Mar 092015
 

image001

Dua jenis kapal selam konvensional (SSK) dari asal yang berbeda, Jerman dengan Tipe 209 dan Rusia dengan Kilo (Project 877/636) adalah kapal selam diesel elektrik yang paling sukses diekspor saat ini.

Kapal selam Tipe 209 telah berhasil diekspor ke 13 negara, dengan 61 kapal selam dari lima varian utama (peralatan bervariasi antar negara pengguna) telah dibangun dan ditugaskan antara tahun 1971 dan 2008. Pada 2012 kontrak telah ditandatangani dengan Jerman untuk membangun 2 kapal selam untuk angkatan laut Mesir yang akan disampaikan pada tahun 2016.

Dengan demikian, dengan memasukkan Mesir, Negara pengguna akan meningkat menjadi 14 dengan jumlah kapal selam 63. Tiga kapal selam diantaranya telah pensiun, Tipe 209 yang dinonaktifkan adalah San Luis milik Argentina (Tipe 209/1100) pada tahun 1997, kemudian pada tahun 2011 Glaukos (Tipe 209/1100) milik Angkatan Laut Yunani kemudian pada tahun 2014 kapal selam Saldiray milik Turki (Type 209 / 1200).

Kilo class adalah nama pelaporan NATO untuk Proyek 877 Paltus Rusia dan Peningkatan Kilo untuk Proyek 636 Varshavyanka. Kilo telah berhasil diekspor ke 8 negara, dengan 60 kapal selam telah dibangun dan ditugaskan antara tahun 1981 dan 2014, sementara ada dalam pembangunan 9 peningkatan kapal selam Kilo, 4 untuk Rusia, 3 untuk Vietnam dan 2 untuk Aljazair.

Dengan pengiriman kapal selam ini jumlah kapal selam Kilo akan meningkat menjadi 69. Dari total 24 kapal selam Kilo milik Angkatan Laut Rusia, sekitar 16-18 berada dalam status operasional dan 2 telah pensiun dan dijual untuk museum.

Ada beberapa kapal selam Kilo Rusia sebagai cadangan namun statusnya tidak diketahui, satu-satunya milik Rumania sudah dikandangkan dari tahun 90-an juga. Sementara kapal selam India Sindhurakshak hancur pada tahun 2013 setelah sebuah ledakan dan kebakaran di kapal yang diduga akibat meledaknya amunisi menewaskan 18 pelautnya di galangan kapal Angkatan Laut India di Mumbai Port.

Sumber : Naval analyses

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

  27 Responses to “Kapal Selam Konvensional Paling Sukses Setelah Perang Dunia II”

  1. Tes….

    • Kapal selam merupakan senjata yg berdaya gentar tinggi dan sangat sulit utk dideteksi. Jadi ingat sulitnya mencari AirAsia beberapa waktu yg lalu. Jadi sangat pas apabila sebagai negara yg punya wilayag laut 2/3 memiliki armada kapal selam changbogo 12. Kilo 12. dan Midget 24. ngarep.com

      • betul bung pitik, jangan remehkan pula kasel midget , ingat dulu kalo gak salah kita sudah mau bikin kasel midget 22 m cuma sekarang gak tahu kabarnya, mohon di ulas kembali artikelnya

        • midget itu proyek rahasia kah?? boleh jadi udah ngapung dimana2…sama halnya yakhont tdk ada di daftar belanja tiba2 muncul itu kenapa ya bung, yang KILO Indonesia itu punya…mungkin masuk SILENT SHOPPING JG KAYANYA…hahaha

  2. Pagi…

  3. Reserve?

  4. Kasel memang alutsista penuh rahasia. Persenjataan yg didalam perutnya saja rahasia apalagi jumlahnya. Terbukti kilo punya rusia sj tidak diketahui pasti jumlahnya cuma antara 16 sd 18, itu pun sy yakin juga belum tentu perkiraan yg pasti. Termasuk jumlah kasel yg sebenarnya milik indonesia yg semua pengamat militer luar negeri tidak ada yg percaya kalau cuma 2 biji.

  5. indonesia plg hebat , pnya 2 2 nya

  6. Kilo dah saatnya istirohat :mrgreen: dah nanggung kl dibeli mah . . .
    Type 209 diduetin sama ama Amur (Lada) manteb . . .

  7. Jadi selama ini Indonesia sewa dong? OMG kirain punya….

  8. Moga midget rasa lontong balap diperbanyak, laksana rudal stealt berjangkau ribuan kilometer, maaf jika salah kata

  9. changbogo.. upgrade 209… (lebih maknyoss)… terkbukti dari beberapa latihan berhasil menenggelamkan kapal musuh dan berhasil kabuur tanpa bisa dideteksi…menurut yang pernah kami baca.

  10. Beruntung kita punya ke dua2nya..dan lbh beruntung yg tipe 209 upgrade mulai 2017 dapat diproduksi di PT. Pal..

  11. Ayo kita cari tahu keberadaan Kilo Rusia yg tidak diketahui keberadaannya ada di mana?

  12. admin sudah salah info punca kemalangan kapal selam india adalah akibat kebocoron alat pemadam api tiada kena mengena dgn bom dan misile

  13. LONTONG = BENDA/ MAHLUK GHOIB
    DIMANA ADA LONTONG DISITU ADA YANG GHOIB2
    JADI HATI2 KALAU MAKAN LONTONG…

  14. pokoke harus malu dengan vietnam yang sudah punya 6 kapal selam kelas KILO yang menggetarkan ….
    jangan hanya bertumpu pada 209 dan Changbogo ……..

  15. Ga goib bung tu lontong..
    lontong kita aja tiap hari bisa diliat istri2 kita.
    jiah……..!#selingan obat settrress

  16. di harapkan kedepanx cukup menjadi rahasia sj biarkan menjadi goib krn tetangga kita sdh nguping….

  17. pesan sama palembang aja ks nya

  18. Indonesia belum termasuk operator kilo ternyata..

  19. Untuk menjadi macan asia kembali memang perlu waktu yang cukup lama, tapi kok kalo baca-baca artikel militer gitu kok ane yakin terlalu banyak “secret weapon” yang kita kandangin sampek detik ini. Percaya aja deh kalo negara ini tidak selemah yang kita bayangkan hehehe nubie ijin komen min

  20. Chanbogo dlm latihan RIMPAC mrupkan kpl selam yg bs berthan smpai akhir latihan dan merupkan kpal selam yg sukses mendekati n mengunci kpal induk amerika…

  21. Kenapa Type 209 buatan Jerman ini cukup laris dibandingkan buatan misalnya Perancis dan Swedia?

 Leave a Reply