Apr 302012
 
Kapal Selam Changbogo

Kapal Selam Changbogo

Personil TNI umumnya gembira saat mendengar akan mendapatkan peralatan tempur baru. Rasa bangga itu meletup – letup di dada mereka. Tapi ketika pemerintah memutuskan untuk mendatangkan tiga kapal selam Changbogo U-209/1400 dari Korea, jajaran TNI AL langsung lemas.

“Yah…yang datang kapal selam kelas anjing kampung, padahal kita minta dibelikan anjing herder, kapal selam petarung”, ujar seorang Jenderal TNI AL.

“Apakah anda tidak ingin, armada tempur TNI AL bisa memukul musuh di negara asalnya, bukan hanya mutar-mutar di rumah (Indonesia), seperti anjing kampung”, tambahnya dengan kesal.

Sejak tahun 2008, TNI AL telah berencana mendatangkan dua kapal selam Kilo, buatan Rusia yang memang fenomenal. Bahkan Presiden Vladimir Putin, telah menyetujui kredit ekspor 1 miliar dolar AS.

Bergembiralah kru TNI AL saat itu. Kapal selam Kilo, memang memiliki daya deteren yang besar. Militer Australia sempat berkomentar, kapal selam Collins, tidak mampu menghadapi Kilo Indonesia, termasuk seluruh perangkat angkatan laut Australia.

Kilo (NATO) atau Project 877 Paltus dikenal sebagai kapal selam paling senyap di dunia. Jenis tercanggihnya, Project 636/Varshavyanka yang dibidik oleh TNI AL. Kapal selam kilo akan meningkatkan kewibawaan TNI AL di lautan.

Namun, impian itu hilang. Mereka harus menerima kenyataan, mendapatkan kapal selam kelas anjing kampung, Changbogo Type 209 Korea Selatan.

Pergeseran pembelian kapal selam Kilo ke Changbogo terjadi sejak Pemerintahan SBY mensyaratkan ada transfer teknologi dalam setiap pembelian alusista skala medium ke atas.

Rusia tidak bersedia melakukan transfer teknologi. Sementara Korea Selatan menawarkan, dua Changbogo akan dibangun di Korea dan satu lagi di Indonesia.

Lahirnya Changbogo
Changbogo U-209/1400 (Preveze class) merupakan sepupu dari kapal selam RI, Cakra dan Nenggala yang telah beroperasi sejak tahun 80-an. Changbogo dibuat oleh Korea Selatan atas lisensi dari U-209/1200 Thyssen/Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman yang diluncurkan tahun 1991.

Pada tahun 1987, Korea Selatan memesan 3 buah kapal selam dari Jerman. Satu kapal selam dikerjakan di galangan kapal Jerman, dua sisanya dikerjakan di Korea dengan semua sparepart didatangkan dari Jerman. Inilah awal lahirnya kemandirian Korea Selatan dalam membangun armada kapal selam.

Indonesia tampaknya meniru Korea Selatan dalam membangun industri pertahanan dalam negeri. Hampir seluruh perangkat angkatan bersenjata Korea Selatan, diproduksi sendiri.

Pada penandatangan kontrak dengan Daewoo Shipbuilding Marine Enginering (DSME), 20 Desember 2011, disebutkan dua kapal selam dibangun di Korea Selatan dengan melibatkan teknisi PT PAL. Sementara kapal selam ketiga dibangun di PT PAL Surabaya.

Kemampuan Changbogo
Dengan awak kapal 40 orang, Changbogo U-209/1400 dapat menyelam sampai kedalaman 250-300 m, membawa 14 torpedo dan 28 ranjau laut. Kecepatan di dalam air mencapai 21 knots dan di permukaan 11 knots.

Changbogo mampu beroperasi secara terus menerus selama 2 bulan. kapal selam ini memiliki sistem penangkal serangan torpedo yang disebut Torpedo Acoustic Counter Measures (TACM). Kapal ini juga dilengkapi sistem peluncuran rudal antikapal permukaan Harpoon, yang diluncurkan secara vertikal. Selain membawa torpedo konvensional tipe SUT (surface/underwater topedo), Changbogo juga bisa membawa torpedo kelas berat Hiu Putih yang dikembangkan Korsel.

Indonesia memang tidak boleh berpikir linier dengan membandingkan Changbogo atau Kilo. Kapal selam Changbogo bisa menjadi garang dan maut, jika Indonesia menghendakinya. TNI sedang mengupayakan Changbogo yang dibuat di Indonesia, dilengkapi AIP (Air Independent Propulsion), untuk menambah daya senyap salam.

Changbogo RI juga akan dipasang: integrasi sistem kontrol persenjataan, navigasi terkini, sistem penginderaannya dilengkapi passive towed array sonar, serta peluncur rudal vertikal (VLS) untuk rudal Yakhont. Changbogo U-209 yang dipesan TNI AL kabarnya diisi dengan jeroan U-214.

Kapal selam akan diserahkan kepada TNI AL secara bertahap: 2015, 2016 dan 2018. Pada tahun 2018 TNI AL telah memiliki 5 kapal selam, 2 kelas Cakra dan 3 kelas ChangBogo.

Berdikari
Jumlah minimum yang ditargetkan TNI AL untuk kapal selam adalah 14 kapal. Sementara idealnya 39 kapal selam. Kebutuhan ini hanya bisa dipenuhi jika Indonesia membeli kapal selam yang disertai alih teknologi dari asing, seperti kapal selam Changbogo. Tidak mungkin Indonesia membeli 14 (minimum)natau 39 kapal selam Kilo, karena akan bangkrut negeri ini, jika dilakukan.

Saat ini Indonesia tengah mengembangkan rudal balistik dengan teknologi VLS (Vertical Launching System). Jadi bukan mustahil, rudal tersebut bisa dipasang di kapal selam Changbogo RI.

Indonesia juga bisa belajar untuk menyerap teknologi IDAS (Interactive Defense and Attack System), rudal antipesawat jarak pendek untuk kapal selam.

Jika transfer teknologi itu berhasil, kapal selam Changbogo, akan berubah menjadi kapal selam petarung.(Jkgr).

  80 Responses to “Kapal Selam Indonesia Kelas Teri”

  1. saya setuju dengan adanya ToT jadi yg bilang kapal selam kelas teri itu berfikir ,,, orang bodoh yg bilang kapal selam indonesia kelas teri ,,,,ya jelas lah klo lawannya kelas ohio punya amerika serta typhoon punya rusia ,,,,, yang ngomong begitu orang bodoh

    • mereka bilang kapal selam TNI AL kelas teri silakan, tapi ingat suatu saat nanti TNI AL bakal memiliki kapal selam kelas MONSTER yang bakal melumat siapapun yang mencoba mengusik kedamaian NKRI………………..JAYALAH TNI AL

    • Kapal selam Korut yang kecil-kecil bahkan ketinggalan jaman bisa tenggelamkan kapal selam korsel…

  2. kemenhan bingung, mau bikin senjata gado gado dari berbagai negara.mestinya focus beli senjata dari rusia beserta amunisinya.res beresss…..

  3. kapal selam kelas MONSTER?????? yg bener aja boz…..sepanjang msh tetap didikte USA dg bantuan F16 lah, dgn kerjasama lewat korsel lah…dll itulah gaya USA. sblm semuanya terlambat…tengoklah teman sejati RI…..Rusia!!!harga mati kalo pengin maju.

  4. Changbogo mau dipasang VLS yakhont? Bisa gt yakhont segede gaban dipasang secara VLS di changbogo? Jadinya segede apa tu ntar kaselnya. Hoax lg nih yee..

    • mungkin maksudnya dipasang vertikal diluar ksnya, jadinya ikan teri bergigi hiu, cuma ya gitu deh jadinya aneh..
      btw knp ga kepikir yakhont dipasang di kilo kita?
      oops

      • Nggak bisa nyilem dong kl gt :D

        Lagian knp sih semuanya hrs dibikin VLS? Kyk setrong bgt VLS itu. Pilihan yg lebih rasional ya tube launched missile kyk exocet versi submarine, jd ditembakinnya lwt lubang torpedo.

      • abisan pilem2nya VLS mulu, jarang malah blm liat yg twt lubang torpedo, kalo kata jamaah VLSiyah, ga laki banget lwt torpedo

    • Yah ini mah banyak ngibulnya Vls bisa dipasang kalo bobot ks 3000 ton, panjang yakhon 9 meteran, vls sepanjang itu, padahal changbogo body atas ke bawah cuma 6 meteran…mau dipasangi vls 9 meteran…opo tumooon????ya jelas kegedean ngibulnya…

      • Yoi, makanya sy jg berpikir mustahil banget changbogo bs dipasang yakhont apalagi secara VLS. Ini akibat terlalu kebawa euforia yakhont strooongg tapi lupa cek dan ricek lg.

      • udah dibilangin yakhontnya dipasang diluar..diatas topdeck…teri sabertooth class..jadi di radar lawan mirip paus horny..lebih menyeramkan dan punya deterjen tinggi

        • nyantai brow…..persis g tau aja tekhnisi indonesia gmna kreatifnya…mustahil di pikiran kita tp klu udh jatuh k tangan mereka, peralatan militer yg harus grounded aja msh bisa d buat jalan oleh mereka….

          • Tapi kl changbogo dipasangin yakhont jelas2 secara dimensi kapal selam aja udh nggak mungkin. Wong panjangnya 9 meteran sedangkan dimensi changbogo dari atas ke bawah cuma 6 meter. Kita harus make logika jg, jgn cuma mengedepankan chauvinisme.

          • Lagian om assholomio cm sarkasme aja kok. Artinya maksud dia yg sebenarnya justru jebalikan dr yg dia sampaikan.

      • ya terpaksa rudal yakhont dipotong 3-4 meter bro spy cukup..

        • pake torpedo dalam negeri aja bos, cap lemper ukuranya bisa disesuaikan..sekali tembak pada teler dah ngantuk, kekenyangan…ks kilonya mangkal di palembang ya…

      • yaa jang bogo TOT versi indo diperpanjang dong >>>> yangnamanya modif , yang penting sesuai kebutuhan>>>

  5. kemenhan bingung, mau bikin senjata gado gado dari berbagai negara.mestinya focus beli senjata dari rusia beserta amunisinya.res beresss…..

    emangnya rusia mau bagi tot kapal selam sama kita kan enggak mungkin kan rusia bisa rugi dong kalau semua senjatanya di tot mending sama korsel mau ngasih tot kan bisa buat sendiri terus kapal selamnya dalemanya u 214 kan perjanjiannya gitu

  6. russia itu pelit soal teknologi, liat india yang nggak beli ketengan T-90 1000 biji, dikasih ToT-nya ? dikasih, ToT rakit, di russia dibongkar, kapalin ke india, dirakit lagi di india deh :hammer. masih mending china ( joinan bikin c-705 ) atau korea ( joinan proyek kfx/ifx sama ToT changbogo ) yang bersedia membagi ilmunya.

    changbogo dipasangin yakhont ? tidak bisa. paling exocet atau sub-harpoon yang diluncurkan dari tabung torpedo

  7. jangan bingung gan chang bogonya namti di buat lebih besar dan lebih tinggi (atau dikasih punuk onta) ? jadi advance chang bogo kan jadi bisa dimuati yakhont atau klub…

  8. Gampang kalau mau nembakin yakhont lewat peluncur torpedonya, kapal selam tinggal naikkan hidungnya ke atas …. he ..he..he..just joke

    Setuju mendingan mulai swasembada alutsista dgn ToT Chang Bogo, toh 15 tahun ke depan kecil kemungkinan RI gelut sama negara tetangga … . Beda dengan pembelian 12 kapal selam Russia zaman Trikora, kan waktu itu kita memang jelas-jelas mau nggebuk belanda, tentu dong belinya anjing herder walaupun belum bisa merawat. Dan setelah kita di embargo Russia, kapal selam itu mulai terbengkalai …

    Kita memang patut mencontoh Korsel, kini kapal selam generasi ketiganya (Chang Bogo generasi pertama) sudah bisa dipasangi VLS untuk rudal jelajah buatannya sendiri. Kita harapkan 20 tahun ke depan, kapal selam buatan kita sudah mampu dipasangi VLS untuk rudah jelajah buatan Lapan (hasil R&D roket RX-550 + ToT rudal China) …

    • bung emangnya kita pernah diembargo rusiah toh baru tau gue

    • Indonesia nggak pernah diembargo Russia, pada awal 70-an kita masih ditawari Sovyet suku cadang buat alutsista russia yang ada di Indonesia, tapi karena Indonesia sudah berganti haluan/kiblat maka tawaran itu tidak diambil. Tetapi russia juga bisa mengembargo koq, Georgia ( pasca perang Russia-Georgia 2008 ), Iran ( pembatalan penjualan S-300 SAM )

  9. changbogo kapal selam buat patroli di indonesia pada waktunya nanti kita bakal beli kilo buat patroli luar negeri.

  10. Changbogo dan Kilo adalah kelas yg berbeda, seperti halnya Carry dengan Innova. Dimensinya yg mungil menjadikan CBG lincah diperairan sempit dan dangkal, smntara si bongsor KILO tangguh di laut luas dan dalam. Keduanyya saling melengkapi, namun harus disadari bahwa kebutuhan RI saat ini adalah mendeploy sebanyak mungkin armadanya ke laut, ditambah hotspot terletak di perairan barat yg lebih sempit dan dangkal. Saya rasa pemilihan CBG adalah pilihan tepat untuk saat ini sebelum akuisisi KILO di masa mendatang

  11. Saya berharap, Pemerintah memikirkan kembali…untuk membeli kapal selam kelas Kilo, karena laut kita sangat luas dan perlu untuk tetap dijaganya NKRI ini….dari negara tetangga yang mulai RUSUH…….

    • kelas kilo takutnya pemerintah cuma memikirkan tot tanpa memikirkan NKRI yg dr singapura aja uda jauh tertinggal,mungkin kelas kilo momen buat korupsinya tipis jadi …ndak jadi ..!!!

    • saya jg pemerintah jd untuk akuisisi KS kelas killo untuk perairan selatan yg berbatasan dengan Australi… biar NKRI pun ga akan terusik tetangga selatan kita itu, Australi sendiri gemeteran begitu dengar RI mo beli KS killo dari Rusia….S’moga bisa tercapai….Jayalah NKRI…

    • Klo hanya kebutuhan instan gua setuju klo menhan beli submarinne cilo class, tapi masalahx brp duit yg hrs dikeluarkan pemerintah utk memenuhi MEFnya AL yaitu 14 bh, apalagi memenuhi target ideal 39 kapal selam. Makax kebijakan pembelian alutsista yg hrs diiringi ToT udh sgt tepat. Ingat..PT DI bs bikin N 250, Pindad bs bikin SS 2 & Anoa semua berawal dr ToT. Kemandirian Industri dlm negeri utk bisa memenuhi kebutuhan alutsista TNI hrs didukung penuh. Utk pemilihan Changbogo dr korea mmg perlu dipertanyakan lg…bukan kah korsel bs bikin itu jg dpt dr ToT perancis. Kenapa nggak sekalian beli dr negara aslinya..Pemerintah Perancis pernah bilang “Kalau mau beli kapal selam, jgn beli yg KW II, beli langsung ke pembuatnya”. Apalagi Preancis juga mau menyertakan ToT dlm setiap penjualan arsenalnya ke Indonesia..Nah..

      • Terima kasih atas tulisanya teman2, semoga menambah wacana kita
        sebagai seorang Putra Bangsa yang mencintai NKRI ini sangatlah sedih dengan perkembangan negara-negara tetangga yang mulai meremehkan kedaulatan NKRI, terlebih kemajuan alusita negara tetangga kita, naka sebaiknya Pemerintah harus lebih berani untuk memodernisasi peralatan alusita kita dengan yang mutahir dan tidak hanya memikirkan TOT nya saja.
        Hal inilah menjadi salah satu alasan untuk ” membeli anjing Herder jangan membeli anjing kampung” , slogan ini saya kutip dari salah satu pentolan TNI AL

      • mah gan yang bener korea dpt tot dari korea

      • ToT sangat perlu bro, kita harus belajar dari pengalaman pahit di EMBARGO seenaknya, 90% kita lumpuh dan akhirnya kita menyerah dengan jajak pendapat TT yang jelas-jelas dimanipulasi.

        “mah gan yang bener korea dpt tot dari korea”, lho kok jadi bingung ???
        yang bener Korea dapat ToT dari Jerman, dan mengembangkannya menjadi lebih baik, akhirnya lahirlah Chan Bo Go, jadi tak sekedar Copy, itulah enaknya ToT, karena musuh tidak akan bisa menebak, tampang boleh sama, tapi dalemannya BEDA BRO.

      • bukannya Chang Bogo TOT asalnya jerman pak???

  12. Lain kali kalau mau beli senjata..apa saja…kalau bisa, birokrasinya.dirampingkan.jangan mau dipersulit….terutama oleh wakil rakyat itu..yg katanya selalu ‘pro rakyat’ itu….
    agar TNI ini semakin maju..perofesional dan kuat..kayak negara2 eropa….

  13. Tni pasti tau apa yg terbaik saat ini

  14. Seharusnya Indonesia Fokus bekerja sama dengn Rusia dan Cina…Negara ini tidak pernah membiarkan temannya di serang…Buktinya Iran Dan Suriah..Rusia dan cina mati -matian membela mereka..bahkan Rusia mengirim kapal perang dan misillx saat isu suriah akan di invasi ..Indonesia juga perna di bantu pada zaman persiden sukarno saat merebut irian dari tangn Perampok USA..satu2 negara selain rusia yg memiliki kapal terbesar d dunia…

  15. di Wiki, kalau dibandingkan, nggak beda2 jauh tuh antara kilo n U boat. malah, U boat sudah battle proven. apalagi kalau jang bo go, sudah di modif, bisa di kasih sub missile, yang sesuai tentunya!
    Saya menghimbau teman2 forum untuk berbaik sangka, skrg zamannya sdh beda, dulu beli senjata dimonopoli keluarga kroni, sekarang sdh nggak lagi bung..

  16. saya setuju om, kilo itu menang besarnya saja, lebih dari 2000 ton, dan terlalu dibesar-besarkan, apabila ditelisik dalemnya adalah JADUL, yang sungguh aneh adalah PENGGANTINYA yaitu AMUR CLASS malah lebih kecil kurang dari 2000 ton, namun sangat canggih, sayang masih prototype atau taraf experiment, jadi ANEH KHAN ????

  17. Seharusnya kebijakan pembelian KS changbogo didukung penuh oleh segenap komponen rakyat! ingat walaupun frame nya kelas teri tapi kan sistim tempur masih bisa dimoderenisasi!
    alih teknologi itu ada unsur tujuan jangka panjangnya,bayangin aja indonesia kalo perang trus tiba2 kena embargo kan jadi rumit!
    “berdikarilah Indonesiaku”

    • Sudah saat nya negara kita bangkit dan didukung semua komponen masyarakat…optimalkan Industri Strategis Bangsa kita yg sudah tersesok-seok, kasih kepercayaan tidaj cuma TOT saja namun berdikarinya ide mutu dan profesionalnya SDM nya tentunya didukung dengan anggaran yg memadai..sesuai program yang direncanakan…Dan sudah satnyanya Anggaran menyesuaikan program bukannya program menyesuaikan anggaran….negara kita sejujrnya kaya raya tinggal para penyelenggara negaranya mau tidak bicara jujur berapa sih kekayaan kita, berapa sih sumber penadapan kita..mampukan untuk menghidupi rakyat kita???Insya Allah Mampu!

  18. SSK 209 adalah kapal selam diesel terbaik di dunia saat ini. Adanya rumor mengenai “anjing kampung” bermula dari beberapa rekanan yang sakit hati tidak dapat menggolkan proyek kapal selam mereka.( Don’t worry, ini rekanan sudah jadi TO KPK)di Youtube banyak video yang menggambarkan betapa rombengnya Collins class dan Scorpene class. Ada satu Collins class tour ke Asia 3 bulan(HMAS Rankin, bisa cari di Youtube), broke down 12 kali !. Kemudian Scorpene Malaysia tidak bisa menyelam selama 2 bulan karena masalah pompa. Kilo memang ada potensi, tapi kegendutan tidak bisa menyelam di Indoneia Barat yang lautnya dangkal (cuma 10-90 meteran) Memang kelas 212 AIP mantep, tapi harga selangit. Kalau kita bicara kombinasi: efisiensi, harga murah, daya tempur lumayan: Ya 209 adalah juaranya.,!

    • chombogo juga bagus , kalau jeroannya diberi seahake Mod4 ER(jangkauan 140km) dan terpedo tsb sdh dibuat Ind kerjasama dg Atlas Elektronik(Jerman). Jadi rekan2 jangan galao, optimis dan terus semangat

    • iya, Collins class memang banyak sekali menerima kritik dari dalam negeri Aus sendiri, banyak yg menyarankan harusnya Aus beli KS yg sudah ‘jadi’ dari produsen terkemuka saja :)

      sedang Scorpene juga rusak nama besarnya di tangan TLDM gara2 tidak bisa menyelam :) lagipula Scorpene Malaysia adalah type spek-down alias hanya nama mentereng namun kurang daya gentarnya

  19. sekarang yg mendesak kita butuhkan adlh kuantitas kapal selam yg bs mengcover seluruh wilayah NKRI, andai kita py 15 chang bogo dg kemampuan sama dg yg kita pesan dari korsel, pasti “negara tetangga” kena stroke

  20. udah jangan pada bingung. indonesia sudah bunya ks kilo .kalian coba pikir katanya kenapa chang bago mau di pasang rudal yakhont DAN vls padal kalau di hitung2 secara logika engga masuk di akal menurut gua yang di maksud adalah ks kilo gua dapet info bahwa dari perusaan galagan kapal rusia ada sebuah catatan kiriman paket yang sampai sekarang paket itu tidak pernah sampai tujuan negara yang pakal dikirim . padal jelas tetulis di alamatkan untuk TNI indonesia @ yg buat gua tampah yakin bahwa duta besar rusia untuk idonesia (ivanov / mengatakan bahwa indonesia telah membeli ks / kapal selam rusia tipe BNV dengan teknologi paling terbaru > gua yakin suwatu hari lontong rusia bakalan muncul di laut kalimatan

  21. kapal selam CBG kita beli ,KILO juga harus beli biar TNI AL kuat,,, khan selama ini diejek terus2an,. nggak bisa nggeter si pengejek. kita doa kan semoga duit kita tambah banyak,dan pimpinan TNI mau dengar apa yg jadi tuntutan bangsa agar negeri ini tidak jadi macan ompong terus

  22. bro…jgn lupa…kapal selam paman sam menyelinap masuk ke laut jawa pertengahan 2012…eh ketahuan sama ks cakra (spek yg kilo kali)……alesan deh..mau latihan ma tni al…..eh dikasih sama al..ks nanggala…….cape deh…….jadi jgn…tegang bung…ini cerita asli….coba liat lg berita terdahulu……..jayalah TNI AL

  23. bro….liat berita2 negara tetangga kita ausie ma singapur……mereka lg berusaha keras merubah sistem pertahanan lautnya sejak tahun 2009….karena mereka sadar gak bakal mampu menandingi ks..TNI…..kenapa mereka sampe getar getir……seperti itu..karena ks tni….udah pada nongkrong di dasar samudera ibu pertiwi……..coba aja…liat berita ke belakang….betapa stresssssnya..negara tetangga kita ini…….jadi jgn diperdebatkan ada tidaknya kilo di laut …petinggi TNI aja pada mesem2….liat tetangga kita pada keringetan……….tni di lawan……heeeeee

  24. kalo bisa lain kali ganti pesan kilo bertenaga nuklir, sayayakin insyaallah dikasih. saat ini rusia lagi mencari teman seperjuangan.

  25. saya baca tulisan ini di bagian awalnya bikin kecewa, miris dan pesimis… tapi di bagian akhirnya bikin faham alasan kita tidak membeli kelas KILO, kita menjadi optimis, semangat, dan bangga jika semua bisa diwujudkan.. bisa bikin kapal selam sendiri dengan integrasi persenjataan pengembangan dalam negeri sehingga Chang Bogo meskipun “kecil” akan menjadi petarung yang hebat,…. semoga saja..

  26. Banyak variabel yang menjadi pertimbangan untuk memilih kapal selam tidak seperti negara tetangga kita kita memeliki wilayah 70% lautan dengan luas laut yang dijaga begitu lebar dan berbeda kedalamanya .mau punya 3atau 4 tidak mungkin minimal 14 kapal selam . kalau beli bentuk sudah jadi ,ketergantungan suku cadang membuat tidak bisa optimal digunakan .dengan masalah embargo, Akhirnya kita memilih prasyarat TOT agar bisa BERDIKARI . Idealnya kita harus punya kapal selam yang punya Daya Getar ini bisa memilih kilo , tapi mereka tidak mau , saat itu pilihan tinggal dua , akhirnya yang satunya ini Chang Bo Go menjadi pilihan kita.itupun kita cuma bisa membeli 3 kapal selam dengan persyaratan dalamnnya CGB memenuhi tehnologi yang disayratkan oleh TNI AL sesui perkembangan jaman . ketersedian Kapal selam bukan berakhir disini , tapi putra putra indonesia punya harpan mengisi kemerdekaan ini dengan budaya tehnologi indonesia untuk alat tempurnya dan bidang bidang lainya . saya yakin kempauan seorang prajurit bukan di hanya ditentukan oleh senjata tapi yang penting orang pemegang senjata tersebut mampu atau tidak .. mari kita bersatu untuk maju bersama ,

  27. Bila perang semenanjung korea pecah maka tidak bisa diprediksi kapa perang tersebut berakhir dan pasca perang pemulihan prekonomian akan berpenggaruh terhadap negara tersebut maka seperti kerjasama pesawat generasi ke antara 4/5 sudah dihentikan dan juga pembuatan kapal selam akan berpenggaruh dalam penyelesaiannya “BAGAIMANA” tidak ada pilihan untuk lebih cepat pilihan yang tepat pesan kapal selam dari Rusia “KILO”

  28. Kalau Kerjasama dengan korea selatan bisa-bisa TNI dijadikan Boyband hahaha….lawannya india pada nari-nari dan nyanyi-nyanyi.

  29. Yakhont ne mlayu kapale katut, apik tenan ha,aha,ha

  30. ote ote lontong bego penting
    akuisisi lontong kilo penting
    pembuatan lemper 15 sama 22 meter juga penting

    nah… sekarang tinggal diurutkan kadar prioritasnya
    mana yang mau duluan? kan gak mungkin jalan bareng2

    engineer yg dikirim ke kroya aja udah berjibun. kalo mau akuisisi kilo juga mesti ngirim teknisi ke ruskie kan?
    untung aja lempernya ini dikerjain sama BPPT bukan PT. PAL atau PALINDO. jadi gak waste personel

    tadinya mau bahas kenapa harus anjing kampung…. pas baca komeng2 diatas jadi di cancel aja, udah dijawab cuuuyy

  31. beli ks dgn TOT sangat penting, tapi beli Kilo meski sebiji jg penting. kalo udh mampu bikin ks sendiri, nggak terlalu susah mempelajari ks Kilo. tapi menurut saya, jumlah-kelas-pangkalan kapal selam mestinya dirahasiakan krn merupakan senjata pamungkas.. cukup 5-6 biji aja yg dipamerin..

  32. Hadoohh..
    Beli beli beli…kapan mandiri nya TNI kita.
    Kasian insiyur2 kita,
    Padahal dia berharap TOT itu benar.
    Agr kita mampu bikin sendiri..
    Kpal selam kilo yg super hebat jg ga berguna buat saat ini..
    Toh negara kita masih aman2 aja..
    Jdi gunakan ksmpatan ini buat menciptakan kapal selam yg mnjdi raja di laut indonesia..

    • Point per point :
      1. Beli beli beli…kapan mandiri nya TNI kita.
      Kasian insiyur2 kita <<< utk saat ini sedang dilakukan ToT dengan Korsel agar kita bs mandiri dlm pengadaan Alutista Kapal Selam ….. kebutuhan Indonesia sangat banyak, yg dilansir minimal 12 unit.
      Sekarang punya 2 (U-209 Cakra,Nanggala) ….sampai 2017 diperkiraan schedule 3 Kasel dr Korea selesai (3 Unit CBG).
      2.Kpal selam kilo yg super hebat jg ga berguna buat saat ini..<<<Kapal selam KILO dibutuhkan mengingat Negara Indonesia berbasic maritim….ini jg untuk mengejar kekurangan alutista Kasel Indonesia (minimal 12 Unit).
      3.Toh negara kita masih aman2 aja. <<< coba liat bgmn China menjamming kapal kita ….pelanggaran Bawean dan Eltari ….kasus Karang Unaran (perebutan blok ambalat).
      Tidak usah jauh2 …setelah sukses mempecundangi Indonesia dgn SIPADAN-LIGITAN Malaysia menyimpan ambisi menguasai blok minyak AMBALAT.
      Selain itu Pulau Sebatik jg menjadi incaran …..dan sebagian msh menyimpan keinginan utk menguasai NATUNA walau sebatas wacana

      4.di gunakan ksmpatan ini buat menciptakan kapal selam yg mnjdi raja di laut indonesia <<< semua kesempatan sudah dipergunakan ….ToT kapal selam dgn Korsel , Akuisisi KILO baru/bekas mengingat kedekatan kita dgn RUSIA.

  33. Setuju alih tekno utk kapal selam RI, setuju dg pengembangan sistem persenjataan, tapi utk kapal selam jangan lupa pengembangan sistem propulsi caterpillar. Ini tantangan utk industri propulsi RI. Biarpun kelas changbongo, bakalan ngga akan mudah ke deteksi.

  34. ks cbg korsel,memang kelas tri,itu karna indonesia perairannya sangt sempit dan dangkal,belum lagi banyak terumbukarang yg indah,laut indonesia memang luwas,tapi laut indonesia indah dan kaya brooooooooo,kalu kapal selam kilo rusia masuk keindonesia,itu sama halnya,teronton masuk ke gang,bisa hancur alam bawah laut indonesi,tapi kita juga harus beli kapal selam kilo rusia,di taruh di perairan terluar indonesa yg begitu dalam dan luas agar tuh tetangga-tetangga kita yg dengki maupun para pencuri,jd ketakutan

  35. enjiner bejibun ke korsel sebagian mendarat di ruski kalik pak boss buat ngurus sisa kiloannya :D

  36. Nene nene juga tau dodol,tuh kaleng raksasa ga d adu ama terumbu karang,jika pesawat d udara yg begitu luas bisa tambarakan,dan mobil d darat sering nyeruduk padahal dia melihat apa yg ada d hadapannya,nah bagaimana tuh kaleng sarden yg mengemudikannya hanya melihat layar monitor bisa ga menabrak terumbu karang,,apalagi tuh kapal d bawah air,ke mudian d gunakan minimal 40 tahun.,dan tuh torpedo,ga bakalan di tembakam kekapal musuh,karna tuh malaisia awak kapalnya takut ama indonesia,nah tu misil pasti mencari sasaran latihan,jika bom ikan berdampak pada terumbu karang,nah apalagi tuh torpedo,meski tidak d arahkan namun tetap memiliki dampak.

    • Navigator kapal selam menggunakan peta kedalaman laut sejenis ini, tapi yang lebih detail, (khususnya untuk kedalaman 0 hingga 200m) dengan rincian interval kedalaman per 10m atau 20m, hingga tahu persis harus berada pada kedalaman berapa pada koordinat tertentu.

      Awak KS tentu sangat tidak ingin membentur karang atau apapun yang dapat merugikan kondisi kapal.

      Submarine Navigators and Quartermasters use ocean navigational charts just like other ships, but probably pay closer attention to the depth of water. Submarines have a computer that knows how fast the ship is going and in what direction. This computer can also sense when the submarine turns; the Quartermaster sets a position where the ship starts from and the computer keeps track of where the ship is at any time after that. Submarines also have an antenna that can receive signals from Global Positioning System (GPS) satellites when near enough to the surface to receive a signal.

      • dasar laut juga telah terpetakan seperti ini

        terlihat palung Banda di selatan kep Maluku (6,000m) dan palung Mariana memanjang ke utara di timur Jepang

    • pendapat kilo class akan merusak terumbu karang Indonesia di laut Jawa dan LCS sama pintarnya dengan menolak penggunaan helikoter karena akan merusak kawasan hutan kalimantan dan Papua :D :D :D

      kapal selam itu seperti ikan Pari, “terbang” di air, kapal selam terjemahan dari submarine, artinya ini kapal submerge bukan berarti serudukan di dasar laut kayak kepiting.

      dan jika anda mengharapkan kapal selam kilo class mempunyai kabin yang dilengkapi jendela ( :-D ) anda harus memperhitungkan tekanan yg akan diterima kapal selam ketika berada di bawah permukaan air laut dan fakta bahwa kapal selam militer tidak butuh melihat dan meneliti biota laut. kapal selam ‘melihat’ dengan sonar, ini seperti kelelawar yang bisa bernavigasi walau dalam keadaan gelap gulita.

  37. Kok ada kelas teri?? emang badan besar berarti bukan teri? inget pak, semakin besar kapal selamnya semakin besar power buat nggowesnya, kalau mau pakai nuclear is no problemo…kalau pakai solar…?? habis dompet TNI AL (eh uranium mahal kalee ya?)……….Jadi belinya pasti bisa, tapi hariannya ini brooo…

    Kecil tapi manuvernya jago, peralatan detektor alam dan asing sensitif (radar, sonar, dll), persenjataan sangat efektif (gak perlu bawa bom nuklir yg penting bisa merontokkan yg perludirontokkan)….itu yang benar2 paling berkelasss…..

    kalau besar tapi jalannya empot-empotan ya jadinya kelas 0 besarrrr,
    kalau ada yg pikir jalan empot2 gak masalah yg penting peralatan super canggih…ya gak usah bikin kapal selam, bikin aja benteng darat yg dilengkapi alat super duper canggih…mak nyus kan?? ngirit biaya

  38. tuan2 semua jangan lupa sama hewan ini…
    ===================================

    Lumba-Lumba
    —————————————————-

    Lumba-lumba telah melayani di Angkatan Laut AS selama lebih dari 40 tahun sebagai bagian dari ‘Navy’s Marine Mammal Program’, dan mereka digunakan selama Perang Vietnam dan Operasi Pembebasan Irak.
    Hewan ini sangat cerdas dilatih untuk mendeteksi, menemukan dan menandai tambang – belum lagi perenang mencurigakan dan penyelam.
    Sebagai contoh, pada tahun 2009 sekelompok lumba-lumba hidung botol mulai berpatroli di daerah sekitar Naval Base Kitsap-Bangor di Washington
    Mamalia laut yang mencari 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu untuk perenang atau penyelam di perairan tersebut.

    Tahun 60-an Amerika juga menggunakan lumba-lumba sebagai mesin pembunuh dalam perang. Rusia pun melakukan hal yang sama. Spesialisasi makluk ‘sahabat manusia’ ini adalah penghancur kapal selam musuh.!!!!

    Singa laut
    =======
    Mamalia ini mampu melihat dalam kondisi cahaya minimal serta bisa mendengar di bawah permukaan air. Singa laut juga bisa berenang dengan kecepatan hingga 40 km/jam dan menyelam hingga kedalaman 300 meter. Dengan kemampuan ini, angkatan laut AS melatih singa laut untuk menandai ranjau.dan juga dapat membawa bom HIGH explosive untuk kapal selam musuh dan kapal perang seperti korvet ,.fregard, atw yang lainnya

    ————————————————————————————————————————————–

    he he he
    santai aja bro

  39. Pemerintah RI mengambil keputusan kurang tepat memilih Changbogo Class krn teknology thn 80 an walaupun ada beberapa acesoris tambahan ,faktor disekeliling negara kita memiliki KS yg jauh lebih canggih dan punya daya getar klu terjadi gesekan atau konflik kita akan kesulitan mengendus keberadaan KS negara lain krn teknologi dan kuantiti yg sangat minimal.

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>