Mar 212017
 

Kapal selam multiperan canggih bertenaga nuklir pertama “Severodvinsk” dari kelas Yasen K-560. (© press-service of JSC PO Sevmas)

Kapal selam multiperan canggih bertenaga nuklir buatan Rusia yang dikenal sebagai kapal selam kelas Yasen, hanya menelan biaya sekitar 65 persen bila dibandingkan dengan kapal selam USS Illinois, kapal selam kelas Virginia buatan Amerika Serikat, menurut analis pertahanan Konstantin Makiyenko kepada Gazeta.ru, dan menambahkan bahwa sistem buatan Rusia tersebut juga lebih baik daripada milik Amerika.

“Kapal selam bertenaga nuklir kelas Yasen telah berubah menjadi sekitar dua kali lebih murah, sementara memiliki kemampuan lebih baik dari kapal selam Amerika bila dilihat dari karakteristik taktis dan teknis”, kata Makiyenko, wakil direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi yang ada di Moskow, menegaskan.

Dilansir dari Sputnik News, kapal selam kelas Yasen diperkirakan menelan biaya sekitar USD 1,6 miliar, sedangkan kapal selam kelas Virginia dikatakan menelan biaya USD 2,7 miliar per unit.

Surat kabar itu juga menunjukkan bahwa kapal selam Rusia hanya membutuhkan 64 orang awak dibandingkan dengan USS Illinois yang membutuhkan sekitar 120 orang awak untuk mengoperasikannya. Kapal selam bertenaga nuklir Severodvinsk Rusia ini mampu beroperasi pada kedalaman maksimum hingga 600 meter (1.968 kaki), sementara kapal selam USS Illinois dapat menyelam hingga kedalaman maksimum 450 meter (hampir 1.480 kaki).

Meskipun kedua kapal selam dapat melakukan perjalanan pada kecepatan yang sebanding, kapal selam kelas Yasen dilaporkan menjadi lebih mandiri.

Ruslan Pukhov, yang mengepalai Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, mengatakan bahwa keas Yasen Rusia juga memiliki persenjataan lebih baik dari kapal selam kelas Virginia Amerika Serikat.

Kapal selam kelas Yasen dapat dilengkapi dengan 32 unit rudal jelajah anti kapal supersonik Oniks atau 40 unit rudal anti kapal, rudal anti kapal selam dan rudal jelajah serang darat Kalibr-PL.

Sementara itu kapal selam kelas Virginia saat ini hanya mampu membawa 12 unit rudal jelajah subsonik jarak jauh Tomahawk BGM-109, akan tetapi kapal selam Blok V akan memiliki total hingga 40 unit rudal Tomahawk.

Kapal selam kelas Yasen diharapkan untuk menerima rudal jelajah berbasis laut dengan jangkauan hingga 5.500 kilometer, atau dua kali lipat jangkauan versi terbaru dari rudal Tomahawk Amerika Serikat”, menurut pengamatan Gazeta.ru.

Jajaran kapal selam kelas Yasen diharapkan menjadi tulang punggung bagi Angkatan Laut Rusia. Severodvinsk, kapal selam kelas Yasen, telah memasuki layanan pada bulan Juni 2014 dan ditugaskan bersama Armada Utara Rusia.

Kapal selam kedua kelas Yasen, Kazan, akan menjadi upgrade pertama dari kapal selam Proyek 885. Kapal selam ini diharapkan akan ditugaskan pada tahun 2018.
Sementara itu 4 (empat) kapal selam kelas Yasen saat ini sedang dalam konstruksi, dimana kapal keenam “Perm” dari Proyek 885, ditetapkan pada bulan Juli 2016.

Sebanyak 6 (enam) kapal selam upgrade dari kelas Yasen akan bergabung dengan armada Angkatan Laut Rusia pada tahun 2020.

Hingga saat ini ada sebanyak 13 unit kapal selam kelas Virginia dalam pelayanan aktif dengan Angkatan Laut AS, dengan USS Illinois ditugaskan pada akhir Oktober 2016.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  23 Responses to “Kapal Selam “Next-Gen” Rusia Lebih Baik dan Lebih Murah”

  1. kok belum ada yang komen?

  2. Klo teknologi kasel rusia lebih yahud

  3. Borooooooooo00ngg….!?
    Duite sopo yo ?

  4. Tidak pintar kalau sampe indonesia gak beli ini kapal selam..

  5. Nyelem ampe 600m?ngeri amet…hehehe

  6. Indonesia wajib borong nih barang! Klu bs dibuat didalam negri kayak Chang Bogo. Tapi duitnya ada gak ya?

  7. Indonesia jgn tanggung2 langsung beli KS ini, ………. tanpa pake budaya “AKAN “, bisa ???

  8. harganya USD 1,6 Milyard per biji…… nunggu Bung TN saja deh kalau ngitung ginian…..xixi

  9. Ayo silahkan beli produk saya ini kasel memang agak mahal tapi sebanding dgn kualitasnya dan juga gk perlu isi BBM selama 30 Thn

    • Males ah produk situ mahal dan susah dapat TOT.
      Kecuali:
      – Boleh beli 1 biji kemudian spek dasarnya dirubah sesuai kemauan kita
      – Tahap pertama pembelian Kasel Tanpa Senjata
      – Tahap kedua pembelian senjata pada kuantiti minimum
      – TOT sebanyak 30%
      – Diskon 15% 😀

      • Njir beli ngeteng dah gitu minta TOT Pingsan dah gua… mahal gimana untuk kasel nuklir yg sekelas virginia Baracuda dan astute itu dah murah lho… mana ada negara yg mau kasih TOT kalau belinya cuma satu…

      • Njir beli ngeteng dah gitu minta TOT Pingsan dah gua… mahal gimana untuk kasel nuklir yg sekelas virginia Baracuda dan astute itu dah murah lho… mana ada negara yg mau kasih TOT kalau belinya cuma satu… contoh india beli produk saya gk ngeteng lalu lansung di kasih full TOT

  10. Borong 1000 biji….kah kah kah

  11. kelak (masih jauuuuuuh) bakal ada 10 SSN (3 Yassen Class + 7 Nuku Amiruddin Class) …

    tapi sayangnya Yassen akan selamanya ghaib … kasihan deh awaknya … tabah sampai akhir …

    mimpi basah mode on … kikikikikih …

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)