Sep 012016
 

SAMUDERA PASIFIK – Kapal Perang Pesisir atau disebut juga Littoral Combat Ship, LCS-4 USS Coronado mengalami kegagalan rekayasa (engineering failure) pada hari Selasa (30/08/2016) saat transit ke Pasifik Barat.

Para awak mengambil langkah-langkah pencegahan, dan pada saat kapal telah kembali ke Pearl Harbor untuk menentukan sejauh mana permasalahannya dan perbaikan yang diperlukan. USS Coronado beroperasi menggunakan tenaga sendiri dan sedang dikawal oleh USNS Henry J. Kaiser (T-AO 187).

Kegagalan itu tampaknya tidak ada hubungannya dengan masalah propulsi yang baru-baru ini dialami oleh USS Freedom (LCS-1) dan USS Fort Worth (LCS-3).

Seberapa luas perbaikan dan dampaknya pada operasional masih belum diketahui pada saat ini. Penilaian dari kegagalan rekayasa tersebut akan diselesaikan setelah kembali ke Pearl Harbor, dan rincian tambahan akan tersedia bila memungkinkan.

Coronado berangkat dari Joint Base Pearl Harbor-Hickam pada 26 Agustus 2016 silam untuk melanjutkan pelayaran independen ke Pasifik Barat. Sebelum berangkat dari Pearl Harbor, kapal telah berpartisipasi dalam latihan Rim Pasifik 2016.

Pada tanggal 22 Juni 2016, USS Coronado dan awaknya yang terdiri dari 70 pelaut ditugaskan untuk Skuadron 1 LCS dan dikerahkan dari pangkalan mereka Naval Base San Diego.

Menurut Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana John Richardson: “Masalah tadi malam adalah masalah keempat setahun terakhir. Beberapa diantaranya disebabkan oleh personel, ada juga yang dikarenakan kesalahan desain dan rekayasa. Isu-isu ini semua segera mendapat perhatian penuh dari kami, baik secara individu maupun secara agregat.

“Untuk mengatasi kelemahan personil dan masalah pelatihan, saya akan mengadakan sebuah program peninjauan menyeluruh awal musim panas ini untuk menggabungkan proses penyebaran pelajaran dan identifikasi masalah sistemik melalui program terstruktur. Wakil Laksamana Rowden telah menyelesaikan tinjauan, yang merekomendasikan perubahan pada konsep perekrutan awak kapal, penyebaran, modul misi, pelatihan dan pengujian.

“Mengingat masalah terakhir, kami juga mengakui perlu diambil tindakan yang lebih cepat. Perlunya ulasan dan pengarahan pimpinan sebelum pelaksanaan. Saya juga mendukung keputusan Wakil Laksamana Rowden untuk meningkatkan pengawasan kelas lebih luas, yang akan mengakibatkan pelatihan ulang dan sertifikasi dari semua Pelaut LCS yang bekerja di bidang teknik”.

“Sehubungan dengan masalah teknik, kami meninjau masing-masing dan membuat koreksi yang tepat. Misalnya, masalah perangkat lunak pada USS Milwaukee telah dikoreksi untuk semua kapal. NAVSEA dan SURFOR akan meninjau masalah terbaru ini untuk menentukan penyebabnya, dan kami akan merespon apa saja yang diperlukan untuk memperbaikinya”.

“Tim kepemimpinan difokuskan untuk memastikan kapal kami dibangun dan dirancang dengan baik, dan bahwa Pelaut kami memiliki alat dan pelatihan yang mereka butuhkan untuk dapat dengan aman dan efektif mengoperasikan kapal ini. Kami harus menemukan dan mengatasi masalah ini”.

Sumber: Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  14 Responses to “Kapal Perang Pesisir USS Coronado Kembali Ke Pearl Harbor”

  1. Kaleng krupuk bwat kaprang…

  2. Pertamini

  3. Kaprangnya canggih..tapi awaknya kurang terlatih pasti error juga

  4. carin lagi bertugas, jadi SPG sapi?

  5. carin lagi bertugas, jadi SPG sapi?

  6. Wkwkwkwk…SAPI

  7. ga ada yang aneh kapal us yang baru suka banyak masalah. yah us lead di bidang teknologi militer, mulai dari fighter gen 5, trimaran, senjata laser di kapal kombatan smpe desain ddg zumwalt terbaru. jdi ya ga aneh masih error krna emng mereka negara yg ngebuat leader teknologi yang nantinya jdi standar baru di militer. lgpula cuma us lho yg bisa buat teknologi militer yg di negara lain blm kpikiran ngebuat itu senjata atau ya paling2 cuma buat by design. jdi msih mikir alutsista us lemah ? think smart.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)