Mar 212017
 

Kementerian pertahanan Malaysia telah memilih Boustead Naval Shipyard untuk mengerjakan empat kapal littoral mission yang akan dibangun oleh Cina.

Menurut surat penerimaan tanggal 17 Maret, Boustead Naval Shipyard akan bekerjasama dengan galangan kapal Cina untuk pembangunan kapal perang pesisir.

Boustead Naval Shipyard mengatakan kesepakatan itu bernilai RM 1.17 miliar (sekitar US$ 265 juta).

Kapal littoral mission akan dibangun di Cina, dengan dua kapal pertama akan diserahkan pada tahun 2019 dan 2020. Kedua kapal terakhir akan dibangun di Malaysia dan diserahkan pada tahun 2021.

Kesepakatan itu merupakan bagian dari rencana transformasi Angkatan Laut Malaysia yang ingin menurunkan jumlah tipe kapal yang dioperasikan oleh Angkatan Laut dari 15 ke 5 class. Banyak dari class kapal sekarang yang sudah usang dan mengakibatkan biaya pemeliharaan yang mahal.

Konsolidasi tipe kapal perang Malaysia di masa depan terdiri dari kapal littoral mission buatan Cina, kapal patroli generasi baru, kapal angkut multi-peran, kapal tempur pesisir dan kapal selam.

Navaltoday
Editor : Muhidin

Artikel Terkait :

  37 Responses to “Kapal Littoral Mission Pertama Mulai Perkuat Malaysia Tahun 2019”

  1. Mustahil

  2. seamat yaa

  3. mana mungkin langsung bayar, paling2 ngutang jual pisang aza tuk bayarin nya

    • Sampean ko sinis banget bung sama malon……. secara doi udah dapet transfer dari boss Salman, duit masih utuh !!..

      Ngomong2 , sampean ga takut apa kalo digigit sama malon ??…. 😆

  4. Tak de wang kah, ……… sama dong, …………. Muih hxi hxi hxi, …………. !!!

  5. Desain yg di foto nampak dah lebih maju dari PKR 10514. Lambung dan meriam yg lebih stealthty, juga dari bentuk radarnya dng coating yg stealth. . . Filter desain cerobongnya juga modern . .

  6. Lalu yg dari Prancis gimana.?

  7. min itu photo kok desain gowind perancis ? ngawur

  8. kita nantikan aja gebrakan PT.LAUDIN..
    sampai saat ini blm terdengar klewang II, mudah2an dgn pinsil nya RBS 15MK3, bukan C705..

    serta buat sesuai yg di rencanakan minimal 4 unit dlu,, selanjutnya versi 90 dgn dek heli dan VLS SAM,, amin…

  9. Jangan sampai Indonesia ketinggalan Mulu..Buru realisasikan pengadaan Iver huitfeldt 2 unit..jangan kebanyakan mikir dan plesir..Nkri darurat pregat brasa destroyer..

  10. Sayang kapal littoral mission nya dibangun dari kerjasama dg cina, bukan dg Indonesia melalui PT PAL misalnya, atau dg galangan kapal Perancis yg berpengalaman membangun Mistral agar kelihatan semakin jaguh dan disegani lawan. Seperti diketahui Malaysia masih memiliki ganjalan dalam hubungan politik dg cina, terkait klaim tumpang tindih di wilayah LCS. Membangun kapal misi pesisir dg cina ya sami mawon dg menyerahkan sebagian rahasia militer kepada bakal musuhnya. Atau barangkali pihak Malaysia membangun kapal misi pesisir dg cina justru untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan kapal buatan cina? Sungguh bila demikian, Malaysia justru lbh cerdik dibanding cina, yg lbh mementingkan barang produknya laku terjual.

    Bisa dibayangkan, andai para ahli strategi Malaysia sdh mampu mempelajari seluk beluk kapal cina, mereka akan dg mudah menggilas angkatan laut cina atau coastguard cina yg demen membantu kapal nelayan cina mencuri ikan diperairan Malaysia. Jika perlu, angkatan laut Malaysia cukup mengirim 1 grup PASKAL (Pasukan Khas Laut) untuk meluluh lantakan armada kapal cina yg bandel masuk ke perairan Malaysia secara ilegal. Dengan pengetahuan yg dimilikinya, beberapa anggota PASKAL berhasil menyusup dan masuk kedalam kapal cina, kemudian meletakan bom di bagian kapal yg lemah dan vital, seperti ruang mesin, tempat gudang amunisi dg harapan ledakan bom akan memicu ledakan berantai akibat ikut meledaknya amunisi di gudang.

    Sungguh keren aksi PASKAL Malaysia jika itu benar terjadi. Oh iya, seperti diketahui bahwa PASKAL adalah pasukan khusus milik TLDM (Tentara Laut Diraja Malaysia), yg mungkin bila dibuat rujukan, pasukan itu setara dg NAVY SEAl milik US Navy. Perbedaannya hanya bahwa NAVY SEAL sdh terlalu sering bertugas secara langsung shg banyak pengalaman di medan nyata dan tentu saja banyak berbuat dosa karena sering membunuh orang sementara PASKAl sampai kini msh sepi dari pemberitaan shg kurang begitu dikenal operasi apa saja yg sukses dilakukan oleh PASKAl.

    Ohaaeemm, ucek-ucek mata karena merasa dipanggil bos …

  11. .
    Beee , keren Vroh kapal ini mana ada VLS nya lagi mantap ,
    Klo indonesua mungkin cuma sekelas sama KRI Marta Dinata Yg baru ,

    Mantap Dha Malaysia
    Bravo dan selamat Yha salam dari Indonesia

  12. ini kapal cuma bakal merapat di dermaga krn tak ada anggaran nak beli bahan bakar kah kah kah

  13. Ijin ngakak….

  14. Kapal baru, rencana buat nangkepin nelayan China…… pas mau nangkep, remote dimatiin sama China…… xixi…

  15. Om diego tadi malem server JKGR Error ada masalah apa ya?

  16. Ini kapal seimbangnya sama Cortev Sigma…

  17. Ini kapal ada engine keh

  18. Makin merasa paling jaguh sekawasan nih tetangga tengil!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)