Sep 172016
 

Kapal selam Chang Bogo pertama pesanan Angkatan Laut Indonesia saat ini sedang menjalani pengujian sea trial tahap pertama. Masih ada waktu beberapa bulan bagi pihak DSME untuk melakukan beberapa tahap pengujian sebelum diserahkan kepada Angkatan laut Indonesia pada bulan Maret 2017.

Sea trial adalah salah satu tahapan pengujian kapal selam yang baru diproduksi. Termasuk tahapan paling kritis yang harus dijalani kapal selam Chang Bogo adalah uji selam, karena inilah yang membedakan antara kapal selam yang berteknologi tinggi dengan sekedar lempengan logam dan baja yang dilas.

Indonesia memesan tiga kapal selam diesel elektrik Chang Bogo class pada perusahaan DSME Korea Selatan senilai US$ 1.1 milyar. Dua kapal selam akan dibangun di Korea Selatan sedangkan yang terakhir akan dibangun di galangan kapal PT PAL Indonesia.

Chang Bogo class adalah salah satu kapal selam diesel-elektrik tercanggih. Dirancang dengan kemampuan multi-misi, seperti peperangan anti kapal perang, anti kapal selam, penyebaran ranjau dan penyusupan pasukan khusus.

Chang Bogo memiliki jangkauan operasional hingga 10.000 mil laut, kecepatan permukaan lebih dari 10 knot (21 knot saat terendam), memiliki delapan tabung senjata untuk torpedo dan rudal. Salah satu dari kapal selam Chang Bogo Indonesia kemungkinan akan dilengkapi dengan Baterai Lithium-Ion yang sedang dikembangkan pihak DSME.

Jakarta Greater

  52 Responses to “Kapal Selam Chang Bogo Indonesia Lakukan Uji Sea Trial”

  1. Ini berita yg ditunggu2.

  2. Sea trial di laut korut biar bener bener teruji..

  3. Delondong Israel punya 200 Bom Nuklir yg kekuatannya 25 ribu kali lipat dari Bom Nuklir yg di jatuhkan ASU di 2 tempat di jepang tahun 1945. Berarti ASU punya lebih dari 2000 atau 10 lebih kalilipat dari punyanya si Delondong Israel. Tapi kenapa Korut apalagi Iran yg hanya punya sekitar 5 Bom Nuklir lebih yg rata2 baru tahap uji coba alias ngreyen di tentang habis2an???
    Berarti klo seandainya Indonesia mencoba membuat 1 Bom Nuklir maka Alutsista yg di beli SiBoYo dan yg lainnya dari ASU seperti 24-1=23 F-16 Dempulan ASU, 9-1=8 C-130 Hercules Rongsokan buatan ASU dari Australia, 16-1=15 T-50 Golden Eagle turunan ASU, 3 Cheng Bego dari Korsel yg akan diakuisisi TNI AL dan 10 LVT-7A1 Tank Amfibi bekas sampah Korsel akan diremot tentara ASU buat menyerang fasilitas Nuklir RI.
    https://www.nasionalisme.co/dokumen-collin-powell-israel-punya-200-bom-nuklir/

  4. Yess..

  5. Alhamdulillah…
    Sangat ditunggu submarine ke 4 Dan berikutnya seterusnya…untuk dibuat di PT PAL….made in Surabaya….versi improved..

  6. Lanjut….

  7. Mohon koreksinya bung Diego, bukannya kecepatan saat menyelam lebih cepat dibandingkan pada Saat dipermukaan?

    Terima kasih

  8. Sekalian buat ngetes kemampuan electronic warfare…

  9. Pak sigit pramono…..
    Pak Puguh iswanto…
    Pak Dwi Santoso…
    Sugeng siang…

  10. Sip deh udh belajar renang he..he..he……

  11. asal jgn pake batrai note 7,bisa meledak pas nyelem

  12. Semoga sukses semua pengujian dan segera berbakti kepada ibu Pertiwi dan menjaga Nusantara tercinta

  13. Mantappppp…..di tunggu kedatangannya chang bogo di indonesia

  14. semoga semuanya berjalan lancar,,,,

  15. Yuhuuuu…menanti sang anjing kampung…pulang kampung…hehehe
    Slamat siang semuanya..salam NKRI

  16. Sesudah pengerjaan KS Changbogo (U209) ke 3, semoga PT PAL berikut nya dpt meningkat mengerjakan KS seri U214 & U218 untuk memenuhi rencana kebutuhan armada KS TNI-AL (12 unit). Sehingga memudahkan maintenance nya, krn sama berasal dari basis teknologi KS German.

  17. Made in korea secara historis lebih berkwalitas daripada bikinan ti…kok yg kemarin gagal 100 % uji coba rudal..semoga tni lebih berjaya..

  18. yang pasti2 aja battle proven nya kaya ini

  19. Kok Agak aneh ya dengernya. Kapal selam tercanggihhh.. Apa kabar kapal selem buatan rusia-amerik-jarman yg notabene mbah2nya pembuat kapal selem?? Mungkin ada yg bisa klarifikasi biar jelas??

  20. changbogo kapal selam biasa konvensional….positifnya kita nanti bisa bikin kapal selam jenis ini plus kedepan tambah racikan sendiri hasil comot teknologi france,russia,north korea,germany

  21. KS dengan 8 tabung peluncur torpedo & rudal…. kira2 rudal apa ya yg bisa d gotong KS ini….???

  22. sangat ditunggu kedatangannya secepatnya…
    kasian eyang Cakra n Nanggala…
    setidaknya… cukuplah buat patroli di lautan perbatasan!

  23. Sukuri dulu dengan selamatan ingkung panggang sego kuning, sego jagung, sego goreng..biar selamat..sampe kapal selam nuklir pesanan indonesia datang..50 tahun lagi..xixixi..

  24. Lontongnya kecil bgt…gmn mau ngasi efek gentar klo sekecil itu…ahh ga sregggg liatnya….beli lontong kok coba2, skalian beli yg kilo, amur dan lada..

    • Kecil cabe rawit bung… yang penting ToT nya
      Yang gede sih, ntar bisa kita kembangkan sendiri, yang penting tahu dasarnya dlu…. sama kaya fisika, klo gk tau rumusnya,kan susah mo ngerjain soalnya…

    • Percuma gede2 tp kw, kaya yg di beli thailand..

      Ane masih pegang changbogo improved dibanding kasel china yg diesel series.. apalg udah ada sub harpoon..

  25. Wajib berikhtiar, seadanya dulu semampunya dulu, belajar dari para pendahulu kita selalu dalam kondisi keterbatasan, ketidakberdayaan dan ketidakmampuan tetapi dengan semangat persatuan dan kesatuan…..negara besar kita ini terbentuk dan tetap akan membentang dari Sabang sampai Merauke. Saat ini Chang Bogo ginseng dulu besok pastilah pastilah Nagabanda, Trisula. dan Nagarangsang lain buatan anak negeri sendiri

  26. Korp hiu kencana ikut sea trial ??

  27. Changbogo rasa adiknya kilo,sepupunya U214. Mantap….

  28. Saya suka CBG dan nantinya tugas PAL untuk mengembangkannya.

  29. Harapan saya dalam sea trial ini…ditemukan kekurangannya.. Agar saat delivery sdh benar2 OK.. Dan siap semua.. Bukannya sdh dikirim baru ditemukan mal fuction…

  30. Wah temennya yang polosbpolos dan kembar.
    Juga yang 6000 T

 Leave a Reply