Jan 082017
 

Sehari setelah diberitakan bahwa sebuah kapal selam nuklir China berlabuh di pelabuhan Karachi, setelah sebelumnya juga muncul pada bulan Mei 2016. Kini sebuah gambar menunjukkan kapal selam diesel-listrik China telah muncul di Kota Kinabalu, Malaysia setelah melakukan penyebaran disepanjang Samudera Hindia.

Gambar kapal selam tersebut muncul lewat cuitan halaman resmi Twitter milik Angkatan Laut Malaysia, menurut berita NDTV.

Meskipun Beijing menegaskan dalam sebuah pernyataan bahwa kelas diesel kapal selam listrik diesel Type 039 Song-Class, hadir di lokasi pesisir selama masa istirahat setelah melakukan patroli anti-pembajakan di lepas pantai Somalia.

Kapal selam itu berlabuh di Kota Kinabalu sejak Selasa (03/01/2017) dan kapal selam itu dijadwalkan berangkat keesokan harinya.

India hanya memiliki INS Chakra, kapal selam dengan kemampuan meluncurkan rudal balistik nuklir.

Angkatan Laut India juga memiliki 13 kapal selam diesel-listrik yang dirancang Rusia dan Jerman serta kapal selam pertama dari 6 kapal selam Scorpene-Class yang dirancang Perancis akan masuk layanan bersama dengan sejumlah kapal selam lainnya.

Sementara China adalah operator kapal selam terbesar kedua di dunia, yang memiliki antara 12 hingga 15 kapal selam nuklir dari semua jenis, serta 56 kapal selam konvensional.

Kapal selam diesel listrik yang senyap saat beroperasi di bawah air tetapi perlu untuk muncul ke permukaan secara berkala, sangat rentan terhadap deteksi musuh.

Sebelumnya pada tahun 2006, kapal selam Song-Class milik PLA Navy yang tidak terdeteksi dan tiba-tiba muncul dalam jangkauan tembak torpedo milik kapal induk USS Kitty Hawk terlihat di Laut China Timur sempat membuat heboh.

Sumber: Deccan Chronicle

Artikel Terkait :

  34 Responses to “Kapal Selam China: Memburu Bajak Laut di Samudra Hindia, Nongol di Malaysia”

  1. Penyebaran?
    Pasti nih China lagi mapping buat LCS… Pantesan tni AL sibuk Dan juga globe eye nya…hehe

  2. malon menggelar red karpet buat para pencuri ikanya hebatkan?????

    • Malon memang hebat, musuhku adalah sohibku…… HIDUP NAJIB !!… 😆

    • negara kita udah kaya di dongeng2 yah, dikelilingi tetangga2 rese, abis gitu di incer sama 2 negara adidaya dunia masa kini, ane demen nih jangan sampe kita kalah, saatny kita hancurkan kepongahan negara2 serakah itu :v

    • Kah kah kah…malon sudah digadaikan ke cina,pa bile nak lawan cina maka malon tak akan ada kuase nak lawan kerana bila nak lawan cina maka cina tak akan beri makan malon…sungguh malon miskin nih tak de maruah lagi kah kah kah

  3. hati hati cina itu licik mungkin mrk mengumpulkan data intelegen dan menghidrograpi (itu ya namanya :-V) itu hanya menjadi kedok mereka untuk mengetahui keadaan laut mulai dari lcs,laut natuna selat malaka samudra hindia…saya harap tni sudah antisipasi dan mempersiapkan diri jangan lengah tni….saya harap tni beli alutsista gahar diam diam aja dan para admin buat pemberitaan pembelian alutsista seolah olah hoax seperti AKAN, MINAT. MASIH DI KAJI.TERTARIK DLL AGAR TENGGA GK ADU BELI SENJATA..OP

    • Ya itulah yang pake hidro…hidro gitu…dah pokoke udah bener separo

    • itu semua tidak penting saudaraku menurut menhan kita sudah cukup kuat saat ini dan senjata utama kita adalah kebanyakan jumlah penduduk yang sangat dibanggakan nya, dan lebih konyol lagi saat ini didalam negeri sedang bingung mencari lagi jati diri bangsa spt remaja akil balik padahal sudah berumur 71 tahun, ndak usah terlalu berharap banyak ini adalah realita bangsa kita sibuk mengurusi yang tidak perlu dan menganggap sepi kemajuan persaingan global dunia yang siap menyantap bangsa dan negara kita habis sampai lumat

  4. pasyi lewat alki permisi dulu ga tuh, klo ga permisi tni al kelihatan lemahnya di alki

  5. barangkali ini yg kemaren diinfokan sempat muncul di selat malaka?

  6. song class mau kenalan sama hellokitty kwkwkwkwk

  7. Bentar lagi pasti ada malon yg protes……..

    Judule sangat provokatif, se-olah2 kasel China nylonong tanpa permisi….. xixi…

  8. Khoq indonesia kelewatan kasel ni tidak tahu. . ?

  9. .

  10. boong banget alasannya masa lawan lanun laut pake kapal selem coba???bukannya pake friget atau ssv??

    memangnya tuh kapal selem bisa apa ngeluarin personel masuk ke geladak kapal bajak laut kayak dilempar dari dalem aer????

  11. Kasel cina di sergap TDML, dipelintir media supaya ada kebanggan wkwkwkkw malontonk

  12. bisa saja lewat selat malaka namun di zee malaysia

  13. wakakakakaka port visit, beritanya ada di ihs janes.

  14. Malaysia hebat bisa membuat KS China Nongol

  15. Dah begitu pemerintah dgn kemenhan lelet pengadaan alutsista vital. Su 35 dan kilo pun cuma jadi dongeng indah pengantar tidur semata tanpa realisasinya hingga kini.

  16. Bagaimana jika tiba2 nongol di perairan kita terus nyelundupin senjata ? Idih hoaxxxx kabuuur

    • Kebanyakan baca novel “Nick Carter” sih….

      Bisa juga kasel buat nyelundupin senjata tapi kan ga optimal krn ruangan didalamnya terbatas

      • Bisa tante..tergantung senjata apaan..mau selundupin tank pake ks ya masuk keluarnya dari mana..

        Kalo selundupin rudal bisa saja, kan rudal udah biasa keluar masuk..masuknya kapal selam..wuekekeke..

  17. Ks nuklir untuk patroli bagus juga..pasti lebih murah biaya bahan bakar..

    Sekali kali indonesia harus punya ks nuklir..tapi kapan ?? Sakitt hati deh…menyakitkan…

  18. kata china:mending nongol daripada dideteksi kapal melon

    • Kah kah kah…kapal selam cina nak belajar ke malon bagaimana caranya kapal selam bisa ngambang terus kah kah kah

  19. Hais… artikel dah ga berpenghuni ko dikomenin…… dah sono panjat2 pohon lagi… 😆

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)