Feb 032016
 

20140320163005-1

Kapal kargo Rolldock Star (Belanda) yang membawa kapal selam Kilo, Da Nang-186 tiba di teluk Cam Ranh, provinsi Khanh Hoa pada malam tanggal 2/2/2016.

Pada jam 22:40 tanggal 2/2/2016, kapal Rolldock Star berlabuh di pelabuhan militer Cam Ranh di Teluk Ranh Cam.

Da Nang-186 adalah kapal selam diesel elektrik Kilo project 636,1 Varshavyanka ke-5 dari 6 pesanan Angkatan Laut Vietnam dengan perusahaan eksportir senjata Rusia Rosoboronexport, di bawah kontrak tanggal 15/12/2009.

Kapal kargo Rolldock Star berangkat membawa Da Nang-186 ke Vietnam dari Saint Petersburg, Rusia pada malam tanggal 16/12/2015, keluar ke Samudera Atlantik pada pagi tanggal 25/12/2015. Pada tanggal 13 Januari 2016 jam 10 pagi, kapal Rolldock Star sampai di Cape Agulhas, ujung selatan Afrika, akhir dari Samudera Atlantik dan memulai perjalanan ke Samudera Hindia. Pada tanggal 28/1 jam 03:00, kapal Rolldock Star dari Samudera Hindia melalui Selat Sunda (Indonesia) ke Laut Jawa.

Tanggal 30 Januari 2016 pagi, kapal Rolldock Star ke Singapura. Setelah beristirahat lebih dari 1 hari di Singapura, tanggal 31/1 Rolldock Star melanjutkan perjalanana ke Cam Ranh Bay, Vietnam.

Sebelum kedatangan kapal selam Da Nang-186, empat kapal selam kilo sebelumnya sudah bertugas di Brigade Submarine 189, Angkatan Laut Vietnam sebagai Hanoi-182 dan Ho Chi Minh-183, Hai Phong-184 dan Khanh Hoa-185.

TienPhong

Artikel Terkait :

  60 Responses to “Kapal Selam Kilo Kelima Vietnam Sudah Tiba”

  1. Makin bertaring ni vietnam

  2. vietnam sudah punya 5 blackhole. dan kita masih mengandalkan mbah cakra dan nanggala

    katanya.

    • iya bung vietnam pecah perang kan bisa kapan saja ,,,lah tu yg pada ngeclaim ngeclaim ,,ya kudu gereak cepat ,,gerak cepat dengan beli jadi ,,, indonesia gerak tapi santai yg penting mandiri akhirnya ,, ya beli tot nya

    • Kl vietcong ada 5 blackhole kt kan gak kalah kok dr lahir kt uda punya ass hole banyakan kt lg ada 200jt lbh penduduk.

    • Vietnam sudah punya 5? Katanya sih cuma 5…. Sama seperti Singapura dan Aussie, katanya sih cuma 2 dan 6…

    • Sambil lewat perairan nkri trud ngelepas jangkar kapsel pesenan tni.. silent order..

  3. Muternya jauh banget…kenapa nggak mintas lewat terusan suez ya?

    Kapal rolldock starnya keren…buatan damen

  4. nyelonong satu biji lagi nih dimari

  5. Vitnam makin gahar pdhal ini negara gk msk daftar 10 besar negara importir senjata. Terus yg rangking 6dan 7 seperti apa ya yg d borong? Gelap dan penuh misteri.

  6. Lewat selat Sunda??? Duh biyung kenapa gak lewat Malaka?? Ada hubungan apa selat Sunda dan Malaka sampai sampai harus lewat Sunda, apakah selat Sunda dekat dengan ibu kota?? Namun jika ibukota dipindah ke Kalimantan apakah akan dilewatkan laut jawa lalu selat sulawesi?? Bikin geleng geleng aja nih tetangga utara :mrgreen:

    • Selat sunda tdk se-rame selat malaka lalulintas lautnya.. lagian dr ujung afrika lebih cepat klo nembak langsung selat sunda dibanding harus lewat selat malaka..

      • Jawaban ngawur !! Selat sunda itu dipilih karena kapal selamnya Vietnam ditukar di Jakarta !! Itu berita Vietnam punya 5 sebetulnya punya Indonesia yang 5 biji !! Gak percaya berarti pengkhianat negara

    • tren kedepan kapal cargo dibangun dengan kapasitas dan tonase besar saat ini sudah ada jalur alternatif untuk kapal besar melalui selat sunda untuk mengurangi kemacetan di selat malaka yang rawan pembajakan. Indonesia sungguh LUAR BIASA dengan banyak jalur laut pilihan. kl konflik ditutup ALKI 1-3 dijamin pada bingung yang mau lewat.

    • Saya lg tdk tertarik bahas kilo vietnam yg lewat selat sunda. Yg ingin saya tahu sdh sampe dmn rencana tentengan yg akan digotong kapal selam cangbogo TNI AL. Tolong dibabar bocorannya bung @ Bakul Panci. Biar dpt sedikit ilmu.

    • Plintir sampai kering….

  7. Ngeerrrrriiiiii…..sadiez….sadarlah pemimpin kami…kami btuh skrg yg kyk ginian…ato yg lbih canggih…aku dah bayar pbb pjak mobil byar parkir….uangx jgn buat proyek2 yg gak jelas gtu…

    • Hehehe klo orang kita….ga pki kapal kargo….kita amvil sendiri. Sembari ngetes thu kasel….wkwkwk kaya yg dulu2 thu

  8. Ada titipan yg di turunkan di tj. Priok ga ya …

  9. vietnam udah punya 5 kasel aja..!!!

  10. Jalur pelayaran yg ditempuh rolldock cukup unik. Mungkin si nahkoda kapal pny bnyk kenangan dgn gadis gadis cantik di daerah daerah yg di lewatin.

  11. secara RI tidak memesan KS ke Rusia, hanya pesan KS CBG ke Korsel yang belum jadi begitu juga terhadap Alutsista alutsiata yang lainnya pun yang dipesan YANG DIPUBLIS speknya hampir sama atau malah dibawah pesanan tetangga bahkan jumlahnya pun bisa dikatakan sedikit.. tetapi bisa dikatakan gangguan terhadap kedaulatan NKRI dalam hal klaim wilayah relatif aman, hemmm… bagaiman koq bisa terjadi yaa..??? secara bahaya ancaman justru amat sangat besar bila dibanding dengan negara negara lainnya di dunia.. hemmm.. koq bisa yaa..??

    • dibaca pelan2 ya

      http://beritapalu.com/blog/akhir-2016-palu-akan-punya-dermaga-kapal-selam/

      PALU – Dermaga kapal selam milik TNI AL di Watusampu yang saat ini sedang dalam pembangunan ditarget akan selesai pada akhir 2016 mendatang.

      Komandan Pangkalan TNI AL Watusampu Palu, Kol. Laut (P) Yanu Madawanto mengatakan, saat ini pembangunan tahap pertama dermaga kapal selam itu sedang berlangsung dengan menelan biaya lebih dari Rp21 miliar. “Tahun ini akan dilanjutkan degan tahap kedua dan ketiga sekaligus sudah selesai,” kata Yanu.

      Dermaga tersebut akan melengkapi dua dermaga kapal selam lainnya di Indonesia yakni di Komando Armada Barat (Koarmabar) di Jakarta dan Komando Armada Timur (Koarmatim) di Surabaya. Dermaga di Palu nantinya direncanakan akan menjadi Komando Armada Tengah (Koarmateng).

      Ia mengatakan, pembangunan dermaga tersebut sempat tertunda selama satu bulan karena proses negosiasi pembelian kapal selam di Korea Selatan dan Rusia masih berjalan. Namun saat ini negosiasi tersebut sudah selesai sehingga pembangunan dilanjutkan.

      Saat ini, pembangunan yang sedang berjalan adalah penggalian untuk pembuatan dermaga dan akan selesai dalam waktu dekat ini untuk dilanjutkan ke tahap kedua.

      Disebutkan, pada saat rampungnya dermaga tersebut, dua kapal selam baru yang akan memperkuat TNI AL akan ditempatkan di dermaga tersebut. “Dua kapal selam baru itu akan akan tiba di awal dan di akhir 2017, sehingga kita berharap dermaga tersebut sudah siap sebelumnya, paling tidak di akhir 2016” imbuh Danlanal.

      Dalam Rencana Strategis Minimum Essential Forces (MEF), TNI AL telah direncanakan penambahan armada kapal selam yang dimiliki. Saat ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam, yaitu KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402. Dua kapal selam itu sudah tergolong sudah cukup tua dan beroperasi sejak 1980 silam.

      Pemerintah lewat Kementerian Pertahanan telah menyepakati soal pembelian kapal selam jenis Changbogo berukuran lebar 6 meter dan panjang 60 meter dengan sistem transfer of technology (ToT) dari Korea dan satu lagi dari Rusia jenis Kilo berukuran lebar 6 meter dan panjang 100 meter.

      Seperti diketahui, beberapa waktu lalu diberitakan soal rencana untuk menjadikan Watusampu sebagai pangkalan kapal selam karena dari sisi topografi kelautan sangat memungkinkan dengan kedalaman pesisir yang sangat baik.

      Pengembangan menjadi pangkalan kapal selam menurut Danlanal masih membutuhkan waktu karena pangkalan tidak sekadar tersedianya dermaga buat kapal selam. Berbagai infrastruktur harus tersedia mulai dari dermaga itu sendiri, sarana penunjang seperti energi, termasuk asrama bagi personel dan sebagainya. “Tapi arahnya pada pangkalan itu,” tandanya

      • itulah bung alugoro.. ungkapan ini merupakan jawaban bagi pihak pihak yang meragukan terhadap kemampuan pertahanan RI agar tidak pesimis.. masalah dipublikasikan atau tidak itu sudah merupakan strategi TNI untuk menjaga keutuhan NKRI dan sekaligus ikut menjaga perdamaian dunia.. yang jelas pada akhir dekade ini pertahanan TNI lebih kuat, cukup dan mampu..

        • Hati2 bung@ E-Kafa kalo komen disini. Info yg resmi2 aja deh. Entar klo info yg goib ada salah satu warjag dimari yg pake foto burung hantu bakal protes. Soalnya bung gak bs kasi foto dan bukti. Dia lg SR tuh skrng….xixixi

        • sama” bang kok ribut loh 😛

        • @E-kafa….
          Justru itulah kenapa jangan terlalu banyak retorika yg berlebihan. Disaat masih dalam proses dibilang sudah jadi, kasihan kan ”si koki” pada saat diharuskan menyajikan makanan, tapi masih belum matang tuhh makanannya. Yang koar-koar siapa, yg malu siapa. Lebih kasihan lagi udah ada yang lempar batu sembunyi tangan. Kerja tim bisa berantakan dikarenakan ke-EGOIS-an salah satu anggota yg tidak memperdulikan anggota lainnya. Jadinya ”epic fail”….
          Apapun itu, kesalahan ditanggung ketua….bukan anggota.
          Salam

        • JGN lupa bung
          Russ bykyn pusat perawatan KS d Palu ? buat apa

        • @eriane

          Ya buat ngrawat kasel changbogo dong…masak buat ngrawat elu?

      • ehh tu kok kapal selam dari rusia kelas kilo dan lebar 6m panjanya 100m….kilo jenis apa sihh yg panjangnya sampe 100m

      • indonesia memilik submarine control simulator buatan rheinmetal defence jerman. kenapa harus buatan jerman bukan buatan rusia? dulu pernah ada artikel tentang ks kilo buatan jerman kan.
        jakartagreater.com/mengintip-kapal-selam-kelas-kilo-buatan-jerman/
        nah tambah keblinger lagi para jamaah warung bung diego.

        • tidak masalah simulator buatan negara mana yang penting bisa dimasukkan parameter ks yang diinginkan (selama punya datanya). apakah itu kilo, collin, u-boat series dan virginia class. game simulasi penerbangan microsoft saja memuat berbagai macam pesawat dari berbagai pabrikan. apalagi buat pertahanan.

      • Setuju, pangkalan ini memang digunakan untuk Astute (2 biji) milik kita yang sudah ada sejak SBY diberi penghargaan oleh Ratu Elizabeth

        Yang gak percaya berarti Warga Negara Somalia

  12. vietnam dengan luasan wilayah 331. 688 Km2 punya 6 kilo indonesia ???? masak cuma 2 biji udah tua lagi.
    ada beberapa versi kasel indonesia :
    2 puluh
    2 wilayah (masing2 xx buah dengan kode sama)
    2 lusin
    2 sebenar-benarnya

    penuh rahasia wkwkwk

  13. Itulah INDONESIA penuh dengan misteri , 2 kapal selam KRI Cakra n KRI Nanggala udh bikin china keder sampai ngakuin NATUNA cuma milik INDONESIA , inilah ” INDONESIA KU “

    • Ke Pe De an bung….ngaca dulu sama armada laut Cina….terlalu Pe De sehingga tidak rasional dan merasa jago sendiri nantinya….

      • Mereka tetap segan sama NKRI ini bung, trauma dan terima kasi h ke kita karena bangsa Han China dulu di kangkangi oleh Bangsa Mongol dgn Dinasty Yuan nya. Pentolannya Khu Bilai Khan di potong lehernya oleh Majapahit jaman Kertarejasa JayaWardana sewaktu penyerangan Mongol ke tanah Jawa tahun 1292. Jadi ga perlu takut dgn Armada Tiongkok karena mereka juga ngeri2 sedap jika perang Dengan NKRI ini yang terkenal ramah tapi militan dgn rakyat sebanyak 250 juta his a.

  14. Kalo mau tau jumlah Kasel Indonesia secara keseluruhan tinggal tanya MELEKTECH, pasti dia jawab 2 … Selesai … :mrgreen:

  15. strategi militer vietnam dalam mempublikasi belanja alutsistanya terhadap pihak luar agar diperhitungkan oleh pihak luar yang mau mencoba mengganggunya merupakan keuntungan tersendiri buat Indonesia akan hal strategi pertahanna karena dalam hal pengadaan Alutsista yang nilainya pernah di publis oleh pihak analis militer dunia seperti IHS Jane yang nilainya termasuk amat besar di kawasan Asia atau nilai belanjanya lebih besar dibanding nilai belanjanya Vietnam.

    hal ini membuat pihak asing akan berpikir dua kali bila mau mencoba coba mengganggu kedaulatan NKRI sebab Vietnam saja yang nilai belanja alutsistanya masih besar nilai belanja alutsistanya RI sudah kelihatan sangat besar sekali..
    Vitnam saja belanjanya sudah demikian apalgi RI..?? heemmm…. strategi brilian buat para petinggi militar kita.

  16. Ada jg kt yg keder coi,lah org cina aja kasih kt pinjem duit gmn bs blg keder, tanpa duit gmn kt mau jajan senjata walaupun pinjaman dr cina ga dipake utk militer jg tp efek ke yg laen itu kerasa.

  17. bung diego tolong angkat berita ini donk

    kenapa background sumber berita sulawesi dgn tampilan kapal perang slava class dan ad anak kecil yg lg berenang. .bukan nya itu pun ya rusia, kok ad disana yaa??
    pura” bingung

  18. tapi scepatnya pengadaan ks kilo rusky.. sedia payung sebelum hujan.. kita tdk tau kapan konflik laut cina selatan meletus,, di samping itu, TOT dgn korsel tetap berjalan demi kemadirian alutsista dalam negri….

  19. Kirim kapal selam pake kargo gitu ya, kirain disuruh berenang sendiri

    • barang baru kan biasanya dianter bung, kayak motor mobil baru dibeli 😛 iya lbh tepatnya semi-submersible heavy lift ship

  20. Indonesia punya 2 ratus kapal selam.. heboh heboh lu… wakakaka

  21. mbah buyut cakra dan mbah buyut nanggala masih ok..dan udah mau dapet cucu changboogo

  22. mikir tong….vietnam blnja jorjoran krn lg brstegang sm tiongkok…hadeuh bnyk baca lagi tong…bnyk yng bsa dbnggakan dri TNI…kl ttp mrsa g bngga pindah aja k malon sono….wkwkwkwkwkwk

  23. indonesia memilik submarine control simulator buatan rheinmetal defence jerman. kenapa harus buatan jerman bukan buatan rusia? dulu pernah ada artikel tentang ks kilo buatan jerman kan.

    jakartagreater.com/mengintip-kapal-selam-kelas-kilo-buatan-jerman/

    nah tambah keblinger lagi para jamaah warung bung diego.

  24. kilo vietnam mah masi kalah dengan scorpene malonte…..kilo vietnam mah gak bisa ngambang terus,beda dengan scorpene malonte wkwkwkwk

  25. yang ngawal..kapal pengangkut senjata kayak gitu apa ya?.. apa gak takut dibegal di Jalan…setiap negara pasti ada dinas rahasia seperti BIN tempat kita…saya yakin mereka tahu kelemahan Dan kelebihan kita…cuman dinas rahasia mereka belom laporan ke warjager…hihihi

  26. Ga ada malon..ga rame ah ni artikel..isi nya teman semua…patroli ke artikel yg lain aja ah…wkqk

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)