etnis timbul atau 3. investor asing hengkang

  12. China memang hebat,berbagai macam alutsista di copy paste,dicloning,sampe hasil curian,biarpun dianggap kw atau emang kw beneran,terbukti membawa efek deteren yg kuat. ASU digertak,sekutu2 nato,sampe filipina pun digertak sampe ngemis2 takuttt….

  13. as digertak ga takut tuh…nato jg ngga. buktinya cm as yg berani berlayar d lcs untuk menegakkan kebebasan navigasi, itukan laut internasional jd siapapun blh Brlayar, cm us yg berani

  14. J-15 jatuh krn korosi xixixixixi gak tahan laut

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)