Aug 142016
 

Banyuwangi – Siswa Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI mengunjungi PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur, (12/8/2016) untuk melihat proses pembuatan Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran?.

Saat tiba di PT Lundin Industry Invest, Kalipuro, Banyuwangi ke 52 siswa Sesko TNI langsung melihat proses pembuatan KCR Trimaran.

Menurut Dansatgas Proyek Dalam Negeri Mabes TNI AL, Kolonel Laut (p) Moh Tholib, pembuatan KCR Trimaran masih dalam proses, sehingga, pihaknya belum bisa memastikan kondisi akhir dari kapal produksi PT Lundin Industry Invest tersebut.

“Tapi hasil dari beberapa bagian kapal yang sudah selesai, pengerjaannya sudah cukup bagus,” ujar Kolonel Laut (p) Moh Tholib.

Desain Kapal Trimaran Klewang 2 ((photo : Aviation Week))

Desain Kapal Trimaran Klewang 2 ((photo : Aviation Week))

Kolonel Tholib menilai, PT Lundin memiliki potensi memproduksi kapal dengan kualitas bagus. Dan alasan inilah, mengapa TNI memilih PT Lundin sebagai rujukan para siswa Sesko TNI. “PT Lundin dianggap salah satu obyek strategis yang ada di Banyuwangi dalam membantu pertahanan negara,” ujarnya.

Kunjungan ini bagian dari kurikulum pendidikan regular Sesko TNI. “Hasil dari kunjungan ini, para siswa mendapatkan berbagai data untuk dijadikan sebagai data pendukung Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) TNI , khususnya TNI AL,” ujarnya.

Siswa Sekolah Staf dan Komando TNI mengunjungi PT Lundin, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/8) (Merdeka.com)

Siswa Sekolah Staf dan Komando TNI mengunjungi PT Lundin, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/8) (Merdeka.com)

Di PT Lundin Industry Invest, para siswa Sesko TNI melihat langsung proses pembuatan kapal, sekaligus teknologi yang digunakan dan datanya. “Mereka bisa membandingkan antara data yang diterima di Sesko TNI dengan di lapangan,” ujarnya.

Setelah berkunjung ke PT Lundin Industry Invest, para siswa Sesko TNI akan mengunjungi PT Pindad di Turen, Malang dan PT PAL Surabaya, Jawa Timur.

?Sesko TNI merupakan sekolah tertinggi di lingkungan TNI dengan pendidikan reguler yang para siswanya adalah calon pimpinan TNI.

Sumber : Merdeka.com

  91 Responses to “Kapal Trimaran Klewang 2 Still Alive”

  1. Yes…

  2. nomor 1 ?

  3. Pertama

  4. pertamax..

  5. yang pertama kebakar….” atau dibakar ???”…yang kedua mbok ga usah di publikasikan……setiap teknologi baru dan canggih….harusnya di rahasiakan …setelah ada next project…yg first project baru dipublikasikan…..hadeeh….udah tau indonesia banyak yg ga suka kalo maju dan hebat…

  6. Mantap lanjutkan

  7. Berita memancing cemohan para beruk. Kah kah kah..
    Siapkan pisang ceman2

    • Komen goblok! Gak kelass. Indonesia gk maju kalo orang2 kayak gini masih ada..

      • Goblak goblok enteng banget lo bacot.emang udah pinter lo tong

      • Terima kasih atas komen teguran yang pintar dan sangat berkelasnya bang, indonesia akan maju kalo orang kayak abang masih ada…

      • Komen goblok! Gak kelass. Indonesia gk maju
        kalo orang2 kayak gini masih ada..

        • Iya abang pintar dan cerdas, ups maaf salah, tapi keknya orang cerdas dan pintar gak mudah ngatain orang goblok deh, jangan2 kamu,,, kamu,,, kamu beruk yaaa!!!??? Kalo ngaku dapet hadiah pisang loh

          • anak ku lingkar lingkur…kalau mau belajar bahasa beruk sini nak belajar dg emak mu ini saja…kan emak beruk nak…

          • Maaf mak,, tapi kalo kita tetap manghina indonesia kita selamanya akan jadi beruk mak, kita harus bergabung dengan indonesia kalau kita ingin jadi manusia cerdas dan berdarah pejuang mak.. saya sekarang sudah jadi manusia mak, tinggal emak yang masih beruk rupanya, sampaikan salam kepada saudara beruk yang lain mak, saya akan menengok emak dan saudara beruk disemenanjung.. salam beruk mak

    • Tapi bung beritanya dari situs indog tuh

      • Terbukti kata para abang sepuh disini, kalo beruk gak ngerti bahasa manusia. ntar saya cari beruk buat translate bahasa beruk..
        Cikakuk,Kukuwaaaaaaak,hubaaaaaa,,kwekkwuuuuk,hoooooooookk, mooooookk,kwaaaaaaaaaak,kwaaaaaaaaak,kwaaaaaaaaak??

  8. Nyimak..

  9. Ada bocoran juga nih, selain di banyuwangi di daerah galangan kapal di kota merak saya melihat kapal klewang yang dulu, tapi blum di cat sepenuhnya masih kerangkanya saja gitu. kalo tidak percaya coba aja cek ke galangan kapal merak, tapi yang izinnya ketat ya hihihi

  10. waduh klo ketauan udh mau jadi bisa2 “kebakar” lg nih sm antek2 commonwealth.. wkwkkwk

    • Moso agen luar mau bakar piye….lah kebakar di galangan sendiri kok nyalahin orang luar….

    • Wkwkwk tipikal jemaah ghoibyah dan proxywar nih yg selalu ngomong ga pk data, ingat ya seorang intel/spy aja senjatanya adalah data. Kapal trimaran bukan brg baru bg pihak commonwealth/sekutu. Memang dimaksudkan kombinasi mode trimaran yg mengurangi gesekan air dan serat karbon yg ringan untuk membuat klewang jd super cepat. Tapi serat karbon memang mudah terbakar dan instalasi listrik klewang 1 yg belum baik. Klewang 2 sepertinya akan kompromi terhadap bhn.

  11. Yang memberi info agak ceroboh sii menurut sy, krn yg pertama kan smp kini masih misterius penyebab kebakarannya, jawaban KSAL wkt itu bhw penyebabnya adalah krn korsleting lsitrik sangat tdk masuk akal, mengingat proses penegrjaan (SOP) dan kualitas lundin adalah stndar Swedia,, tentu sangat aneh , krosleting kan terjadi jika bukan krn pemsangan yg gak sempurna (asal asalan) krn krn sdh dipakai demikian lama shg lama2 kendor, dengan sambungan listrik yg kendor akan mecipratkan api dst dst..mestinya KCR Trimaran ini tetep dirahasiakan hingga proses peluncuran & sdh legkap dengan senjata, shg bikin yg gak suka dengan RI bs kecele,,mengingat KCR Trimaran tergolong teknologi terkini dan di Asteng da yg punya, jelas RI sangat tdk disukai jika memiliki kapal ini, apalagi bila kedepan mampu mengembangkan yg lbh berat & besar dr KCR ini

  12. Beritanya enggak lengkap….kurang…si Lundin mengatakan bahwa ….Carbon Fiber Composite tahan api…….
    Pada saat Klewang I terbakar ada pakar yg mengatakan bahwa …jika Carbon Fiber Composite terbakar….warna asapnya putih kekuningan….
    Nah..pada saat terbakar …warna asapnya hitam…..Persis seperti asap FIBER GLASS…

    • sinetron intelejen bang, yg kebakar replika, yang asli dah keluyuran, cmiiw.

    • @mbah bejo

      Mungkin ada benarnya mbah, karena Klewang yang pertama komposisi material dan teknik pembuatannya belum memenuhi syarat pembuatan material karbon komposit…baru setelah ada sentuhan dari saab, teknik dan komposisi materialnya ditingkatkan.

      Sayang belum sempat diuji coba harus berhenti ditengah jalan

  13. Tuh kan

  14. nyang penting gendongan nya harus super gahar…

  15. MASIH DI RAHASIAKAN PENYEBAB KEBAKARAN NYA,TAPI SETAHU SAYA DARI SAUDARA SAYA BAGIAN MARINIR,KATANYA INTELEJEN ASING TAPI SAYA YANG SAUDARA JUGA NGAK DI KASIH TAHU INTEL ASING NYA DARI NEGARA MANA

  16. di tunggu launching nya

  17. dari beberapa sumber terdahulu di perkirakan launching tahun ini..mudah mudahan lancar jaya..berhubung klewang 2 sebagai Littoral Combat Ship (LCS) maka memang memerlukan waktu finishing yang lebih lama..agar di saat di serahkan kepada USER (TNI AL) sudah ready 100% weapon system maupun perfomanya..mantap dah

  18. Bikin 100 biji… Rudalnya dari dalam negri rx 300

  19. hemm aku punya ide 💡

  20. Hemh….sudah kuduga

  21. karena ini kapal menggunakan teknologi modern harusnya aparat selalu mengawasi dan memantau terus setiap waktu, di galangan harus dipantau full baik itu secara langsung atau menggunakan cctv sampai pada tahap produksi. bila ada gerak gerik yg mencurigakan langsung di amankan, penyusup itu bukan hanya datang dari luar tapi yg lebih berbahaya dari dalam, dengan istilah menusuk dari belakang.

  22. indonesia diem2 aja, ntar kalo ada perang.. goib lontong kilo ,rudal balistik rx750, pesawat ifx pada keluar lihat aja..

  23. kira² para “siswa” dpt ospek gak ya? terus ospeknya ngapain ya? hehe….

  24. Still alive
    Still on track….
    Still going on…
    Still classified….heheheh

  25. Asyik bener”cocok karo impen hihihihi…..

  26. Itu gambar klewang pertama.

  27. untuk orang pesemis !!! santai aja ya,.percaya ga percaya terserah anda: abang sy orang Dephan bisa di bilang sangat dekat dengan pak RR,, Alhamdullilah.. alutsista yg di beli RI dari jaman pak BY sampai sekarang sangat gahar.. contohnya ks dr negeri timur sudah tiba…. untuk alutsista strategis yg di beli thn 2015 2019 jumlahnya lebih dr yg di publish dan ada yg tdk di publish. klu sudah ada yg berani nyerang RI,.. tu alutsista berotot bakal keluar dr sarangnya !!!

    • Nuknya jg bisa keluar sarang kalau usa macem macem

    • Mosok aku ora percaya heheh

    • Utk org yg kepedean. Percaya ga percaya terserah anda. Adik saya orang dephan bisa dibilang dekat dengan PR. Alutsista yg dibeli di zaman SBY sdh cukup byk, tp belum bertaring (belum ada pelor/misil/radar). Wajar krn memang saat itu bru dibuka keran alutsista (embargo dicabut) dan baru kelar nyusun MEF. Jadi klo diserang sekarang memang keluar tuh alutsista tp ibarat macan berotot tanpa taring. Sekarang JKW mulai membeli alutsista MEF berikutnya taringnya. Spy MEF 2024 sudah sesuai plan bahkan bisa melebihi. Jd tiap presiden sdh punya prestasi masing, namun saya yakin sdh sifat patriot rakyat dan tni kalaupun diserang tanpa alutsista pastilah kita akan lawan.

  28. lega dah.. semoga berjalan lancar seperti klewang 1 yg udah sliwar sliwer

  29. menerut tetek goyang kapal ini harus dibuat lebih safety

  30. Untuk jadi siswa sesko pasti biayanya banyak ya ? Jadi yg bisa jadi perwira harus anak org kaya ya ? Kalau anak org miskin walau tangguh dan pinter gak bakal jadi perwira.

    • Fakta memang gitu pakde…

    • Bung Cah Sebamban,

      Untuk jadi siswa Sesko itu pangkatnya sudah kolonel.

      Baru sesudah itu disekolahkan ke Sesko.

      Jadi kalau untuk persyaratan daftarnya saja sudah harus berpangkat kolonel, lulusnya jadi apa ?

    • Untuk jadi perwira harus sekolah dulu di Akmil/ AAL/AAU.

      Lulusannya jadi letnan dua

      Sesko adalah jenjang pendidikan tertinggi di TNI.

      Yang daftar Sesko harus sudah jadi Kolonel sebelum masuk Sesko.

      • numpang lapak ya om phd
        lw salah mohon dikoreksi y

        pernahkah kita berfikir kalau setiap hari entah sadar atau tidak, kita telah membayar pajak?
        entah itu dari makanan, pulsa, rokok, bensin, dll. anggaplah setiap hari kita bayar Rp.1000
        jika ada (anggaplah 200 juta rakyat yg bayar th Rp.1000)
        maka
        1000 x 200.000.0000 = 200.000.000.000 / hari
        kalo setahun
        200.000.000.000 x 365 = 73.000.000.000.000
        = Rp.73.000 milyar = Rp. 73 triliun / tahun
        kan lumayan bwt beli sista
        jadi, masih mw bilang
        duite sopo????????

        • Kenyataan lebih tuh xixixi

        • Masih

          Merdeka sudah puluhan tahun, bayar pajak dari jaman catatan si boy sampai sekarang alutsista juga gitu-gitu doang.

          F-16 saja bekas, beli SU-35 mikir sampai botak, Leopard beli bekas, Hercules Hibahan Aussie, Beli SU-30 bodi doang gak pake senjata

          SAYA KATAKEN DUITE SOPO

          • dari jaman catatan si boy ….. wkwkkwkwk ketawan udah tuwir jga lu yah, tp kok masih bodo ?

        • Nico Robin@ itu pemasukan perhari bung…sedangkan pengeluaran nya lebih besar untuk membentuk perut2 pejabat korup yg gagah perkasa wkwkwkwk…lah terus mau beli sisa pake apa lagi bung…jawaban nya UTANG…

  31. Kata tetangga saya klewang yg pertama itu truly stealth tapi bhn nya mmg gampang kebakar. Yg ke2 ini aluminium. Yg bener2 stealthy yg punya asu… klo yg nyupir malon pasti meledak sendiri atau meletuub kat hanggar

  32. yang pasti sediain tabung pemadam kebakaran..klo perlu pasang mesin jetpam..ga mao denger kebakaran lagi deh..

  33. testing

  34. Anggap yang kemaren sebagai prototipe yang gagal

  35. Ada yg tahu spefikasi klewang2 apa aja senjatany,sensor,berat,kecepatan,daya jelajah,mesin,dan berapa jumlah awak?

    • @wardogs

      Senjata dan sensornya belum ditentukan (pake buatan swedia atau cina?) maka sementara kecepatan maxnya dipatok cm 28 kenyot…berat 245 ton, daya jelajah 2000nm atau sekitar 10 hari berlayar, mesine pake 4xMAN V12 dan 4xwaterjet. Daya tampung awak total 23 orang…dan ada spare ruang utk 7 pasukan khusus

  36. Untuk kapal perang besutan belanda mantan penjajah negeri khatulistiwa ini, memang tidak di ragukan oleh TNI AL, mampu menyikirkan pesaing” ternama ketika tender di laksanakan yaitu ferancis,italia,serta rusia, klw menurut isu yg beredar kapal” bekas yg di beli TNI AL dari belanda terkenal ketangguhany serta kokoh tida goyang ketika mengarungi wilayah indonesia bagian timur yg terkenal keganasan ombaky yg tinggi, selain itu juga mesin yg awet serta bandel meskipun sudah 40 tahun umury / usiay masih berfungsi dengan baik dan masih layak di pakai TNI AL.
    Corvet sigma 90 m yg juga merupkan buatan belanda suatu ketika pernah hilang di layar radar kapal” perang pasukan perdamain PBB yg bertugas di lebanon padahal jaraky hanya puluhan meter saja, ketika kapal perang korvet sigma Tni Al ini sudah mendekat baru muncul di layar radar, atas peristiwa itu sontak membuat awak kapal perang pbb kaget dan tidak percaya dengan kejadian trsbut, dan sempat melapor atas peristiwa trsebut ke pihal Tni Al, Tni Al hanya tersenyum, korpet sigma 90 m memang di desain berkemampuan siluman,
    Bagaimana dengan generasiy sigma PKR 105 m, pasti tidak akan jawh berbeda dengan pendahuluy corvet sigma 90 m soal kecanggihany, bahkan PKR memiliki kemampuan 4D, dan yang mengagumkan adalah selain di desain siluman mampu menghadapi peperangan elektronik / pernika , mampu menjaming musuh

  37. Yang waktu itu terbakar bukan KRI klewang yg punya nomor lambung 625, tapi Klewang type X3K,….itu protitype pertama dgn bahan composite fiber, ada maksud itu sengaja dibakar, yg taux maksudnya ya TNI sendiri dan Kemenhan, so KRI klewang nomor lambung 625 masih ada tuh sampe skrg sbg alutsista strategis,…ssssttt kluarnya malem doank klo lg uji coba perangkat. Coba aja cari dan lihat yg terbakar ada ga nomor lambungnya, padahal waktu keluar sea trial sdh dikasih nomor lambungnya loh,….xixixixi.

  38. PERHATIAN PERHATIAN SAUDARA SAUDARA WARGA JAKARTA GREATER SEMUA

    RUPANYA MALON KISMIN BELI KAPAL BURUK 40 TAHUN YANG SUDAH SERING TERBAKAR DI NEGARA GAGALNYA

    SAKSIKAN LAH SEMUANYA INILAH DIA SRI INDERAPURA KAPAL BUROK MALON YANG SUDAH TERBAKAR BERKALI KALI TAPI MASIH DIPAKAI JUA

    https://ms.wikipedia.org/wiki/KD_Sri_Inderapura

    Kapal berusia 40 tahun itu dibina pada 1970 dan ditauliahkan dalam perkhidmatan TLDM pada 1995 dengan kekuatan 324 anggota.

    Kebakaran pada tahun 2002[sunting | sunting sumber]
    Kapal pendarat terbesar ini pernah terbakar pada 2002

    Kebakaran pada tahun 2009[sunting | sunting sumber]
    Pada 8 Oktober 2009,jam 6.23 pagi, kapal ini terbakar ketika berlabuh di di Pangkalan TLDM di Lumut, Perak. Asap memenuhi ruang pangkalan itu dan dapat dilihat dari jauh. Kebakaran tidak merebak ke kapal-kapal lain yang sedang berlabuh

  39. bung admin tolong kapal sri indrapura dijadikan artikel juga disini, terimakasih

  40. kalo gk dipublikasikan nanti warjager ada yg teriak mana alutsista yg baru!!!!!!!!!!!!hahahhaha

  41. KEnapa kapal canggih seperti ini malah dibatalkan pembeliannya? mungkinkah pihak asing takut Indonesia memililiki teknologi stealth kapal perang?

 Leave a Reply