Mar 052017
 

Proses perbaikan dan modernisasi kapal induk ternama Rusia, Admiral Kuznetsov, akan dimulai sebelum bulan Juli 2017 di galangan kapal Zvezdochka, Severodvinsk, ujar seorang narasumber di industri pertahanan.

“Proses modernisasi Admiral Kuznetsov diputuskan akan dimulai di Zvezdochka dalam enam bulan pertama 2017. Rencana proyek beserta biaya dan jumlah tenaga kerjanya akan diumumkan beberapa bulan ke depan,” ujar narasumber kepada TASS, Jumat (03/03/2017). Ia menambahkan bahwa “seluruh pengerjaan kapal harus selesai sebelum tahun 2020”.

Sumber tersebut mengatakan bahwa kontrak reparasi kapal tersebut belum ditandatangani. Biaya reparasi kapal diperkirakan akan lebih dari 20 milyar rubel (sekitar 4,5 trilyun rupiah).

Empat generator uap milik kapal yang baru saja kembali dari tugasnya di Laut Tengah tersebut akan direparasi, sementara empat sisanya diganti baru.

“Kapal ini akan dilengkapi dengan sistem-sistem modern, seperti perangkat tempur elektronik, sistem komunikasi, sistem intelijen, sistem navigasi, dan sistem kontrol tempur. Selain itu, sistem kontrol baru untuk pendaratan pesawat tempur juga akan dipasang. Jumlah muatan pesawat tidak akan berubah,” katanya menambahkan.

Pusat Reparasi Kapal Zvezdochka mengatakan bahwa galangan kapal tersebut sudah siap untuk menerima Laksamana Kuznetsov, tapi mereka menolak berkomentar tentang kapan, biaya, serta jumlah pekerja yang dikerahkan karena kontraknya belum ditandatangani.

Menurut pernyataan dari Kepala United Shipbuilding Corporation Alexey Rakhmanov, perbaikan tersebut termasuk perubahan struktural dalam jumlah muatan persenjataan kapal.

RBTH Indonesia

  35 Responses to “Kapal Induk Rusia Akan Dilengkapi Sistem Tempur Canggih”

  1. top deh..!

  2. RRUUAARR BIASA

  3. Bagusdeh, dioprek supaya asapnya gk berlebihan lg yah !!! , itung2 untuk ngurangin polusi, nih CV asep-nya bener2 Gasspolll, Gak Nahan….. 😆 😆 😆

  4. Tua2 keladi hehehe walau dah tua tapi teknologi terkini kaya si mbah cakra&nanggala

  5. Kenapa gak ganti reaktor nuklir aja ?? Biar lebih hemat dan cerobong asap gak keluar pekat gitu. Rusia pasti sangat mampu untuk ganti reaktor nuklir kan ? Apa karena beda peruntukan ya?

    • Biaya gantinya terlalu gede kali bung. Lebih bagus bikin baru yg pake tenaga nuklir. Harus rombak sana-sini.

    • Kenapa Kasel bertenaga nuklir akan sulit untuk mendeteksi kasel bertenaga non-nuklir? Karna kasel bertenaka nuklir sangat bising, dan biasanya kasel bertenaga non-nuklir akan lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan kasel bertenaga nuklir
      Tapi itu cuma logika asal2an saya 😆 😆 😆

      • konon yang bikin bising itu sistem hidrolik pendingin reaktor yang gak bisa dimatikan begitu saja bung…

        maaf, tapi itu juga cuma khayalan saya 😆

      • faktanya memang seperti itu bung, turbin pendingin reaktor menyumbang kebisingan yg sering memandulkan sensor kasel tsb
        untuk kasel nuklir yg agak senyap punya kelas typhoon rusia

  6. Untuk memparcepat tugas. Apa lagi tahun 2020 kapal induk bakalan nimbrung di lcs juga. Bantu kapal induk amirika. Sepertinya konflik lcs tambah rumit. Dan anggota nato juga meningkatkan anggaran militernya juga takut di sikat rusia

  7. Pakai tenaga nuklir dong enginenya ….muehehehe

    • Bung, kapal yg menggunakan tenaga nuklir biasanya sangat bising, sehingga akan sulit untuk mendeteksi Kasel musuh dan kapal bertenaga nuklir ini akan mudah untuk dideteksi kasel musuh.
      Tapi itu suh cuma logika asal2n saya 😆

      • Bung Jef, artikel ini bahasnya ttg kapal induk. Kapal induk gunanya buat supremasi udara di laut/darat wil. musuh lewat sejumlah pespur yg diangkut. Kalo mau nyari kasel udah ada jenisnya Bung. Namanya kaprang anti aks dan Rusia punya banyak soal itu. Beda dg AS atau negara2 Asia yg mengutamakan multirole pada kaprang mereka meliputi ASW, ASuW, AAW hingga ESM.

        • @Putra. Hadeh…. Dalam perang, Kapal Induk akan menjadi sasaran utama, lalu cara efektif untuk menenggelamkan Kapal induk? Ya pake Kapal selam bung !!!.

          • Biasanya kapal induk dalam menjalankan misinya selalu didampingi oleh anak2nya spt Destroyer, frigate dan corvette, serta kapal anti kapal selam dan juga kapal selam.
            Jd tdk gentayangan sendirian bung, melainkan bergerombol dng anak2nya si induk yg melindungi sang induk.

          • Emangnya kapal induknya kawin sama siapa kok punya anak-anak ?

            Xixixixi

          • gak kawin tp nelorr….xixixi

          • ini koq ada induk, anak, gerombolan, emng lg di taman safari ya?

          • Makanya kita harus punya pasukan rudal strategis macam rusia ,dan harusnya kita usaha rhan bisa dibuat rudal minimal sekelas scud family biar efeknya geli geli sedap kalo punya banyak dan di tembak secara salvo ke gerombolan kapal induk dan anak anaknya

          • emang bisa semudah itu bung ?
            dlm gugus kapal induk pasti menyertakan kapal selam d ring terluar, lalu kapal destroyer dan frigat yg dilengkapi heli AKS
            kapal induk ndak pernah jalan sendiri bung

      • Terlepas dari mudah dideteksi serta besaran biaya, penggantian power plant kapal induk yg semula dari turbin uap ke nuklir adalah apakah kekuatan struktur kapal terutama di bagian penempatan reaktornya mampu menopang kehadiran reaktor nuklir? Karena disain awal A. Kuznetsov hanya untuk diinstal turbin uap saja. Ini adalah aspek teknis.

        Yang kita tahu reaktor nuklir di darat memiliki kontruksi yang begitu kokoh termasuk terhadap ancaman gempa. Meskipun bebas dari ancaman gempa kekuatan struktur kapal harus mumpuni dengan bawaan rektor nuklir di ruang mesinnya. Mungkin saja struktur bisa diperkuat. Tetapi semua itu ada itungannya.

        Kalaupun punya uang banyak bagi Rusia mungkin kapal induk ini terlalu berlebihan untuk ganti mesin. Akan lebih optimal bangun kapal induk baru dengan sumber penggerak yang disain awalnya langsung reaktor nuklir.

        Salam

  8. indonesia kapan punya

    • Mudah-mudahan masa depan. Karena dengar-dengar Indonesia sudah mendesign Kapal Induknya uang bernama NUSANTARA doa’in aja berita itu benar dan terlaksana. Aaamiiiinn.

  9. Indonesia klu ingin memiliki Kapal Induk berarti harus merubah doktrin militer juga dong?mohon pencerahannya bung2 sekalian!

  10. Di modernisasi kya punya china biar sreg

  11. Asap Beracun……….

  12. Cie upgrade ciee, senengnya bisa upgrade

  13. ddibuat di galangan kapal ukraine.. banyak ahli2 persenjataan soviet ada di ukraine…. mau buat baru yahh ijinn dulu sama ukraine hihihihih

 Leave a Reply