Sep 052016
 

WASHINGTON – Kapal Perang Pesisir LCS-6 USS Jackson telah menyelesaikan perbaikan pasca pengujian goncangan dan telah kembali ke laut, menurut konfirmasi Angkatan Laut AS pada hari Rabu (31/08/2016). Perbaikan dilakukan di dermaga kering, setelah kapal menjalani tiga uji goncangan skala penuh (FSST) pada musim panas ini di timur laut Florida. Pengujian dirancang untuk mengetahui bagaimana kapal akan tampil dalam kondisi ancaman yang realistis.

Pengujian pada 16 Juli 2016 ketika sebuah peledak 10.000 pon diatur untuk diledakkan dekat dari kapal – pejabat Angkatan Laut tidak mengkonfirmasi berapa jaraknya, tapi dari foto yang terlihat kapal berada sekitar 100 meter dari sumber ledakan itu. Awak kapal, bersama dengan pejabat Pentagon dan Angkatan Laut serta perwakilan kontraktor, ada dikapal selama tes dilakukan.

LCS-6 USS Jackson telah melewati serangkaian pengujian dan hasilnya lebih baik dari yang diharapkan menurut beberapa sumber, dan Angkatan Laut mencatat kerusakan tidak separah beberapa model sebelumnya. Angkatan Laut telah memperkirakan sekitar dua bulan perbaikan untuk mengatasi kerusakan, tapi ternyata pekerjaan itu dapat selesai dalam waktu kurang dari enam minggu.

“Semua pekerjaan penting telah diselesaikan sesuai jadwal perbaikan dan sekarang kapal sedang dalam perjalanan”, ujar Kapten Thurraya Kent, seorang juru bicara kantor akuisisi Angkatan Laut, Rabu (31/08/2016).

Uji goncangan dengen peledak berkekuatan 10.000 pon dalam jarak 100 meter dari Littoral Combat Ship (LCS) Jackson pada 13 Juni 2016.

“Sebagai antisipasi, perbaikan beberapa peralatan diperlukan sebagai akibat dari uji coba goncangan”, kata Kent, tercatat beberapa kerusakan penopang didalam tangki bahan bakar LCS-6 USS Jackson.

“Kebocoran kecil, atau rembesan, terjadi dalam kapal, yang menunjukkan masalah tangki, tetapi tidak sampai terpapar kepada personil, peralatan ataupun menyebabkan bahaya lingkungan”, katanya. Ia juga menambahkan bahwa “Inspeksi dan perbaikan tangki bahan bakar membutuhkan penggunaan tongkang untuk menguras tangki”, dan tidak ada bahan bakar yang tumpah.

Pekerjaan itu dipimpin oleh galangan kapal Austal USA, di bawah kontrak US $11,2 juta diberikan pada akhir Juni 2016, khusus untuk antisipasi masalah dan perbaikan pasca uji goncangan. Kapal itu merapat di dermaga kering pada BAE Systems di Jacksonville, Florida, menurut Kent, dan telah selesai sesuai pendanaan dalam keseluruhan kontrak.

Kent mengatakan, “pekerjaan terus berlanjut untuk menilai hasil uji goncangan, data diambil dari sekitar 260 sensor yang ditempatkan di seluruh kapal”.

Kapal Tempur Pesisir LCS-6 USS Jackson segera kembali betugas setelah menyelesaikan perbaikan pasca pengujian goncangan.

LCS-6 USS Jackson menggunakan bahan aluminium, kapal trimaran dari Independence-Class. Rangkaian uji coba goncangan tahap kedua akan dimulai untuk USS Milwaukee, kapal berlapis baja dari Freedom-Class, yang telah dilengkapi dengan perlengkapan sensor serupa. Pengujian awal USS Milwaukee, akan diselenggarakan di area yang sama dengan Jackson, dan dijadwalkan pada 31 Agustus 2016 – 2 September 2016, namun badai di daerah tersebut menyebabkan penundaan. Pada hari Rabu (31/08/2016), pemerintah melihat kemungkinan dilakukan pengujian pada akhir pekan setelah Hari Buruh.

Dengan selesainya perbaikan LCS-6 USS Jackson, diperkirakan akan segera menuju pangkalannya di San Diego. USS Jackson rencananya akan menjalani periode kesiapan pasca inspeksi pada galangan kapal lain di California, dan dijadwalkan selesai pada 2017, sebelum kembali bertugas.

Sementara itu, LCS-4 USS Coronado, kakak dari kapal LCS-6 USS Jackson, masih di laut dalam perjalanan menuju Pearl Harbor, menurut Letnan Rebecca Haggard, juru bicara Naval Surface Forces Command, Rabu (31/08/2016). Sebelumnya LCS tersebut sedang dalam perjalanan menuju Singapura, ketika sebuah insiden terjadi dimana menyebabkan kegagalan sistem dan masih belum diketahui penyebabnya. Pada saat itu USS Coronado yang berada sekitar 800 mil laut dari Hawaii. Kapal langsung berbalik untuk kembali ke Pearl Harbor tetapi terbatas hanya pada kecepatan 10 knot.

Perjalanan USS Coronado ke Pearl Harbor mungkin agak sulit, hal ini disebabkan oleh badai yang terjadi di wilayah Hawaii.

Insiden Coronado adalah masalah yang kesekian kalinya dimana dalam beberapa bulan sebelumnya terjadi pada USS Milwaukee, USS Freedom dan USS Fort Worth, semua kapal berasal dari Freedom-Class.

Sumber: Defense News

Artikel Terkait :

  6 Responses to “Kapal Perang Pesisir USS Jackson Akan Kembali Bertugas”

  1. siangg

  2. mantaff ujicobanya real… dan langsung dianalisa…. kelemahannya ada dititik mana saja… ini namanya baru kapal perang “battle proven” padahal nanti bisa jadi ledakan hanya beberapa meter saja bahkan bisa jadi ditempelkan ke body kapal..

  3. gosip nya yang sigma juga senyap terhadap radar?

  4. Nkri wajib beli 100 unit

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)